[WACANA, Mohon Masukan] Mengenai Rating

  1. 3 years ago

    Admin5

    28 Jan 2016 Administrator

    Dear teman-teman semua,

    Akhir-akhir ini ada wacana mengenai cara perhitungan rating user (baik project owner, worker/freelancer, seller maupun buyer).

    Metode saat ini adalah jumlahkan semua rating yang diperoleh sejak awal user bergabung dan dibagi rata.

    Contoh:

    di project pertama, user mendapat rating 1 of 9.
    di project kedua, user mendapat rating 9 of 10.

    Maka rating saat ini adalah: (1 + 9) / 2
    = 5 of 10.

    "Masalah" dengan cara perhitungan rating yang berlaku saat ini adalah bahwa sekali seorang user "khilaf" yang menyebabkan ia memperoleh rating buruk, selamanya ratingnya akan sulit untuk pulih seperti sedia kala.

    Wacana baru adalah seperti ini:

    Rating user hanya dihitung dari 10 transaksi terakhirnya (tetapi rating dan feedback dari awal user bergabung tetap ditampilkan di halaman profilenya).

    Dengan cara ini, user memiliki kesempatan untuk memperbaiki ratingnya dan di lain pihak, track recordnya dari awal bergabung tetap dapat dilihat di halaman profilenya.

    What do you think? Good? Bad? Idea? :)

  2. @Admin5 Dear teman-teman semua,

    Akhir-akhir ini ada wacana mengenai cara perhitungan rating user (baik project owner, worker/freelancer, seller maupun buyer).

    Metode saat ini adalah jumlahkan semua rating yang diperoleh sejak awal user bergabung dan dibagi rata.

    Contoh:

    di project pertama, user mendapat rating 1 of 9.
    di project kedua, user mendapat rating 9 of 10.

    Maka rating saat ini adalah: (1 + 9) / 2
    = 5 of 10.

    "Masalah" dengan cara perhitungan rating yang berlaku saat ini adalah bahwa sekali seorang user "khilaf" yang menyebabkan ia memperoleh rating buruk, selamanya ratingnya akan sulit untuk pulih seperti sedia kala.

    Wacana baru adalah seperti ini:

    Rating user hanya dihitung dari 10 transaksi terakhirnya (tetapi rating dan feedback dari awal user bergabung tetap ditampilkan di halaman profilenya).

    Dengan cara ini, user memiliki kesempatan untuk memperbaiki ratingnya dan di lain pihak, track recordnya dari awal bergabung tetap dapat dilihat di halaman profilenya.

    What do you think? Good? Bad? Idea? :)

    Setuju om @Admin5

    Dengan cara ini rating semua user secara umum akan lebih cepat berubah dan rating + feedback yang lama tetap ditampilkan sehingga owner/worker tetap bisa megetahui sepak terjang owner/worker yang akan diajak kerjasama :)

  3. Kami menyarankan untuk sistem rating adalah sbb:

    1. Rating tetap harus dari keseluruhan project, karena bagaimanapun semua project yang pernah dikerjakan pantas mendapatkan penilaian rating.
    2. Dibuat satu sistem rating lagi yang menunjukan nilai rating 3 project terakhir saja, sehingga owner dapat menilai rating keseluruhan dan rating 3 project terakhir.
    3. List project yang telah dikerjakan sebaiknya dibuat lebih minimalis dan bisa disort berdasarkan waktu, nilai project ataupun rating.
    4. Sering kali ada komentar baik atau buruk bagi worker, ada baiknya worker diberi ruang untuk menjawab komentar rating tersebut (agar hal ini menjadi fair, bila memang ada owner yang kurang fair) Mungkin juga untuk sebaliknya.
    5. Untuk list top 10 yang hanya berdasarkan point terbesar maka ada baiknya untuk dibuat juga list top 10 berdasarkan setiap bulannya. (jadi worker baru punya kesempatan promosi)
    6. Untuk service atau product ada baiknya untuk disediakan ruang promosi bagi owner service mempromosikan (baik dengan sistem berbayar ataupun free bagi yang baru launch service/product, mungkin cukup dengan banner berjalan saja)
    7. Untuk komentar project finish juga baiknya dibuat dalam bentuk banner berjalan.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

  4. sepertinya bagus om sistem barunya

  5. Setuju, akan lebih memudahkan user - user baru dalam berkompetisi

  6. Setuju, lebih baik seperti itu hehe

  7. Setuju, menurut saya bagus, sangat membantu para freelancer.

  8. Idenya bang @meityrose top markotop dah +1

  9. @Admin5 Dear teman-teman semua,

    Rating user hanya dihitung dari 10 transaksi terakhirnya (tetapi rating dan feedback dari awal user bergabung tetap ditampilkan di halaman profilenya).

    Dengan cara ini, user memiliki kesempatan untuk memperbaiki ratingnya dan di lain pihak, track recordnya dari awal bergabung tetap dapat dilihat di halaman profilenya.

    What do you think? Good? Bad? Idea? :)

    Dulu saya juga pernah mengalami masalah ini untuk penilaian lomba photo dari rating. Ternyata bisa lebih adil dengan Bayesian rating. http://fulmicoton.com/posts/bayesian_rating/

  10. Deleted 3 years ago by ariefsam
  11. Sepakat , ide dari @MeityRose itu sangat perlu jadi refrensi pertimbangan.

    Saya juga ikut nyaran:

    • sebaiknya point penilaian itu juga memasukkan profile akun,
    • akun yang menggunakan foto asli lebih bernilai daripada akun abal-abal, perlu di-point juga kan?
    • akun dengan portofolio yang baik, sebaiknya juga di-point

    Mau nanya, apakah fair menampilkan 10 toplist point terbanyak? jika begitu, tentu akan menggusur dan menggerus akun2 yang daftar belakangan.

  12. setuju dengan masukkan @MeityRose dan @kangpriadi.
    Rating emang harus betul-betul dibenahi. Mungkin sekedar masukkan saja ni gatau mungkin apa tidak, tetapi validasi rating harus betul2 valid apakah -/+....

  13. kalo menurut saya rating di nilai dari 10 transaksi snagat menyulikan,, ambil jalan tengahnya saja,

  14. kalo menurut saya rating di nilai dari 10 transaksi snagat menyulikan,, ambil jalan tengahnya saja, mendapat 1 transakasi saja saja sulit

  15. Pemberian rating sebaiknya jangan model bintang saja lgsng klik pdhl itu vital bgt. Pemberian rating diberikan berdasarkan 5 pertanyaan penting dimana 5 pertanyaan mewakili 1 bintang. Nah masalahmya pertanyaan seperti apa yg bisa mewakili 1 bintang. Pertanyaaan model yes no aja gk usa essay. Contoh apakah komunikasi dengan worker/owner mudah dimengerti dan di pahami?(+1 bintang). 5 pertanyaan ini menjadi tantangan kru project

  16. Setuju banng @Admin5

    Dengan cara ini rating semua user secara umum akan lebih cepat berubah dan rating + feedback yang lama tetap ditampilkan sehingga owner/worker tetap bisa megetahui sepak terjang owner/worker yang akan diajak kerjasama :)

  17. Untuk Kebaikan bersama tidak ada salahnya untuk dicoba Bro Admin..

  18. Setuju sama meityrose

  19. Admin5

    31 Jan 2016 Administrator

    @MeityRose Kami menyarankan untuk sistem rating adalah sbb:

    1. Rating tetap harus dari keseluruhan project, karena bagaimanapun semua project yang pernah dikerjakan pantas mendapatkan penilaian rating.
    2. Dibuat satu sistem rating lagi yang menunjukan nilai rating 3 project terakhir saja, sehingga owner dapat menilai rating keseluruhan dan rating 3 project terakhir.
    3. List project yang telah dikerjakan sebaiknya dibuat lebih minimalis dan bisa disort berdasarkan waktu, nilai project ataupun rating.
    4. Sering kali ada komentar baik atau buruk bagi worker, ada baiknya worker diberi ruang untuk menjawab komentar rating tersebut (agar hal ini menjadi fair, bila memang ada owner yang kurang fair) Mungkin juga untuk sebaliknya.
    5. Untuk list top 10 yang hanya berdasarkan point terbesar maka ada baiknya untuk dibuat juga list top 10 berdasarkan setiap bulannya. (jadi worker baru punya kesempatan promosi)
    6. Untuk service atau product ada baiknya untuk disediakan ruang promosi bagi owner service mempromosikan (baik dengan sistem berbayar ataupun free bagi yang baru launch service/product, mungkin cukup dengan banner berjalan saja)
    7. Untuk komentar project finish juga baiknya dibuat dalam bentuk banner berjalan.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    Thanks ya Mba @MeityRose untuk masukannya.

    1 dan 2. Rencananya rating semua project tetap ditampilkan kok, tapi yang ditampilkan sebagai rata-ratanya adalah hanya yang 10 project terakhir.

    3. Noted. Mantep sekali ini masukannya.

    4. Noted. Ini sebenarnya sudah ada dalam to do list, tapi kalah prioritas melulu dengan pengerjaan yang lain :(

    5. Noted. Berarti ini leaderboard untuk timeframe yang lebih pendek ya.

    6 dan 7. Ruang promosi bagi owner service dan produk itu seperti apa ya? banner berjalan itu seperti apa ya dan diletakan dimana ya?

    Sangat bermanfaat. Thanks ya :)

    Ditunggu jawabannya untuk point 6 dan 7 diatas ya :)

  20. Admin5

    31 Jan 2016 Administrator

    @hendrawd sepertinya bagus om sistem barunya

    Makasih ya, Om @hendrawd, masih dipelajari nih, enaknya gimana :)

  21. Newer ›

to reply!