Project owner, bijaksanakah menekan budget sekecil-kecilnya?

  1. 4 years ago
    Edited 4 years ago by SuperXX2

    Sebagai project owner, masuk akal dan manusiawi banget jika kita ingin menekan budget sekecil-kecilnya, tetapi harap diingat bahwa you pay peanut, you get monkey.

    Memang betul bahwa sistem lelang/bid projects.co.id memastikan bahwa project owner mendapatkan harga yang paling fair, namun perlu dipertimbangkan bahwa worker-worker high quality seringkali tidak tersedia di harga yang tidak masuk akal :)

    Akan jauh lebih bijaksana jika Anda memberikan budget yang menarik sehingga "memancing" banyak worker untuk mem-bid project Anda dan dengan sendirinya akan terjadi persaingan sehat yang pada akhirnya akan memungkinkan Anda mendapatkan worker berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

    Selain itu, percayalah bahwa tidak ada worker berkualitas tinggi yang ingin bekerjasama jangka panjang dengan Anda jika Anda terus menawarkan job/project dengan budget rendah yang tidak masuk akal. Dalam jangka panjang, jelas ini merugikan Anda sebagai project owner.

    Saya harap kita semua setuju dengan point of view ini :)

  2. Oke mas bro saya setuju pisan...... :)

  3. @TeguhAJ0104, posting project baru dong, Om Teguh :)

  4. biar bisa efektif menggunakan budget, bisa juga dengan cara memecah pekerjaan jadi bagian2 kecil, sehingga bisa menekan resiko seandainya worker yang dipekerjakan ternyata kualitasnya tidak sebagus harapan , atau tidak bisa memenuhi requirement yang diinginkan misalnya tentang tenggat waktu

    depositnya juga jadi gak banyak2 ... hehe.. cashflow juga penting atuh

  5. Admin1

    16 Feb 2015 Administrator

    Terima kasih om @joane3005 atas masukkannya.

  6. Admin5

    1 Mar 2015 Administrator

    @joane3005,
    Terima kasih ya Bu atas masukannya :)

    Fitur pembayaran per milestone sudah kita masukan dalam task-list kita.
    Dengan feature ini, Ibu sebagai project owner tidak perlu mentransfer dana 100% ke rekening escrow sebelum worker/freelancer mulai mengerjakan project Ibu.

    Misalnya project Ibu dimenangkan di harga Rp 6.000.000 dan Ibu sebagai project owner sudah sepakat dengan worker untuk merelease pembayaran per milestone @ Rp 2.000.000. Jadi:

    • selesai tahap I, Ibu transfer Rp 2.000.000,-
    • selesai tahap II, Ibu transfer Rp 2.000.000,-
    • selesai tahap III, Ibu transfer Rp 2.000.000,-

    Sang freelancer happy. Ibu sebagai project owner juga happy :)

  7. Edited 4 years ago by joane3005

    nah sippp itu ..... terimakasih ya .... dengan begini project owner juga bisa nyaman cash flownya,

  8. Iya saya setuju banget dengan pendapat dari SuperXX2, kalau saya lihat bid awal di situs projects.co.id seringkali tidak masuk diakal budget dengan nilai Rupiah nya. Misalnya pembuatan website bid awal Rp. 500.000,-. Hadeh.....

  9. Deleted 4 years ago by Himawan1970
  10. Admin5

    18 Mar 2015 Administrator

    Pak @Himawan1970, jika tidak setuju dengan published budget, bidder berhak membid di harga lebih tinggi, artikelnya ada disini: https://projects.co.id/community/27-bolehkan-saya-mem-bid-diatas-harga-published-budget

  11. memang rata2 project owner pasang harga

    @Himawan1970 Iya saya setuju banget dengan pendapat dari SuperXX2, kalau saya lihat bid awal di situs projects.co.id seringkali tidak masuk diakal budget dengan nilai Rupiah nya. Misalnya pembuatan website bid awal Rp. 500.000,-. Hadeh.....

    bid awal 500rb tapi rata2 permintaan nya bikin web 3.0 :)

    dan aneh nya banyak banget yg nge bid

  12. lha iya, kenapa ya kok worker itu mau ngebid project yang budgetnya tidak sesuai requirement ..
    kalau saya malah takut ya ... jangan2 nih worker tidak tahu scope pekerjaannya ..

    karena saya sering nih mengalami banyak worker asal ngebid saja, terus alasannya juga tidak nyambung, semacam template profil diri saja , itu kan menghabiskan waktu bagi client untuk cek satu2 penawaran

  13. Ane termasuk yg ngasih projek dgn budget kecil sob, hehehe maklum emank duit ane g bnyk, klo bnyk mah pasti ane byar mahal kok. bener jg sih, ngasih budget kecil hasilnya jg gak maksimal, mw protes ke worker jd g enak jg, alhasil terima apa adanya aja deh hikz

  14. ada harga ada rupa
    kata pepatah lama :)

  15. ya kala harga tidak cocok coba kita kasih penawaran ke PO nya , siapa tahu dia menerima :D

  16. Admin5

    20 May 2015 Administrator

    Betul sekali Pak @arissetia :)

  17. Ikutan nyimak aja ane gan.

  18. Setuju banget dengan SuperXX2

  19. Ane termasuk worker yang sering ngebid diatas published budget, tapi alhamdulillah ada beberapa owner yang terima dengan budget yang saya ajukan, so bagaimana kita jelasin ke owner kenapa kita ngebid dengan budget lebih tinggi itu hal yang terpenting.

    Keep Working Keep Smile Keep Negotiation :)

  20. Di dunia nyata, pihak Klien yang menekan budget sekecil-kecilnya, memang sebetulnya akan berpengaruh pada hasil yang akan di dapatkan....
    tapi ini belum tentu berlaku di project.co.id.
    Owner yang memberikan budget kecil di project.co.id , bisa mendapatkan worker yang berkwalitas.

    Mengapa demikian?
    Mengapa disebutkan berkwalitas?

    Apabila teman2 mengikuti perkembangan project yang ada pada project.co.id , akan menyadari bahwa worker yang sebetulnya mempunyai standar harga tinggi, akan tetap melakukan bid di harga rendah sesuai budget owner begitu juga sebaliknya.

    Owner yang memberikan budget kecil, apabila memilih dengan cermat, akan mendapatkan worker yang berkwalitas, ini merupakan keuntungan juga buat manage brand project.co.id
    (di project.co.id bisa mendapatkan worker berkwalitas dengan budget rendah)

    Akan tetapi apabila Owner yang memberikan budget besar dengan tujuan untuk mendapatkan worker yang berkwalitas, haruslah berhati2 dan seksama menentukan pilihan sendiri.
    (sampai saat ini, project.co.id belum dalam tahap membantu owner untuk menentukan pilihannya, seperti memberikan kriteria standart harga (rate/hour) worker dsb.
    project.co.id masih sekedar menyediakan ruang bertemunya owner dan worker.)

    Apabila project.co.id membantu menampilkan rate/hour (untuk bidang jasa) yang diterapkan oleh worker itu sendiri, dan memliki aturan bahwa worker tidak bisa/ tidak diprioritaskan untuk melakukan bid dibawah standart rate/hour yang dimilikinya, saya rasa akan lebih membantu owner menentukan pilihannya daripada dengan sistem yg sekarang, yang pasti banyak membuang waktu untuk melakukan seleksi dan harap harap cemas dengan pilihannya.

    Apabila terus menerus spt ini. prediksi saya, akan semakin banyak owner yang memberikan budget rendah di project.co.id (untung2an mendapatkan worker berkwalitas) , dan project.co.id
    akan ditinggalkan worker yang memang profesional di bidangnya. dan akan lebih cenderung menjadikan project.co,id sebagai tempat magang. belajar dan mendapatkan bayaran.

    Owner akan terbiasa dengan sistem kerja ini dan owner tidak akan memberikan budget tinggi, karena prinsip bisnis : "Bisa mendapatkan hasil maksimal dengan biaya murah, kenapa harus bayar mahal?"

    Ini merupakan homework buat project.co.id dan kita semua, agar project.co.id menjadi lebih baik.
    Dan memberikan keuntungan untuk worker maupun owner.

    Note : tidak ada standart harga yang pasti untuk pekerjaan Jasa, karena itu standart harga atau rate/hour di sertakan worker dalam portofolio/profile worker.

    Salam

  21. Newer ›

to reply!