LAMBANG BINTANG YANG MENYESATKAN

  1. 2 years ago

    *****
    Review atau pemberian nilai atas performance dari pemberi kerja maupun pekerja seharusnya menjadi cerminan dan dapat digunakan untuk mengukur tingkat kredibilitas ybs.

    Namun demikian. proses REVIEW dilaksanakan di situs ini, menurut saya agak kurang tepat soal 'timing' nya.

    Maksud saya begini. ketika pekerjaan telah selesai 100 % dan proyek dinyatakan 'close' kemudian secara otomatis muncul icon pilihan untuk Review sebagai ukuran dan lambang penilaian atas hasil kinerja atau reputasi terhadap proyek yang baru selesai dikerjakan.

    Menurut saya hal ini terlalu buru-buru. Mengapa demikian?

    Sebab project owner, bisa saja dalam kondisi yang belum sempat menilai hasil proyek secara keseluruhan. Mungkin saja terdapat kesalahan yang baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh beberapa hari kemudian.

    Oleh sebab itu, diusulkan agar pemberian nilai reputasi atau tingkat kepuasan (Review) tidak secara langsung ketika proyek selesai, namun perlu diberi tenggang waktu. misal 3 hari atau seminggu kemudian bisa diberikan penilaian..

    Hal ini dimaksudkan agar pemilik proyek benar benar telah memeriksa dan memastikan bahwa seluruh hasil pekerjaan telah sesuai dengan yang diinginkan atau setidaknya secara umum bisa diterima dengan baik. Setelah itu, barulah bisa dilakukan penilaian (review) atas hasil kerjanya.

    Sebagaimana yang terjadi saat ini, tak sedikit pemilik proyek yang akhirnya merasa kecewa karena adanya kesalahan dalam pekerjaan, yang diketahui setelah proyek dinyatakan selesai dan dilakukan Review.

    Atau bisa juga dilakukan penilaian 2 tahap. Yaitu tahap pertama, ketika proyek dinyatakan selesai (close) dan tahap review yang kedua adalah setelah beberapa hari kemudian (after sales service), pemilik proyek bisa memberi penilaian ulang terhadap hasil kerja.

  2. Emmm, biasanya worker yang baik ndak melepas tanggung jawab begitu saja ketika projects done! Pengalaman saya pribadi, selalu memberikan solusi meskipun projects dah closed. Kalo worker niatnya cuma Hit and Run sulit jga sih.

    Namanya sistem kadang menguntungkan ! merugikan., ruginya kalo projects selesai sangat baik dan setelah 3 hari si owner lupa gimana?

  3. Admin4

    8 Sep 2016 Administrator

    Penilaian baru terjadi setelah owner klik tombol "Accept Work", itulah sebabnya kami selalu menghimbau kepada owner untuk memastikan bahwa project yang dikerjakan oleh worker sudah benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang sudah disepakati.
    Owner diberikan waktu yang seluas-luasnya (bukan hanya 3 hari) untuk memastikan bahwa project sudah benar-benar diperiksa.

  4. intinya sih gini owner maupun worker harus tau dulu gimana cara pake sistem projects.co.id dan bagaimana kebijakan projects.co.id , panduan - panduan yang sudah disebar sebaiknya dibaca baik-baik dan dipahami betul-betul serta peraturan dan peringatan dari sistem harus dipahami betul-betul, ini hanya pendapat tidak harus setuju juga (mungkin sedikit telat dua bulan) tapi gpp biar dapet temen :D

  5. Menurut pendapat saya sebagai worker. Untuk penilaian dari owner, sebenarnya itu sangat simple. Karena dari sistem menu Projects.co.id sudah jelas sekali. Karena Owner sudah memeriksa hasil kerja worker dan baru menyatakan "Accept Work" bukan? Saya yakin, di dalam kesepakatan antara owner dan worker sudah adanya saling berpengertian. Misalkan: penulisan artikel 10 artikel, worker akan mengposting min. 2 artikel perhari dalam masa 5 hari waktu kerja. Misalkan dalam pemeriksaan ada terjadi hal yang perlu direvisi, maka worker akan menyelesaikannya sesuai kebutuhan owner. Dan pada hari penyelesaian, otomotis owner sudah bisa menilai kerja worker sampai ke mana keprofesionalnya. bukan? Ini hanya pandangan pribadi saya. Terima kasih.

  6. Masukan yang setidaknya perlu "dipertimbangkan" mungkin ada baiknya kita menghargai pendapat Bapak Edy sebagai masukan mungkin... Thanx infonya mantap pak.

    #makassarhosting

  7. bener bener

  8. Betul juga sih, worker berbintang lima dengan point seabrek juga bisa saja berbuat curang. Hal ini nyata dan pernah saya alami sendiri, Jadi.. sebagai project owner kita tidak boleh terkecoh oleh banyaknya bintang seorang worker, siapapun orangnya..

  9. Tips dari saya untuk para owner,
    Sebelum accept worker yang bidding, bangun dulu komunikasi dengan worker yang bidding. Lihat bagaimana worker dapat diajak komunikasi. Karena di situs project.co.id ini yang harus diutamakan adalah komunikasi antar owner dan worker "bagaikan Mandor dan Kuli Bangunan". Dan sebisa mungkin carilah worker yang benar-benar professional. Biasanya banyak worker yang asal bid namun skill mereka ternyata belum mumpuni menangani project tersebut. Alhasil project yang dihasilkan pun kurang memuaskan. Ini akan menjadi "preseden buruk" nantinya buat para owner project. Mungkin dari pihak project.co.id sendiri dapat membuat sistem semacam ujian untuk menilai skills worker sampai berapa skor nilainya.
    Semoga bisa sedikit menjadi bahan pertimbangan.

  10. Admin4

    2 Mar 2017 Administrator

    Halo teman-teman semua.
    Benar sekali apa yang disampaikan oleh teman-teman "Jangan mau percaya begitu saja!" Semua keputusan harus didasarkan atas pertimbangan yang kompleks. Parameter yang ada di Projects.co.id hanya sebatas upaya untuk mempermudah dalam membuat keputusan, tetapi bukan satau-satunya parameter dalam bagaimana user mengambil keputusan, keputusan masih harus dipertimbangkan kembali dengan beberapa instrument yang Anda persyaratkan.
    Projects.co.id lebih berfokus pada hak user (owner/buyer, worker/seller), owner/buyer akan kami jamin keselamatan atas dananya sehingga kami berani menjamin owner/buyer akan menerima hasil kerja sebagaimana yang telah disepakati atau dana dikembalikan kepada owner/buyer jika Worker/seller tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya. Worker/seller akan mendapatkan bayaran jika pekerjaan diselesaikan dengan baik.
    Sehingga dalam hal ini perlu difahami, Projects.co.id hanya membuat situs layanan yang tersedia untuk memungkinkan pengguna mengidentifikasi dan menentukan kesesuaian terhadap transaksi yang akan Anda lakukan. Projects.co.id tidak memiliki kontrol atas;

    • jaminan kualitas,
    • keamanan atau legalitas jasa pengguna yang dipromosikan melalui situs kami,
    • kebenaran atau keakuratan dari daftar pekerjaan, kualifikasi, latar belakang, atau identitas pengguna,
    • kemampuan pengguna untuk memberikan layanan terhadap pengguna lainnya, atau
    • bahwa pengguna dapat menyelesaikan atau benar-benar akan menyelesaikan transaksi.

    Kapasitas Projects.co.id hanya sebagai fasilitator, Mediator dan Penjamin, yang:

    • Memfasilitasi semua proses transaksi agar berjalan secara fair play, jujur, adil dan transfaran.
    • Memediasi terhadap hak dan kewajiban masing-masing pihak agar tidak ada pihak yang dirugikan, dan
    • Menggaransi bahwa semua pihak akan mendapatkan haknya sejauh semua proses transaksi berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

to reply!