@Admin1

mau menyampaikan unek unek dan sedikit curhat mengenai arbitrase (lagi).

bagaimana cara pihak projects memproteksi Owner yang dirugikan secara "waktu" dalam hal project nya masuk arbitrase

kenapa saya bertanya begitu ?

  1. Adanya tenggat waktu Panggilan pertama selama 3x24 jam sebelum bisa dilakukan "Percepatan Arbitrase"
  2. Apabila suatu project masuk arbitrase (bisa banyak hal, misalnya worker salah bid, worker tidak profesional, worker gak response, dll) , maka owner akan dirugikan waktu paling minim adalah 3x24 jam dan kemungkinan adalah 1 minggu

Contoh nya di salah satu project yang saya arbitrase
29/08/2016 12:13:55 WIB ==> Owner melakukan payment dan sukses di validasi projects.co.id
30/08/2016 12:27:52 WIB ==> Last response dari worker, setelah tanggal ini worker TIDAK melakukan response lagi sama sekali

saya sebagai owner berpikir positif mungkin saja weekend / mungkin saja worker ada masalah misal hp hilang / kuota gak ada / ada masalah lain nya.

tapi sampai
05/09/2016 08:59:40 WIB ==> owner melakukan arbitrase dan worker sama sekali tidak ada itikat baik (reply saja tidak ada)

maka saya sebagai owner menunggu 3x24 jam
08/09/2016 16:19:24 WIB ==> arbitrase selesai dengan refund 100% ke worker

Dana memang balik 100% tapi secara waktu pihak owner jelas merasa dirugikan oleh worker.
ada kerugian waktu +- 1 minggu yang disebabkan ketidak profesionalan dari worker.

Sedikit pendapat dan saran saya sebagai owner yang merasa dirugikan oleh ketidak profesionalan worker

  1. Aturan 3x24 jam sebaik nya dapat di rubah untuk case tertentu misalnya worker yang tidak meresponse sama sekali. Jadi mungkin aja 3x24 jam dari last response / last active date
  2. Untuk keputusan arbitrase alangkah bagusnya bisa ditambahin komentar dari owner, kalau sekarang cuma ada tulisan "Rating berdasar arbitrase ..........".
  3. Terdapat penambahan fitur like / dislike worker di lain dari rating dan poin. Fungsi ini adalah menunjukan berapa owner yang kecewa / suka dengan worker. Kenapa perlu ada fitur ini?

a. Worker bisa saja memiliki rating 4 bintang / 1000 poin, tapi bagaimana kalau ternyata owner yang kecewa terhadap worker i itu banyak ? (jumlah owner kecewa akan mempengaruhi reputasi dari projects.co.id selaku media marketplace)
nb : Bintang dan poin bisa di akalin dengan suatu cara dan teknik.

Semua keputusan akhir tentu nya tergantung kembali kepada pihak projects.co.id sebagai penyelenggara marketplace ini
tapi alangkah baik nya jika dapat di pertimbangkan dan dapat di realisasi

Terima kasih

Salam