Kesulitan Cari Job

  1. 2 years ago

    Haloo,

    Curhat ah, sekarang ini makin sulit cari job di projects.co.id , simple nya gini aja...

    Banyak client lebih suka dengan user lama yang memiliki nilai rating dan point lebih tinggi dari user baru.

    Sebenarnya gak ada salah nya juga atas realitas yang ada, tapi ujung-ujung nya user baru tidak akan berkembang karena sulit mendapatkan job.

    Mulai ya,
    Beberapa job yang saya masukin lebih banyak di dapati oleh user yang itu-itu aja, kalau mengutip salah satu thread yang banyak view nya, disebutkan 'Seleksi Alam', sebenarnya bukan seleksi alam yang kita butuhin dalam marketplace seperti ini, tapi pengayoman admin atas user nya, karena udah pasti tiap project akan menghasilkan buat admin tapi admin juga jangan menutup mata atas user sebagai worker nya, kita juga mau berhasil seperti mereka yang sudah sukses, tapi kalimat seleksi alam itu nanti nya akan pecah kalo gak ada kroco-kroco seperti kami di bawah mereka, kami juga yang meningkatkan traffic untuk anda walaupun mayoritas kami yang tidak (akan pernah) mendapatkan job dengan mudah.

    Tidak merendahkan diri sendiri, kami yakin pasti kami bisa sukses juga, makanya kami berani ikut disini mencari receh ? gak receh juga kalo dapet projek jutaan kan, tapi saya sendiri merasa sulit sekali untuk mencari pekerjaan, apalagi kalo punya logika seperti ini :

    1. saya melihat job biasa-biasa aja, dengan tugas yang saya rasa gampang, saya taruh bid 50k dengan besar harapan terpilih, namun pemain lama dengan bid 500k terpilih, dan mindset kita berubah "ternyata project seperti itu 500k"
    2. saya melihat job seperti nomor 1, dan saya bid 500k, ternyata ada user lain yang terpilih dengan bid 250k, asumsi pecah ternyata range 250k - 500k
    3. Terjadi lagi project serupa, saya tawar 200k (lebih rendah dengan harapan terpilih), ternyata di dapatkan pemain lama dengan rating tinggi dengan nilai 1m.

    Dari tiga poin diatas, dapat di ambil kesimpulan bahwa,
    A. Kalau user baru dengan rating / poin kecil akan tersisih begitu aja, mau harga nya kecil / tinggi
    B. Kalau user lama dengan pengalaman, rating, poin yang tinggi mau harga berapa mudah saja dapat nya

    Dari dua opini diatas, kita sadari gak ada salah nya... tapi kenyataan tersebut pahit bung...

    Mungkin ada beberapa hal yang bisa dijadikan aspek tambahan projects.co.id , misalnya...
    Menentukan user adalah agency atau perorangan, dan silahkan atur bagaimana perbedaan ini terjadi
    Menentukan level pekerjaan dari kesulitan rendah hingga tinggi, sehingga tidak ada pemikiran "kalah lagi sama dia, dia, dia, ya mungkin karena dia user lama", sehingga berubah -> saya masih baru, saya kurang ilmunya, etc.
    Memberikan satu level dimana pekerjaan dapat di raih pengguna baru, dan pekerjaan itu tidak bisa di bid oleh pengguna lama, dan dalam konsep nya pengguna baru hanya bisa mendapatkan pekerjaan ini hingga x projects, misal maksimal 2 project setelah itu masuk ke level user normal

    Karena saya rasa projects.co.id itu bukan tempat yang konotasi nya hutan dengan segala usaha saya bisa memetik buah dari pohon nya, kalau sekarang kesannya saya lagi main di kebon tetangga, minta buah nya aja gak di kasih, orang si tetangga cuma mau kasih ke temen-temen nya aja....

  2. betul nih broo, saya pernah bid , bikin dekstop application yg bisa menampilkan semua layar kompi di kantor. ..

    karena saya jg menyediakan yg begituan utk HRD saya (program mutlak adalah buatan saya), saya bid dg harga dibawah limit budget, kemudian kasih pesan chat. saya bisa selesaikan dalam sehari :D

    ehhh, ga kepilih jg alias kalah hanya karena rating

  3. cocokn nihh bro,
    intinya kami yang masih dibawah rating nya (baru nongol disini) bukan tidak berusaha atau mugkin belom rejeki. tapi memang kenyataan nya seperti yg dibicarakan di atas.
    kalah rating, ya kita gak bisa yalahin siapa siapa apa lagi sampai nyalahin admin dan worker senior.
    kita cuma butuh pencerahan nya aja biar kita sama sama dapat job.

    Terima kasih Admin

  4. Awalnya saya juga berpikir demikian, tetapi baru ini saya mendapat 1 job kecil2an karena selain resume dan portfolio, saya juga menyertakan gambar asli vector yang saya design. Dan Project Ownernya menerima dan komunikasi lancar selama perbaikan sampai hasil akhir. Kalo bisa kerja seterusnya dengan kepercayaan penuh untuk project selanjutnya ya syukurlah...

    Tapi ini hanya 1% dari yang saya pernah bid. Bener-bener untung2an dapet owner project yang berpandangan terbuka dan menyukai kreatifitas orang baru, atau yang hanya mempercayai pekerja lama.

    Berserah pada Tuhan saja... Semoga project.co.id bisa lebih kreatif dalam menangani masalah ini.

  5. Edited 2 years ago by idestax

    Saya udah mendaftar dari tahun 2015 dan gak pernah dipakai akunnya, baru aktif beberapa hari ini dan dapat project sekarang (bisa dilihat dari profil saya).

    Ini sekedar tips cara nge-goal-in project dengan harga yang LAYAK:

    1. Bangun Relasi
    Saat melihat suatu project yang pas dengan kriteria skill dan pengalaman, JANGAN BID DAHULU!
    Dahulukan Ask Owner atau Chat With Owner. Gunakan bahasa yang santun dan salam.
    Misalnya: "Selamat Pagi Pak/Bu <nama owner project>, Bisa jelaskan secara spesifik software yang
    dibutuhkan?". Mulai lah percakapan yang membuat client menjadi interested dan usahakan agar client
    pada kita. "KEPERCAYAAN ITU SANGAT MAHAL" bahkan orang terkaya didunia ini sekalipun tak bisa
    membeli kepercayaan seorang client dengan sekejap mata. Butuh kesabaran, proses pembicaraan
    panjang, dan bahkan menghabiskan sumber daya yang tak dapat dibeli dengan uang.

    2. Ikuti Aturan Main
    Client Accept Bid, Bayar, Kalau sistem sudah memberi lampu hijau, kerjakan! No time and power to
    waste just for a preview.

    3. Be A Hardcore Guy!
    "Wih, apalagi nih? Yang bener aja gue harus set difficulty ke Hardcore?"
    Ya! Harus! Dan Wajib! Kenapa? Ada project dibidang yang anda kuasai namun TIDAK DAPAT
    DIKERJAKAN OLEH SIAPAPUN! DAN KEMENANGAN MUTLAK HANYA BAGI ORANG YANG BERANI
    MENGAMBIL TANTANGAN ITU.

    Tapi tetap, lakukan sedikit eksperimen sebelum bid. Supaya keberanian teman-teman freelancer
    sekalian untuk mengambil project seperti itu tidak malah menjadi misi bunuh diri.

    4. Build and designed for Quality, not Quantity
    Kualitas kerja harus ditingkatkan, jika anda seorang programmer seperti saya,
    pelajari SOLID principle, Design Pattern, Rajin Refactoring coding (seperlu nya).
    Kualitas kerja membuat client betah dengan anda. Membuat project yang biasanya selalu kabur
    menjadi berbalik mengejar anda.

    paling itu saja dari saya, ada yang mau menambahkan?

  6. andai di bales, karena saya yakin semua orang akan melakukan hal yang sama...
    1 user di kirimin 10 pesan yang sama dari orang yang berbeda, mereka akan lihat apa nya ? kalau saya bilang sih rating nya....

    belum lagi, sekarang ini saya lihat banyak project cancel di projects.co.id , project nya beneran cancel atau cuman di pake buat ningkatin traffic nya aja nih ?? pas udah rame berguguran satu per satu project nya... kalo kalo expired gak kurang point kan ? cuman di cancel aja baru kurang... (buat pembuat job)

  7. Edited 2 years ago by idestax

    @rixkiansyah andai di bales, karena saya yakin semua orang akan melakukan hal yang sama...
    1 user di kirimin 10 pesan yang sama dari orang yang berbeda, mereka akan lihat apa nya ? kalau saya bilang sih rating nya....

    belum lagi, sekarang ini saya lihat banyak project cancel di projects.co.id , project nya beneran cancel atau cuman di pake buat ningkatin traffic nya aja nih ?? pas udah rame berguguran satu per satu project nya... kalo kalo expired gak kurang point kan ? cuman di cancel aja baru kurang... (buat pembuat job)

    Gak gan, mereka lihat kualitas kerja worker (kalau ownernya bener). ini buktinya , waktu itu saya gak punya rating sama sekali dan saingan saya ada 98 orang. 37 diantaranya sudah punya rating dan point lebih tinggi dari saya (waktu itu point saya 0). Jangan Menyerah gan :D

    Itu tergantung owner projectnya sih, kadang ada project yang dicancel karena tidak sesuai dengan tag atau penjelasan/judulnya salah. Atau juga karena setelah negosiasi dengan salah satu workernya, mungkin diseret kerja diluar system projects.co.id maka projectnya dicancel.

  8. Edited 2 years ago by SuperXX2

    @rixkiansyah Karena saya rasa projects.co.id itu bukan tempat yang konotasi nya hutan dengan segala usaha saya bisa memetik buah dari pohon nya, kalau sekarang kesannya saya lagi main di kebon tetangga, minta buah nya aja gak di kasih, orang si tetangga cuma mau kasih ke temen-temen nya aja....

    Om @rixkiansyah : terima kasih ya atas curhatnya. Mesti diakui, meskipun pahit, ini curhat yang inspiring.

    Sebagian dari curhat ini adalah kenyataan yang tak terbantahkan, tidak juga oleh kita-kita yang sehari-hari berkutat di kantor Projects.co.id dan melihat bagaimana segala sesuatunya berjalan, berproses dan berkembang.

    Project owner adalah pribadi yang berbeda-beda, kita tidak dapat membaca persis isi pikiran mereka, namun secara umum, ini adalah beberapa tulisan/diskusi yang berhubungan:

    Alasan project owner membatalkan project: https://projects.co.id/community/61-poling-penyebab-pembatalan-project

    Cara memperbesar probabilitas memenangkan project: https://projects.co.id/public/tips/view/0e1711/freelancer-gunakan-jurus-jurus-sakti-tambahan-ini-untuk-memenangkan-project

    Secara pribadi saya sarankan semua teman-teman membaca dan mempelajari semua tips dan tricks dan halaman Tips dan Blog .

    Mengenai memasang fake project untuk menaikkan traffic, ini nggak kita lakukan sih. Terus terang kita di Projects.co.id cukup sibuk mengerjakan berbagai macam hal, tapi menaikkan traffic dengan cara memasang fake project bukan salah satunya haha :)

    Mengenai ini: "Karena saya rasa projects.co.id itu bukan tempat yang konotasi nya hutan dengan segala usaha saya bisa memetik buah dari pohon nya, kalau sekarang kesannya saya lagi main di kebon tetangga, minta buah nya aja gak di kasih, orang si tetangga cuma mau kasih ke temen-temen nya aja....", saya rasa jika sebagai freelancer kita punya kesan seperti itu, kita perlu --dengan segala cara yang baik dan benar-- membuat para project owner merasa bahwa kita MEMANG ADALAH tetangga mereka.

    Saya pribadi lumayan sering menjadi project owner, saya tahu persis psikologi dan faktor-faktor apa yang membuat project owner memutuskan untuk memilih worker/freelancer yang mana.

    CEO Projects, Pak Pri, adalah seorang freelancer selama bertahun-tahun. Beliau tahu persis psikologi seorang freelancer. Itulah yang beliau coba tuangkan dalam platform ini.

    Diatas semua ini, Projects.co.id akan masih terus berevolusi dan tak berhenti memikirkan improvement apa yang dapat terus kita lakukan untuk menjadikan semuanya semakin baik.

  9. @endrie123 betul nih broo, saya pernah bid , bikin dekstop application yg bisa menampilkan semua layar kompi di kantor. ..

    karena saya jg menyediakan yg begituan utk HRD saya (program mutlak adalah buatan saya), saya bid dg harga dibawah limit budget, kemudian kasih pesan chat. saya bisa selesaikan dalam sehari :D

    ehhh, ga kepilih jg alias kalah hanya karena rating

    Try harder, bid banyakan. Ini bukan teori, ini kenyataan haha :)

    Yang saya tahu, salah satu top worker yang secara rutin muncul di front page dalam daftar top worker, mendapat project pertamanya setelah membid ratusan kali dan mereply message ratusan kali juga. Setelah mendapatkan (dan mengerjakan dengan baik) project pertamanya , segala sesuatunya menjadi lebih mudah.

  10. @fauzanforkshop cocokn nihh bro,
    intinya kami yang masih dibawah rating nya (baru nongol disini) bukan tidak berusaha atau mugkin belom rejeki. tapi memang kenyataan nya seperti yg dibicarakan di atas.
    kalah rating, ya kita gak bisa yalahin siapa siapa apa lagi sampai nyalahin admin dan worker senior.
    kita cuma butuh pencerahan nya aja biar kita sama sama dapat job.

    Terima kasih Admin

    Pencerahannya ada di sini , dibaca dan dipraktekkan ya :)

  11. @idestax Saya udah mendaftar dari tahun 2015 dan gak pernah dipakai akunnya, baru aktif beberapa hari ini dan dapat project sekarang (bisa dilihat dari profil saya).

    Ini sekedar tips cara nge-goal-in project dengan harga yang LAYAK:

    1. Bangun Relasi
    Saat melihat suatu project yang pas dengan kriteria skill dan pengalaman, JANGAN BID DAHULU!
    Dahulukan Ask Owner atau Chat With Owner. Gunakan bahasa yang santun dan salam.
    Misalnya: "Selamat Pagi Pak/Bu <nama owner project>, Bisa jelaskan secara spesifik software yang
    dibutuhkan?". Mulai lah percakapan yang membuat client menjadi interested dan usahakan agar client
    pada kita. "KEPERCAYAAN ITU SANGAT MAHAL" bahkan orang terkaya didunia ini sekalipun tak bisa
    membeli kepercayaan seorang client dengan sekejap mata. Butuh kesabaran, proses pembicaraan
    panjang, dan bahkan menghabiskan sumber daya yang tak dapat dibeli dengan uang.

    2. Ikuti Aturan Main
    Client Accept Bid, Bayar, Kalau sistem sudah memberi lampu hijau, kerjakan! No time and power to
    waste just for a preview.

    3. Be A Hardcore Guy!
    "Wih, apalagi nih? Yang bener aja gue harus set difficulty ke Hardcore?"
    Ya! Harus! Dan Wajib! Kenapa? Ada project dibidang yang anda kuasai namun TIDAK DAPAT
    DIKERJAKAN OLEH SIAPAPUN! DAN KEMENANGAN MUTLAK HANYA BAGI ORANG YANG BERANI
    MENGAMBIL TANTANGAN ITU.

    Tapi tetap, lakukan sedikit eksperimen sebelum bid. Supaya keberanian teman-teman freelancer
    sekalian untuk mengambil project seperti itu tidak malah menjadi misi bunuh diri.

    4. Build and designed for Quality, not Quantity
    Kualitas kerja harus ditingkatkan, jika anda seorang programmer seperti saya,
    pelajari SOLID principle, Design Pattern, Rajin Refactoring coding (seperlu nya).
    Kualitas kerja membuat client betah dengan anda. Membuat project yang biasanya selalu kabur
    menjadi berbalik mengejar anda.

    paling itu saja dari saya, ada yang mau menambahkan?

    Mantap. Ini masukkan yang sangat bermanfaat. Makasih ya Om @idestax atas sharingnya.

    Sebenarnya sy pribadi pernah berinteraksi dengan Om @idestax di thread maupun di online chat Projects.co.id , karena Om @idestax membid salah satu project yang saya pasang (bukan fake project yaaa!), cuman Om @idestax tidak aware. Harus saya akui, Om @idestax mempraktekkan ilmu memenangkan project ini dengan sangat baik. Sebagai project owner, saya tahu dan merasakan itu.

  12. last year

    hallo...
    mohon bantuannya utk info ke temen2nya, saya lagi cari dotnet developer full-time di surabaya sebanyak 3 org. bisa kontak saya ke 085222226530
    terimakasih

  13. Baru dapat pengalaman kemarin, lihat ada project yg saya kuasai dan berkecimpung didalmnya, terus pasang harga standart eh yg menang memang freelancer lain dengan harga 100% lebih mahal dari yg saya bid, saya lihat rating nya si pemenang bid, terus mangut-mangut gigit jari lah saya hahaha

  14. Ikutan komentar ttg kesulitan cari job. Saya new member dan new bidder (belum ada rate sama sekali). Dan saya sadar secara pengalaman belum sebanyak member yang sudah ada disini. Saya baru bergabung pertengahan july lalu dan bidding beberapa project, lalu ada 2 owner yg kemudian japri saya (bukan maksud menyombongkan yaa, tp hanya berbagi pengalaman ajja) untuk memberi saya project dan saya di-hire secara pribadi (yang satu sudah jalan yg satunya lagi baru proses). Padahal saingan saya di project tersebut banyak yg ratingnya tinggi. Mungkin ada sedikit tips yang membantu yg baru gabung / yang belum dapat project sama sekali:

    1. Sebelum bidding sebaiknya baca mengenai tips memenangkan project dari projects.co.id , dan baca artikel sebanyak-banyaknya.
    2. Seperti orang yang melamar pekerjaan di dunia nyata, lamar (bid) project yang sesuai dengan kemampuan anda dan pastikan anda mampu memenuhi target owner.
    3. Promosikan diri anda ketika bidding, siapkan CV apabila nanti owner membutuhkan, siapkan juga hasil pekerjaan / pengalaman / hasil kerja (lebih baik jika di-attach) pada saat bid.
    4. Baca dengan teliti deskripsi project, dan sekali lagi pastikan Anda mampu mengerjakannya.
    5. Untuk user baru seperti saya ini nilai bidding yang saya pasang harus sesuai dengan budget dari owner, tapi mungkin ini bukan bersifat mutlak. Sering-sering saja survei nilai bid project yang sudah berjalan dengan projct yang sama.
    6. Banyak-banyak place a bid, dan banyak berdoa, namun jangan terlalu berharap banyak, kalau gagal bisa bidding lagi koq.
    7. Jika sudah menyanggupi, harus berkomitment menyelesaikan tepat waktu, jika tidak dapat memenuhi target atau ada kritik mengenai hasil kerjaan, minta maaf dan terimalah, dan janji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

    Demikian tips dari saya yang masih baru banget di projects.co.id. Semoga bermanfaat

  15. harganya terlalu menyedihkan bung, tadi ada yg share ke group programmer budget 2jtan, itu aja sudah dibully, anehnya ditawar sama programmer projects seharga 1jt, dan ada yg nawar 500K, yg kepilih 500K, sedih liatnya, saingan dengan menggunakan menurunkan harga yg tidak lazim, sedih lihatnya, klo saya sih jujur gak pernah nawar dibawah 1jt, klo memang projectnya buka open suggest, bisa terlihat harga jual para programmer disini murah murah, pas di klik dimenu arbitnya banyak reportnya, banyak berbagai alasan

    yg saya sayangkan, ada harga jual untuk develop aplikasi android seharga 200K, wkwkwk gendeng pisan, owner tidak bisa disalahkan, krn owner adalah raja

  16. ada yang mau bantu nulis artikel

  17. @imzers Baru dapat pengalaman kemarin, lihat ada project yg saya kuasai dan berkecimpung didalmnya, terus pasang harga standart eh yg menang memang freelancer lain dengan harga 100% lebih mahal dari yg saya bid, saya lihat rating nya si pemenang bid, terus mangut-mangut gigit jari lah saya hahaha

    Iya betul, harga termurah memang belum tentu selalu memenangkan bid.

    Ane mewakili Projects.co.id menghimbau agar teman-teman freelancer untuk tidak memberikan penawaran harga yang murah tidak masuk akal. Hargai waktu dan skill teman-teman yang mungkin diperoleh juga dengan biaya dan pengorbanan yang tidak sedikit.

  18. @Pemudasukses ada yang mau bantu nulis artikel

    Bisa, Om :) Silahkan login, kemudian masuk ke menu Projects >> Create Project, cantumkan deskripsi projectnya dengan jelas ya di sana. Biasanya dalam waktu tidak terlalu lama akan masuk cukup banyak penawaran.

    Silahkan pilih penawaran terbaik dengan menggunakan panduan ini: https://projects.co.id/public/tips/view/2a1611/project-owner-inilah-panduan-memilih-worker-freelancer

    Sebagai project owner, Bapak/Ibu dilindungi oleh garansi pekerjaan selesai atau uang kembali: https://projects.co.id/public/tips/view/261611/garansi-uang-kembali-bagaimana-jika-saya-tidak-suka-dengan-hasil-kerja-worker-freelancer-g

  19. Hahaha terimakasih SuperXX atas sarannya, memang sih saya pribadi awalnya pasang harga murah saat awal-awal masih rating 0, supaya setidaknya dapat point dulu dan bintang-bintang.
    Jujur aja saya sudah lama gabung di projects.co.id (3 tahun lalu) tapi baru bisa dapat project pada tahun ini dengan strategi : "Mematok harga paling rendah pada project yg diatas rata-rata". Setelah dapat point dan logo bintang-bintang barulah sekarang matok harga bid sesuai dengan kesulitan project.

to reply!