Mensikapi Batasan Purna Jual dan After Seller dan batasan freelancer sebagai manusia atau robot?

  1. last year

    Saya ada case, nih, mungkin bisa di diskusikan bersama worker dan owner di projects.co.id.

    Saya memiliki misi membantu owner memiliki website dengan keamanan yang tinggi dengan menawarkan kepada klien saya website berbasis wordpress dengan plugin2 komersial yang berlisensi dan auto update. Konsekwensi dari situ tentu saja membuat saya memberikan layanan purna jual berkelanjutan pada paket website yang saya tawarkan tersebut.

    Sayangnya ada kasus di mana karena 2x kesalahan owner, website miliknya yang sudah selesai dibangun mengalami crash atau rusak yang membutuhkan rebuild/redesain atau reseting ulang dari awal.

    Kesalahan pertama adalah menghapus user di mana user tersebut adalah administrator tanpa melimpahkan seting ke user lain sehingga semua page, gambar, konfigurasi, dsb yang dibuat user tersebut hilang tanpa jejak. Saya berhasil membuat website tersebut berjalan normal kembali setelah lembur 2 hari dikejar-kejar owner yang tidak mau tahu dan berprinsip pokoknya harus beres;

    Kesalahan kedua adalah melakukan update atau instal plugin yang tidak sempurna yang entah kenapa menghapus konfigurasi dan konten plugin-plugin yang bagi saya sangat menguras tenaga ketika mensetingnya. Kembali saya dikejar-kejar untuk memperbaikinya, sayangnya momennya tidak tepat bagi saya: pertama saya ada deathline project, kedua istri saya baru melahirkan. Jadi, saya suruh dia menunggu. Pada akhirnya dia tidak terima, naik pitam, mencaci maki, minta uang kembali, diancam mau dilaporkan polisi, dst.

    Kejadian ini terus terang membuat saya down. Tidak banyak tipe klien seperti ini, tapi juga tidak menutup kemungkinan dijumpai oleh para worker di sini. Jadi barangkali ada saran dan masukan bagaimana menghadapi kasus seperti ini akan sangat membantu.

    Salam kenal,

    Aris.

  2. Kalau di produk fisik yang ada garansi, garansi juga berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan.

    Mungkin permasalahan muncul ketika tidak menyertakan syarat dan ketentuan dalam perjanjian diawal.

    Simplenya begini saja.
    Ketika selesai di config dan sudah running 100%, lakukan backup data dan database.

    Kalau error tinggal restore.

to reply!