Mau tanya pendapat rekan2 Freelance dan mimin khususnya untuk job desain grafis/logo

  1. 7 years ago
    Edited 7 years ago by Trisnoy

    Mau tanya pendapat rekan-rekan freelance dan mimin khususnya untuk pekerjaan desain.

    Saya memang baru mengikuti perkembangan project.co.id selama satu bulan terakhir...
    Persaingan untuk memperoleh job dari owner memang begitu berat, sehingga kita para freelance bersaing secara ketat.
    Sehingga muncul persyaratan dari owner untuk melampirkan hasil karya minimal 3 gambar sesuai konsep yang diberikan.
    Sebetulnya dengan begitu, ini bukan merupakan project lagi, tapi menurut saya lebih cenderung ke kompetisi/perlombaan.

    Misalnya owner mengharuskan peserta bid melampirkan 3 gambar, sedangkan ada 50 peserta, artinya dapat diperoleh 150 gambar yang berbeda dan bisa menjadi referensi ide untuk menggembangkan desain lebih lanjut. apalagi bila owner sendiri juga termasuk seorang desain grafis, meskipun belum terjadi, tentu akan ada indikasi tidak melanjutkan project dan akan menjadikan gambar2 yang sudah terkumpul sebagai bahan referensi.
    kenapa demikian? karena sanksi minus point untuk membatalkan / lewat waktu deadline tidaklah terlalu merugikan bagi owner. ( krn bisa membuat ID baru)

    Aturan yang tidak tertulis dalam memperoleh job desain grafis, adalah Klien menentukan memperkerjakan seorang desain grafis dari hasil karyanya selama ini, dan setelah memilih akan percaya penuh dan yakin akan pilihan desainer nya dan bersama-sama bekerja untuk memperoleh hasil yang diinginkan secara maksimal.

    Dan saya rasa , konsep project.co.id adalah memberikan project kepada freelance bukan dgn konsep sayembara/kompetisi.
    Kalau dalam konsep sayembara/kompetisi, adalah harus memastikan bahwa penyelenggara akan menentukan pemenang dari salah satu peserta dan wajib memberikan reward yang telah dijanjikan serta tidak mungkin membatalkan secara sepihak.

    Solusi yang saya pikirkan adalah:
    Project.co.id memberikan satu data lagi mengenai standar harga jasa sesuai skill freelance untuk dicantumkan pada profilenya sehingga memudahkan owner untuk menilai apakah hasil karyanya selama ini apakah sesuai dengan nilai jasa yang ditawarkan.

    Project.co.id memberikan ruang khusus apabila konsep job dari owner bersifat sayembara / kompetisi.

    Bagaimana menurut rekan-rekan freelance dan mimin mengenai hal ini?

    rgds

    Trisno Janto

  2. Admin4

    14 May 2015 Administrator

    Halo Pak Trisno, kami ucapkan terimakasih atas masukannya, betul sebagaimana yang bapak sampaikan, bahwa Projects.co.id tidak memberlakukan kompetisi/perlombaan, namun berkaitan dengan project tersebut, memang agak menyerupai kompetisi/perlombaan tetapi tetap saja itu bukan kompetisi/perlombaan cuma sedikit mirip, mungkin hal ini lebih didasarkan owner telah memberikan budget yang cukup besar untuk pembuatan sebuah logo dan owner ingin mendapatkan gambaran langsung dari project yang ditawarkannya.
    Mekanisme yang terjadi bahwa owner harus memilih/menentukan pemenang (Accept Bid) untuk kemudian pekerjaan yang sebenarnya baru bisa dikerjakan oleh worker pemenang, namun setidaknya ini akan memudahkan owner yang bersangkutan dalam menentukan pilihan.
    Sementara untuk sistem kompetisi/perlombaan biasanya melalui beberapa tahapan seleksi dan itu memang terkesan kurang fair.
    Mengenai standard harga "tanpa mengurangi rasa hormat kami pada rekan-rekan worker/freelancer", sementara ini Projects.co.id belum memberikan standard harga untuk project yang kami publish, tapi untuk project dengan harga yang terlalu jauh dari harga pasaran biasanya kami memberikan masukan kepada owner untuk memperbaiki harga yang diberikannya. Kami yakin bahwa mekanisme pasar akan terjadi dalam sebuah penawaran harga, terlebih dalam hal ini worker bisa menawar dengan harga lebih tinggi dari harga penawaran yang diajukan owner.

    Regards

    Admin

  3. Thanks masukannya mimin....

    Memang betul owner memberikan budget yang besar sehingga menginginkan hasil yang maksimal.
    Tapi apakah pihak project.co.id dapat memberikan kepastian bahwa owner tidak akan membatalkan / tidak melewati deadline dalam mengambil pilihan worker? sedangkan gambar2 yang diberikan oleh worker sudah terkumpul banyak. (sudah di download oleh owner)

    Sebagai seorang desain grafis, untuk membuat suatu karya, kadang kita membutuhkan banyak referensi. Gambar2 yang sudah terkumpul banyak dengan konsep yang sama, karena persyaratan dari owner tentu sangat membantu untuk membuat suatu karya yang lebih baik.

    Job seorang desain grafis, khusunya desain gambar/logo/brosur dsb, adalah mencipatkan karya dari yang tidak ada sama sekali ( kertas kosong) sehingga menghasilkan karya yang bisa memvisualkan kemauan owner.
    Besaran Fee seorang desain biasanya ditentukan oleh jam terbang dan wawasan ( banyak memperoleh referensi ) mengenai konsep yang diminta oleh owner.

    Logo baru symantec dengan lingkaran kuning dan tanda check (simple) menjadi logo termahal dgn fee 1 milliar dollar
    Logo Twitter dengan cirikhas burung biru (lebih ribet) hanya dengan fee 15 dollar

    Maaf ya mimin, saya bukan bermaksud tidak setuju sama sekali dengan persyaratan tersebut, tapi ada hal yang harus dipikirkan terutama mengenai hak cipta dari gambar yang sudah diberikan.

    Indikasi negatifnya spt ini :

    • saya mendapatkan project desain gambar dari luar project.co.id sebesar 1jt/gambar,
    • saya daftar sbg owner memberikan budget 5jt dgn persayaratan melampirkan gambar sebanyak 3 gambar sesuai konsep. (makin tinggi budget makin banyak peminatnya, otomatis makin banyak gambar terkumpul)
    • setelah terkumpul banyak gambar dan mendapatkan banyak referensi desain lalu saya batalkan project
    • Done (saya tidak memperoleh kerugian apapun)
    • Dan akan terulang terus menerus dengan ID baru

    Mengenai standart harga yang saya maksudkan, bukan di berikan oleh project.co.id
    tapi dilampirkan dalam data profile worker yang ditentukan oleh worker sendiri.
    Misal fee worker dalam mendesain untuk sebuah karya range 100-200rb, 200-500rb, 1jt-2jt dst
    Adanya pilihan seperti itu, memudahkan owner menentukan pilihan freelance dengan mengcompare portpolio worker.

    Tapi sekali lagi saya mohon maaf, karena saya tidak bermaksud membuat susah project.co.id , tapi karena saya senang dengan adanya ruang untuk para freelance yang sudah diberikan oleh project.co.id dan menginginkan project.co.id lebih baik dan tidak dimanfaatkan oleh segelintir orang.

    Rgds
    Trisnoy

  4. Ok Pak Trisno, sekali lagi terimakasih atas masukannya, mungkin untuk project yang dimaksud sebagai sikap profesional kami, project tersebut tetap berjalan, mungkin disini dibutuhkan kehati-hatian yang lebih dari pihak worker, kami hanya berharap semua pihak akan bersikap fairplay, kami akan terus berusaha untuk meminimalisir kejadian seperti ini untuk tidak terulang kembali, karena memang kami sangat berkeinginan dengan rules yang kami terapkan, semua pihak bisa bersikap secara fairplay, yang pasti di Projects.co.id kita menerapkan konsep biding bukan kontes.

    Regards
    Admin

  5. Urun Pendapat buat all Worker Designer... Masukan dari member yang disampaikan oleh Om Trisno dan teman-teman di Projects.co.id memang perlu ada jaminan hak cipta para freelance yang sudah dan belum mendapatkan Job Biding. Proposal Design yang menjadi acuan Owner untuk melihat hasil karya para designer Worker perlu di sisipkan copyright nya. Mungkin berupa kode Member atau logo Projects.co.id saat upload. Sistem ini bisa diberlakukan untuk semua jenis projects yang ada di sini. Jadi Semua member merasa tidak waswas lagi untuk memberikan sample design atau contoh hasil karyanya saat biding. Jadi biding yang gool dan Hasil Design atau yang lainnya yg sudah jadi job freelance yang merupakan permintaan Owner Projects bisa dilakukan via direct email.

  6. diskusinya menarik...ikut menyimak. kami warga baru, belum pernah ikut bid...karna masih banyak hal yg belum kami pahami serta kesibukan pada pekerjaan utama kami...yg belum jelas bagi kami adalah metoda, rule how to bid, how to get detil brief dari owner, how to deal and start the project, approval dan finalized the project...dan sistem pemenuhan kewajiban dan hak masing-masing pihak. Penanya (Pak Trisno) mungkin sudah memahami cara kerja di situs ini jadi beliau memberi masukan yg memang layak didengar dan berharap diakomodir. Pola kemitraan antara pengelola situs, owner dan freelancer sepatutnya berlandaskan keadilan. Artinya jika ada pihak yg tidak/kurang fair..dapat dipastikan kemitraan model tsb akan hancur seiring waktu, freelancer pergi mencari situs lain, owner pun gak ada yg mampir.
    terima kasih buat Pak Admin yg telah membuat situs ini, moga bisa berumur panjang dgn membangun kemitraan yg adil dan seimbang. SEMUA UNTUNG.

    warmest regards for all of you, dear brothers and sisters.
    hh

  7. Terima kasih rekan-rekan atas masukannya. Kami di Projects.co.id juga memang melihat ada celah untuk terjadinya penyalahgunaan seperti yang dikhawatirkan rekan-rekan. Kami tetap berkomitmen untuk menghormati hak cipta setiap user dan setiap penyalahgunaan akan kita tindak dengan tegas. Untuk ke depan, project-project yang berupa kontes atau mengharuskan menyerahkan pekerjaan di awal sebelum dibayar, akan direview secara hati-hati.

    Namun demikian, ada kalanya bentuk kontes merupakan metode terbaik bagi suatu project, khususnya pembuatan logo. Kami sedang memikirkan untuk memfasilitasi bentuk kontes ini dengan cara pembayaran di muka sebelum project publish, pemberian copyright/watermark otomatis, dlsb yang perlu.

  8. saya mewakili klien nih ...
    saya sendiri memang tidak pernah meminta mereka menggunakan modus seperti itu meski memang saya akui itu memungkinkan ..

    saya sendiri sebagai klien memang kadang meminta mereka menjelaskan secara singkat konsep dan prinsip2 desainnya, biasanya saya minta coret-coretan tangan saja dan meminta mereka menjelaskan prinsip2 atau filosofi dari desainnya.

    karena kalau hanya referensi produk yang pernah dikerjakan yang dijadikan tolok ukur, sulit bagi kami membayangkan hasilnya . kan desain itu subyektif, tidak semata tentang teknik. mendesain logo sesuai nyawa dari bisnis itulah yang paling sulit, bukan semata aspek teknis tingkat kesulitan membangun kurva dan mewarnai obyek.

    menurut saya disitulah posisi tawar dari para desainer grafis .. dan pentingnya komunikasi ..

    bagaimana worker bisa menunjukkan kepada klien bahwa dia willing to communicate the ide and the process .. saya rasa itu lebih penting dan bisa melindungi keahliannya

    kalau ada desainer yang begitu desperate tidak dapat project terus memberikan hasil karyanya bahkan sebelum jelas akan dipekerjakan atau tidak menurut saya itu resiko dia sendiri.

    worker yang favorit saya adalah worker yang bersedia berkomunikasi dengan saya dengan baik ... mencari tahu keinginan pelanggan, bisa memberi gambaran singkat konsep dan filosofi desainnya lalu bekerja tepat waktu

    dan sesuai undang-undang hak cipta.. jika suatu karya dibuat berdasarkan pesanan atau suruhan, maka pemilik hak cipta dari karya tersebut adalah orang yang menyuruh membuat

  9. 6 years ago

    Yang dirugikan workernya dong, klo menilik dari pemikiran pak Trisnoy, karena owner dari sample design yang dikirim worker, mungkin saja sudah dapat design yang diinginkan, lalu tinggal membatalkan project, worker sudah bekerja keras atas designnya. Bgmn admin?

  10. Admin4

    21 Oct 2015 Administrator
    Edited 6 years ago by Admin4

    Wah lumayan rame juga ya.... makasih sebelumnya buat rekan-rekan yang sudah bersedia berbagi ide, gagasan dan saran buat Projects.co.id.

    Pak @Trisnoy sekarang admin akan lebih selektif lagi untuk tidak kecolongan dengan pekerjaan, khusunya pekerjaan untuk category Layout, Logo & Graphic Design yang bernuansa kontes/sayembara, untuk fee usulan Bapak akan kami pertimbangkan :)

    Pak @tutmadu khusus untuk category Layout, Logo & Graphic Design owner mempunyai hak eksklusif sebagaimana yang sudah diinformasikan ketika worker melakukan penawaran "Place New Bid" Khusus untuk pekerjaan "Layout, Logo & Graphic Design" menjadi hak eksklusif bagi owner, dimana saya tidak mempunyai hak untuk menggunakan, memodifikasi, memperbanyak dan memperjualbelikan hasil pekerjaan saya tersebut, kecuali dengan seizin atau persetujuan owner.
    Kami juga sudah memberikan peringatan sebelumnya kepada worker ketika worker melakukan penawaran "Place New Bid" Hindari memberikan contoh pekerjaan versi full pada masa penawaran. Jika terpaksa, kirimkan versi low resolution atau bubuhkan watermark atau kirimkan versi demo atau screenshot saja.

    Pak @hasan_halim, semua yang bapak tanyakan tentang: metoda, rule how to bid, how to get detil brief dari owner, how to deal and start the project, approval dan finalized the project...dan sistem pemenuhan kewajiban dan hak masing-masing pihak. itu sudah ada semuanya Pak silahkan Bapak baca-baca yang berkaitan dengan pertanyaan Bapak tersebut, kalau ada hal yang masih belum bisa dimengerti Bapak bisa tanyakan langsung ke admin via chat.
    Konsep keadilan dan transparansi dalam semua aspek itu menjadi ideal kami Pak, kami ingin menjadi marketplace yang amanah, bahkan hak worker terhadap jerih payahnya akan kami bayarkan saat itu juga.

    Ibu @joane3005 iya Bu saya setuju dengan cara pandang Ibu :)

    Pak @saint_clauz, iya makanya sekarang admin akan lebih selektif lagi. Pak @Trisnoy itu menyampaikan kritikan buat Projects.co.id karena Projects.co.id meloloskan project desain yang berbau kontes atau sayembara yang dapat merugikan worker dan bisa menguntungkan owner. Tapi project tersebit sudah kita tarik dari pekerjaan.

  11. sedikit bicara soal fee aja ya, baru ngalamin banget tadi.

    jadi tadi saya sempet chat sama owner project, bahas tentang kecilnya fee sebuah jasa desain.
    eh dibalesnya begini:

    -image-

    memang, adalah hak owner untuk sesuka hati menentukan rate fee terhadap project yang dimilikinya; dan seringkali menggunakan istilah: "kalau suka, ambil. kalau tidak, biarkan.", tapi kok saya selaku desainer agak sakit hati ya dengan melihat masih begitu banyaknya Owner Project yang terkesan meremehkan profesi desainer dengan mematok harga yang tidak masuk akal, dan menentukan rules yang memberatkan worker seperti sayembara seperti yang telah dijelaskan diatas.

    adapun masukan yang ingin saya sampaikan adalah, tolong naikkan limit terkecil dari rate fee agar kami pun yang menjalani profesi di bidang yang ditawarkan owner project tidak terlalu sakit hati terhadap 'hak eksklusif owner' dalam menentukan harga desain.

  12. Edited 6 years ago by Logova

    @joane3005 sulit bagi kami membayangkan hasilnya . kan desain itu subyektif, tidak semata tentang teknik. mendesain logo sesuai nyawa dari bisnis itulah yang paling sulit, bukan semata aspek teknis tingkat kesulitan membangun kurva dan mewarnai obyek.

    menurut saya disitulah posisi tawar dari para desainer grafis .. dan pentingnya komunikasi ..

    bagaimana worker bisa menunjukkan kepada klien bahwa dia willing to communicate the ide and the process .. saya rasa itu lebih penting dan bisa melindungi keahliannya

    Ibu Joane memahami bahwa desain itu subyektif, dan mendesain logo sesuai nyawa dari bisnis yang dijalani adalah hal yang paling sulit.

    Dan Ibu Joane memahami bahwa disitulah posisi tawar dari desainer grafis.

    Namun bicara soal komunikasi, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang bagaimana seharusnya klien dan worker saling berkomunikasi tentang project yang dimiliki.

    Willing to communicate the idea.

    To execute the idea and pour it into canvas is not something easy. Makanya gak semua orang bisa gambar, karena proses eksekusi dari sebuah gagasan untuk kemudian dituangkan dalam bentuk desain adalah hal yang ibu akui sendiri: sulit.

    Katakanlah Ibu Joane menginginkan sebuah logo dari worker yang memiliki bayaran sebesar 2-3 juta per logo. Ibu menginginkan ide yang telah diterjemahkan sang desainer dari apa yang Ibu jelaskan tentang bisnis yang dijalani. Termasuk tentang sketsa dan coretan kasar.

    Mohon diketahui bahwa sistem dealing online tidak seperti deal secara offline, dimana sebuah sketsa dapat ditarik kembali oleh desainer. Di dunia maya, apa jaminan desainer tersebut yang ide gambarnya telah Ibu miliki untuk dihire? Karena tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa ide seharga 2-3 juta tersebut Ibu ambil untuk kemudian diterjemahkan oleh tukang offset yang kemampuan hanya sekedar 50 ribu per project. Apalagi jika logo sudah dalam bentuk digital meskipun dalam bentuk low-res dan sudah diberi watermark.

    Retrace ulang saja, beres.

    Klien untung besar, worker makan angin.

    apa seperti itu sikap mutualisme dalam berbisnis yang Ibu pahami?

  13. Akhirnya Rekan2 desainer juga ada yang mengalami perasaan yang sama.... hehehe

    Sebagai perantara, mestinya pihak projects bisa mengantisipasi hal tersebut, sehingga tidak ditinggalkan sama worker2 yang profesional di bidangnya....
    Kok saya sabagai worker merasa bahwa pihak projects lebih cenderung ke sisi yang mengeluarkan uang....

    Ada kasus keputusan arbitrase mengenai hal ini, dan mungkin akan saya sampaikan dalam theard baru dan berharap masukan dari rekan2

    Salam

to reply!