Penalti buat Pemberi Harapan Palsu Proyek

  1. 3 years ago

    Cuma mo curcol aja nih. Kok yg ane perhatiin dari 90% bidding yang ane bikin, semuanya di cancel oleh sistem karena sudah melewati masa waktunya dengan alasan pemberi proyek belum dapat memilih. Apakah admin kasih pinalti yang signifikan buat mereka yang ngasih proyekan tapi tidak memilih sama sekali atau tidak membalas chat sama sekali ? Admin tau apa engga kalo banyak yang menggantung harapan di web ini untuk mendapatkan pendapatan sampingan ? Mustinya diperketat buat para pemberi proyek agar tidak menjadi Pemberi Harapan Palsu buat para pekerja di layanan web ini. Terima kasih.

  2. anda mungkin belum paham, di projects.co.id ini, sebenarnya tempat pencarian pekerja murah, (dengan alasan ini dan itu, misal kalo freelancer adalah mahasiswa lah, terus kalo owner krn alasan apalah).

    saya aja bid yang diatas 1 jt aja belum pernah di accept satu kalipun. bahkan pernah saya bid 700k (waktu itu yg bid cuma 4 orang atau 2 orang, saya agak lupa), ternyata ownernya malah dengan santainya milih yg bid 500k, padahal workernya tanpa bintang dan saya lihat portofolionya, kerjaannya kayak kerjaan anak SD, kayak upin/ipin aja. (waktu itu soal 3d modelling).

    saya saking penasarannya tak google ownernya itu, sekedar iseng, ketemu di scribd kalo ga salah informasi pribadinya, saya lihat disitu pekerjaannya DOSEN, gelar S3, blah blah blah. saya sampai gak percaya lihatnya, dosen kok kayak orang gak punya duit?, apa iya ya dalam hati saya. akhirnya saya simpulkan kalo dosen, terus S3 di luar negeri, gak mungkinlah kismin, yang paling mungkin itu cuma 'medit' dan "greedy"..

    saya kasihan sama worker dan projects.co.id , krn nanti kesannya di mata semua orang dan di mata owner kadung terpola pikiran seperti ini : "kalau mau niat kesampaian, tapi dengan uang gak keluar banyak sesuai prinsip ekonomi, maka cari aja bantuan di projects.co.id" jadi media disini akhirnya hanya jadi ajang untuk memperalat manusia oleh manusia lain yang pelit dan serakah...

  3. @ayi.tito anda mungkin belum paham, di projects.co.id ini, sebenarnya tempat pencarian pekerja murah, (dengan alasan ini dan itu, misal kalo freelancer adalah mahasiswa lah, terus kalo owner krn alasan apalah).

    saya aja bid yang diatas 1 jt aja belum pernah di accept satu kalipun. bahkan pernah saya bid 700k (waktu itu yg bid cuma 4 orang atau 2 orang, saya agak lupa)

    Tidak semuanya sih pak seperti itu, beberapa owner project memang profesional dan sesuaikan budget dengan beban project yang di publish.
    Memang tidak bisa kita pungkiri, mostly owner project di platform ini adalah tangan kedua atau 3rd party (makelar kalau kata populer nya) dari owner project yang sebenarnya, 3rd party ini bisa jadi profesi emang developer yg sudah full schedule atau tidak mampu mengerjakan project, atu bisa juga hanya sebagai pihak yang menengahi user-awam dengan platform ini, karena original-owner-project kebanyakan adalah orang awam dan tidak tahu-menahu dengan platform project.co.id ini.

    Jadi kita sebagai worker juga harus jeli melihat latar belakang owner project, ada baiknya selidiki dulu si owner project sebelum melakukan bid pada project yg dipublish tersebut.

    Sebagai contoh, project terakhir yg saya kerjakan dari bid 750rb saya naikkan ke 2jt karena si Owner project sudah bisa kita yakinkan bahwa kita kompeten dan sanggup mengerjakan project yg di publish si owner tersebut.

    Trims

  4. imzers : gimana caranya gan melihat owner, yg bintangnya full maksudnya?, atau gimana, tolong kasih kiat"nya.

  5. Salam kenal ayi.tito, terus terang saya ikut prihatin melihat kenyataan masih adanya Project owner yang bertindak seolah kurang menaruh apresiasi terhadap worker.
    Saya sendiri selama bergabung di Projects.co.id ini belum pernah merasakan menjadi Worker karena memang bukan itu tujuan saya bergabung di sini. Tapi walaupun begitu saya bisa memahami apa yang anda rasakan karena pada dasarnya saya sendiri adalah freelancer.

    Mengenai Bid yang tidak diterima karena auto cancel by system, menurut saya memang masih perlu dipertanyakan manfaatnya, walaupun selama ini saya sama sekali belum pernah mengalaminya.

    Worker sebaiknya mempertimbangkan juga back ground dari project owner dan jangan hanya melihat jumlah bintangnya saja. Sebab rating, baik yang disandang Worker maupun Project Owner, menurut saya itu bukan jaminan reputasi apalagi jika rating tersebut diperoleh hanya dari 1-2 project saja.

  6. @ayi.tito imzers : gimana caranya gan melihat owner, yg bintangnya full maksudnya?, atau gimana, tolong kasih kiat"nya.

    Tidak ada kiat-kiat tertentu sih pak, umum aja seperti pernah saya baca tulisan bapak katanya selidiki profile si owner project, misalnya dari social medianya.
    Saya malah tidak terlalu perhatikan rating Owner, dan coba lihat history project saya, mostly owner nya adalah owner baru daftar atau belum ada rating.

    Maaf bukan bermaksud sombong, hanya sekedar share, kebetulan karena saya fokus di project web development, pertama saya sebelum bid biasanya tanya owner project:
    1. Domain web nya apa atau hosting di server mana?

    • Trace domain dan host nya, apakah web bersifat korporasi/organisasi atau pemula (prefer yg bersifat korporasi/organisasi)
    • Trace server, shared hosting atau tidak (prefer kalau sudah server budget gede)

    2. Pura-pura tanya usia owner project, bisa dengan sambil bercanda atau bas-basi
    - Saya prefer yg umur 30 tahun keatas (Lebih dewasa), karena akan lebih profesional
    3. Setiap menawarkan bid, usahakan sediakan sample yg bisa mendekati requirements owner project
    - Saya sendiri sediakan server playground (Tempat sample-sample) buat bid projects disini

    Mungkin segitu sedikit kiat dari saya,beda personal pasti beda kiat-kiat nya untuk memenangkan projects, thx

  7. Saya pernah melakukan penawaran Project, cm saat itu masih diskusi sama teman2 dan butuh pertimbangan, saat ini sy ingin melanjutkan untuk worker yang sama apa bisa?? Soalnya mungkin saya di kira PHP doang.

    Mohon bantuannya.
    Dan sebelum nya mohon maaf jika bid sebelumnya di cancel

  8. @faya212 Saya pernah melakukan penawaran Project, cm saat itu masih diskusi sama teman2 dan butuh pertimbangan, saat ini sy ingin melanjutkan untuk worker yang sama apa bisa?? Soalnya mungkin saya di kira PHP doang.

    Mohon bantuannya.
    Dan sebelum nya mohon maaf jika bid sebelumnya di cancel

    Kalau memang ingin worker yang sama, bisa ke profile worker nya pak, kemudian gunakan menu "Hire This Worker" yg nantinya akan membuat private project

  9. last year

    cara dapet uang gimana sih broo. penjelasan blm paham cara kerjanyah

  10. Admin4

    25 Sep 2019 Administrator

    Halo @LINTASART_67
    Projects.co.id itu adalah sebuah marketplace, dimana projects.co.id bertindak sebagai pihak ketiga pada transaksi yang terjadi antar user yang sudah teregistrasi, user disini ada yang kami sebut sebagai owner dan worker:

    • Owner; adalah user sebagai pemilik project yang membutuhkan jasa tenaga ahli.
    • worker; adalah user yang mempunyai keahlian tertentu.

    Seperti Bapak kami sebut sebagai worker.

    ILUSTRASI UNTUK WORKER

    • Bid Project, klik tombol "Place New Bid"
    • Worker pemenang mendapat notifikasi "sebagai Pemenang Project" via sms dan email
    • Worker yang belum beruntung mendapat notifikasi via email
    • Owner menyelesaikan pembayaran project (transfer ke rekening Projects.co.id a.n. PT Panonpoe Media)
    • Worker mendapat notifikasi "memulai pekerjaan" via sms dan email
    • Jika pekerjaan telah selesai klik tombol "Report Done".
    • Owner periksa hasil kerja worker
    • Jika owner menyetujui hasil kerja worker, maka owner akan klik tombol "Accept Work", dana secara otomatis masuk ke Balance Worker dan worker dapat menarik dana yang ada di balance tersebut.
    • Berikan Penilaian dan buat Testimony.
    • Finish
  11. Tolong yang gak niat kasih proyek, gak usah publish pekerjaan. Hargai dong yang sudah bid. Apalagi sudah banyak worker yang bersedia kerja.

  12. Saran Saya temen-temen seperjuangan. Jadikan projects.co.id ini sebagai kerjaan sambilan kalian, bukan pekerjaan tetap. Bid sesuai dengan keprofesionalan kalian, jika tidak terpilih ya tidak apa-apa. Yang terpenting taruh saja bid disetiap project yang kalian kuasai. Untuk soal terpilih tidaknya serahkan semua pada Owner. Kalau owner yang ngerti pasti milih yang profesional, tapi kalo kagak ya pasti milih bid rendah. Simpel, bagi mereka yang suka kerja dibawah tekanan dengan bayaran rendah biarkan saja, nanti mereka juga sadar kan. :v

  13. kalo masalah ini kembali lagi ke owner, biasanya yang milih belum ada bintangnya karena belum bisa pakai projects.co.id , dan mereka biasanya hanya ngeliat pitching dan juga harganya, alhasil worker anak baru kemaren pun mereka accept, terus gak lama pasti arbitrase, hahah.

    saya gabung di projects.co.id ini sudah dari tahun 2015 akhir, dan alhamdullilah job datang terus, jadi jangan cuma cari project melalui pitching, tapi juga buka service karena banyak juga owner project yang males buka project, mereka mending cari service.

    di coba aja deh, saya sampai hari ini untuk service content writer aja udah punya pelanggan aktif bulanan sekita 1500 client, makanya saya berterima kasih banget sama projects.co.id

to reply!