HATI-HATI DENGAN AKUN ATAS NAMA Ex-Cellent

  1. 8 months ago
    Edited 8 months ago by mr.dal

    Mau berbagi pengalaman tentang kasus yang saya alami terhadapan Freelancer dengan nama user:
    Ex-Cellent
    saya merasa sangat dirugikan dan tidak terima dengan worker tersebut.

    1). berawal ketika saya memposting sebuah projects dengan judul Membutuhkan jasa pembuatan aplikasi berbasis desktop menggunakan Delphi7 dengan waktu deadline 7 hari

    2). kemudian di bid oleh akun Ex-cellent dengan penawarn 4,5jt

    3). setelah negosiasi akhirnya fix dengan harga 3,5jt hinggah selesai revisi

    4). setelah komunikasi dengan pihak worker, beliau menyampaikan bahwa projets.co.id tidak mendukung revisi (yang sebenarnya ada pada sistem Proejects.co.id ), lalu beliau menyarankan agar project di bagi menjadi 2 bagian, (1 proyek inti "3jt" + 1 proyek revisi "500rb" ).

    5). kemudian saya menyetujui. selang 2 hari kemudian pihak worker telah melaporkan bahwa projects sudah selesai dan meminta saya untuk Accept Work

    6). sedikit ragu saya mencoba untuk mengecek kebenaran apakah projects tersebut sudah betul selesai dalam waktu 2 hari dengan meminta demo projets tersebut, namun worker menolak , dan hanya mengirimkan screenshot setumpuk coding (entah work atau tidak). sebelum melakukan ACC Projets, sebagai owner saya berhak untuk melihat hasil kerja dari pihak worker, lalu saya membujuk agar mau untuk mengirimkan file demo atau screenshot user interfacenya, namun lagi-lagi pihak worker menolak dengan berbagai alasan, pihak worker akan mengirrimkan full projets tanpa perlu melihat demo nya terlebih dahulu jika saya sudah melakukan acc projets pada sistem .

    7). kemudian dengan modal percaya saya meng-ACC projets pada sistem tanpa melihat hasil kerja terlebih dahulu, lalu kemudian pihak worker mengirimkan projets yang telah dikerjakan.

    8). setelah projek saya terima dan mencoba untuk menjalankan namun tidak berhasil dan selalu error, kemudian saya meminta pihak worker untuk membantu menjalankan projets tersebut menggunakan remote pc, namun worker menolak dengan alasan lagi mengurus mahasiswa yang lagi revisi, kemudian saya mencoba untuk melihat database pada projets yang dikirim oleh pihak worker, namun database yang dikirim sangat tidak sesuai dengan rancangan yang telah saya kirim sebelumnya kepada pihak worker,

    9). kemudian saya sampaikan kepada pihak worker agar melihat lagi database yang telah dibuat dan meminta agar mengerjakan sesuai rancangan yang telah saya kirimkan, selang beberapa hari setelah saya menminta agar database ditinjau kembali tapi tidak ada perkembangan setelah hampir 2 minggu, lalu saya menyadari bahwa ternyata projets yang dikirim oleh pihak worker adalah projek fiktif belaka (tidak work dan database asal-asalan).

    10). saya meminta pihak worker agar professional dan memberikan projets sesuai rancangan yang saya berikan, namun hingga batas hari projets tersebut dibutuhkan belum juga selesai.

    kemudian saya meminta agar dana saya dikembalikan karena projets tidak ada hasil sama sekali (0%), pada tanggal 27 juli 2018 pihak worker berjanji akan mengembalikan dana tersebut, akan tetapi hingga hari ini Rabu 29 Agustus 2018 dana tersebut belum juga dikembalikan.
    saya sudah mencoba untuk meminta secara personal kepada pihak worker namun dana tersebut belum juga dikembalikan. jika sudah seperti ini apakah tidak termasuk penipuan?
    sudah saya sampaikan kepada pihak worker bahwa ini adalah penipuan, namun pihak worker mengancam balik dengan alasan pencemaran nama baik. (semua bukti chat by WA )
    (jika ingin melihat projets yang saya maksud agar mengunjungi profil dengan nama akun Ex-cellent , ulasan dan rating tersebut saya berikan karena diminta oleh worker sebelum projets palsu yang dikirimkan saya terima)

    • sebelumnya saya sudah mengajukan kepada pihak Projects.co.id agar projets dengan judul Membutuhkan jasa pembuatan aplikasi berbasis desktop menggunakan Delphi7 dihapus dari profil Ex-Cellent karena projek tersebut adalah projek penipuan agar tidak menjadi acuan bagi owner lain yang melihat.
    • memohon kepada pihak projects.co.id
  2. Admin4

    29 Aug 2018 Administrator

    Selamat pagi @mr.dal
    Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan yang terjadi.
    Terkait project Bapak tersebut kepada worker Ex-Cellent telah kami anulir poin reputasi yang telah Bapak berikan, dan kami juga sudah memberikan penalty berupa pengurangan poin untuk project tersebut, demikian pula untuk Rating worker sudah kami anulir.
    Kami berharap worker Ex-Cellent mau memperbaiki kesalahan ini dengan cara mengembalikan dana project kepada owner mr.dal, agar permasalahan ini tidak semakin memberatkan worker Ex-Cellent, karena owner mr.dal bisa saja mengadukan hal ini kepada pihak yang berwajib.
    Kepada user secara umum kami berharap kasus ini bisa menjadi pembelajaran yang berarti, karena rules yang dirancaang projects.co.id adalah rules untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi user, ketika salah satu pihak melakukan tindakan diluar dari rules yang ada maka bisa jadi akan timbul permasalahan, seperti pada kasus ini dimana worker Ex-Cellent meminta kepada owner mr.dal untuk melakukan "Accept Work" terlebih dulu, karena merasa percaya terhadap worker Ex-Cellent akhirnya owner mr.dal melakukan tindakan sebagaimana yang diminta worker Ex-Cellent.
    Kepada owner kami tegaskan bahwa tombol "Accept Work" adalah kunci dari keamanan owner, sebelum Anda klik tombol "Accept Work" periksalah terlebih dulu hasil kerja worker secara teliti, jika hasil kerja worker telah sesuai dengan spesifikasi yang sudah disepakati maka Anda bisa klik tombol "Accept Work". Tetapi jika hasil kerja worker belum sesuai dengan spesifikasi yang sudah disepakati maka owner bisa meminta revisi (Need Revision) atau owner juga bisa mengajukan arbitrase .
    Kepada worker tidak perlu merasa khawatir jika hasil kerja Anda akan diabaikan oleh pihak owner, jika worker sudah menyelesaikan pekerjaannya sementara owner tidak juga melakukan "Accept Work" atau bahkan owner menyatakan hasil kerja worker tidak sesuai dengan spesifikasi yang sudah disepakati, maka worker bisa mengajukan arbitrase dengan melampirkan semua hasil kerja worker, karena tim arbitrator projects.co.id akan memeriksa hasil kerja worker, jika hasil pemeriksaan tim arbitrator hasil kerja worker sudah sebagaimana spesifikasi yang disepakati maka dana project tetap akan diserahkan kepada worker.

  3. wah wah.. ini berbahaya sekali, sangat merugikan.

  4. 6 months ago

    Jadi klo sudah seperti ini ( intinya ) dana owner siapa yang bertanggung jawab?
    Tolong penjelesannya

  5. Itu bukan pertanyaan yang benar mamen. Konteksnya bukan soal siapa yang nanggungjawabin dananya, melainkan apa yang salah dari kejadian itu? Itu intinya..

    Projects.co.id sudah menyediakan sistem yang jelas dan aman:. Accept Work jika pekerjaan si worker sudah selesai 100% dan benar. Abaikan (jangan accept), atau klik button Arbitrase utk menyelamatkan dana Anda jika ternyata hasil pekerjaan tidak sesuai ketentuan. Lalu kenapa buru-buru diaccept? Itu problemnya..

    Kalaupun harus dijawab soal siapa yang bertanggungjawab tentang dana tsb, ya mestinya workernya donk. Itu kalau dia punya rasa tanggungjawab dan etika.

  6. Opsinya ada dua men: Balikin tuh duid, atau selesaikan pekerjaan sampai benar-benar sesuai dengan harapan project ownernya. Simple toh?

  7. hukum saja workernya. kalau mungkin utk dipidanakan ya dipidanakan. tapi hukuman sosial seperti menonaktifkan akunnya atau mendatangi yang bersangkutan ke institusi tempat dia mengajar (klo saya baca ceritanya si worker ini dosen kan berarti?) dengan difasilitasi oleh pihak project saya rasa adalah solusi yang memungkinkan. perihal bagaimana caranya mengetahui tentang si worker, saya rasa bisa menelusuri dari akun email yang dia pakai, dan dari kontak yg dia masukkan di platform. tp klo memang yg bersangkutan tidak bisa ditemukan (nomor tidak aktif dan email yang tidak tertaut ke medsos manapun) ya hal ini dijadikan pelajaran saja bagi kita bersama.

  8. perasaan kenal deh

  9. agan leafy kenal sama si pelaku?

  10. 4 months ago

    Sangat disayangkan kalau benar dosen oknumnya seperti ini.
    Dari case skenario yg saya baca diatasm pure kesalahan ada di pihak Owner Project, karena accept work tanpa memeriksa hasil worker 100%
    Platform sudah menyediakan sistem yg melindungi owner dan worker, harusnya owner tidak usah accept work sebelum mendapatkan hasil project sesuai dengan keinginan owner, jika worker memaksa owner untuk accept work sebagai dasar untuk memberikan hasil worker, pilih menu "Arbitrase", karena didalam sistem platform projects.co.id sebenarnya Owner ber hak penuh untuk menilai hasil project dari worker karena sudah melakukan pembayaran titipan (escrow) di platform

  11. harusnya periksa dulu work atau tidak ya. Sayang sekali dengan kejadian ini. Semoga ada kejelasan pengembalian uang dari worker, sayang ownernya dirugikan karena tidak teliti sebelum accept project

to reply!