Penyebab persaingan harga menjadi tidak sehat

  1. 5 years ago

    selamat siang, admin dan rekan2 semua...

    saya ingin mengajukan pertanyaan sekaligus saran....bisa gak admin menjelaskan kenapa harus disertakan tanda bintang sebagai rate?
    kenapa saya bertanya akan hal ini...karena seperti nya menjadi sebuah polemik buat para newbie yang belum memiliki rate bintang tersbut, mau gak mau kami2 yang belum memiliki hal tersbut harus bersaing harga bahkan menjatuhkan harga (walaupun harga rendah pun yg kami berikan belum tentu terpilih...)..itu lah dasar kenapa terjadi persaingan harga yang tidak sehat...

    nah untuk admin bisa kah menjadi bahan pertimbangan ?

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    HS
    Agung priyatna

  2. Admin4

    13 Dec 2018 Administrator
    Edited 5 years ago by Admin4

    Halo @agungpriyatna
    Terkadang suatu kebijakan itu memiliki dua sisi. Bagi rekan-rekan yang belum memiliki reputasi mungkin harus lebih bersabar lagi, rekan-rekan harus tetap fokus pada proses dan strategi penawaran, kami sudah memberikan tips-tips untuk memenangkan project dan yakinlah bahwa suatu saat rekan-rekan "Newbie" pasti akan memenangkan project, tidak usah pusing dengan mereka yang sudah memiliki reputasi segudang.
    Ini ada tips untuk memenangkan project, dan beberapa tips lainnya yang berkaitan dengan Freelancer/Worker:

    Good Luck ya ...... :)

  3. Deleted 5 years ago by agungpriyatna
  4. Halo,Admin4

    Sya sudah mencoba semua tips , tapi memang kudu harus bersabar...barang dagangan blm ada yg mau colek...hihihi...
    Soalnya klo saya perhatikan kebanyakkan owner pasti pilih yg sudah bintang, ...padahal " Tak kenal maka tak sayang"....
    Ya sudah lah....memang kudu bersabar...

    Makasih ya Admin4

  5. mmmm gak juga. gak semua owner liat reputasi. yg punya reputasi juga bisa ditanyakan deh, pasti awalnya mereka itu juga mati2an dalam hal presentasi. jd yg mesti terus diperhatikan adalah bagaimana presentasi kita (para worker) untuk meyakinkan owner.

    sebab, biar bagaimanapun kita worker disini pada intinya adalah menjual jasa. otomatis kita mesti paham dengan jobdesk dan bisa memberikan poin2 apa yg bakal kita lakukan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

    masalah budget juga begitu. terangkan sedetilnya kalau perlu, kenapa kita ngasih harga sekian. sehingga, bagi owner yg tidak terbayang tentang budget, dapat tahu gambarannya. dan saya rasa juga bukan hal tabu untuk kita para worker menanyakan besaran budget yg dipersiapkan oleh owner meski project tersebut bersifat open suggestions.

  6. Pertanyaannya., apakah si worker full freelancer? Jika tidak maka owner pasti ragu memilih walaupun bidnya murah. Owner juga punya pertimbangan "kemanusiaan" untuk "menghidupi" orang lain.

    Kalau saya disisi owner, pasti memilih yang memang hidup sebagai freelancer, bukan sekedar sambilan. Kenapa? Karena worker akan merasa lebih bertanggung jawab dan bisa fokus.

  7. Deleted 5 years ago by Admin4
  8. @idlamalif Pertanyaannya., apakah si worker full freelancer? Jika tidak maka owner pasti ragu memilih walaupun bidnya murah. Owner juga punya pertimbangan

    Masalah full freelancer atau sambilan ini sebenarnya lain hal menurut saya, yang penting adalah komitmen si worker terhadap project yang dikerjakan. Saya termasuk freelancer-sambilan (bukan fulltime), jadinya setiap pengambilan project selalu menyesuaikan dengan waktu sisa yang saya punya.

    Saran saya jika pada posisi owner:

    1. Worker bid pada project yg benar-benar worker pahami dan mampu memberikan presentasi sesuai keinginan project owner
    2. Saya akan lihat profile worker dan browse beberapa halaman project yg di bid oleh worker tersebut, misalnya ada 2 worker dengan presentasi yg sama dan budget sama, saya akan memilih worker yg bid project hanya di project saya.
  9. @SayyidMadanySyani mmmm gak juga. gak semua owner liat reputasi. yg punya reputasi juga bisa ditanyakan deh, pasti awalnya mereka itu juga mati2an dalam hal presentasi. jd yg mesti terus diperhatikan adalah bagaimana presentasi kita (para worker) untuk meyakinkan owner.
    .

    Saya setuju, tidak semua owner melihat reputasi. Saya newbie yang juga mati-matian untuk mendapatkan project diawal-awal. Bahkan saya sempat lama gak aktif karena sulitnya dapat project disini. Tapi ternyata owner melihat presentasi, negosiasi, dan portofolio. Setelah saya perbaiki semuanya, ternyata alhamdulilllah mulai masuk dan beberapa harus ditolak saat negosiasi takut gak selesai.

    Saran saya sesama newbie, kayaknya kita harus belajar dari pengalaman yg ratingnya bagus, membangun portofolio, dan harus spesifik satu bidang kayaknya supaya fokus.

  10. kayaknya bagus ini kalau projects.co.id buat program kopdar atau pelatihan online tentang cara meramu kata yang baik utk presentasi, negosiasi, dan portofolio... hahahaha

  11. Admin4

    9 Jan 2019 Administrator

    Mungkin artikel ini bisa membantu:

    Mudah-mudahan bisa bermanfaat..... :)

  12. 4 years ago

    sama saya juga sempat ga yakin bakal dpt project di sini. tapi akhirnya pecah telur juga.
    teruskan aja ngebid sambil meyakinkan ownernya.
    tanpa perlu ngebid dengan harga afgan ya...

  13. Masukan bagi admin deh, tolong deh admin sortir project2 yg abu2 dan hanya deskriptif yg tidak menampilkan spesifikasi yg jelas karena tentu saja mempengaruhi numerik bid, tampilkan juga deh minimal harga untuk suatu skill level biar nanti persaingannya adalah berdasar portofolio, presentasi dan interview, bikin mobile app lah biar chat nya bisa real time karena saya rasa kami berhak atas fasilitas tsb dengan 12% potongan.

  14. Deleted 4 years ago by Admin4
  15. Admin4

    13 Nov 2019 Administrator

    Halo @matapeda
    Selamat ya atas kemenangannya, kami lihat sudah ada lima project yang berhasil diselesaikan dengan sangat memuaskan, Good Job :)

  16. Admin4

    13 Nov 2019 Administrator

    Halo @developer_sby
    Jika ada project dimana owner tidak menyertakan deskripsi yang jelas, itu bisa jadi owner juga dalam posisi yang bingung atau tidak begitu memahami apa yaang menjadi kebutuhannya, owner hanya faham secara garis besarnya saja atau hanya substansinya saja. Ini tidak berarti bahwa owner tidak serius. Sepertinya kalau ada kasus seperti ini ada baiknya worker bertanya dan memberikan masukan kepada owner terhadap kebutuhan owner.
    Untuk mobile mudah-mudahan bisa segera launching :)

  17. 3 years ago

    Bagaimana aturan main, bila worker mencantumkan bid terendah atau minimun, setelah kita terima (pikiran saya sebagai owner mungkin sudah ada sample atau apalah) eh ternyata worker malah marah2 kita dimaki2 bahwa kita memilih pemenang bid sepihak menentukan pemenang bid, Trus apa gunanya mencantumkan nilai bid?

  18. Saya juga newbie, walaupun bid harga rendah tetap ditolak project.

  19. Yang buat project kadang sesama freelance juga, harga di tekan sampai mampus. Lemparan yang di lempar-lempar jadinya.

  20. Admin4

    15 Aug 2020 Administrator

    Halo @surya_one76
    Mohon jika ada pihak yang melakukan tindakan yang melanggar ToS, silahkan laporkan ke admin ya Ka, nanti akan kita tindaklanjuti laporannya.

  21. Newer ›

to reply!