Mengenai Fee 12%

  1. 4 years ago
    Edited 4 years ago by mahirsoft

    Saya merasa fie 12 % itu terlalu besar..
    jika di bandingkan dengan keunggulan dari pihak lain sekitar minimal 50ribu.
    mungkin bisa di pertimbangkan lagi. biasa di perusahaan2 untuk fie peminjaman nama perusahann dari 1- 5 % dari nilai project. seperti project di bawah 50jt kebawah= 5% , jika 500jt kebawah 3% dan diatas 1 M 1,5-2%..
    tapi kalau di sini jika di samakan rata 12 % sebenarnya terlalu besar, mungkin bisa di kurangi, atau jika mengalami masalah anata owner dan wroker dan membutuhkan penegah (arbitrase). itu bisa diambil fie 12% . jika tidak bisa juga dikurangi , mengenai fie12% bisa di tanggungkan pihak owner maupun wroker
    mungki itu saja masukan agar sebagai pertimbagan dan kedepan semakin baik. dan sukses selalu

  2. 3 years ago

    Like this :)

  3. Admin4

    23 Jun 2015 Administrator
    Edited 3 years ago by Admin4

    Ok terimakasih untuk masukannya, untuk saat ini memang Projects.co.id mengenakan fee Projects sebesar 12% mudah-mudahan kedepannya fee bisa kita tekan lagi :)

  4. Admin5

    25 Jun 2015 Administrator
    Edited 3 years ago by Admin5

    Teman-teman, ijinkanlah saya ikut meramaikan thread ini :)

    Sebelumnya terima kasih kepada Pak @ko2himan dan Pak @projectby_us yang telah membuka dan merespon thread ini. Juga kepada rekan @Admin4 :)

    Isu pricing adalah isu yang sensitif, oleh karena itu penetapan fee 12% sebenarnya sudah melalui diskusi panjang dan pertimbangan mendalam. Fee tersebut komponennya adalah kurang lebih seperti ini:

    0.12% untuk PPh (pajak penghasilan) perusahaan (PT Panonpoe Media) (alias 1% dari fee/komisi yang kita terima)
    1 s/d 2% untuk affiliate
    1% untuk PPN (jika nanti sudah waktunya wajib membayar/memunggut PPN)
    1% s/d 3% untuk promo atau discount jika ada
    Sisanya adalah profit bruto.

    Apa komponen biaya operasional Projects.co.id ? Tidak pantas rasanya dibahas panjang lebar, tetapi kami (saat ini) memiliki 10 keluarga yang harus diberi makan, biaya sewa beberapa dedicated server, koneksi internet broadband bulanan, koneksi internet cadangan, biaya sewa kantor, biaya ATK (alat tulis kantor), biaya telepon, biaya listrik dan biaya-biaya lain yang herannya tidak pernah turun.

    Belum lagi jika membicarakan project yang harus disubsidi. Subsidi? Iya, subsidi.
    Seperti diketahui, project terkecil yang diijinkan di projects.co.id adalah Rp 50rb. Fee project ini (jika berhasil done dikerjakan) adalah 12% x 50rb = Rp 6rb. Jika project ini adalah project yang skillnya dimiliki oleh banyak worker, biaya untuk mengirim email notifikasi project baru kepada user-user ini saja dapat lebih dari Rp 6rb, belum lagi biaya-biaya lain.

    Jadi jika Bapak pikir fee 12% tidak pantas, mohon pikirkan lagi :)

    Dilihat dari sudut manapun, fee projects.co.id tidak dapat dibandingkan dengan fee "peminjaman nama perusahaan" alias fee "pinjam bendera." Cara kerjanya pun berbeda bumi dan langit. BTW, jika Bapak melakukan praktek peminjaman bendera ini, baik sebagai peminjam bendera ataupun sebagai pihak yang meminjamkan, saya secara pribadi menyarankan untuk menghentikan praktek ini. Dalam jangka panjang, ini akan merugikan semua pihak, terutama pihak yang meminjamkan.

    Projects.co.id didirikan oleh programmer berskill "dewa" (ijinkanlah saya mengatakannya demikian, tanpa bermaksud melebih-lebihkan), yang dengan mudah dapat menghasilkan Rp 30jt rupiah (atau bahkan lebih) per bulan jika bekerja pada perusahaan nasional atau multi-nasional yang sudah established di dalam negeri. Jika berkesempatan bekerja di negara lain, saya rasa tidak sulit bagi beliau untuk mendapatkan gaji Rp 100jt per bulan atau lebih. Berapa yang dihasilkan oleh founder berskill "dewa" ini saat ini di Projects.co.id ? Nol besar, malahan nombok. Nombok sampai kapan? Ya nggak tahu. Demi apa? Demi sesuatu yang bernama mimpi dan demi mendapatkan profit suatu hari di masa depan tentu saja. Jika tidak bermaksud menghasilkan keuntungan, projects.co.id akan didirikan sebagai yayasan, bukan perseroan terbatas.

    Tetapi ini bukan hanya semata-mata soal uang. Projects.co.id adalah "anak" yang kami bangun dengan darah, air mata dan cinta. Salah satu kebahagiaan terbesar kami adalah melihat apa yang kami mimpikan dan kami kerjakan 16 jam sehari (seringkali lebih) begitu bemanfaat dan berarti bagi para pengguna. Bapak bisa membayangkan bagaimana perasaan kami ketika suatu hari ada permintaan dari worker agar request penarikan dana hasil menyelesaikan project diproses hari itu juga karena ia membutuhkan uang tersebut untuk membeli obat buat anak balitanya yang sedang sakit. Kami bahagia dapat membantunya menghasilkan uang! Uang yang nyata, uang yang dapat dipegang dan uang yang dapat digunakan untuk membeli makanan dan obat!

    Ratusan (ya ratusan, bukan puluhan) testimoni positif yang kami dapatkan seperti terlihat di bawah ini juga salah satu sumber kebahagiaan kami dan jelas tidak dapat dinilai dengan uang:

    -image-

    Banyak hal sehubungan dengan projects.co.id yang secara konstan dan continue kami evaluasi, termasuk pricing. Adalah bukan hal yang mustahil jika terjadi perubahan fee di masa yang akan datang. Fee yang lebih menguntungkan bagi pengguna, tentu saja :)

    Kami tidak fokus pada jangka pendek. Kami percaya pada kenikmatan jangka panjang. Kami ingin agar sistem projects.co.id sustainable dan cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan memastikan semua pihak win.

    Ngomong-ngomong, ini bukan membela diri. Ini curhat :P

  5. Edited 3 years ago by Rhitsolution

    sebenarnya wajar saja jika TS merasa 12% dirasa terlalu mahal, namun dalam hal ini pihak projects sendiri telah mengklarifikasi

    TS boleh baca disini, sebuah review tentang projects , dibuat objektif, tanpa pesan sponsor atau iming iming uang + dpt ttd om wiro, nggak

    semuanya ditulis berdasarkan pengalaman ane selaku owner yang sering mengandalkan projects buat hire worker

  6. Ane cuman mau bilang, merasa bersyukur ada situs ini. Setidaknya lewat situs ini ane dikasih kesempatan buat nyari peluang biar DAPUR TETEP NGEBUL, heheheh. 12% itu dirasa gak terlalu berat, tapi kalo bisa sih getok rata aja jadi 10%, ato 9.5%. Boleh gak kang admin? Noooohhh, diluar ada yang nyekek banget, ampe 20%, mana ngambilnya lama lagi, 2 minggu baru bisa ditarik.

  7. Terima kasih banyak atas responnya admin, tapi jika bisa di tekan lagi lebih bagus sesuai perhitungan-perhitungan yang tidak ada pihak di rugikan dan ini sebenarnya PPH (jasa) .
    Mungkin masukan bisa di tambahakan mengenai fee bisa di tanggungkan oleh wooker atau owner , jadi sebelum mengerjakan project sudah di sepakati mengenai pembayaran.
    mungkin fee 12% ini bisa di gunakan pada produk 2 jadi yang di jual pada projects.co.id. karena PPN(barang).
    mungkin sebagai masukan saja juga untuk tim Projects.co.id dalam memfasilitasi bagi2 rezeki, pada saat owner membuat project harus deposit 10%-12% guna keseriusan owner dalam memposting project yang di butuh kan , jangan hanya membuat project dan meninggalkan begitu saja tanpa ada kejelasan.

  8. Saya berterimakasih dengan didirikannya projects.co.id ini. Saya newbie, baru sehari register di web ini tapi saya merasakan banyak kemudahan yang tidak saya temukan di web lain. Mempelajari sistem yang diterapkan disini yakni fasilitas perlindungan ke kedua belah pihak (owner dan worker) sangat baik diterapkan. Pendaftaran untuk payment juga mudah, cukup register nama dan rekening bank saja. Tentu yang menggembirakan adalah bahasa komunikasinya adalah bahasa Indonesia. Ini menjembatani kami yang meskipun sudah belajar bahasa inggris secara otodidak, dalam kenyataannya untuk menerapkan kemampuan itu untuk bekerja dengan owner yang beda negara masih menemui banyak kesulitan. Dan kabar baiknya, saya temukan beberapa peluang kesempatan kerja disini. Artinya web ini bekerja dengan baik mempertemukan owner dan worker, harapan saya kedepan akan terus berkembang.. So far menurut saya, fee 12% itu worthed untuk menghargai kerja keras para team projects.co.id.

  9. diskusinya menarik...menyimak saja dan berdoa semoga segra menemukan pemecahan masalah yg adil..win-win solution.... moga #projects.co.id# tetap exist

  10. Paling fair buat aja prosentase range feenya, misal 50rb-500rb=12%, 500rb-2jt=10%,...... 1-10M=1%, 10-100M=0,75% dan 100M up =0,50% kan bisa dibuat logikanya mudah. Knp saya usulkan 0,5%-1% utk yg besar krn dianggap, web ini mendapatkan 1 bagian dan tim mediator yg lain.

  11. Deleted 3 years ago by teguh899
  12. Admin1

    1 Sep 2015 Administrator

    Sore Pak @teguh899
    Terima kasih atas masukannya. Masukan Bapak akan kami pertimbangkan.

  13. Tombol like nya dimana ya? saya ingin like postingan diatas :D
    kalau saya sudah siap punya produk saya ikutan posting ah :)

  14. Admin1

    11 Sep 2015 Administrator

    @hadisuwantoro
    Pagi pak....
    Mengenai pertanyaan bapak tombol likenya dimana ya?
    Saat ini tombol tersebut belum ada Pak.
    Terima kasih atas pertanyaannya sekaligus sebuah masukan bagi kami.

  15. Berita yang menarik untuk didengar, maklum masih baru belum ngerti banyak tentang kerja online , ingin menyimak terus semua forum untuk tambah wawasan...

  16. Permisi, izinkan saya ikut memberikan pendapat..

    Saya setuju dengan pendapat @mahirsoft pada bagian "owner membuat project harus deposit 10%-12% guna keseriusan owner dalam memposting project yang di butuh kan , jangan hanya membuat project dan meninggalkan begitu saja tanpa ada kejelasan."

    Mungkin jumlah depositnya bisa dibahas lebih lanjut, tapi keharusan menunjukkan keseriusan itu yang penting. Karena jika worker sudah serius memgajukan penawaran namun ternyata project ditelantarkan sampai lewat tenggat waktu, bukankah itu namanya melakukan spamming project dan menghabiskan waktu banyak pihak?

  17. Admin5

    25 Oct 2015 Administrator

    @profit - silahkan, dan ditunggu kontribusinya ya :)

    @RefimTech - terima kasih atas masukannya :) Fitur "Owner Guarantee" dan "Worker Guarantee" ada dalam to-do list kita. Jika sudah available, akan diinformasikan ke Bapak/Ibu ya :)

  18. bukan masalah feenya yang harus diatur, tapi siapa yang membayar. saya dapat project, masukkan bid. baru sadar klo ada fee 12%, akhirnya nego sama klien, klo dia mau bayar fee 12%, kita lanjut. untungnya klien setuju

    jadi saran saya, berikan feature siapa yang harus membayar fee 12% itu, atau sekalian bebankan ke klien aja. seperti halnya di restoran, biaya pajak dibebankan ke customer semua. 12% bagi seorang customer utk sekali order itu bukan hal yang besar. tapi 12% utk seorang freelancer itu sangat besar lho. semoga membantu

    p.s : dulu fiverr dibenci karena penarikan 20% fee dari seller (padahal cuma $1), sampai pada akhirnya, fee 20% ini dibebankan ke buyer, dan seller full mendapatkan $5/ordernya.

    Dean

  19. Admin5

    5 Jan 2016 Administrator
    Edited 3 years ago by Admin1

    Hello, Om @FoxScribe :)

    bukan masalah feenya yang harus diatur, tapi siapa yang membayar. saya dapat project, masukkan bid. baru sadar klo ada fee 12%, akhirnya nego sama klien, klo dia mau bayar fee 12%, kita lanjut. untungnya klien setuju

    Sebenarnya soal fee 12% ini tertera jelas saat mau memberikan bid:

    -image-

    dan ditampilkan juga di halaman pricing: https://projects.co.id/public/pages/pricing

    jadi saran saya, berikan feature siapa yang harus membayar fee 12% itu, atau sekalian bebankan ke klien aja. seperti halnya di restoran, biaya pajak dibebankan ke customer semua. 12% bagi seorang customer utk sekali order itu bukan hal yang besar. tapi 12% utk seorang freelancer itu sangat besar lho. semoga membantu

    Thanks atas masukannya.

    Sebenarnya ini cuman persoalan kantong kiri - kantong kanan.
    Jika hendak mem-bid Rp 1.000.000, maka silahkan dibid di harga --katakanlah-- Rp 1.150.000 karena ada fee Projects.

    IMHO, adalah bad practice jika saat bid menyebut "saya sebenarnya mau bid di harga Rp 1.000.000, namun karena ada fee projects, saya jadi bid di harga Rp 1.150.000."

    Sebenarnya project owner sebagian besar tau bahwa worker/freelancer harus membayar fee. Dengan menyebut-nyebut itu hanya akan membuat kesan di mata project owner bahwa kita adalah freelancer yang perhitungan. Dan sejujurnya, siapa sih di dunia ini yang suka bekerjasama dengan orang yang perhitungan? :P

    Pastinya ada sih, tapi sebagian besar, nggak.

    p.s : dulu fiverr dibenci karena penarikan 20% fee dari seller (padahal cuma $1), sampai pada akhirnya, fee 20% ini dibebankan ke buyer, dan seller full mendapatkan $5/ordernya.

    Ini misleading. Sampai skrg fiverr masih menarik fee 20% (US$ 1 dari US$ 5) dari seller/worker/freelancer. Jadi dari harga US$ 5, yang diterima freelancer adalah US$ 4. Namun baru-baru ini, fiverr menambah lagi biaya sebesar US$ 0.5 yang dibebankan ke pembeli. Ini yang memicu perdebatan sengit karena banyak yang menganggap fiverr serakah: sudah menerima 20% dari freelancer tetapi tetap juga ingin mendapatkan tambahan US$ 0.5 dari buyer/project owner.

    Dean

    Oya, dari tadi pagi mau ucapin selamat buat Om Dean, tapi nggak keburu melulu. Om Dean hebat! Project budget Rp 6jt tapi berhasil dimenangkan di harga Rp 13.440.000 padahal yang bid juga lumayan banyak (total ada 17 bid). Saya yakin banyak yang bid di bawah harga Rp 5jt :)

    Ini project yang Om Dean menangkan ya kmrn: https://projects.co.id/public/past_projects/view/8b3711/pembuatan-video-animasi-whiteboard

  20. Thanks atas masukannya.

    Sebenarnya ini cuman persoalan kantong kiri - kantong kanan.
    Jika hendak mem-bid Rp 1.000.000, maka silahkan dibid di harga --katakanlah-- Rp 1.150.000 karena ada fee Projects.

    IMHO, adalah bad practice jika saat bid menyebut "saya sebenarnya mau bid di harga Rp 1.000.000, namun karena ada fee projects, saya jadi bid di harga Rp 1.150.000."

    Sebenarnya project owner sebagian besar tau bahwa worker/freelancer harus membayar fee. Dengan menyebut-nyebut itu hanya akan membuat kesan di mata project owner bahwa kita adalah freelancer yang perhitungan. Dan sejujurnya, siapa sih di dunia ini yang suka bekerjasama dengan orang yang perhitungan? :P

    Pastinya ada sih, tapi sebagian besar, nggak.

    maksud saya, klo otomatis, jadi freelancer ga perlu hitung-hitung sebelum ngebid. saya sebenarnya daftar disini karena ada pekerjaan yang sesuai bidang saya, dikasih tahu teman, trus coba bid, ditawarkan 6jt, saya kasih harga 12jt. karena memang klien suka pekerjaan saya dan tahu harga aslinya. mereka mau. tapi saya baru sadar ada fee 12%. jadi saya bilang ke mereka soal ini, dan akhirnya bid jadi 13.440.000

    klo misalnya perhitungan fee ini otomatis, mungkin lebih enak. saya sadar saya ga liat note dibawah itu, karena saya nulis proposal di notepad, copy paste, submit. dan saya yakin banyak jg yg seperti itu.

    anyway, banyak jg lho owner yang ngebid harga pas, misalnya 1jt. klo ada bid 1.120.000, ga akan diterima. karena ga disebut 12% itu adalah fee. jadi yg perhitungan itu si owner, ga mau tahu soal freelancer (saya cukup beruntung ketemu client yg mau mengerti). ini dari sudut pandang saya aja sebagai freelancer

    benar kata om admin, siapa sih di dunia ini yang suka bekerjasama dengan orang yang perhitungan?, saya jg ga mau bekerjasama dengan klien yg perhitungan :D

    Ini misleading. Sampai skrg fiverr masih menarik fee 20% (US$ 1 dari US$ 5) dari seller/worker/freelancer. Jadi dari harga US$ 5, yang diterima freelancer adalah US$ 4. Namun baru-baru ini, fiverr menambah lagi biaya sebesar US$ 0.5 yang dibebankan ke pembeli. Ini yang memicu perdebatan sengit karena banyak yang menganggap fiverr serakah: sudah menerima 20% dari freelancer tetapi tetap juga ingin mendapatkan tambahan US$ 0.5 dari buyer/project owner.

    probably so, my bad. saya akhir2 ini cuma jadi buyer doank sih. terakhir maen fiverr beberapa tahun lalu, dapetnya lumayan, $1k-$2k sebulan, tapi capek .., jadinya males .. hahaha ..

    mengenai kantong kiri - kantong kanan, 50/50 fee kayaknya lebih baik untuk freelancer dan owner, atau dikasih feature otomatis penambahan fee itu (programming gampang saya kira) kayak Elance. lebih gampang ini daripada bikin feature milestone lho om ..

    Oya, dari tadi pagi mau ucapin selamat buat Om Dean, tapi nggak keburu melulu. Om Dean hebat! Project budget Rp 6jt tapi berhasil dimenangkan di harga Rp 13.440.000 padahal yang bid juga lumayan banyak (total ada 17 bid). Saya yakin banyak yang bid di bawah harga Rp 5jt :)

    Ini project yang Om Dean menangkan ya kmrn: https://projects.co.id/public/past_projects/view/8b3711/pembuatan-video-animasi-whiteboard

    terima kasih juga, karena project.co.id bisa ngasih saya klien baru, dan kayaknya mereka mau repeat order via project.co.id lagi jg klo mereka suka kerjaan ini.

    sekedar tips buat yang laen, kenapa client milih saya dibandingkan bid rendah yang lain ?, karena saya punya portfolio yg solid, dan punya hitungan detail dari harga yang saya kasih, saya memposisikan diri saya sebagai professional di mata mereka. tidak semua klien akan menerima hal ini. tapi klo kita menjual jasa, biasakanlah jadi professional. jangan sibuk perang bid demi dapet kerjaan. karena ini yang biasanya dimanfaatkan 'client pelit', cari yg paling murah, minta yang paling bagus

    semoga banyak para freelancer Indonesia yang bisa lebih maju lagi.

    Dean

  21. Newer ›

to reply!