Saya termasuk worker yang biasa2 aja dalam mendapat project. Kadang dapat kadang tidak. Hehe..
Tapi yang mau saya tanyakan, bukankah setiap freelancer berhak2 aja ngebid ya? Kecuali nih misalnya itu ada sistem KKN atau apa sehingga kepilihnya tidak jujur.
Saya pribadi sering banget kalah bid (hehe). Tapi lebih sering berkaca, berarti saya memang belum se kompeten mereka, saya harus upgrading, kecepatan nulis ditambah, dan sebagainya.
Soalnya saya juga pernah nemu beberapa akun yang menangnya sering, tapi ternyata harganya ya nggak murah2 banget, masih banyak akun owner yang harga fix dan sekitar 10 rupiah per kata, dan teman2 (freelancer juga tapi saya kenal, tapi punya akun projects) itu kadang ya seperti cemburu sosial gitu sama beberapa penulis yang banyak job (bahkan ada yang long term banget, salut deh).

Dari sini, mungkin bisa jadi pertimbangan admin juga sih. Apakah kita, worker2 yang newbie dan jobnya dikit ini tidak sebaiknya memperbaiki diri saja. Daripada terus menerus mengeluh dan ternyata si akun2 penulis itu memang fulltime freelancer, punya catatan bagus (buktinya di repeat order) dan bisa menghandle? Karena menurut saya projects itu platform yang sudah bagus sih. Karena ada fitur arbitrase. Jadi kalau owner nggak puas kan dia akan arbitrase. Kalau ada batasan misalnya soal worker2 yang istilahnya "laku keras" (nggak kayak saya.. hehe), itu kok semacam kita nggak mampu bersaing secara sehat terus kitanya minta di anak emaskan?

Sekali lagi, ini pendapat pribadi.. karena saya baca pertama kali bahwa projects adalah platform outsourcing. Mudah2 an kita sebagai pekerja (apalagi saya.. yang masih awal banget, nggak rame job juga dan memang sangat kurang, masih banyak belajar) bisa lebih bijak lagi dalam menyikapi permasalahan ini. Minta pendapat dari admin dong, sebagai penengah.. apakah pendapat saya ini salah? terima kasih