DEALING WITH OWNER "NAKAL"

  1. 4 years ago
    Edited 4 years ago by haryoko.padmohardjo

    Tips nih buat para teman2/newbie worker yang belum pernah mendapatkan projects di disini :

    1. Perlu diketahui bahwa platform ini adalah marketplace, tahu kan marketplace itu adalah pasar. Analogi pasar adalah tempat tawar menawar, banting2an harga, dsb.
    2. Saya sering membaca profil orang orang disini (owner/worker), tapi kali ini ane fokusnya ke owner. Banyak yang memperkerjakan worker secara ga manusiawi. Contohnya? buanyak. Silakan searching
    3. Selalu tanyakan ke owner (via chat), sebelum worker ngebids. Maksudnya ngebids jangan asal. Pahami dan telaah cara owner berkomunikasi, ramah/arogan/lemot? Itu menunjukkan karakter orangnya. So hati hati
    4. Mintalah briefing projects dengan sejelas dan sedetil detilnya. Terkadang banyak owner yang (malas) mendeskripsikan project, jadi disini intensitas komunikasi kalian dengan owner berperan penting

    Ada yang mau nambahin?

  2. Saya tempo hari sebelum tahun baru menyelesaikan satu proyek. Dari awal owner memang sedikit rewel tapi masih dalam tahap wajar. Minta revisi pernah satu kali kalau saya tidak salah ingat dan itu sudah clear. Saya ikuti apa kata owner. Hingga akhirnya proyek saya nyatakan selesai karena memang sudah beres. Mulai deh beberapa hari owner tidak ada kabarnya. Saya pikir mungkin karena tahun baru. Tetapi saat cek websitenya pekerjaan saya sudah di upload hampir 100%. Saya pikir, mungkin karena belum semuanya.

    Saya kirim pesan ke owner melalui show tread menanyakan perihal proyek. Dia respon walau gak langsung. Dia bilang terima kerjaannya walaupun ada beberapa yang dia revisi sendiri. Saya periksa di website memang ada perubahan tempat sedikit, tetapi itu sama sekali tidak merbah 90% hasil pekerjaan saya.

    Setelah itu owner tidak ada kabarnya. Tidak accept pekerjaan saya. Tidak balas chat saya. Saya bingung harus bagaimana? Apakah abritase adalah solusi? Saya sempat tanya admin sebelum owner mengabaikan saya seperti ini. Saya disarankan untuk menunggu. Tetapi sampai kapan? Apakah hingga negara api menyerang?

  3. @JendelaPita, saya mewakili Projects.co.id membantu jawab ya: jika setelah menunggu beberapa hari pihak owner tidak merespon, silahkan ajukan arbitrase. Arbitrase memang diciptakan untuk mengatasi masalah-masalah seperti ini.

  4. Laporkan saja projects.co.id ke KOMINFO gan. supaya langsung diblokir, itu namanya penyelahgunaan Hak intelektual. percuma saja arbitrase itu malah jadi peluang si owner menjatuhkan reputasi worker

  5. @gandi76 Laporkan saja projects.co.id ke KOMINFO gan. supaya langsung diblokir, itu namanya penyelahgunaan Hak intelektual. percuma saja arbitrase itu malah jadi peluang si owner menjatuhkan reputasi worker

    Tidak bisa juga situs ini yang diblokir karena aturan main dan resikonya sudah dijelaskan sejak awal. Jika tidak setuju maka diperkenankan untuk tidak menggunakan situs ini. Begitu kira-kira.

  6. Saya boleh bertanya disini? Selamat malam semuanya. Saya ada project tapi ownernya bilang bid ulang dikarenakan ada penawaran harga. Ok saya terima dan langsung membid ulang. Eh tahu tahunya udah lebih satu minggu saya tidak mendapatkan balasannya. Mohon bantuannya dengan memberikan solusinya. Terima kasih.

  7. Deleted 4 years ago by Admin4
  8. Admin4

    4 Feb 2020 Administrator

    Halo rekan-rekan semua.
    Mungkin perlu kami tegaskan kembali, selama rekan-rekan mengikuti rules yang ada maka kami jamin semua transaksi rekan-rekan akan berjalan dengan aman dan lancar. Penyalahgunaan hak atau penipuan hanya terjadi ketika rekan-rekan bekerja tidak berdasarkan rules yang ada.

    ILUSTRASI UNTUK OWNER

    • Create Project
    • Publish project, nanti akan ada banyak penawaran untuk project Bapak/Ibu.
    • Pilih worker (klik tombol "Accept Bid"), Pastikan worker yang Anda pilih adalah worker yang tepat, worker yang dapat mengerjakan project Anda.
    • Selesaikan pembayaran (transfer ke rekening Projects.co.id a.n. PT Panonpoe Media)
    • Worker akan memulai mengerjakan project owner ketika owner sudah menyelesaikan pembayaran.
    • Dana yang Anda transfer ini adalah dana jaminan, ketika worker tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya maka dana kami kembalikan kepada owner, jadi dana owner aman.
    • Setelah worker melakukan "Report Done" artinya pekerjaan telah selesai
    • Periksa hasil kerja worker dengan seksama. Pastikan pekerjaan worker apakah telah sesuai dengan spesifikasi yang disepakati.
    • Jika pekerjaan worker telah sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, klik tombol "Accept Work", maka dana secara otomatis masuk ke Balance Worker.
    • Berikan Penilaian dan buat Testimony.
    • Finish

    ILUSTRASI UNTUK WORKER

    • Bid Project, klik tombol "Place New Bid"
    • Worker pemenang mendapat notifikasi "sebagai Pemenang Project" via sms dan email
    • Worker yang belum beruntung mendapat notifikasi via email
    • Owner menyelesaikan pembayaran project (transfer ke rekening Projects.co.id a.n. PT Panonpoe Media)
    • Worker pemenang mendapat notifikasi "memulai pekerjaan" via sms dan email
    • Jika pekerjaan telah selesai klik tombol "Report Done".
    • Owner periksa hasil kerja worker
    • Jika owner menyetujui hasil kerja worker, maka owner akan klik tombol "Accept Work", dana secara otomatis masuk ke Balance Worker, worker dapat menarik dana ini .
    • Berikan Penilaian dan buat Testimony.
    • Finish

to reply!