Kepada Yth segenap team project.co.id

[Disclaimer]

Saran ini hanya sekedar masukan yang saya rangkum dari beberapa user/member lainnya, dengan tujuan memberikan FEEDBACK yang positif untuk team project.co.id maupun pengguna platfom ini, tidak untuk menjatuhkan pihak manapun, adapun saran-saran yang dapat dirangkum antara lain:

[Mengenai Fee 12% dan Featur Fee Otomatis]

***Rangkuman***
Karena Per akhir Oktober 2016 project bernilai kurang dari Rp 100.000 tidak dikenakan fee, alias gratis. Informasi lebih lengkap mengenai hal tersebut dapat dilihat di sini: https://projects.co.id/public/blog/view/f31611/wow-sah-project-rp-100rb-atau-kurang-kini-bebas-biaya-tapi-masalahnya-adalah Jadi Feature perhitungan Otomatis, hasil bid akhir dipotong fee 12%, saran untuk project diatas Rp. 100rb Rumus :
Bid yang diinginkan : 88% = Total bid Worker, misal
Bid yang diinginkan Rp 200.000, maka
200.000 : 88% = Rp 227.273

Jadi worker bisa ajukan kepada owner penawaran sebesar Rp 227.273. Memang budget menjadi sedikit bertambah.
Namun, mungkin untuk project 10jt ++ bisa lebih ditekan untuk fee kurang dari 12% bisa 10% atau 8%
Dalam feature tersebut disarankan ada dan otomatis masuk dalam perhitungan sistem project id untuk kedepannya, dengan tujuan agar worker tidak kerepotan menghitung manual saat pemasangan bid, namun tidak menutup kemungkinan owner harus mengerti juga pada sistem perhitungan ini agar tidak merasa bid yang ditawarkan terlalu mahal.

[Adanya Feature Batasan Bid dan Isi ulang Bid serta Rata2 Bid yang ditawarkan]

Seperti di platfom freelancer lainnya dengan adanya Feature tersebut memungkinkan dapat meminimalisis masalah terkait worker yang maruk/kemaruk/serakah pada saat pasang bid, terlebih currenct project pada worker tersebut sudah >3 misalnya , dan masih memasang bid di project lainnya.
Semisal worker memiliki jumlah bid 10, setelah memasang bid maka jumlah bid tersebut berkurang dan akan terisi ulang setelah 2-3 hari untuk 1 kesempatan bid. Dengan demikian akan meminimalisis worker2 yang baru mendaftar dan belum mengerti tentang rules yang ada di project.co.id dan menspam project dengan memasang asal-asalan, namun feature tersebut tidak berfungsi dalam Feature HIRE ME untuk project yang bersifat PRIVAT atau PRIBADI.
Dan juga ada tampilan rata-rata bid yang ditawarkan dalam sebuah project yang dimiliki owner. Sehingga memudahkan owner untuk menyeleksi worker.

[Feature Open Suggestion hilang??]

Sesuai judul dan rangkuman ini mungkin untuk kedepannya ada saran dari mas @ elrusdi yaitu
“saran saya open sugestion di ganti dengan nama mediasi projects.co.id. artinya jika owner memilih pilihan mediasi, maka ownder akan di hubungi oleh projects.co.id lalu projects.co.id menilai
• kerumitan project, ( grade A,B,C,D)
• kompleksitas project (grade A,B,C,D)
• scope project (grade A,B,C,D)
• deadlilne project (grade A,B,C,D)
note A tertinggi D terendah
lalu pihak projects.co.id akan memberikan kategory price project nya.”

Jadi tujugannya agar harga yang ditawarkan oleh worker dan harga yang di acc oleh owner tidak menjatuhkan harga project-project yang sejenis, untuk gambarannya seperti ini. Semisal project buat logo dengan harga bid yg di acc 75rb, padahal untuk sebuah project pembuatan logo berdasarkan pengalaman yaitu kisaran 3-5jt, karena logo itu investasi dan jangka panjang, namun terlihat bid yang di acc worker dengan memilih harga terendah sehingga menjatuhkan project2 yang sejenis seperti itu.

Demikian saran yang dapat dirangkum dalam diskusi ini, semoga team project.co.id menerima feedback dengan baik dan bijaksana.
Terima Kasih