Pinalti untuk worker

  1. last year

    Selamat pagi.
    Apakah ada pinalti untuk worker yang terlalu sering tidak menyelesaikan pekerjaannya? Saya tau untuk tiap proyek ada fitur arbitrase, tetapi kalo ada worker yang terlalu sering kena arbitrase apakah tidak ada pinalti? Saya perhatikan ada worker yang demikian, asal masang bid dan sering diterima (karena ratingnya dan record pekerjaannya banyak) tetapi kalo ditelusuri ke kolom arbitrasenya dia sudah kena arbitrase lebih dari 20 kali karena pekerjaan tidak selesai (artinya hampir 30% dari total pekerjaannya). Tetapi dia terus diterima bidnya (mungkin owner ga cek recordnya dia). Bagaimana tanggapan admin? Mungkin tambahkan berapa banyak kena arbitrase di dalam profil.

  2. kayanya gak ada deh kak, cuma ya kembali lagi ke owner project, apakah dia cermat atau tidak dalam memilih worker. CMIIW

  3. Iya sepertinya untuk sekarang belum ada. Saya tau banget ada 1 worker yg rasanya ngebid terus, dgn pekerjaannya macem macem. Saya sampe heran dia nyaris bisa apa aja. Tapi saya cek kolom arbitrasenya, trnyata sering kena masalah/

    Yang saya sayangkan dia asal masang bid dan keterima (dgn hasil yang kadang diarbitrase sm owner), jadinya worker lain ga dapet kesempatan.

  4. Sebenarnya worker boleh ngebid berapa saja, dan owner boleh milih bid yang mana saja. Itu semua adalah mekanisme pasar yang wajar. Hanya saja jangan sampai ada yang merasa dirugikan. Arbitrase bisa menjadi indikasi bahwa hubungan owner-worker tidak baik dan salah satu atau semuanya merasa dirugikan. Semakin banyak arbitrase maka semakin tidak sehat komunitas ini.

    Saya kira perlu untuk membuat komunitas ini sehat. Owner mendapatkan hasil pekerjaan yang memuaskan dengan harga minimal. Sementara worker bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan mendapatkan upah maksimal. Untuk itu perlu diusahakan agar arbitrase seminimal mungkin. Salah satu yang bisa diusahakan adalah adanya info arbitrase yang mudah diakses oleh owner ketika melihat bid. Jadi ketika owner mau memilih bid dan dia melihat worker tertentu ternyata arbitrasenya 50% misalnya, maka dia bisa memilih worker lain yang lebih profesional. Tentu dia tetap bisa memilih worker bermasalah. Tapi siap juga dengan risiko pekerjaan jadi terbengkalai yang akhirnya buang2 waktu. Rugi semuanya.

    Terlepas dari itu semua, yang jadi masalah utama menurut saya adalah karena jumlah worker jauh melebihi owner. Agak ironis sebenernya ketika konon Indonesia kekurangan programmer. Mungkin karena owner yang berkualitas gak tahu tentang komunitas ini. Di sini saya kira semuanya khususnya pihak projects.co.id lebih agresif mencari dan menghubungkan owner tersebut dengan komunitas ini. Kalau masalahnya ada pada worker yang tidak sesuai dengan skill yang dibutuhkan owner tersebut, mungkin projects.co.id juga bisa memberikan pelatihan upgrade skill.

  5. Saya pribadi di posting ini memang tidak memasalahkan berapa harga bidnya. Yang saya sayangkan, si Mr. X itu selalu ngebid dan selalu menang (iya saya iri sekali). Tapi ternyata dia sering banget ngecewain owner (paling engga rasanya 20 kali kena arbitrase karena ga kelar). Sayang aja, ada orang kayak Mr. X yang selalu menang padahal udah berkali kali kena arbitrase dan ngecewain banyak owner, tapi masih menang bid ngalahin worker yang lebih taat.

  6. Ada beberapa kemungkinan. Pertama owner recehan banyak di sini. Pokoknya cari yang termurah tanpa peduli hasil. Kedua, owner gak recehan banget, tapi juga males ngecek satu2 performa worker. Repot juga kan buka profile user satu2 lalu cari ada arbitrase apa saja. Apalagi log arbitrase atau enggak dijadikan satu. Akhirnya cari gampangnya yang termurah saja.

    Maksud saya adalah, worker yang tidak bertanggung jawab memang menyebalkan, dan bahkan bisa merusak komunitas, misalnya owner jadi males ke sini lagi, komunitas ini dicap recehan dsb. Worker seperti itu perlu diberi sanksi. Hanya saja sanksinya mungkin gak perlu sampai diblokir. Mungkin pada awalnya, tampilkan skor arbitrase saat ngebid. Mungkin dengan begitu, owner jadi lebih sadar dan menghindari worker seperti itu. Kalau ternyata masih banyak arbitrase, baru nantinya perlu diberi sanksi berupa tidak bisa bidding sampai waktu tertentu.

  7. Admin1

    9 Jul 2020 Administrator

    @prayanatrisna
    @masumar
    untuk kedepannya kita sedang menggodok lagi perarturannya kak.
    Dimana worker yang terkena tingkat keberhasilan mengerjakan project kurang dari 70 % atau 80 % maka akunnya akan kena Banned secara automatis. Semoga perarturan ini segera berlaku. Untuk mengurangi worker yang kurang bertanggung jawab.

  8. Admin1

    9 Jul 2020 Administrator

    @prayanatrisna
    @masumar
    Dan tambahan lagi nanti setiap user kedepannya akan mulai verifikasi KTP
    Semoga tambahan aturan ini akan semakin memfilter user2 yang tidak bertanggung jawab.

  9. pembuat project kadangan nulisnya "sengaja tidak jelas" kadung di accept kerjaannya meluas.

  10. Admin4

    15 Aug 2020 Administrator

    Halo @indraseasonone
    Ini saya kutip dari pandangan worker @manakreatif
    Baik owner maupun worker memang harus bisa menjelaskan dan mencari tahu kebutuhan dan spek dari project tersebut sebelum memasang tarif. Owner mengambil bid terendah beresiko hilang waktu karena gagal dalam pengerjaan lantaran worker enggan / tidak semangat mengerjaan atau malah meninggalkan pekerjaan tersebut dan berakhir arbitase, sementara worker membid terlalu rendah beresiko mendapat pekerjaan yang melampui tarif yang diberikan. Sementara opsi arbitrase bisa merugikan salah satu atau kedua belah pihak.

  11. Adakah fitur untuk mereport owner ataupun worker?

  12. Admin4

    16 Aug 2020 Administrator

    Halo @prayanatrisna
    Untuk saat ini belum ada fasilitas untuk mereport owner ataupun worker. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan melalui fasilitas [email protected].

to reply!