Ban akun owner yang minta nomor whatsapp dalam postingan job yang diulang

  1. 3 years ago

    Halo semua.
    Saya termasuk yang baru bergabung di Projects, sejauh ini pengalaman saya mayoritas positif di platform ini. Oh ya, saya bergabung tujuan utamanya sebagai worker, jadi pengalaman saya tentu isinya dari perspektif worker.

    Saya biasanya online pagi dan sore untuk melihat lowongan sebagai worker, sesekali mengajak diskusi owner lewat fitur thread sebelum benar-benar melakukan bid. Tujuan saya berdiskusi agar saya dan owner punya pemahaman yang sama soal pekerjaan, jadi ke depan ketika benar-benar melakukannya, komunikasi akan lebih lancar dan mudah. Sayangnya tidak banyak owner yang mau diajak diskusi dulu. Bagi saya, yang tak mau diskusi ya sudah, tak perlu di bid, daripada di-arbitrase nantinya.

    Selain soal diskusi tersebut, hal yang paling mengganggu bagi saya adalah owner yang minta meninggalkan nomor wa di postingan pekerjaan mereka. Dalam postingan tersebut biasanya ada belasan worker yang memberikan bid, namun pekerjaan tersebut ternyata tak kunjung dijalankan. Kemudian hari berikutnya tiba-tiba muncul postingan yang mirip dengan owner yang sama. Postingan baru ini juga minta nomor whatsapp di deskripsinya.
    Siapa yang ga curiga kalau begini? Apa owner ini sedang scrapping data nomor whatsapp untuk dijadikan target marketing kah? Dst. Dst.

    Dan tentu, kejadian ini terjadi berulang-ulang dalam platform Projects, yang diawasi oleh beberapa admin. Artinya Projects melakukan pembiaran terhadap perilaku yang punya kemungkinan berdampak buruk di kehidupan berinternet. Nomor whatsapp dan info pribadi sifatnya privat dan termasuk privasi, namun sebagai worker, kadang mereka rela menyerahkan informasi tersebut dengan harapan diterima menjalankan pekerjaan. Sayangnya kerelaan hati worker tidak dibarengi dengan niat baik owner, dan kita ga bisa ngukur keadaan hukum serta dampak ekonomi berdasarkan niat baik saja.

    Harapan saya, sebaiknya ada tindakan tegas dari Projects.co.id selaku penyedia layanan digital untuk meminimalisir tindakan semacam ini. Jika perlu, lakukan ban berkala kepada pihak yang melanggar ketentuan tersebut. Saya paham ada konsekuensi bisnis, kehilangan owner yang mungkin akan mengeluarkan uangnya di platform ini. Namun saya rasa konsekuensi jangka pendek tersebut akan tertutup dengan keuntungan dalam jangka panjang, dimana platform ini akan dikenal sebagai platform yang kredibel dan mengedepankan keamanan transaksi elektronik di dalamnya. Di mata investor dan pemodal, kredibilitas jangka panjang tersebut akan jadi daya tarik dan sumber kepercayaan mereka menanamkan modal untuk mengembangkan platform ini lebih besar lagi.

    Sekian curhat lumayan panjang ini. Semoga dibaca dan ditindaklanjuti dengan serius (bukan dengan jawaban khas admin: "kami sedang mendiskusikan hal ini dan akan segera ada solusi" yang dari dua tahun lalu statusnya masih diskusi).

    Terima kasih.
    Salam!

  2. Deleted 3 years ago by Admin4
  3. Saya sering menemukan hal itu

  4. Admin4

    15 Aug 2020 Administrator

    Halo
    @fngadiyo
    @indraseasonone
    Dalam proses bidding jika owner meminta contact person worker itu tidak dilarang, bisa jadi owner membutuhkan itu untuk terciptanya komunikasi yang lebih efektif. Tetapi selalu kami sarankan untuk semua kesepakatan yang terjadi harus dituangkan kembali kedalam fasilitas yang ada di projects.co.id.
    Jika worker merasa memberikan contact person ini bisa membahayakan worker maka worker tidak harus memenuhi permintaan tersebut, karena permintaan tersebut sifatnya tidak memaksa.

to reply!