Hasil Arbitrase kesalahan input jadi 0% worker dan 0% owner

  1. last year
    Edited last year by r4ndh1

    Halo mau sedikit curhat dan menyampaikan unek2. saya adalah selaku worker yang sudah aktif dari 2016 dan sampai sekarang. Bicara mengerjakan project sudah terbilang lumayan banyak dan beberapa kali melakukan arbitrase maupun kena arbitrase.

    Singkat cerita saya mengerjakan project slicing memang project sudah berjalan 1 tahun tidak kunjung kelar, disamping itu saya memang mengakui beberapa kali lambat respon terkadang owner pun juga lama respon terkait review yg sudah saya kerjakan. Status project versi saya sudah 90% done dan projectnya adalah slicing design corel ke html. Sebenernya untuk tampilan desktop sudah 100% sama dan responsive 95% saya melakukan arbitrase karna kesal project gak kelar2 revisi dan masalah lain owner nya rewel revisi di mobile yg banyak. Masalah nya adalah tampilan mobile dia test di semua perangkat baik hp / tablet mau itu iphone android dan berbagai merk smartphone lainnya masalahnya revisi kadang tidak bisa saya selesaikan karna beberaa gadget saya tidak punya dan tentunya saya tidak bisa mengerjakan revisi tersebut dan tidak mungkin saya harus beli gadget atau pinjam ke yang punya.

    Pada akhirnya saya arbitrase mengajukan offer 100% karna menurut saya sudah banyak yang saya kerjakan terjadilah adu offer dengan owner dengan nilai akhir mungkin saya terima 35% dan own 65%. Tentu saya merasa rugi waktu setidaknya offer 50% : 50% baru pantas menurut saya. Saya pun juga akhirnya malakukan offer 50% : 50% tapi tidak membuahkan hasil akhirnya arbitrase di ambil alih oleh team projects.

    Yang bikin saya terkejut adalah hasil akhir saya terima 0% dan owner pun terima 0%. Sepertinya terjadi kesalahan input.

    -image-

    Atau bisa gunakan link ini untuk melihat gambarnya: https://prnt.sc/117lekd

    Apakah team arbitrase tidak pernah mengecek hasil kerja woker dan hanya mengambil keputusan via screenshot percakapan WA padahal setau saya perkapan WA tidak di anjurkan di TOS projects.co.id ? Padahal saya sudah memberikan link website untuk review dan screenshot semua halaman bahkan sampai source code pun saya sertakan dan di upload ke tread, sepertinya tidak 1 pun di cek file2 dan link review yang saya berikan via tread dan mengambil keputusan berdasarkan percakapan WA. Saya yakin semua woker merasakan klw hanya modal percapakan bisa saja owner pandai membuat kata2 dan hasil akhirnya membuat worker kalah banding. Sangat di sayangkan klw team arbitrase tidak mengecek hasil kerja worker yang jelas2 sudah di sertakan meskipun udah jalan 90% done setidaknya hargai jerih payah kerja worker. Worker juga manusia bisa jadi dia kerja freelance untuk menafkahi istri dan anak. Belom lagi jika sisi worker membutuhkan dana setidak nya 50% dari hasil kerja project yg sedang di arbitrase. Bagaimana jika butuh dana misal anak sakit istri sakit dll sudah pasti sanak keluarga meninggal karna gak bisa membayar tagihan rumah sakit beli obat dll.

    Ya, memang saya mengakui salah karna project berjalan lama tapi itu semua ada alasan dan faktor lain2nya. Tapi apa iya hasil akhir yang di upload worker tidak ada sedikit dihargai setidaknya 50% dana dari project sudah bagus itu juga padahal di potong 12%. Posisi woker sangat lemah disini menurut saya.

    Setidaknya jika woker tidak mendapat sepeserpun jangan di kasih rating jelek minus poin. Kasihan jika memang worker sudah bekerja keras mengerjakan project tersebut klw woker tidak kompeten tidak mungkin bisa menunjukan hasil yg sudah di kerjakan tapi disini saya menunjukan hasil yg sudah di kerjain artinya saya tidak main2 mengerjakan project ini. Padahal offer owner biarpuan kecil masih mending hasilnya ketimbang 0% worker dan 0% owner. Terimakasih

  2. Admin4

    10 Apr 2021 Administrator

    Halo @r4ndh1
    Untuk dana owner itu sudah diterima owner 100%, itu hanya kesalahan kecil saja dimana tim arbitrator lupa memasukan dana owner, dan saat itu juga dana lansung kami serahkan kepada owner berdasarkan mekanisme yang ada. Silahkan Anda tanyakan kepada owner yang bersangkutan (atau mungkin kalau owner membaca pesan ini bisa kasih komentar juga)
    Kesalahan fatal Anda sudah kami sampaikan pada keputusan arbitrase.
    Start Date: 27/10/2019 16:53:34 WIB
    Finish Deadline: 03/11/2019 16:53:34 WIB
    Project yang harusnya bisa selesai dengan waktu yang cepat dan itu sudah Anda sepakati, tetapi sampai akhir 2020 ternyata project masih belum rampung 100%, Anda juga dinilai tidak bertanggung jawab pada project yang Anda menangkan dengan melimpahkan pekerjaan kepada pihak lain. Pengajuan arbitrase yang Anda lakukan juga tidak memiliki dasar yang kuat, hanya dikarenakan owner tidak merespon revisi terakhir Anda.
    Seharusnya Anda sadar, bisa jadi owner tidak merespon revisi terakhir Anda dikarenakan owner sudah bosan dengan janji-janji dan alasan-alasan yang Anda buat selama ini yang kenyataannya project tidak kunjung selesai. Seharusnya Anda faham betul bahwa kegagalan project ini sebagai akibat dari kinerja Anda yang tidak benar.
    Sebenarnya owner sudah cukup baik kepada Anda dengan memberikan Anda waktu yang seluas-luasnya, tetapi mengapa Anda tidak meberikan waktu kepada owner atau setidaknya Anda mencoba menghubungi owner dan memberikan keyakinan kepada owner bahwa revisi terakhir tersebut sudah fix 100% dari spesifikasi yang sudah disepakati.
    Kami menilai Anda hanya mencoba mengambil peluang untuk memanfaatkan situasi dimana owner tidak merespon laporan revisi terakhir Anda sebagai dasar Anda untuk mengajukan arbitrase. Bagaimana mungkin revisi terakhir (29 Desember 2020) yang sudah melebihi waktu satu tahun dari Finish Deadline yang ada.
    Sebagaimana yang Anda sampaikan:
    Dear team arbitrator Projects.co.id
    Pada tgl 29 Des 2020 sampai dengan 29 Maret 2021 jam 11:56:58 WIB memang saya sengaja tidak follow up, karna saya sibuk dengan project lain yang masih banyak harus saya selesaikan dan nilainya yg jauh lebih besar dari project ini. Pembicaraan terakhir hanya seperti di screenshot berikut: https://prnt.sc/114hdj4
    Sepertinya cukup jelas dari pernyataan ini bahwa:

    1. Anda secara sengaja tidak menghubungi owner, lalu Anda mengajukan arbitrase, dengan asumsi yang Anda sampaikan bahwa owner tidak merespon laporan terakhir Anda, sementara Anda sendir tidak memfollow up laporan terakhir tersebut kepada owner dikarenakan Anda sibuk dengan peoject lain yang lebih besar.
    2. Anda menilai bahwa project ini budgetnya kecil sehingga Anda tidak serius dengan project ini, padahal budget ini adalah budget yang Anda ajukan sendiri kepada owner dengan 29 poin yang ada.

    Dari dua asumsi itu saja sudah sangat jelas bahwa Anda lalai pada project yang sudah Anda menangkan.

    Informasi ini kami sampaikan semoga bisa menjadi pertimbangan bagi user yang ada di projects.co.id.

  3. Ooo ya udah, makasih min @Admin4 penjelasannya... saya cuma pengen tau aja kenapa 0% : 0% karna sebelumnya saya tidak pernah dan blom pernah lihat hasil seperti ini... dan ternyata itu salah input.... oke makasih penjelasannya... mohon maaf klw ada kata di tread saya yg kurang berkenan, saya cuma tulis pengalaman saja... terimakasih banyak.

  4. 11 months ago
    Edited 11 months ago by hary_ak

    gw jg mw speak up meluapkan kksalan sbgai freelance &member lama,
    biar gk bertambah banyak lg freelancer jd korban #KETIPU dng client, ky nasib gw jg uda 3x lbih kena tipu client
    buat @r4ndh1 dan freelance lainya poin yg perlu kalian pegang dan ingat terus sbg freelancee, di platform manapun posisi freelance akn jd tumbal jka kena arbirtse krna klian cmn dianggp babu, ingat platform kapitalis hanya butuh investor/client dn gk butuh babu
    gw bkn asal ngomong ini udah melalui riset jg kalo trjadi arbitrase freelance yg akn dikorbankan!!!

    jadi kalian harus benar2 extra hati2 memfilter memilih client,
    dan punya metodologi khusus agar tidak kena tipu,
    skali lg saya samapikan ini agar tdk bertambah banyak freelancer #KETIPU dng client,
    karna begitulah dunia online tidak ada asosiasi khusus yg melindungi pekerja freelance,
    saya jg sngt kasihan dng bnyk keluhan2 freelance lain,
    yg akhirnya menyarankan untuk menggunakan platform sebelah,
    yang menggunakan feature milestone dan hourly utk melindungi freelanceer,
    mskipun tdk 100% aman dari penipuan, setidaknya meminimalisir penipuan dan win2 solution,
    karena di sana jg atw platform manapun posisi kita freelance cmn dianggp babu!! yg tk dibutuhkan!!
    so keep smart ttp berhati2 lah dengan rimba dunia online yg bny penipuan!!!

  5. Admin4

    18 Aug 2021 Administrator

    Halo @hary_ak
    Terimakasih ya atas masukannya yang bombastis.
    Kalau saja Kakak pernah mengikutin tender-tender yang ada diluar, sebut saja seperti LPSE misalnya, maka Kakak harus siap-siap, jika Kakak tidak dapat menyelesaikan pekerjaan yang sudah Kakak menangkan maka Kakak akan dikenakan penalti, Kakak harus memberikan ganti rugi financial dari project yang tidak bisa Kakak selesaikan tersebut, panitia tidak akan mempertimbangkan kinerja yang sudah Kakak keluarkan, jika kenyataannya Kakak tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya sudah Kakak sanggupi maka Kakak pasti akan dikenakan penalti.
    Jadi jangan sampai ketika worker tidak mendapatkan bayaran lalu diartikan telah terjadi penipuan atau penindasan.
    Kami jamin jika worker sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang sudah disepakati maka worker pasti dibayar, meskipun owner menyatakan worker belum menyelesaikan pekerjaannya.
    Perlu diketahui dalam proses arbitrase sudah banyak kasus dimana owner menyatakan hasil kerja worker tidak sesuai dengan spesifikasi yang sudah disepakati, lalu terjadilah arbitrase. Worker merespon arbitrase dengan melampirkan semua hasil kerjanya dan juga bukti kesepakatan yang terjadi. Hasil pemeriksaan tim arbitrator ternyata hasil kerja worker sudah dapat berfungsi dengan baik dan sudah sesuai dengan requirements yang ada, maka dana secara full diserahkan kepada worker. Artinya keputusan tim arbitrator ini didasarkan atas bukti dan data yang ada, bukan atas dasar pernyataan.
    Begitu juga sebaliknya meskipun worker menyatakan sudah menyelesaikan pekerjaannya tetapi worker tidak melampirkan hasil kerjanya maka pernyataan worker tidak akan menjadi pertimbangan tim arbitrator.
    Bukti hasil kerja harus berupa source code asli yang dikerjakan worker, worker juga harus bisa memastikan bahwa hasil kerja worker akan bisa diperiksa oleh tim arbitrator projects.co.id , oleh karena itu jangan lupa sertakan pula petunjuk pengoperasian serta tools apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan hasil kerja tersebut.
    Jadi pernyataan @hary_ak

    kalian gk akn pernah menang jika mengajukan arbitrase!! krna posisi klian cmn dianggp babu, ingat platform kapitalis hanya butuh investor/client dn gk butuh babu

    Adalah sebagai pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan . Jangan sampai kekecewan ini diartikan sebagai penindasan, silahkan Kakak evaluasi kembali apa yang salah dari arbitrase yang Kakak alami.

  6. Edited 11 months ago by hary_ak

    @Admin4 LPSE whattt?? wh nambah ngaco aj nih, ngebandingin tu yg apple to apple
    ngebandingin proyek negara kelas perusahaan vs perorangan, undang2nya aj jelas beda,
    klo dpaksa ngebandingin brrti upah kerja disini jg UMR dong...
    dn klo blh jg ngebandingn dng platform luar yg lebih fair....
    mreka lbh melindungi freelancenya ketika bid mnggunakan schema longterms per project skligus,
    selalu muncul warning berlapis2 & berkali2 utk hati2 karna resikonya sangat2 tinggi,
    dan menawarkan milestone trlbih hourly yg lbh fair,
    bisajadi penyebab banyaknya arbitrase krna para senior udah pada males ngebid krna parno duluan, jdnya yg bnyk ngebid pemula2 dn ngerjainpun asal jadi, krna dh parno diarbitrase, knp ngrjain bgus2 klo akhirnya SC kita yg dcuri dan kena arbitrase
    apapun itu sy gk mw mgejudge siapa2, dn gk mw brdbat pnjng lbh mslah pelik mcm ini,
    cmn bwat ngingetin tmn2 seprofesi aj agar lbh hati2 tdk jd korban client,
    trlebih di ksus mas @r4ndh1 sy sgt sdih dngernya yg ktnya ngrjain proyek smpai stahun what???
    itu kerja apa dikerjain, mdh2 dpt mnjadi plajaran trlbih bg sy pribadi
    ttp smgt pejuang keluarga....

  7. Admin4

    19 Aug 2021 Administrator

    Halo @hary_ak
    Kita cuma mencoba menjelaskan apa adanya, jangan sampai Kakak berfikir bahwa ketika worker tidak menerima bayaran maka itu bisa diartikan sebagai penindasan, itu pernyataan Kakak sangat bombastis sekali,

    kalian gk akn pernah menang jika mengajukan arbitrase!! krna posisi klian cmn dianggp babu, ingat platform kapitalis hanya butuh investor/client dn gk butuh babu

    terkesan arbitrase ini hanya permainan saja, padahal Kakak tidak tahu banyak juga kasus dimana worker tetap menerima bayaran full dari hasil arbitrase.
    Jangan sampai kekecewaan Kakak ketika kalah dari arbitrase, lalu Kakak men-generalisir arbitrase ini hanya sebuah permainan.
    Projects.co.id menganggap bahwa arbitrase adalah bagian yang sangat penting, sehingga dalam memutuskan perkara selalu dianalisis dengan hati-hati, terkadang tim arbitrator butuh waktu yang cukup lama dalam memutuskan permasalahan yang terjadi.
    Jika Kakak masih berpendapat sebagaimana yang Kakak sampaikan tersebut silahkan Kakak kirim bukti yang mendukung pernyataan Kakak tersebut bahwa Kakak sebagai korban dari arbitrase, kami dengan senang hati akan merespon apa yang Kakak sampaikan, tapi jika pernyataan itu hanya didasarkan atas prasangka Kakak, kami berharap Kakak bisa menarik kembali pernyataan tersebut.

  8. Edited 11 months ago by asdams

    wkwkw user @hary_ak dengan rating smpurna 99 langsung dibanned admin,
    scra gentle dng akun asli ngasih msukan membangun, sbuah kediktatoran
    ini jg bukti apa yg dia katakan benar,
    krna freelance emg gk dbtuhkan dn gk ada hrgnya disini, kcuali investor mrk yg bkl dipuja...
    bentar lg post ini paling jg akn didelete, dkasih masukan kok baper wkwkwk
    skali lg bwat freelancer inget pesan user @hary_ak diatas...

  9. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kejadian ini. Sebaiknya para Project Owner maupun Freelancer melakukan komunikasi yang baik sebelum menerima atau menawarkan bid.

  10. memang sebagian worker saya liat ada yang main2 dengan project yang dia dapatkan.
    ad yang dia kerjakan sebisanya lalu bernego untuk mengajukan arbitrase tanpa rasa malu.

    saya juga melihat keputusan admin sangat tepat walaupun terkadang tampak seperti menganak tirikan worker.

    tapi itu semua sebagai bentuk peringatan sekaligus pelajaran bagi si worker dan para worker lainnya agar serius dan bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan project yang dia dapatkan dan tidak asal ngebid dengan harapan bisa mendapatkan sebagian fee yang owner siapkan.

    semoga semuanya bisa mengambil pelajaran dari kasus2 semacam ini dan bisa bersikap dengan cerdas dan bijak agar tidak terjadi lagi hal2 seperti diatas.

to reply!