Edited 10 months ago by etadulako

Diskusi ini relevan dengan pertanyaan pada projects.co.id/community/378-positif-negatif-soal-abitrase/0#p2364 .
Saya mengamati seorang owner yang sering memposting proyek penulisan artikel dengan harga miring dengan deadline days yang tertera pada proyek sangat lama. Saya mengecek akunnya dan ternyata dia memiliki histori abitrase yang sangat banyak. Jika kamu sering memperhatikan proyek penulisan, kamu pasti tahu dengan owner ini.

Kekhawatiran saya muncul setelah membaca pertanyaan pada link tersebut. Hal yang menjadi perhatian saya adalah mengapa owner ini tetap mencari worker di sedangkan abitrasenya begitu banyak? Secara logika, jika banyak kali melakukan abitrase tentu kepercayaan terhadap freelancer akan menurun. Jika memang owner ini pernah puas dengan worker atau beberapa worker yang pernah bekerja dengannya sebelumnya, mengapa tidak melakukan re-hire saja? Saya pikir re-hire adalah cara terbaik untuk menghindari abitrase mengingat secara logika kualitas dari worker sebelumnya sudah diketahui. Ditambah lagi, di history abitrasenya, sering kali worker yang mengajukan abitrase, artinya ada indikasi bahwa owner seperti ini memberikan instruksi yang berbeda saat sudah memilih worker. Dan semoga saja ini bukan cara owner untuk mencuri sebagian atau seluruh karya worker melalui jalur abitrase.

Saya merasa owner-owner seperti ini harus mendapat perhatian oleh admin. Owner seperti ini pasti sangat paham memanfaatkan celah abitrase. Selain dari rincian proyeknya, harap perhatikan juga harga yang dia berikan. Saya mengerti bahwa pembeli selalu mencari harga terendah, namun bukankah memiliki wewenang dalam menentukan ambang harga untuk setiap proyek? Saya sudah membandingkan beberapa platfrom lain dan memang benar bahwa disinilah jasa penulis sangat rendah.

Saya paham bahwa kenyamanan owner sangat diutamakan disini. Namun, itu harus setara dengan kenyamanan workernya.

Mungkin ada yang berpendapat bahwa jika menemukan owner atau dengan proyek seperti itu kita tidak perlu melakukan bid. Itu tidak salah dan itu sangat benar. Namun bukankah owner juga harusnya diberikan pemahanan sebagaimana pemahaman worker tentang harga dan beban kerja?