About Rating

  1. 3 years ago

    Mau tanya nih min,
    Kalau project sudah diterima Owner akan tetapi owner belum/tidak memberikan rating kepada worker, apa yang akan terjadi? apakah status project masih "Accepted by Owner" dan belum "Closed"? terus apakan worker tidak mendapat rate/point?

    Terimakasih

  2. halo... saya mau nanya juga min, terkait rating, kalau misalnya rating worker naik karena telah berhasil memenangkan project2 di web ini, apakah sewaktu-waktu worker bisa menawar budget lebih tinggi dari yang ditawarkan owner, dengan alasan ratingnya sudah naik? Makasih :)

  3. Admin1

    30 Sep 2015 Administrator
    Edited 3 years ago by Admin1

    @FitryaNurBaity
    Bisa mba. Worker bisa memberikan penawaran harga lebih tinggi dari budget yang di publish.
    Banyak worker yang memberikan harga lebih tinggi dari budget walaupun belum punya rating. Jadi ketika lakukan penawaran sebaiknya berikan penawaran sebaik mungkin sehingga Owner merasa tertarik dan dapat mempertimbangkan penawaran tersebut. Untuk melakukan penawaran yang baik dan benar bisa dipelajari tips dari kami.
    https://projects.co.id/public/tips/view/4c1611/salah-satu-rahasia-terbaik-untuk-memenangkan-bidproject

  4. Apakah owner juga ada rating-nya? dengan beberapa kategori: jujur, rewel, dan lain2 bla bla bla, termasuk project yang closed "no action": mem-publish project tetapi kosong :)

  5. Admin1

    12 Nov 2015 Administrator

    @kangpriadi
    Worker bisa memberikan feedback atau rating kepada Owner ketika project sudah selesai.
    Untuk saat ini worker hanya bisa memberikan rating ketika project telah selesai atau status project accept by owner. Ketika keduanya sudah saling merating maka status project telah closed.

  6. Masalahnya, saya beberapa kali nge-bid prject.... setelah menunggu beberapa saat, ternyata project di closed by system tanpa alasan dan bla bli blu dari owner.... sepertinya owner menawarkan project hanya main2 saja. Melempar penawaran dan ketka sudah berjibun yang nge-bid..... eh ditinggal begitu saja. Terus maksutnya apa dia mbuka project?

    Owner seperti itu harus di beri rapot jelek, maka harus ada rating buat owner abal2 seperti itu

    hehe, maaf kalau kurang berkenan

  7. Baru saja muncul ide dibenak saya:
    karena para bidder yang berpoint banyak itu yang ditampilkan di atas, dan bidder zerro point di pelorotkan dibawah... maka owner akan dengan gampang untuk membaca bidder berpoint dan membuang bidder baru yang tentu saja zerro point.

    Seperti yang diajarkan para jawara, perlu sekali menumpuk point, dengan cara macam2, salah satunya mengambil project2 yang ringan dan mudah pointnya. Ada lagi cara setan, dengan membuat akun abal2, membuka project abal2 juga... dan memilih bidder X yang hendak di pompa pointnya. Nah dia buat berkali2... maka bidder X akan punya point hebat... maka dia akan bisa nampang di daftar bidder di halaman pertama, di baris pertama, dan akan mendapat giliran pertama tentunya, menyingkirkan para bidder yang lain jauh dibawah. Menanglah dia..

    Apa kata owner ketika menemukan bidder X dgn point abal2? pasti dia akan kecewa... paling tidak kecewa karena bertemu worker yang bermain dengan cara setan. hehe kasian yah? :D

    Saya rasa, perlu ada perbaikan dalam menampilkan data dan performansi masing2, baik owner maupun worker. (mmm saya juga belum tahu bagaimana caranya , maaf)

  8. Admin5

    25 Jan 2016 Administrator

    @kangpriadi Masalahnya, saya beberapa kali nge-bid prject.... setelah menunggu beberapa saat, ternyata project di closed by system tanpa alasan dan bla bli blu dari owner.... sepertinya owner menawarkan project hanya main2 saja. Melempar penawaran dan ketka sudah berjibun yang nge-bid..... eh ditinggal begitu saja. Terus maksutnya apa dia mbuka project?

    Owner seperti itu harus di beri rapot jelek, maka harus ada rating buat owner abal2 seperti itu

    hehe, maaf kalau kurang berkenan

    Dear @kangpriadi:

    Thanks buat masukannya ya :)

    Mengenai project yang cancel, sebenarnya sulit mengatakan dengan jelas dan yakin bahwa suatu project adalah fake atau tidak. Kebetulan saya pribadi juga terkadang menjadi project owner di platform luar (sebelum ada projects) dan skrg di projects.co.id.

    Sebagai project owner, harus diakui tidak semua project dapat saya teruskan, karena satu atau lebih alasan berikut:

    - deadline terlewati namun blm ada worker yang cocok. Setelah deadline terlewati, project menjadi tidak penting lagi.

    - tidak menemukan worker yang tepat/worker yg ngebid tidak dapat menyakinkan bahwa mereka dapat menyelesaikan project sesuai permintaan.

    - ketemu worker yg cocok namun harga tidak cocok

    - worker cocok, hrg cocok, namun deadline tidak cocok

    - sudah dapat mengerjakan sendiri (sudah ketemu caranya ataupun sudah ada waktunya)

    - project emang batal karena pihak ke3 yang membutuhkannya batal atau ada kondisi yg tidak terpenuhi sehingga otomatis project tidak dapat diteruskan

    - ketemu yang cocok, tapi karena satu dan lain hal saya putuskan untuk membuatkan private project terpisah utk worker tersebut dan membiarkan project yg lagi running ini auto canceled atau saya cancel tanpa tunggu auto canceled.

    - dll yang mungkin terlupakan :P

    Sementara itu, cukup sering kita melihat alasan lain:

    - karena kesibukan project owner, project berakhir tanpa memilih worker, namun project owner menghubungi kita minta project yang sama (dengan semua biddernya) diaktifkan lagi karena mau dipilih workernya. Email pemberitahuan no action telah dikirimkan ke semua bidder sehingga kesannya adalah project ini berakhir no action.

    - project owner menemukan worker yang cocok di projects, namun somehow mereka memutuskan untuk melakukan transaksi diluar sistem. Ini adalah "musuh" semua marketplace. Yang ketahuan di ban dari sistem dan perlahan2 secara overall ruang gerak utk melakukan kesepakatan illegal seperti ini dipersempit.

    - ada project owner yang tidak jelas alasannya apa, secara rutin mempost project, namun tidak pernah memilih worker. Project2 owner yang demikian juga makin dipersempit ruang geraknya dan dalam banyak kasus project2nya tidak dipublish lagi.

    Mengenai ide yang tiba-tiba muncul di benak kangpriadi bahwa worker/freelancer dapat saja memiliki point/rating dengan cara yang tidak pantas, itu dapat saja terjadi, namun perlu diingat bahwa untuk melakukan itu, ada pengorbanan financial yang perlu dilakukan.

    Selain itu, project owner umumnya melihat korelasi antara project yang pernah dikerjakan dengan project yang sedang dicariin freelancernya ini. Misalnya project yang pernah dikerjakan oleh sang freelancer umumnya adalah project web development, sedangkan yang dibutuhkan owner saat ini adalah article writer, maka gak peduli setinggi apapun rating worker ini, kemungkinan besar owner nggak akan milih freelancer ini :)

  9. Admin5

    25 Jan 2016 Administrator

    --dopost--

  10. Admin5

    25 Jan 2016 Administrator

    --dopost--

to reply!