Keresahan Fee Content Writer

  1. last year

    Dear all freelancer. Cuma mau bahas keresahan pribadi aja. Emang wajar kah fee tulisan 10rb - 15rb per artikel? Kok kayaknya disini pada jual murah banget ya, baik dari sisi owner maupun freelancer. Bukan berniat ngeluh atau apa ya. Kalau dibanding senior-senior di sini, saya masih newbie, baru daftar, dan belum pernah dapet project di sini jg. Tapi cuma pengen ekosistem penulis lebih berkembang aja. Soalnya dari projects.co.id juga ga netapin minimum fee buat penulis, semua dikembalikan ke owner. Trus dari freelancer masih berusaha bid ke harga paling rendah. Semacam lingkaran setan aja gitu, jadi fee penulis selamanya akan tetap segitu. Setelah lihat sistem ini, aku juga jadi mundur tiap mau nge-bid. Ini opini pribadi ya. Silakan jika tidak setuju. I'm okay with it.

  2. Halo,

    Saya juga punya keresahan yang sama. Sudah punya pengalaman nulis lebih dari 10 tahun secara profesional dan hidup dari dunia digital khususnya penulisan. Tarif nulis freelancer emang sehancur itu kak. Saya itungannya juga baru gabung di Project.co.id. Bersyukurnya udah dapet job dan lagi running juga beberapa. Sharing pengalaman aja ya, menurut saya sehancur apapun freelancer lain banting harga, nge-bid dengan angka rendah, tapi kalo portofolio gak menjanjikan gak bakal dipilih (awal saya gabung Project.co.id gitu soalnya wkwkwk so sorry. Ujung-ujungnya ya gak dipilih juga kok). Saranku dilengkapi dulu aja portofolionya. Fokus sama apa yang dikuasai. Kalau udah, PD aja nge-bid di angka tinggi. Owner pasti pikir-pikir kok. Logikanya: kok bisa Si A ini nge-bid harga tertinggi, sehebat apa sih? Nah, pasti Si Owner nengok kita nih.

    Terlepas dari itu semua, fee untuk penulis emang gak pernah naik-naik dari kapan tahun. Ya segitu-gitu aja. Padahal hampir semua pekerjaan itu core-nya di penulisan. Ini menurut saya. Kadang kalau dapat job dari owner yang paham dunia penulisan, seneng banget tuh. Kita kayak dihargain banget. Bukan yang semena-mena: halah, tinggal nulis doang apa susahnya?

    Nah, susah! Buktinya situ nyari orang buat nulis kan? Wkwkwkwk

    Anyway, semangat kak! Ini cuma sharing sekalian curhat. Gak sependapat sama saya juga sah kok hukumnya.

  3. Halo kak Yoga,

    Thanks insightnya. Yup setuju banget kok, memang yang terpenting kita harus bagusin portofolio kita. Jadi dengan kualitas yang kita punya, dan bid harga yang kita kasih, pasti tetep bisa kepilih nantinya.

    Terlepas dari itu, tetep suka miris aja buat owner yang minta 10 artikel 100rb-150rb. Sekelas media digital, yang share profit ke penulis pun kasih fee-nya lebih dari itu.

    Harapannya, lebih banyak owner yang menghargai jasa penulis aja sih. Dan kalau dari project.co.id bisa tetapin harga minimum buat penulis, harusnya juga sangat membantu kesejahteraan mereka. Jadi owner juga ga bisa seenaknya sendiri netapin harga.

  4. Walau aku masih newbie, aku berhasil pecah telur di hari ke enam, rasanya bahagia banget. Harga rendah banget buat nulis, jadinya seperti nolongin orang. hehhehhe

    Aku juga pilih-pilih owner yang kasih job, aku lihat dulu seberapa banyak dia abrivate worker. Yang aku pantau ni di project.co , owner banyak yang semena-mena melakukan abrivate worker. Ada revisi, bukannya dibicarakan dengan baik, namun justru langsung main abrivate.

    kalau main abrivate sesuka hati, ini menjelekkan rating worker yang susah payah dibangun. Empati itu hal penting, lho. Owner butuh worker profesional. Jadi, owner juga harus bersikap santun, empati, dan profesional.

to reply!