ada owner yang posting project disertai nomor WA

  1. 6 years ago
    Edited 6 years ago by riris_putri

    saya menemui owner yang memposting project disertai no. whatsapp ataupun pin bbm. apa ini sebenarnya boleh sajakah? karena saya newbe di sini. karena dari situ owner dan worker akan dapat dengan mudah bertransaksi tanpa melalui projects.co.id. memang ketika saya cek di web, nomor tersebut tidak tercantum, tapi ketika masuk melalui email dan saling balas dengan email, nomor tersebut dengan mudah dicantumkan.
    saran dari saya, sebaiknya web ini dilengkapi dengan sistem menyaring teks yang terindikasi nomor ataupun pin BB atau sejenisnya. sistem tersebut bisa berasal dari pengamanan web itu sendiri ataupun manual pengecekan dari admin, dan chat tidak masuk ke email karena bisa saja ada transaksi di luar website.
    sekian ide dan saran dari saya. sukses selalu...

  2. menurut pendapat saya yah
    projects.co.id ini adalah pihak perantara dan pihak penengah yang mempertemukan owner dan worker
    jadi apabila owner mempost nomor dan si worker menghubungi no tersebut langsung dan project nya tidak melalui projects.co.id maka si worker ada kemungkinan tidak di bayar / owner kabur.
    projects.co.id adalah berfungsi sebagai penengah apabila terjadi kasus / arbitase / masalah di pembayaran (seperti rekening bersama), jadi dana dari owner project sudah di tangan projects.co.id dan worker bisa mengerjakan dengan tenang.

    apabila mau komunikasi dan transaksi diluar projects.co.id itu sah sah saja tapi ya itu harus siap dengan konsekuensi misalnya owner kabur.

    mungkin maksudnya mempost no wa / pin agar mempermudah worker bertanya tanya / konsultasi. tetapi disarankan untuk worker agar transaksi melalu projects.co.id demi keamanan bersama

    CMIIW

  3. Admin5

    16 Oct 2015 Administrator
    Edited 6 years ago by Admin5

    Morning, Mbak @riris_putri, Om @appzone :)

    Mbak Riris, terima kasih ya sudah bertanya dan sudah membuat thread ini.
    Jawaban dari appzone tepat sekali :)

    Sebenarnya projects.co.id tidak melarang user untuk saling bertukar contact pribadi, meskipun melakukan itu dapat berujung pada di ban nya user tersebut dari sistem. Ketika menemukan kecenderungan seorang user menawarkan transaksi di luar sistem, seringkali kita mengirimkan informasi untuk tidak melakukan hal tersebut. Memang kami tidak menampik bahwa hal tersebut dilakukan untuk melindungi model bisnis Projects.co.id , namun sebenarnya terutama hal ini kami lakukan untuk melindungi user.

    Ketika project owner/buyer melakukan transaksi di luar sistem dengan worker/freelancer/seller, projects.co.id menjadi tidak berguna. Tidak berguna karena tidak dapat melindungi kedua belah pihak. Tidak berguna karena tidak lagi dapat menjadi wasit ketika terjadi konflik saat pengerjaan project (dan percayalah, baik dalam "kehidupan nyata" (offline) maupun online, transaksi jasa/project sangat rawan dan sangat umum terdapat konflik yang menyebabkan kerugian uang dan/atau waktu salah satu pihak atau bahkan kerugian pada kedua belah pihak).

    Lagipula jika ingin melakukan transaksi di luar sistem, project owner tidak sulit menemukan worker/freelancer di forum-forum internet. Worker/freelancer juga dapat menemukan project owner di tempat yang sama, tidak perlu menggunakan Projects.co.id :)

    Project owner dan/atau freelancer yang menyadari manfaat Projects.co.id tidak akan pernah mau melakukan transaksi di luar sistem. Selain tidak terlindungi, mengerjakan di luar sistem juga berarti kehilangan kesempatan untuk mendapatkan rating yang merupakan investasi penting untuk mendapatkan project-project berikutnya.

    Bukan cerita baru lagi bagi para project owner yang melakukan transaksi di luar sistem, bahwa setelah membayar worker, projectnya tidak diselesaikan dengan baik. Juga bukan cerita baru lagi worker yang mengerjakan project tanpa dibayar dengan nilai yang dijanjikan diawal dan/atau pekerjaan yang terus bertambah tanpa jelas kapan selesainya project tersebut.

    Silahkan reply thread ini untuk diskusi lebih lanjut mengenai hal ini ya :)

  4. @Admin 1 Trims min konfirmasinya. Saya sebagai worker setuju dengan boss @appzone tidak menjadi masalah melakukan chat diluar fasilitas projects.co.id seperti melalui notel, sebab hal ini sering kita lakukan. apalagi sistem chat projects.coid juga belum mendukung aplikasi mobile secara baik.
    Saya mengakuia saya sering kok berhubungan dengan pihak owner menggunakan SMS/WA/BBM dan itu membuat saya lebih dekat dengan owner.

    Terimakasih

  5. Admin4

    21 Oct 2015 Administrator

    Ok thanks ya buat rekan rekan yang sudah menyampaikan pendapat, ide/gagasan, maupun kritik dan sarannya.
    Kenapa kami melarang user untuk menampilkan contact pribadi melalui Profile atau pada deskripsi project maupun product.... ini tidak lain adalah upaya kami untuk melindungi privasi user yang bersangkutan, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.
    Adapun user meminta atau memberikan kontak pribadi melalui Chat atau Thread itu tidak kami larang, karena informasi tersebut sifatnya sudah ditujukan untuk user tertentu yang memiliki hubungan bisnis.
    Kami sadar bahwa contact pribadi tsb (WA, BBM, email, No.HP, dll) itu akan sangat mempermudah komunikasi juga akan mempermudah proses kerjasama yang terjadi. Tapi ingat kemudahan tersebut jangan sampai melalaikan Anda untuk melindungi kepentingan Anda (Anda sebagai owner maupun worker), karena jika terjadi permasalahan (arbitrase) dalam project Anda, tim Arbitrator Projects.co.id hanya akan menggunakan dokumen dan data yang terdapat di dalam Chat dan Thread di Projects.co.id.
    Jadi apa yang seharusnya Anda lakukan? kami yakin rekan-rekan semua sudah mempunyai jawabannya :)

  6. Kalau saya sih melihat tidak adanya larangan kepada owner maupun worker untuk saling berinteraksi sebagai nilai plus atau keunggulan projects.co.id dari perusahaan lainnya. Soal deal di luar jalur, itu kembali kepada pribadi masing-masing. Yang jelas, kalau bagi saya sih hal itu sangat kecil kemungkinannya karena saya bergabung ke projects.co.id justru karena saya membutuhkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi jasa secara online.

  7. Kalau secara pribadi, saya juga merasa membutuhkan kontak pribadi selain melalu chat/thread yang disediakan oleh projects karena sistem masih blom sempurna, masih susah dibuka ataupun untuk upload file besar.

    Kesalahan yang pasti apabila job yang sudah di lelang di projects tapi melakukan transakasi di luar projects.

    Untuk itu, ada baiknya melakukan transaksi di dalam projects dan menjadikan kita aman apabila ada sengketa dan pihak projects akan bertindak sebagai "wasit" <------ Ini saya tidak pasti setuju

    Sebisa mungkin jangan ada perselisihan dengan kedua belah pihak. apabila ada pun, sebaiknya diselesaikan dengan baik dan mengambil jalan tengah untuk menguntungkan kedua belah pihak, karena berdasarkan pengalaman pribadi melakukan arbitase, keputusan arbitase bisa seperti "wasit bola" memberi keputusan tapi sebetulnya tidak mengerti "aturan main bola" jadi jangan mengharapkan lebih deh....

to reply!