Edited 3 years ago by Trisnoy

Maaf apabila saya terlalu LANTANG berbicara disini.....
Ini adalah masukan dan saran untuk memperbaiki diri masing-masing, Owner, Worker maupun Projects selaku media yang harus bertindak adil karena menaungi kedua belah pihak.

Disini saya berbicara sebagai Worker ya...

Pertama-tama mungkin kita masih banyak yang belum tahu arti kata dari Arbitrase.
Secara Etimologi dari wikipedia,
Arbitrase (bahasa Inggris;"arbitrage") adalah berasal dari bahasa Perancis dan merujuk pada suatu putusan yang dibuat oleh seorang arbiter dalam suatu peradilan arbitrase atau arbitration tribunal. Pada Perancis modern, kata "arbitre" ini biasanya bermakna sebagai wasit. Penggunaan kata "arbitrase" sebagaimana yang dimaksud dalam artikel ini, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1704 oleh "Mathieu de la Porte" dalam bukunya yang berjudul "La science des négocians et teneurs de livres" sebagai suatu perhitungan atas perbedaan nilai tukar guna mengenali suatu tempat yang paling menguntungkan untuk melakukan penerbitan dan penyelesaian transaksi penukaran uang

Menurut Klausul dalam Aturan main bahwa:

Worker:
Membatalkan project ketika owner sudah menyelesaikan pembayaran biaya project atau pada saat pekerjaan berjalan, hanya dapat dilakukan melalui jalur arbitrase.

Singkat cerita, saya ingin membatalkan project yang sedang berjalan dengan melakukan arbitrase.

Adapun projects yang dipermasalahkan adalah :

Desain Lego
Rubah menghadap kedepan dan posisi badan dalam kedaan berdiri , hasil jadi 2D dalam format corel
CorelDRAW
Project Class: Micro (Under 500rb)
Published Date: 04/11/2015 08:12:33 WIB
Published Budget: Rp 100,000
Finish Days: 7
Project Status: Closed
Bid Count: 8
Select Deadline: 04/12/2015 08:12:33 WIB
Need Weekly Report:
Start Date: 04/11/2015 17:54:10 WIB
Finish Deadline: 11/11/2015 17:54:10 WIB
Finish Date:
Closed Date:
Accepted Worker: Trisnoy
Accepted Budget: Rp 100,000
Progress: 85%

File gambar : terlampir

Screen shot Chat Thread
-image-

Jika Image tidak terbuka bisa donlot disini
Percakapan berlanjut via BB, saya kemudian diberikan referensi lain dan minta pelindung lutut dirubah, tak lama kemudian minta masker dan pelindung dada dibuat mirip seperti lego EOD ( disuruh lihat di google --- > makin pusing)

Kemudian saya tanyakan kembali, apabila ini semua dibuat, akan merubah gambar asli yang pertama. (karena job awal adalah merubah tampak samping menjadi tampak depan) dan apakah ingin seperti desain yang pernah dibuat? karena jenis bayangannya berbeda dengan gambar asli. ini juga dibaca tapi tidak dijawab....
akhirnya saya menanyakan lagi sebetulnya seperti apakah yang diinginkan?
Dijawab juga.... Ikuti saja referensi yang saya berikan. ( Makin pusing....)
karena makin pusing, maka saya sampaikan bahwa ini sudah melewati job awal, dan saya sebetulnya mau mengikuti tapi bukan suatu keharusan, dan apabila keberatan dengan itu, saya akan membatalkan project saja. Owner setuju.

Karena tidak adanya kesepakatan dgn pihak owner, saya memutuskan tidak melanjutkan project dgn alasan karena Job sudah tidak sesuai dengan job awal yaitu : "Rubah menghadap kedepan dan posisi badan dalam kedaan berdiri , hasil jadi 2D dalam format corel"

Setelah melewati waktu pemanggilan sebanyak 3x ( total 1 minggu setelah arbitrase ) terhadap pihak Owner untuk negosiasi / membantah keberatan , dan tidak pernah ditanggapi oleh beliau . akhirnya keputusan diambil alih oleh pihak projects dalam hal ini adalah Tim Arbitrase.

hasil keputusan tersebut adalah :

-image-

Jika Image tidak terbuka bisa donlot disini
Sungguh mengejutkan!

Saya tidak mempermasalahkan Fee yang dikembalikan kepada Owner, yang mengejutkan adalah reputasi saya yang dalam hal ini diberikan reputasi point lebih rendah dari pihak Owner. Sehingga memberikan kesan bahwa saya sebagai pihak worker yang bersalah..... (ampun... )

Saya ajukan keberatan dengan diberi petunjuk oleh pihak admin chat realtime untuk email ke alamat [email protected]
Debat Argument via email pun terjadi, point terakhir dari balasan Email adalah menekankan bahwa ini merupakan pelajaran bagi saya sebagai worker untuk jangan sembarang mengajukan arbitrase karena TIM hanya akan melihat data/fakta yang tersimpan dalam sistem mereka. jadi mereka mengabaikan data/ fakta diluar itu ( BB/ Email dsb)