Penulis Adalah Kuli

  1. 7 years ago

    JANGAN MENJADI PENULIS KULI. TAPI JADILAH PENULIS KREATIF; YANG BERBOBOT DAN BERISI.
    Kira-kira demikianlah yang ada di pikiran saya, ketika ada "inspirasi" (new project by email) tentang kebutuhan karya tulis. dengan dihargai dengan harga KULI. Artinya karya tulis kita dianggap murahan ("bukan kemurahan","bukan murah banget".
    Jadi tolong untuk para Owner, hargai penulis dengan harga yang setimpal sesuai keinginan anda : No copas, No copy satu kalimat pun, dan beres sepersekian hari bla..bla...
    Penulis adalah jasa kreatif yang patut dihargai dengan "benar". Karena penulis bermain dengan ide, bukan otot (kuli). Ide yang lahir bisa menjadi amunis, senjata dan inspirasi bagi setiap orang yang membacanya. Hasilnya pun karya penulis hanya berlaku sampai nominal, setelah itu hak cipta tetap menjadi pemilik (owner).
    Penulis ada dilematis, penuh pikiran, hingga bagaimana tulisan itu menjadi tajam dan enak dibaca. Hasilnya Anda (Owner) juga yang menikmati.

    Jadi tolong FLASHBACK bagaimana PENULIS mendapat ide dan menjadi karya yang bagus di mata Owner dengan susah payahnya. Dan pikir-pikir dengan benar dalam menentukan harga; pantas gak pantas, harus disesuaikan dengan keinginan Worker juga, toh

  2. 6 years ago

    Sepemikiran Mas @JALUPERKASA, jujur aja kadang saya juga gimanaa gitu pas liat orang minta tema ruwet, jumlah kata banyak, dikit2 ngancam arbitrase tapi gak mau bayar harga dengan alasan belum liat hasil kerja (padahal hasil kerja bisa keliatan di portofolio masing2 worker).

    Masi mending kalo nawarnya gak jauh2 dari harga yang kita kasik, saya pernah nemu yang "open to suggestions" dan saya beri harga 750rb malah ditawar 120rb :'(

  3. saya juga setuju dengan ini. saya biasanya menulis artikel untuk beberapa majalan bisa dapat 250k minimal. tetapi disini diminta 10 artikel dengan 900 kata paling yang keterima bidnya yang menawarkan 100k. apa tidak capek ya?

  4. Saya pernah menulis artikel bahasa inggris pake kata-kata sendiri. Sebelum nulis saya research2 di google. Eh abis submitted artikel saya dibilang copas, ada yg punya tips ga??

  5. kok pada ngeluh, sebenarnya para owner akan melihat hasil karya dulu baru menilai, kalau baru pertama hasilnya belum tahu gimana mau ngasih harga tinggi,,kadang dikasih harga tinggi kerjanya asal-asalan,,jadi simalakama juga, semua akan ada penyaringan secara alami, ada bukti ada hasil, semoga tetap pada semangat!

  6. Saya newbie dan setuju dengan pendapat Jalur Perkasa. Meskipun newbie tapi sudah mendapat pengalaman tidak nyaman dari owner saat bidding.

    Menurut pendapat saya ialah kualitas dan pengalaman menetukan harga.
    Ada juga owner asing yang memberikan evaluasi tentang profile worker dengan kritikan dan penilaian kasar kepada worker hanya karena worker memberikan penawaran yang lebih tinggi dibandingkan harga yang di posting oleh owner. Padahal saat memberikan penawaran harga, worker juga sudah mempertimbangkan kendala pekerjaan. Selain itu hasil pemikiran atau sharing knowledge yang diberikan oleh worker akan digunakan lagi oleh owner untuk tujuan komersil.

    Sebaiknya owner dan worker dapat memberikan win-win solution agar kedua belah pihak saling menguntungkan.

  7. Aminnn, semoga project owner dan worker dapat memberikan win-win solution agar kedua belah pihak saling menguntungkan.

  8. 2 years ago

    bsk akhir desember pendaftaran terakhir di hire jadi content creative mau pada ngikut kaga?
    Hayo.... japri.

  9. meski sudah curhat seperti itu, tetap saja akan berlanjut,
    karena para worker romusha udah ngerasa nyaman dengan penjajahan dari para owner yang ga ngotak

    yah mungkin faktor pendorongnya adalah sulitnya mencari pekerjaan, daripada ga ada pemasukan sma sekali, dll

  10. Deleted 2 years ago by Admin4
  11. last year

    Seperti inilah sebenarnya prinsip jual-beli pada umumnya. Pembeli ingin mencari harga murah kualitas bagus. Penjualnya ingin barang dagangannya terjual dengan harga tinggi. Asalkan keduanya sepakat dengan harga yang ditawarkan, ya gak masalah bukan?

  12. 11 months ago

    Perlu ada pihak ketiga yang mengontrol standarisasi harga untuk penulisan. Apabila ingin hasil tulisan yang berkualitas. Yang terjadi sekarang, harga anjlok, freelancer menjamur, kualitas tidak meyakinkan cenderung buruk. Hal ini akan berdampak pada turunnya kepercayaan klien yang sejak awal membutuhkan tulisan berkualitas dengan tetap menghargai penulis dengan harga yang sepadan.

  13. Halo, saya baru saja masuk di dunia freelancing, apakah ada saran situs atau tempat terbaik sebagai pemula dan di bidang penulisan?

  14. 10 months ago
    Edited 10 months ago by charli55

    Ini sebenarnya adalah prinsip jual beli secara umum. Pembeli ingin mencari kualitas yang baik dengan harga murah. Penjual ingin academia downloader dagangannya laku dengan harga tinggi. Selama keduanya setuju dengan harga yang ditawarkan, tidak apa-apa, bukan?

  15. ya ngga begitu juga. Pihak Project sendiri memberikan Disclaimer: "Dilarang menawarkan harga yang sangat rendah hingga di level yang tidak umum sehingga merusak ekosistem kerja freelance secara umum."

    Cuma masalahnya tidak ada nominal minimum yang ditetapkan oleh pihak Project.

to reply!