FarahR88

Member

Last active 2 years ago

  1. 2 years ago
    Mon Jul 26 08:10:22 2021

    Hi, saya ingin memberikan saran sebagai worker agar pekerjaan yang dilakukan sesuai bayaran yang kita terima:

    1. Sebelum membid projek, usahakan mengerti dengan workload yang akan dikerjakan, kalau tidak paham atau owner tidak jelas dalam memberikan arahan pekerjaan, jangan sungkan untuk bertanya hingga jelas gambarannya seperti apa.
    2. Setelah membid, usahakan menjelaskan pekerjaan yang dapat kita lakukan untuk projek ini agar owner lebih percaya dan jangan sungkan untuk membid dengan harga tinggi kalau dirasa pekerjaan itu memang memerlukan skill dan waktu yang banyak.
    3. Ketika berdiskusi dengan owner, sebelum owner mengaccept kita, jangan sungkan untuk menentukan workload pekerjaan kita dan jelaskan dengan harga yang kita bid, maka pengerjaan dan beban kerja akan selesai dalam berapa hari dan poin2 nya secara jelas. Jika owner setuju maka bisa di proses selanjutnya dengan projects (acceptance, payment, dsb)
    4. Ingatkan kembali owner dengan workload yang telah disepakati sebelumnya jika owner atau worker berimprovisasi sehingga project scope melebar.
    5. Jangan putus komunikasi dengan owner walaupun hanya memberitahukan progress 10% (kalau kita berhalangan untuk menyelesaikan projek karena suatu dan lain hal juga beritahukan ke owner).
    6. Usahakan semua komunikasi tentang workload dan progress kita dilakukan di platform ini untuk memudahkan tim arbitrase (kalau jalur komunikasi tidak berhasil) dalam memproses evidences yang diperlukan.

    Yuk bersifat professional dalam membangun karir freelance.. :)