Trisnoy

Member

Last active 6 weeks ago

  1. 7 months ago
    Thu Dec 20 14:36:55 2018

    Hehehe... lama tak berdiskusi dengan tim @Admin4 nih....
    Ok gan, mudah2an ini semua menjadi pembelajaran bagi kita semua dalam hal tim arbitrase mengambil keputusan, sehingga kita lebih tahu harus bertindak apa jika kelak ada masalah yang sama di kemudian hari.

    Sukses terus ya buat projects.co.id

  2. Wed Dec 19 04:57:13 2018

    saya pernah mengalami kondisi seperti bro @valuemedia.
    Kalau mau di lihat2 mungkin masih ada pada diskusi2 paling bawah.

    Awalnya saya mengerjakan pekerjaan yang diminta oleh owner, tapi ada satu titik di mana Owner meminta pekerjaan lebih dari yang dijabarkan pada deskripsi pekerjaan, dan saya memutuskan untuk tidak melanjutkan dan melakukan arbitrase (karena tidak sesuai dengan nilai pekerjaan)

    setelah arbitrase, tim mengembalika semua uang kepada Owner, ( saya tidak masalah). Tapi point yang saya dapat, malah lebih kecil dibandingkan point yang diberikan kepada Owner, dengan alasan, saya tidak mengerjakan secara tuntas pekerjaan itu. ( Kalau saya bersedia mengerjakan tuntas mah, saya engga usah melakukan arbitrase bos.... haduh)

    Ya sudah, namanya juga keputusan sepihak dan tidak di dukung dengan tim yang benar2 ahli dan mengerti. ya... terima sajalah.... itu namanya nasibbbb..... hahaha

  3. Wed Dec 19 04:37:24 2018

    Saya sdh bergabung di projects sejak 2016, dan kebetulan berkecimpung di bidang desain grafis.

    Kok, saya melihat, hampir banyak last projects dengan nilai 50rb-150rb. padahal mungkin perkerjaan tidak cukup 1 hari.

    khususnya desain grafis, makin nga masuk akal nilainya... Wkwkwk

  4. 3 years ago
    Tue Apr 26 09:25:09 2016

    setuju sama admin!

  5. Sat Jan 30 16:56:51 2016

    Setuju sama meityrose

  6. Sun Dec 20 02:20:58 2015

    - Untuk kasus yang mengabaikan panggilan/jawaban, ditambahkan kedalam klausul sengketa yaitu sifatnya "wajib" jadi sudah jelas arahnya apabila kewajibannya tidak dipenuhi.

    Ini maksudnya adalah....
    Selama ini keputusan arbitrase kadang menghasilkan keputusan yang dapat mengembalikan semua deposit Owner apabila memang pihak projects merasa perlu dikembalikan.
    Hal ini dapat membuat pihak projects.co.id seakan-akan nanti tidak netral dalam mengambil keputusan.
    Dalam kasus saya (pihak worker merasa lebih dirugikan dibandingkan pihak Owner), dan Pihak projects bisa menjadikan alasan bahwa sebetulnya sudah adil dan tidak berpihak karena salah satu keputusannya adalah mengembalikan semua deposit kepada Owner. ( Yang artinya pihak projects.co.id tidak mendapatkan fee karena tidak ada pemotongan dan dikembalikan secara utuh)

    Alasan ini sebetulnya tidak harus ada.....
    Oleh sebab itu, sebaiknya bertindak "netral" yang dimaksud adalah, Untuk masalah Fee, apabila melalui proses arbitrase dan bila ada keputusan pengembalian deposit atau pun tidak, secara "netral" akan tetap di potong Fee untuk Projects.co.id terlebih dahulu.

    Rgds
    Trisno janto

  7. Fri Dec 4 21:29:03 2015

    Dear Bapak Admin 5...
    Sebelumnya salam kenal ya pak, saya tidak tahu nama bapak tapi saya sering dapat tanggapan dari bapak.... hehehe

    Kelebihan di projects.co.id[/b] ya ini....
    Selalu mau berkomunikasi dengan Owner atau worker untuk sekedar curhat, sharing ataupun komplain. Jadi rasa kebersamaan makin erat...

    Maaf kalau saya menyampaikan pendapat terlalu "pedas" dalam memberikan pandangan saya.
    Itu semata-mata karena saya senang menjadi bagian dari projects.co.id walaupun hanya sebatas worker yang belum banyak memberikan kontribusi di sini....

    Saya juga tahu persis, bagaiman rekan2 admin dan jajaran dalam projects.co.id bekerja sepenuh hati dan sangat bertanggung jawab, karena saya mengikuti semua perkembangan dan permasalahan yang kadang di sharing oleh projects.co.id , karena itu saya merasa ikut menjadi bagian dari keluarga besar ini. Jadi saya akan bangga juga jika Projects.co.id menjadi bisnis yang besar di kemudian hari.

    Saya paham dengan penjelasan Bpk. Admin 5, tapi saya hanya mengingatkan saja agar tidak bablas...

    Oiya sekedar tambahan info mengenai kasus project serupa yang dipublish di platform freelancing lain, saya tambahkan bahwa disana tidak ada harga minimal juga.. (saya sudah cek sebelumnya).
    Makanya agak susah juga jika menghendaki pihak Projects.co.id membantu menentukan harga "jasa" karena tiap personal beda2....

    Saya tidak paham mengenai masalah development web dsb, tapi yang saya tau untuk membangun web memang dibutuhkan biaya2 lain selain biaya "jasa" jadi memungkinkan saja apabila budget yang disetujui lebih besar dari yang dipublish karena Owner sebelumnya tidak paham.
    Untuk kondisi perubahan harga yang signifikan spt itu, jarang sekali terjadi untuk jasa desain baru (bukan edit), tergantung nego dgn pihak Owner, dan terserah kita worker mau menerima atau tidak. Karena otak seorang desainer susah di setel untuk mengikuti fee yang didapatkan. jadi tidak bisa "Kalau murah, dibuat asal2an, kalau mahal baru dibagusin... " pasti akan sama ajah hasilnya sesuai kemampuan.

    Strategi jangka pendek saya pun di sini sebagai worker pemula di projects.co.id adalah mendapatkan reputasi dahulu, walaupun fee yang saya terima diluar dari standar saya. Karena Reputasi sangat berharga jika bekerja online. saya bersyukur walau baru 5 job yang diselesaikan disini dan semua Owner memberikan feedback reputasi yang bagus, karena saya harus menjaga image yang baik sebagai pekerja di projects.co.id. Dan hanya dari projects.co.id yang memberikan reputasi yang "agak mengecewakan" karena kasus arbitrase. hehehe

    Saya bukan termasuk paling awal join di projects.co.id , saya bergabung setelah 3-4 bulan projects.co.id launching dan sampai sekarang masih rajin online disini, (meskipun jarang menemui job yang pas tapi saya yakin projects.co.id akan menjadi besar), Jadi setidaknya saya tahu persis perkembangan Owner dalam menentukan budget khususnya di bidang saya.
    Misalnya dulu masih ada Owner yang memberikan budget standar untuk jasa bikin logo, berkisar 250rb keatas, sekarang apabila mau di perhatikan, memang masih ada Owner yang memberikan budget standar atau cukup besar, tapi setelah itu bisa ditebak, biasanya projects nya batal/no respone. Lebih banyak Owner yang memberikan budget jasa desain logo sebesar 100rb dan yang akhirnya deal biasanya project2 yang budget spt itu dan kalau boleh meminjam istilah bro ayi.tito ... banyak desainer yang "memprostitusikan profesinya" jika ingin mendapatkan job.

    Saya juga setuju dengan bro hadisuwantoro bahwa nanti ada "seleksi alam" dimana Worker akan lebih memilih jika sudah makin banyak projects yang dipublish. Tapi project mana yang akan dipilih jika nanti yang terjadi bahwa project yang di publish kebanyakan projects dengan budget kecil semua...
    Dan itu bisa terjadi karena image yang terbentuk....

    Bagaimana caranya agar lebih selektif memilih owner dan worker yang serius atau hanya untuk "iseng2 ajah berhadiah", mungkin ke depannya bisa dengan protect double IP sehingga tidak mudah membuat ID, membekukan fungsi owner/Worker jika sudah pernah melakukan pembatalan beberapa kali, membuatkan fitur kontes khusus jasa desain yang mengharuskan menyertai sample desain dsb... saya rasa Tim projects.co.id lebih banyak pengalaman dan lebih ahli dalam hal itu.

    maksud saya spt itu pak... sekedar masukkan ajah ya... bukan komplainan :)

  8. Fri Dec 4 09:15:00 2015

    Masalah ini kayaknya udah sering dicurhatin sama para worker...

    mungkin target jangka pendek projects.co.id ingin mempermudah para owner membuat projects sambil membangun image bahwa disini tempat ngumpulnya worker2 "murah" tapi berkwalitas, karena meskipun budget kadang "melecehkan" suatu profesi tapi peminat worker disini masih banyak.

    Kalau Owner beruntung, mrk bisa mendapatkan worker berkwalitas. Kalau tidak..... yah resiko.
    Bukan hanya resiko Owner, tapi resiko projects.co.id juga karena image akan menjadi tempat ngumpul worker2 murah yang "iseng" bukan karena profesionalisme di bidangnya.

    Merupakan PR ya buat projects.co.id. ..... hehehe

    Sebagai contoh, ada Owner yang open project di sini 500rb, tapi open project di startup lain, dengan budget 1,5 jt. dengan description project yang sama 100%. Dan kita tidak bisa menyalahkan Owner tersebut, tapi mungkin kita bisa berpikir, mengapa Owner melakukan hal itu.....

    tetap semangat!

  9. Sat Nov 21 08:27:00 2015

    Saya suka sekali dengan tanggapan yang positif seperti ini, bahwa kesalahan mungkin saja terjadi karena keterbatasan masing-masing yang masih kita miliki....

    Dalam kasus saya, yang mengembalikan deposit ke pada owner adalah keputusan yang bijaksana yang tidak harus merugikan pihak owner, karena hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan apa yang ia kehendaki ( diluar ekspetasi diskripsi job menurut worker).
    Daripada saya bersikeras mengerjakan sesuai dengan job deskripsi yang di publish dan akhirnya malah menuntut untuk mendapatkan fee penuh... sedangkan owner merasa belum terpenuhi kemauannya karena beda pendapat. Karena itu, saya tadinya berharap bisa di bantu menyelesaikan di awal tanpa merugikan kedua belah pihak. tapi niat baik ini malah merugikan reputasi saya, karena keputusan arbitrase dalam hal point yang sangat rendah sekali dibandingkan point kepada Owner yang jelas2 tidak ada respon sama sekali.
    Ini saya harus suarakan karena point merupakan bagian penting dari nilai kinerja khususnya saya sebagai worker.

    Arbitrase itu bukannya langkah musyawarah ya om? mencari kesepakatan melalui pihak yang netral agar adil seadil-adilnya bagi kedua belah pihak yang sengketa perdata.... makanya butuh komunikasi juga melalui jawaban2 yang dituduhkan atau yang disengketakan..... Kalau salah satu pihak tidak merespon sengketa, harusnya sudah bisa ditebak hasilnya akan spt apa....

    Belajar dari kasus ini, ada beberapa masukkan yang sempat terpikir :
    - karena project yang di deskripsikan kadang tidak jelas atau belum tentu sama dengan pihak Owner, mungkin sebaiknya di kolom bid, di tambahkan 1 option/ kolom isian, yang Worker menjelaskan apa saja yang menjadi tugas2nya untuk project yang di bid....

    - Untuk kasus yang mengabaikan panggilan/jawaban, ditambahkan kedalam klausul sengketa yaitu sifatnya "wajib" jadi sudah jelas arahnya apabila kewajibannya tidak dipenuhi.

    - Tim Arbitrase sebagai pihak yang netral harus benar2 memperhatikan ke"netral"an nya.
    Jadi, jika Owner/Worker harus menempuh jalur tengah, keputusan apapun itu mengenai deposit yang dikembalikan ke owner atau dibayarkan kepada worker, Fee akan tetap dipotong sebagai kompensasi.
    Jadi akan cukup adil / netral dalam mengambil keputusan ....
    Dan di kemudian hari tidak ada prasangka dan tuduhan negatif, jika keputusan arbitrase berpihak ke worker karena ingin mendapatkan Fee.

    Salam

  10. Fri Nov 20 06:22:57 2015

    Sebaiknya komunikasi menggunakan fasilitas yang tersedia disini, meskipun akhirnya kalau menggandalkan fasilitas disini, sudah pasti worker yang akan keteteran jika ownernya jarang online.... susah komunikasinya, tau2 sudah deadline krn owner online disini pas deadline... wkwkwk

    Kalau sudah gitu, ambil jalur arbitrase.... Dan Tim Arbitrase menggunakan data yang ada di sistim. Semua arahan sudah tertulis di deskripsi project, jadi owner pasti benar. Meskipun projects.co.id sebagai penyedia perantara berbagai jenis jasa pekerjaan, belum tentu Tim mengerahui secara pasti sifat pekerjaannya... jadi untung2an ajah hasil keputusannya... cuma bisa berdoa. amin

View more