mastero

Member

Last active 6 months ago

  1. 6 months ago
    Thu Oct 26 10:30:37 2023
    mastero posted in Ciri Ciri Projek Prank!.

    @kielsalva Akhir² ini saya pantau di web projects banyak user spam kirim projek, sampai nongol di forum komunitas ini jg. Sptnya admin projects butuh extra kopi utk mantau konten web mrk.

  2. Thu Oct 26 10:24:55 2023
    mastero posted in Penipu di projects.co.id.

    @bintanghrp8 Kalo dr pengalaman saya ini jg tergantung jenis projek yg dkerjakan. Tp biasanya owner gtu cenderung akal"an. Saya di web development klo owner 'maksa' gtu, saya minta dulu DP 40% dng perjanjian di awal hanya mengerjakan sesuai job desc, pekerjaan selesai, transfer sisanya baru saya beri kendali administrasi websitenya. Klo batal di tengah project oleh klien, maka project TDK saya berikan ke klien, 40% sudah saya kantongi. Beda semisal anda dpt projeknya berbentuk digital yg mudah disalin atau dicopy spt logo, artikel dsb mending NO jika transaksi diluar web freelance.

  3. Sun Oct 22 01:13:26 2023
    mastero started the conversation Ciri Ciri Projek Prank!.

    Saya ingin berbagi pengalaman, semoga berguna untuk siapapun yang membaca ini.

    Begini, saya sudah cukup lama bergabung di beberapa web freelancer, tp khusus di projects co id ini baru pertama kali.

    Dari sekian kali nge-bid, kirim proposal project sampai bikin demo, saya mendapati pengalaman namanya kena prank project owner. Tujuan saya sharing ini bukan untuk memojokkan setiap project owner ya, tapi ini lebih ke fakta memang ADA project owner yang dari awal niatnya ga serius ngasih job.

    Apa saja ciri-ciri owner tukang nge-prank ini?

    1. Biasanya ngasih job simpel tapi budget gede.
    Contoh: Saya butuh dibuatin landing page blablabla. Lalu anda cek tuh, budgetnya pasang harga berapa, biasanya sih diluar kewajaran harga pasaran lah, misal pasang harga 3-8 juta, ini jelas ga wajar. Biasanya pasang range harga gede untuk mendapatkan atensi saja. Pasti project gnian yang minat nge-bid berlimpah ruah!

    2. Biasanya nambahin link domain baru.
    Seringkali saya temukan, bid prank gtuan masih berhubungan dengan point 1, biasanya nambahin link new registered domain alias domain muda. Klopun gak gtu, biasanya ngasih sampel url yang sebenarnya webnya itu terbilang mudah dan sederhana dan ga mungkin masuk hitungan range harga yang ditawarkan. Pernah saya temukan beberapa kali begini, akhirnya krn kesal, saya lacak dan ketahuan yg ngebid ini justru pemilik website domain muda itu cuma untuk nge-prank dan nambahin real visitor ke webnya!

    3. Biasanya, jarang login!
    Setelah poin 1 dan 2, yang paling sering ini disusul sikap jarang login! Jadi jangan harap owner gnian bakal baca penawaran yang ngebid atau yang sent proposal. Di web luar, dimana saya gabung, mau apply project itu keluar duit dulu dlm bentuk token (mudahnya disebut token aja). Nah itupun belum tentu proposal dibuka oleh owner, darimana saya tau? karena di web itu ada data analitiknya utk user jika proposal dibuka dsb.

    4. Ga punya etika komunikasi!
    Owner nge-prank ada yang ga bisa jelasin antara kerjaan pada job desc dng bgmn ia berkomunikasi, ini membuat freelancer kesulitan "MAUNYA APA SIH INI ORANG". Jadi ada yang minta dibuatin atau ngerjain something diluar job desc, klo nolak, ntar masuk arbitrase atau kasih poin jelek pas selesai, ada yg sengaja lama-lamain bales respon freelancer sampe berjam jam. Ada juga yang tipu-tipu dengan minta data pribadi sampe mintain freelancer deposit bayar dulu ke owner ini dengan modus"nya supaya freelancer dapat duit dari project yang dipostingnya, klo ga ya masuk arbitrase dan segala macam modusnya.

    Ok itu aja dulu, saya dah ngantuk. Yg ada pengalaman lain, silahkan bantu up.

  4. Thu Oct 19 07:48:35 2023

    Aturan di projects co id menurut saya SUDAH SAATNYA DIRUBAH!

    1. Jangka waktu 30 hari utk menentukan sikap memilih freelancer itu jaman now sudah TERLALU LAMA! owner yg serius butuh 'bantuan' dia ga akan buang waktu. Katakanlah 1 hari dia ada waktu luang 4 jam, apa susahnya baca penawaran freelancer yg ga akan panjang lebar amat, 1 jam bisa dipakai baca 5-10 bid freelancer pasti bisa! Faktanya 1 project aja bisa di bid puluhan hanya dalam waktu kurang dari 1 jam saja, tapi owner bisa ga login berhari-hari setelah posting gimana freelancer mau percaya ke owner ginian? Jelas owner ini masuk kategori ga serius need help atau emang dia cari solusi lain diluar projects co id karena jangka waktu memutuskan itu lama 30 hari ini memberikan peluang owner buang postingan penawaran atau ga anggap serius penawarannya. Saya rasa jangka waktu 7-10 hari paska posting job sdh cukup!

    2. Setiap posting job wajib deposit! Supaya freelancer paham ini owner jg siap rugi, ga sekedar merugikan waktu freelancer yg sudah nge-bid apalagi buat demo project cepat utk dilihat owner di deskripsi bid-nya! Disini jg memberikan kepastian utk projects co id bahwa ini win-win solution, owner deposit dan siap dipotong fee by projects co id bila owner batal by sistem atau by request. Tanpa sistem deposit owner bisa bebas spam, ini ga lucu banget krn semingguan lalu dalam tempo 2 hari sudah 5 jobs cancel by system' saya terima d email, yg bikin kesal lagi itu job diposting user status freelancer jg, dan salah 1 nya saya lacak dia posting cuma ambil job offer dr web freelancer luar negeri.

    3. Kasih penalti cut fee deposit apabila owner tidak login minimal 1x setiap hari dan meluangkan waktu minimal 15 menit login utk baca bid freelancer. Di web luar ada sistem analisis proposal ya jadi saya beli token apply job dlm USD jg ga sia² saat apply job krn dpt data fair jg. Dng sistem ini, owner seriuslah yg akan posting job, otomatis branding projects co id sbg media penyedia jasa jg naik dan kepercayaan jg membaik utk menggunakan layanan disini.

    Pertimbangkanlah ya!

  5. Thu Oct 19 07:16:56 2023
    mastero posted in saran untuk admin.

    Saran utk projects co id. Bagian penilaian setelah project dinyatakan selesai akan lebih adil jika penilaian dibagi bbrp kategori yg sama bagi kedua belah pihak Project owner dan Freelancer. Contoh kategorinya:

    1. Penilaian hasil pekerjaan.
    2. Penilaian komunikasi.

    Dan lebih adil bagian penilaian tidak ditutup otomatis oleh sistem dlm wkt sangat singkat, poin penilaian bisa masuk bagian PENDING REVIEW ATAU POIN saja.

    Saya kebetulan tdk sempat memberi review balik ke owner project,dimana ia memberikan penilaian tidak fair kepada saya, pdhl secara job desc saya sdh melakukan penyelesaian. Namun owner yg lambat merespon komunikasi hingga berjam-jam lamanya membuat project lambat diberikan keputusan by owner shg sbg freelancer saya hrs membuat keputusan terbaik demi kelangsungan penyelesaian project. Saya dirugikan oleh lemotnya owner bisa lebih dari 10 jam balas pesan saya sampai hal sederhana pun tdk memberikan keputusan yg pasti utk projects nya.

  6. 7 months ago
    Mon Sep 4 14:06:05 2023

    @rismayani49 Menurut saya itu msh wajar, saya mengarahkan chat di telegram krn bisa add cuma dr username ga perlu no hp krn alasan privasi. Ga mau di telegram ya chat di projects co id. G mau 22nya ya udah ga usah diladeni berarti itu project owner ribet.

  7. Mon Sep 4 13:58:59 2023

    Utk laporan progress pekerjaan sebaiknya worker diberikan fitur misal upload screenshot perkembangan atau short video. Jadi ada pembanding antara projects milik owner di awal sblm dikerjakan dan setelah atau masa proses pengerjaan. Saya kmren dpt project memang ga butuh progress report tp saya insiatif aja kasih report cuma bisa kasih perkembangan brp persen aja!?

  8. Mon Sep 4 13:55:59 2023
    mastero posted in Penipu di projects.co.id.

    @Rahmi36 itu ga wajar ya, itu bisa ditolak Krn skrg ada aturan perlindungan data pribadi. Saya mentok cuma kasih kontak telegram bisnis aja ga lebih.

  9. Mon Sep 4 13:54:36 2023

    Bbrp hr lalu saya bid project diatas harga maksimal yg ditawarkan projects owner tp sistem tidak mengijinkan proses tsb - via app projects. Bahkan jujur aja ini bbrp projects owner menawarkan job terlalu rendah semisal pembuatan website kok cuma 400rb ini bener² merendahkan jasa IT yg sdh profesional bukan sekedar copy paste theme nulled n demo import doank! Di Vietnam pasaran jasa saya minimal 400USD di indo msh dinego pula! Jadi ni gabung demi bantu solusi walaupun scr harga memang ga normal.

  10. 8 months ago
    Mon Aug 14 11:44:45 2023

    Tdk lama lg ada web freelance baru yg mana urusan beginian udah dcover sjk awal job poster mengirim penawaran project.

    Baru join bbrp hr lalu di projects co id tp sdh 2x project dibatalkan owner berbeda, anehnya lg yg owner pertama justru member projects yg deskripsi profil punya skill blablabla 2hr setelah cancel projectnya dia bid project lain. Dr deskripsi profilnya shrsnya dia mampu mengerjakan project yg dia tawarkan tp dia cancel.

    Kalo projects owner jarang online minimal 1x sehari saya biasa dah mulai curiga tanda owner ga ada itikadnya utk berkomunikasi cari solusi project dia dr sekian penawar projectnya.

View more