Logova

Member

Last active 8 years ago

  1. 8 years ago
    Thu Oct 22 01:28:20 2015

    @joane3005 sulit bagi kami membayangkan hasilnya . kan desain itu subyektif, tidak semata tentang teknik. mendesain logo sesuai nyawa dari bisnis itulah yang paling sulit, bukan semata aspek teknis tingkat kesulitan membangun kurva dan mewarnai obyek.

    menurut saya disitulah posisi tawar dari para desainer grafis .. dan pentingnya komunikasi ..

    bagaimana worker bisa menunjukkan kepada klien bahwa dia willing to communicate the ide and the process .. saya rasa itu lebih penting dan bisa melindungi keahliannya

    Ibu Joane memahami bahwa desain itu subyektif, dan mendesain logo sesuai nyawa dari bisnis yang dijalani adalah hal yang paling sulit.

    Dan Ibu Joane memahami bahwa disitulah posisi tawar dari desainer grafis.

    Namun bicara soal komunikasi, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang bagaimana seharusnya klien dan worker saling berkomunikasi tentang project yang dimiliki.

    Willing to communicate the idea.

    To execute the idea and pour it into canvas is not something easy. Makanya gak semua orang bisa gambar, karena proses eksekusi dari sebuah gagasan untuk kemudian dituangkan dalam bentuk desain adalah hal yang ibu akui sendiri: sulit.

    Katakanlah Ibu Joane menginginkan sebuah logo dari worker yang memiliki bayaran sebesar 2-3 juta per logo. Ibu menginginkan ide yang telah diterjemahkan sang desainer dari apa yang Ibu jelaskan tentang bisnis yang dijalani. Termasuk tentang sketsa dan coretan kasar.

    Mohon diketahui bahwa sistem dealing online tidak seperti deal secara offline, dimana sebuah sketsa dapat ditarik kembali oleh desainer. Di dunia maya, apa jaminan desainer tersebut yang ide gambarnya telah Ibu miliki untuk dihire? Karena tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa ide seharga 2-3 juta tersebut Ibu ambil untuk kemudian diterjemahkan oleh tukang offset yang kemampuan hanya sekedar 50 ribu per project. Apalagi jika logo sudah dalam bentuk digital meskipun dalam bentuk low-res dan sudah diberi watermark.

    Retrace ulang saja, beres.

    Klien untung besar, worker makan angin.

    apa seperti itu sikap mutualisme dalam berbisnis yang Ibu pahami?

  2. Thu Oct 22 01:18:00 2015

    sedikit bicara soal fee aja ya, baru ngalamin banget tadi.

    jadi tadi saya sempet chat sama owner project, bahas tentang kecilnya fee sebuah jasa desain.
    eh dibalesnya begini:

    -image-

    memang, adalah hak owner untuk sesuka hati menentukan rate fee terhadap project yang dimilikinya; dan seringkali menggunakan istilah: "kalau suka, ambil. kalau tidak, biarkan.", tapi kok saya selaku desainer agak sakit hati ya dengan melihat masih begitu banyaknya Owner Project yang terkesan meremehkan profesi desainer dengan mematok harga yang tidak masuk akal, dan menentukan rules yang memberatkan worker seperti sayembara seperti yang telah dijelaskan diatas.

    adapun masukan yang ingin saya sampaikan adalah, tolong naikkan limit terkecil dari rate fee agar kami pun yang menjalani profesi di bidang yang ditawarkan owner project tidak terlalu sakit hati terhadap 'hak eksklusif owner' dalam menentukan harga desain.