arlont

Member

Last active 8 years ago

  1. 8 years ago
    Mon Nov 23 10:34:41 2015

    Ikutan sumbang ide ya. Saran2 di atas saya rasa sudah bagus2, saya hanya coba nambahin hal2 yang kira2 sifatnya crucial.

    tercapainya hal-hal di bawah ini sangat memungkinan diganjar badge dan rewards; namun badge dan reward menurut hemat saya hanyalah gimmick (ide dan payung konsepnya lah yang lebih penting). Saran saya seperti di bawah ini.

    Pertama adalah hal2 yang bisa menambah kemudahaan calon pencari freelance(pemakai jasa) menemukan penyedia jasa yang dibutuhkannya. Hal ini menurut hemat saya dapat diberikan melalui hal2:

    • pemutakhiran profile page penyedia jasa ke chanel *blog dan integrasi ke sosial media pilihan penyedia jasa.
    • hal-hal lain yang kiranya dapat membuat penyedia jasa stand-out dibanding penyedia jasa sejenis.

    Kedua adalah hal-hal yang bisa menambah mulusnya proses pelaksanaan kerja yang baik bagi pemberi kerja sebelum, saat berlangsung dan sesudah terjadi proses bid. Kebetulan saya sedang berada dalam posisi yang memberikan bid dan belom pernah memenangi bid; namun demikian tidak mengurangi pentingnya masukan yang saya berikan. Berikut masukannya:
    - adanya partisipasi dari moderator tambahan dr kalangan penyedia jasa terpilih (yang kompeten di bidangnya atau dengan reputasi baik) terhadap calon pemberi pekerjaan. hal ini untuk meminimalisir terjadinya pemberi pekerjaan yang meminta dikerjakan terlebih dahulu pekerjaannya sebelom bid dipilih oleh pemberi pekerjaan (berikut contoh screenshot laporan yang saya berikan ke pihak projects, namun sayangnya masih ada pemberi kerja yang demikian)

    - point di atas saya utarakan di forum seperti ini dengan maksud dan tujuan agar kita pengguna dan pemakai sehari2 Projects benar-benar menjadi inspirasi bagi kebaikan dan kemajuan Projects di masa datang (jujur, dari screenshot di atas, menurut saya reply dari pihak Projects masih sebatas retorika; terbukti dengan masih adanya brief project baru yang tidak memperhatikan hal itu setelah email saya layangkan)

    - adanya perlindungan tambahan baik dari sisi pemberi kerja dan penyedia jasa dalam hal hak cipta. Saya berikan masukan ini berkaitan dengan bidang saya (Desain Grafis) yang berkaitan dengan hak cipta. Boleh jadi pemberi kerja memiliki file dan berhak atas materi pekerjaan, namun bagaimana kabarnya tentang detail hak cipta pembuat file tersebut. Biasanya, penambahan perjanjian simpe soal hak cipta ini bisa dijadikan pertimbangan.

    - terakhir berkaitan dengan masa sesudah projects selesai/berakhir. Kiranya bisa dibuatkan manajemen profile page penyedia jasa yang memfasilitasi terciptanya hubungan dengan pemakai jasa paska pekerjaan rampung. Hal ini bisa dan boleh saja diwujudkan dg cara email newsletter yang tidak hanya terhubung dengan blog pemberi jasa tapi chanel lain yang dirasa cocok dengan yang dimiliki pemberi jasa. Sejauh ini, yang saya anjurkan adalah mengajak calon pemakai jasa masuk ke forum/group (http://bit.ly/grafis4ukmplus ) yang saya buat khusus untuk membahas seputar usaha/UKM yang berkaitan dengan dunia saya (desain grafis)

    Semoga saran saya di atas bermanfaat dan kita bisa memajukan Projects.co.id dengan solusi dan diskusi yang baik. Bravo projects.co.id :)