FoxScribe

Member

Last active 3 years ago

  1. 3 years ago
    Mon Apr 11 10:45:33 2016

    masalah ini sih balik lagi ke orang masing-masing, saya sendiri pembuat video iklan, video saya dijual lagi ke orang lain, ya ga masalah, yang masalah adalah klo anda sendiri yang menghargai diri anda semurah-murahnya.

    adek saya juga programmer lepasan, bikin software buat salah satu instansi, dibayar 5jt. ujung2nya dia misuh-misuh karena software yg dia buat ternyata dijual 150jt ke instansi yg bersangkutan (rupanya klien dia cuma makelar), saya ketawa, saya bilang "yang bego itu kamu, udah tau software ribet dihargai 5jt mau aja", walaupun dilain pihak saya jual video cuma 3jt permenit dan dijual ke US Navy (angkatan laut amerika serikat) seharga $3,000 permenit, yang penting bagi saya 3jt permenit sudah cukup, lagian klopun harga video saya $3,000 dijual ke NAVY US, masalahnya emang saya bisa jual video saya ke NAVY US ?

    jangankan disini, di fiverr jg banyak orang yg minta kerjaan pro padahal cuma bayar $5, manusia itu tamak, jadi kita yang harus pinter2 agar nggak ditipu ama orang-orang tamak

    Dean

  2. Wed Jan 13 22:47:41 2016
    FoxScribe posted in Mengenai Fee 12%.

    hi lagi @admin5

    Aha, bener banget nih. Thanks buat masukannya ya :)

    Jika misalnya di halaman Place New Bid, kita masukin harga Rp 10jt, akan muncul bahwa jika memenangkan project ini, yang akan diterima adalah Rp 8.8jt. Atau mungkin ada checkbox apakah harga penawaran termasuk fee atau nggak. Jika tidak termasuk, maka ketika kita input harga Rp 10jt, yang muncul/disubmit adalah Rp 11.200.000.

    Menarik :)

    setelah project saya selesai, saya mo laporan sedikit nih. saya kan bid 13.440.000 dengan cara menambahkan 12% dari 12jt. pada saat project selesai, yang diambil ternyata 12% dari 13.440.000.

    nah apabila kedepannya nanti ada penambahan feature fee otomatis, harap disesuaikan. jadi klo ada orang isi 10jt, ditambahkan 12% dari 10jt. yaitu 1.200.000, dan pada saat pembayaran dibayarkan full 10jt. karena klo pake feature yg sekarang, sistem jadinya akan mengambil 12% dari 11.200.000, yaitu 1.344.000, bukan 12% dari 10jt.

    sedangkan klo hitung manual, ya susah. misalkan klo saya mau bid project 1jt. brapa yang harus saya isikan ?, 1.120.000 ?, salah, karena nantinya fee akan jadi 134.400, dan bukannya 120.000. bingung kan ngitungnya ?, yang paling dekat itu adalah dengan menambahkan 13,5% - 14% dari yang diinginkan.

    itu aja sih laporan dari saya, bukan bermaksud perhitungan, tapi sekedar informasi agar projects.co.id bisa lebih baik lagi.

    Dean

  3. Wed Jan 6 12:31:55 2016
    FoxScribe posted in Mengenai Fee 12%.

    Thanks atas masukannya.

    Sebenarnya ini cuman persoalan kantong kiri - kantong kanan.
    Jika hendak mem-bid Rp 1.000.000, maka silahkan dibid di harga --katakanlah-- Rp 1.150.000 karena ada fee Projects.

    IMHO, adalah bad practice jika saat bid menyebut "saya sebenarnya mau bid di harga Rp 1.000.000, namun karena ada fee projects, saya jadi bid di harga Rp 1.150.000."

    Sebenarnya project owner sebagian besar tau bahwa worker/freelancer harus membayar fee. Dengan menyebut-nyebut itu hanya akan membuat kesan di mata project owner bahwa kita adalah freelancer yang perhitungan. Dan sejujurnya, siapa sih di dunia ini yang suka bekerjasama dengan orang yang perhitungan? :P

    Pastinya ada sih, tapi sebagian besar, nggak.

    maksud saya, klo otomatis, jadi freelancer ga perlu hitung-hitung sebelum ngebid. saya sebenarnya daftar disini karena ada pekerjaan yang sesuai bidang saya, dikasih tahu teman, trus coba bid, ditawarkan 6jt, saya kasih harga 12jt. karena memang klien suka pekerjaan saya dan tahu harga aslinya. mereka mau. tapi saya baru sadar ada fee 12%. jadi saya bilang ke mereka soal ini, dan akhirnya bid jadi 13.440.000

    klo misalnya perhitungan fee ini otomatis, mungkin lebih enak. saya sadar saya ga liat note dibawah itu, karena saya nulis proposal di notepad, copy paste, submit. dan saya yakin banyak jg yg seperti itu.

    anyway, banyak jg lho owner yang ngebid harga pas, misalnya 1jt. klo ada bid 1.120.000, ga akan diterima. karena ga disebut 12% itu adalah fee. jadi yg perhitungan itu si owner, ga mau tahu soal freelancer (saya cukup beruntung ketemu client yg mau mengerti). ini dari sudut pandang saya aja sebagai freelancer

    benar kata om admin, siapa sih di dunia ini yang suka bekerjasama dengan orang yang perhitungan?, saya jg ga mau bekerjasama dengan klien yg perhitungan :D

    Ini misleading. Sampai skrg fiverr masih menarik fee 20% (US$ 1 dari US$ 5) dari seller/worker/freelancer. Jadi dari harga US$ 5, yang diterima freelancer adalah US$ 4. Namun baru-baru ini, fiverr menambah lagi biaya sebesar US$ 0.5 yang dibebankan ke pembeli. Ini yang memicu perdebatan sengit karena banyak yang menganggap fiverr serakah: sudah menerima 20% dari freelancer tetapi tetap juga ingin mendapatkan tambahan US$ 0.5 dari buyer/project owner.

    probably so, my bad. saya akhir2 ini cuma jadi buyer doank sih. terakhir maen fiverr beberapa tahun lalu, dapetnya lumayan, $1k-$2k sebulan, tapi capek .., jadinya males .. hahaha ..

    mengenai kantong kiri - kantong kanan, 50/50 fee kayaknya lebih baik untuk freelancer dan owner, atau dikasih feature otomatis penambahan fee itu (programming gampang saya kira) kayak Elance. lebih gampang ini daripada bikin feature milestone lho om ..

    Oya, dari tadi pagi mau ucapin selamat buat Om Dean, tapi nggak keburu melulu. Om Dean hebat! Project budget Rp 6jt tapi berhasil dimenangkan di harga Rp 13.440.000 padahal yang bid juga lumayan banyak (total ada 17 bid). Saya yakin banyak yang bid di bawah harga Rp 5jt :)

    Ini project yang Om Dean menangkan ya kmrn: https://projects.co.id/public/past_projects/view/8b3711/pembuatan-video-animasi-whiteboard

    terima kasih juga, karena project.co.id bisa ngasih saya klien baru, dan kayaknya mereka mau repeat order via project.co.id lagi jg klo mereka suka kerjaan ini.

    sekedar tips buat yang laen, kenapa client milih saya dibandingkan bid rendah yang lain ?, karena saya punya portfolio yg solid, dan punya hitungan detail dari harga yang saya kasih, saya memposisikan diri saya sebagai professional di mata mereka. tidak semua klien akan menerima hal ini. tapi klo kita menjual jasa, biasakanlah jadi professional. jangan sibuk perang bid demi dapet kerjaan. karena ini yang biasanya dimanfaatkan 'client pelit', cari yg paling murah, minta yang paling bagus

    semoga banyak para freelancer Indonesia yang bisa lebih maju lagi.

    Dean

  4. Wed Jan 6 12:13:15 2016
    FoxScribe posted in Upfront Payment.

    Sebenarnya, saya juga "yakin" tidak ada project bernilai diatas Rp 50jt disini, tetapi bukan karena "utk project gede, seorang freelancer pasti akan minta pembayaran 50%." Statement ini nggak valid :)

    Well, di dunia pengerjaan project offline, statement ini mungkin valid, tetapi tidak disini, di Projects.co.id. Mengapa? Karena Projects.co.id adalah platform freelancing yang dilengkapi dengan fitur arbitrase. Lihat jawaban quote berikutnya di bawah tentang arbitrase.

    Saya yakin tidak ada project bernilai diatas Rp 50jt disini BUKAN karena untuk project gede seorang freelancer pasti akan minta pembayaran 50%, tetapi "masalahnya" ada di project owner. Sebagian besar project owner MUNGKIN keberatan (sebagian mungkin malah kesulitan) menitipkan dana 100% di awal (dalam hal kita membicarakan project gede, berarti dana yang harus dititipkan juga gede). Solusinya adalah pembayaran per milestone/termin/tahap seperti yang kita diskusikan di post sebelumnya.

    ga juga, ini ada salah satu project nominalnya 250jt : https://projects.co.id/public/browse_projects/view/df3711/desainer-professional-di-bidang-vr-virtual-reality-ar-augment-reality

    klo dibilang bahwa mentang2 di dunia online ga minta 50%, malah salah, saya salah satu penyedia jasa whiteboard video internasional, dan 50% upfront itu keharusan. saya malah tidak mau kerja klo tidak ada pembayaran terlebih dahulu, walaupun menggunakan escrow. Klo kata orang luar "my time is precious".

    rata-rata penyedia layanan online yang 'professional', akan meminta 50% commission. kebanyakan yang mau kerja dulu dibayar belakangan itu ya orang Indo, Filipina, or India. yg pada dasarnya 'job beggar', makanya ga maju2 - no offense to anyone -

    ini curhat saya aja kok, bukan berarti mendiskreditkan siapapun. Balik lagi, feature milestone bagus utk dilaksanakan dan mudah2an bisa jadi solusi

    Nope, ini tidak akan terjadi di Projects.co.id.
    Jika project owner tidak suka dan minta cancel, freelancer berhak meng-klaim haknya dengan mengajukan arbitrase. Lebih lanjut tentang arbitrase: https://projects.co.id/public/tips/view/821611/arbitrase-solusi-penyelesaian-sengketa-project

    Jadi nggak bisa seenaknya project owner membatalkan project yang sedang running dengan alasan "tidak suka", "tidak cocok" :)

    yah, mudah2an aja kasusnya ga pelik dan tidak berkesan memihak. karena di setiap masalah arbitrase, pada saat project.co.id memenangkan owner, freelancer akan berpikiran negatif, dan menyebarkan berita negatif, dan mungkin berhenti jadi freelancer. sebaliknya, jika memenangkan freelancer, owner yang akan berpikiran negatif, menyebarkan hal negatif, dan tidak akan posting disini lagi. mungkin lebih memilih forum disebelah.

    anyway, wish you all the very best aja.

    Dean

  5. Tue Jan 5 05:32:10 2016
    FoxScribe posted in Upfront Payment.

    pembayaran per milestone juga lumayanlah, daripada tidak sama sekali. utk pembayaran 50% upfront, mungkin bisa diberikan ke pada VIP freelancer, freelancer yg bayar, upload data, dan punya reputasi (ga harus reputasi di projects.co.id saja, bisa reputasi di forum lain, atau website sendiri)

    feature seperti ini bisa membantu freelancer, dan juga bisa membantu projects.co.id karena bisa menarik fee dari freelancer jg

    masalahnya adalah, klo tidak ada pembayaran 50% seperti ini, saya yakin tidak akan ada project bernilai diatas 50jt disini. kenapa ?, karena utk project gede, seorang freelancer pasti akan minta pembayaran 50%.

    bukankah tidak adil juga bagi freelancer, udah ngeluarin modal sendiri utk bikin project, ujung2nya owner project ga suka dan minta cancel. akhirnya freelancer rugi

    ditunggu ide milestone nya.

    Dean

  6. Tue Jan 5 00:20:09 2016
    FoxScribe posted in Mengenai Fee 12%.

    bukan masalah feenya yang harus diatur, tapi siapa yang membayar. saya dapat project, masukkan bid. baru sadar klo ada fee 12%, akhirnya nego sama klien, klo dia mau bayar fee 12%, kita lanjut. untungnya klien setuju

    jadi saran saya, berikan feature siapa yang harus membayar fee 12% itu, atau sekalian bebankan ke klien aja. seperti halnya di restoran, biaya pajak dibebankan ke customer semua. 12% bagi seorang customer utk sekali order itu bukan hal yang besar. tapi 12% utk seorang freelancer itu sangat besar lho. semoga membantu

    p.s : dulu fiverr dibenci karena penarikan 20% fee dari seller (padahal cuma $1), sampai pada akhirnya, fee 20% ini dibebankan ke buyer, dan seller full mendapatkan $5/ordernya.

    Dean

  7. Tue Jan 5 00:13:52 2016
    FoxScribe started the conversation Upfront Payment.

    halo semua,
    saya cuma mo nanya. disini ga ada feature front payment seperti di elance ?, saya biasa memberikan klausa pembayaran 50% dimuka, 50% setelah pekerjaan selesai. tapi dari project yang saya dapat disini. pembayaran dibayarkan full, tapi baru diterima oleh saya klo pekerjaan sudah selesai.

    apakah ada opsi utk upfront payment seperti elance ?, karena ini cukup penting mengingat di luar sana rata-rata orang bekerja apabila pembayaran sudah dibayarkan 50% atau bahkan penuh di awal. terima kasih

    Dean