ayi.tito

Member

Last active [hidden]

  1. 6 years ago
    Wed Dec 27 14:29:46 2017

    prima.reza : iya benar, tapi hasilnya dalam jangka panjang, owner yang serius, akan susah membedakan mana yang kerjaannya "sekedarnya" atau mana worker yang serius. itu saja sih

  2. Tue Dec 26 19:12:51 2017

    selamat malam projects.co.id ,

    saya main kesini :
    terus lihat komen yang ini sama seperti pemikiran saya :

    budget kecil, deadline mepet, pengen dapat hasil bagus?
    bukan memanjakan
    justru akan membuat banyak proyek2 tsb gagal
    bisa dipastikan akan ada banyak konflik di proyek proyeknya, hingga akhirnya harus ditengahi/diarbitrasi, karena menyangkut duit dan kepercayaan orang kan..

    project owner dan freelancer yang mengalami konflik ya besar kemungkinan gak bakal balik lagi ke situs tsb

    software engineering itu bukan "magic"
    harga murah kemudian dapat kualitas yang diinginkan, that's not how it works

    ane sekilas ngeliat situsnya projects.co.id
    fitur fiturnya masih minimum banget
    tapi fee-nya 12% emoticon-Hammer
    ane bisa sebutin lebih dari 20 hal yang kurang/missing di situs tsb
    salah satunya => tidak adanya mekanisme memisahkan mana "rats" mana "elites" sehingga akhirnya client/project owner pun buta total di dalam memilih freelancer

    terus saya terlintas suatu ide, untuk memisahkan antara "rats" dengan "elite" itu, gimana kalo projects.co.id saban tahun sekali misalnya, projects.co.id mengadakan kontes?, kalo bisa disemua bidang, misal pas 17 agustus atau pas ultahnya projects.co.id :

    • kontest menulis artikel.
    • kontest 3d modelling.
    • kontest 3d/2d animation.
    • kontest game design/development.
    • kontest bikin aplikasi yang bagus.
    • dan lain-lain.

    mengenai hadiah, bisa misalnya minta sponsor ke brand" tertentu. yang paling utama hadiahnya rating si juara.
    mudah"an projects.co.id bisa mempertimbangkan usulan ini.

    terima kasih

  3. Tue Dec 26 07:15:00 2017
    ayi.tito posted in Mengenai Fee 12%.

    @ mahirsoft 20 Jun 2015

    Saya merasa fie 12 % itu terlalu besar..

    fie huh...?! very funny -image-
    ni orang antara dua, kalo nggak worker penggila harga murah atawa dia ga pernah pegang kontrak besar lalu sifat meditnya keluar, gak sadar kalo website ini tu yang sudah bantu dia...
    makanya hidup harga murah... -image-

  4. Mon Dec 25 21:05:59 2017

    mengenai 3d modelling, animation dan game development (#part 3)

    direktur PDAM Pulang Pisau juga pernah berkata (client saya dulu), "orang kalau tolok ukurnya cuma orang biasa" (waktu itu beliau menggambarkan keadaan di kantornya, saat ada satu orang yang terlihat pintar krn menghandle beberapa pekerjaan sekaligus), yang sedikit rajin juga akan terlihat seperti orang pintar, tapi sebenarnya saat dibandingkan dengan orang yang benar" pintar, baru mereka merasa bahwa mereka sebenarnya masih kurang". hubungannya untuk worker 3d artist, di project.co.id , terlihatnya bagus, padahal kalau dibandingkan artist/seniman luar, ga ada apa"nya. hanya jago kandang menurut saya.

    jadi pada intinya seperti 2 tahun yg lalu, saya kembali tanpa jemu, mengusulkan kepada project.co.id agar pekerjaannya supaya di grade, begitu juga ownernya dari jejak yang pernah ditawarkannya, serta "keseriusannya", workernya juga di grade ulang gak masalah. mana tahu sebenarnya selama ini ada orang yang "serius" mau mencari bakat" tertentu misal dalam industri game atau animasi. tapi sewaktu melihat "rekam medik"nya disini, mereka jadi ill feel. krn sepertinya saat ini kalo bintang saja, tidak menjamin worker tersebut ahli dalam bidang tertentu, krn yaitu tadi, yang "hasil pekerjaan"nya macam buatan anak TK saja dipuji" setinggi langit (krn kebiasaan budaya timur kali ya?).
    mana tahu dengan dibagi" grade itu, orang yang "serius" mau jadi owner, akan berdatangan, bukan owner setengah" yang budgetnya cuma 500rb-1 juta, yang duitnya dipake buat bayar render farm aja sudah abis (sorry sekali lagi bukan saya menyepelekan rejeki, saya cuma berusaha logis). o iya yang disebut render farm itu macam ini :

    https://us.rebusfarm.net/en/?gclid=EAIaIQobChMIpL_uyvOl2AIVyhwrCh3PzgYFEAAYASAAEgIy__D_BwE

    A render farm is a high-performance computer system, e.g. a computer cluster, built to render computer-generated imagery (CGI), typically for film and television visual effects.

    gunanya kurang lebih buat nitip render kita ke penyedia jasa tersebut. studio animasi dan visual effect film di luar sana, punya setidak"nya render farm kecil"an sebagai "rough renderer" sebelum pekerjaan benar" finish.

    ini juga salah satu penilaian dari saya pribadi ke owner" yang ada di project.co.id , kalau yang serius mengenai animasi, 3d modelling, dan game 3d, pasti tidak asing dengan render farm ini, otomatis mereka juga naroh harga gak semaunya krn mengerti permasalahan. kalo yang biasa nyari worker murah itu tau gak ya, soal ini, atau tidak mau tahu?. hasil akhirnya nanti pasti gak AKURAT = ga AKUr sama uRAT. (kalo yang sama" buta, ya sudahlah biarin saja mereka). tapi harapan saya juga paling tidak ada tambahan knowledge buat mereka dari tulisan saya ini. heh eheehe...

    itu saja dulu, terima kasih maaf kepanjangan. semoga project.co.id tambah maju (he hehe cari muka lagi).

    best regard,

    ayi tito

  5. Mon Dec 25 20:57:38 2017

    mengenai 3d modelling, animation dan game development (#part 2)

    sambungan..

    perbedaan masing" dari 3 kategori diatas adalah :
    1. aturan untuk object 3d modelling yang digunakan untuk display/poster saja dan object 3d di game world tidak bisa di tukar. karena, untuk 3d modelling tidak dibutuhkan rendering realtime, yang diperlukan adalah realistiknya. makanya biasanya untuk game, yang dibutuhkan adalah low poly object, kalau tidak salah polygon atau triangle (konon graphic card computer lebih cepat mengolah triangle atau tris) yang dibutuhkan rata" 500 triangle/poly persatu object, bila lebih dari itu, maka komputer akan "bekerja" lebih berat.

    terus mungkin anda bertanya, kalau low poly lalu kenapa game" macam Batman Arkham Assylum atau DEVIL MAY CRY, FINAL FANTASY dan lain-lain itu bisa "terlihat" realistik?, nah itulah pokok bahasan saya disini, karena INDUSTRI FILM/GAME/ANIMASI di dunia, sudah sejak lama kenal yang namanya bump map texture, normal texture, fresnel, noise texture dan lain-lain.

    sedangkan 3d modelling macam design interior tadi atau animasi/vfx film, apakah perlu teknik texture tadi selain diffuse texture?, saya bilang perlu juga. karena teknik tersebut akan membantu sekali, walaupun biasanya di interior design dan semacamnya itu "tidak takut" dengan jumlah polygon atau trias krn tidak perlu realtime rendering, (kecuali web 3d design seperti three.js yang tentunya objectnya hrs sebisanya low poly krn html5 dan webGL masih berat "mengolah" high poly).

    contoh :

    -image-
    gambar 1.
    ini adalah sample texture yang hanya menggunakan diffuse texture (sekedar gambar tekstur kayu yang ditempel ke suatu object).
    bagi mata orang awam ini, sudah "ruar biasa", tapi bagi artist/seniman digital yang pro, hal itu sangat kurang.

    dan ini contoh texture diffuse yang di combine dengan bump map.
    -image-
    gambar 2.

    yang gambar 1. plane dengan texture biasa (diffuse texture) terlihat sekilas, sepertinya tidak ada yang salah bukan?, tapi begitu membandingkan dengan gambar 2. maka terasa perbedaannya walaupun tampak samar, object sama" datar, permukaannya tidak terlihat turun naiknya, tapi mata kita menciptakan persepsi bahwa permukaannya itu kasar alias tidak benar" rata.

    ini contoh lain :
    -image-
    gambar 3.

    yg tiang kiri dan tiang kanan sama" low poly, terlihat dari sisi"nya yang rata, walaupun teksturnya batu, yang harusnya tidak rata, akan tetapi saya yakin rekan-rekan akan melihat tiang kanan yang lebih "eye catchy", krn menggunakan normal map tekstur, sedangkan yg tiang B tidak.

    untuk worker" yang ada di project.co.id , saya amati, hasil kerjaannya masih macam ini :

    -image-
    gambar 4. mohon maaf, render anda terlihat membosankan juga

    beberapa saya lihat, renderingnya macam ini (yg saya ambil buat contoh harap jgn tersinggung, tergantung anda menyikapinya apakah ini sebagai kritik yg bakal mencambuk anda utk lebih maju, atau anda anggap ini cuma menjatuhkan), atau yg ini :

    -image-
    gambar 5.mohon maaf, render anda terlihat boring

    baru ini satu"nya yang agak "lumayan" saya temui disini :
    -image-
    gambar 6.
    tapi waktu saya lihat riwayat workernya, kok sering arbitrase ya?, walaupun penasaran, tapi saya sadar itu bukan urusan saya, pasti dia dan ownernya punya alasan sendiri", hingga terjadi hal seperti itu. :)

    tidak ada yang salah dengan hasil pekerjaan semacam itu, tapi juga tidak sepenuhnya benar. karena disini bicaranya masalah product knowledge yang berkaitan dengan product itu sendiri dalam hal ini 3d modelling dan citarasa.

    itulah beberapa hal yang memunculkan pertanyaan saya diatas, yang juga memunculkan pertanyaan lain :

    1. owner dan workernya itu sama" buta seni kah?, jadi seperti orang buta di tuntun orang buta?.
    2. atau ownernya tahu, tapi cari yang murah yg sudah jadi mindsetnya?.

    makanya akhirnya juga yg merubung disini, cuma worker" kelas menengah kebawah kalo saya bilang, saya saja sekarang ini paling cuma ngecek kerjaan yg 3d modelling atau pembuatan game, mana tahu ada yg "serius", krn saya lagi getol"nya disitu.

    memang tidak ada yg bisa disalahkan, akan tetapi juga mengganjal rasanya permasalahan semacam ini, kalau tidak di ungkapkan.
    mario teguh pernah bilang, pantaskanlah diri kita, terhadap sesuatu, misal kalau kita mau sama cewek alim, cantik. maka kita juga harus mulai berubah dan membuang perilaku" jelek kita, misal yg tadinya jarang mandi, jadi rajin mandi, dll.
    direktur PDAM Pulang Pisau juga pernah berkata (client saya dulu), "orang kalau tolok ukurnya cuma orang biasa, ....

    bersambung lagi he hehe

  6. Mon Dec 25 20:49:33 2017

    mengenai 3d modelling, animation dan game development (part 1)

    selamat malam semuanya, selamat malam juga project.co.id yang kita cintai... (cari muka dikit he hehe -image-)

    (saya ngetik diskusi ini iseng sebenarnya, pas break, abis 1/2 harian ngerjain "utang" kerjaan di real world punya paman saya, yang sempat saya "telantarkan", cuma lantaran famili juga, jadi beliau ngerti" saja :-) ).

    kebetulan untuk di project.co.id ini saya sepertinya lebih minat sama group project : 3d modelling dan games.
    seringkali saya ikut bid, tapi sepertinya sering pula seperti "tidak digubris". krn penasaran akhirnya sambil browse jobs mengenai 3d modelling, animasi dan pembuatan games itu, saya juga kadang memperhatikan komen" setelah pekerjaan selesai dibuat (sering komen"nya kurang lebih seperti ini : "hasil memuaskan, tepat waktu dan workernya komunikatif, blah blah blah...."), atau kalo nggak saya juga lihat" profile yang jadi pemenang bid job tersebut, bahkan saya coba lihat" juga "etalase" yang menjual "dagangan" serupa di browse service atau product, dengan tujuan kalo memang mereka lebih diatas saya kemampuannya, maka saya akan berusaha "mengejar" ketertinggalan saya (jadi tolong juga jangan salah mengerti, bukan saya bermaksud sok tau atau mau menyudutkan orang, tapi sesuatu itu kalau kita tahu, dosa rasanya kalau dibiarkan, perkara menerima atau tidaknya, yang penting sudah diberi tahu...). cuman pas beberapa banyak saya lihat tadi, kok sepertinya ada yg nggak sreg disini, jadi saya sampai pada pertanyaan seperti ini :

    untuk owner : sebenarnya owner yang komen "puas" tadi tau nggak grade pekerjaan yang bisa dibilang "perfect" tadi?, juga project.co.id sendiri?. itulah kenapa perlunya sistem grade dari project.co.id sendiri, bukan hanya dari owner, seperti usulan saya 2 tahun yang lalu pentingnya system grade disini, bisa saja seperti di t**op***a atau b**al***k.

    kalau untuk saya pribadi, berdasarkan pengamatan silang tadi, adalah : bahwa owner untuk 3d jobs itu sebenarnya banyak yang buta mengenai kaidah" menilai 3d modelling, animation, dan pembuatan games yang baik dan benar menurut "orang luar" sana (kita harus jujur mengakui bahwa orang di barat sana, ilmu mengenai hal tersebut jauh lebih maju dari kita, bahkan teknologinya saja mereka yang menemukan jadi sudah sewajarnya kita berkiblat ke mereka).

    untuk worker : apakah sebenarnya mereka tahu, tapi krn budget murah (terus mereka "cuek" saja, sambil ngomong dalam hati "murah kok minta selamat...." -image-), yang penting dapat duit. atau sebenarnya banyak juga yg tidak mengerti?

    sebelum saya menjelaskan alasan saya kenapa bisa muncul pertanyaan diatas, ada baiknya kita menengok dulu sekilas cerita dan sejarah mengenai 3d modelling, animation dan game development.

    untuk game :
    diantara rekan" disini mungkin juga ada yg pernah main game DOOM (developer ID soft) untuk PC, sebenarnya aplikasi itulah cikal bakal aplikasi 3d berbasis komputer untuk PC saat ini (merekalah pemicu perkembangan graphic card di komputer, saat orang bicara polygon, triangle, anti aliasing, texturing, rendering mereka itulah pioneernya). (untuk PLAYSTATION mungkin semacam resident evil 1 dari CAPCOM.). mungkin ada yg ngomong, AutoCAD ada sejak jaman DOS, tapi AutoCAD hanya basis wireframe saat itu, dan kalaupun ada renderingnya itu hanya pemanis bibir saja.
    hingga teknologi 3d game saat ini berkembang pesat, kita lihat contoh sekarang misalnya : FINAL FANTANSI VII REMAKE, DEVIL MAY CRY, CALL OF DUTY, dll).
    kesamaan games tersebut dari dulu sampai sekarang adalah : rendering untuk texturingnya itu harus dilakukan REALTIME. artinya saat kita menengok ke arah mana, atau kita ada di peta mana, selangkah sebelum kita "menengok" APLIKASI GAME tersebut secara otomatis.

    untuk animasi dan film :
    film yang pertama kali menerapkan realistic CGI pada visual effectnya adalah : JURASSIC PARK (kalau saya tidak salah ingat). sedangkan film" sebelumnya kebanyakan mereka menggunakan karet dan permainan kamera untuk visual effectnya atau masih campuran. setelah ini di PC mulai bermunculan aplikasi semacam 3d Studio Max, Maya 3d, dan lain-lain termasuk setelahnya blender.

    untuk 3d modelling (misal design interior, product display, web design, dll) :
    mungkin bisa di sebut disini pioneernya adalah AutoDesk AutoCAD, 3d Studio Max, AutoDesk Maya, dan lain-lain. sekarang untuk web browser seperti mozilla, chrome, IE 8++ sudah mendukung WEB GL (engine untuk menampilkan 3d object, walaupun ada keterbatasan dibanding aplikasi 3d konvensional spt yang disebutkan sebelumnya).

    bersambung...

  7. Sun Dec 24 08:36:40 2017
    ayi.tito started the conversation usul mengenai perjanjian kerja.

    selamat siang,
    tolong dong ditambah tab "kedua belah pihak" semacam kontrak tertulisnya (macam dokumen perjanjian kerja di real world lah), jadi disitu di tulis dengan jelas harga, batasan pekerjaan, dan lain-lain yg perlu dicantumkan. jadi worker tidak bingung, kalaupun mau "kurang lebih", dia bisa mengira batasan kurang lebihnya sampai mana, (soalnya saya takut juga, job nanti yg kita terima jadi project "seumur hidup", hanya karena takut dibilang terlalu kaku atau pelit. dan owner juga tahu batasan dia. (krn kalo saya perhatikan sekilas, owner hanya cendrung tertarik budget "murah", tapi hasil kepingin maksimal), karena di real world saja sewaktu mengerjakan project, saya sering "rugi", karena pihak pertama (owner) sering tidak mau tahu soal biaya akomodasi dan penginapan. tapi minta terus layanan purna jual seolah" begitu dibayar, kita jadi "asset" mereka. itu contoh "real world project", yang bayaran saya berkisar antara 20jt - 180 juta, lah gimana yang di project.co.id ini?, yang ownernya sering saya lihat approvednya, paling kelas 1 sampai 2 juta?, 10 juta aja saya jarang lihat. bukannya untung nanti tau" malah buntung.. :)

  8. Thu Nov 9 23:19:26 2017

    setiawan jodi? bknnya yg pengusaha yg kolaborasi sama iwan fals dulu?

  9. Thu Nov 9 16:07:06 2017
    ayi.tito started the conversation typo dari system.

    malam,

    cuma mau membetulkan typo/kesalahan ketik. sebenarnya tidak penting, tapi saya selalu tergelitik untuk

    'saya ada baca notifikasi' dari sytem, terus pas saya click ada tulisan :

    'I'm a system user. I'm not existant.' ---> bukannya harusnya ... i'm not exist

    kalo existant berarti kurang lebih artinya jadi 'saya user system, saya tidak keberadaan...'

    sekali lagi, tidak penting sih, tapi jadi ga enak hati juga kalo sesuatu yang salah dibiarin. walaupun kecil

    sorry, kalo banyak bacot ato ga sopan.

  10. 8 years ago
    Mon Apr 4 13:17:39 2016

    gpp gan,

    tapi saya perhatikan, sudah ada penawaran dari orang tsb sebelumnya, dengan penawaran 3.5 juta dari project owner, dan dia accept worker dengan penawaran 1.5 jt. tiba-tiba project ini ditawarkan lagi dengan harga 3 jt. kira-kira gimana?, bayangkan sendiri saja.

    tidak tersinggung kok, he he he.

    cuma merasa aneh saja, disini kadang saya perhatikan, workernya terlalu `baik hati`. nanti yang jadi manja dan diuntungkan, ya orang-orang macam yang contohkan sebelumnya tsb.

    terus terang sekitar 10 tahun yang lalu, waktu saya mengawali kiprah saya di dunia IT, bukan di project.id (terutama programming). saya dulu juga begitu lugunya, dikasih orang borongan kerjaan dibayar 1 juta pun rasanya sudah senang bukan kepayang. tapi lama-lama akhirnya setulus-tulusnya kita kerja, di titik tertentu perjalanan hidup kita, nanti kita akan sadari, di dunia ini, banyak orang yang bisanya cuma mengambil keuntungan dari orang-orang `lugu` nan energik seperti pengalaman saya dulu.
    hal itu, yang saya ingatkan atau himbau kepada yang lain-lain di komunitas ini (worker), agar jgn menyesal belakangan.

    untuk di project.id ini jujur saja, saya tidak terlalu mengharapkan dpt job, krn alhamdulillah, Tuhan mengasih saya rejeki yang cukup, di real world. disini saya cuma mencari chance, siapa tahu ada yang cocok job dan ownernya, tapi kalau tidak, tentu saya tidak kecewa.
    terima kasih.

    regard,

    ayi tito.

View more