DamianNK

Member

Last active 2 years ago

  1. 3 years ago
    Sun Oct 4 06:44:41 2020

    Saya punya pengalaman yg buruk juga soal arbitrasi. Saya pernah mengerjakan project data entry. Saya begadang semalaman untuk mengerjakannya. sampai pagi selesai dan saya laporkan selesai. harganya tidak banyak hanya 60,000. kemudian si owner mengatakan bahwa datanya belum sesuai dengan file excel yang dia berikan. Dan saya cross check ulang lagi. Saya screenshoot data yg ada di web info dan web admin semuanya sesuai. tetapi si owner mengatakan datanya belum sesuai dan menginput sendiri.
    Kemudian dia mengajukan arbitrasi katanya pekerjaan tidak beres. Dan si owner memberikan penawaran saya terima 20,000 dan dia terima 40,000. Saya tetap respon dengan pembelaan saya, dan saya tetap minta full payment. karena saya merasa sudah mengerjakan sesuai dengan deskripsi pada projectnya.Si owner menuduh saya membuat skenario supaya bisa menang arbitrasi. Dan saya sudah memberikan semua bukti ke project.co.id , tetapi sudah hampir 2 minggu belum ada keputusan dari project.co.id.
    Saya cuma bilang sama si owner saya tidak perlu skenario apapun untuk mengclaim hasil kerja saya, kalaupun saya kalah di arbitrasi, semoga uang 60,000 tersebut bisa bermanfaat buat si owner.
    Lebih baik, saya tidak mendapatkannya karena kalah arbitrasi daripada saya terima 20,000 seolah2 saya mengakui bahwa saya yg salah. miris memang.

  2. Sat Sep 26 05:10:27 2020

    Tidak bisa memasang Bid Amount lebih tinggi dari budged.

  3. Thu Sep 24 03:03:22 2020

    @indraseasonone Stay positif om. kita sudah diberikan lahan oleh project.co.id , tinggal kita mengolah lahan tersebut supaya bisa memberikan income tambahan untuk kita. Saya waktu baru gabung di sini, tidak tahu namanya banting harga. setiap kali ngebid selalu dengan harga yang menurut saya masuk akal dan sesuai dengan hasil yang bisa saya berikan. saya melakukan bid terus setiap ada project yang sesuai dengan bidang saya, dan selama hampir 2 bulan tidak pernah menang bid.

    Akhirnya saya mengubah cara saya ngebid project. Pada setiap bid saya selalu meperkenalkan diri, kemudian menjelaskan apa yang bisa saya kerjakan sesuai dengan skill saya, kemudian termasuk menjelaskan bagaimana menyelesaikan/memberikan solusi untuk permasalahan yang sedang owner hadapi. Kadang2 saya tidak ngebid terlebih dahulu, tetapi saya ajak si owner untuk diskusi terlebih dahulu sebelum mengajukan bid. sampai akhirnya bisa dapat project pertama. dari situ baru saya tahu bagaimana caranya ngebid dan bisa membuat owner tertarik dengan bid yang kita ajukan.

    Dan yang terpenting tetap jujur, kadang2 owner pasang budged suka menjebak. misalkan untuk buat sebuah design banner owner pasang budgednya 500K, kalau kita ngebid dengan 500K kan nggak masuk akal. Jadi kita bisa berikan masukan buat si owner itu budged yg dipasang terlalu tinggi, saya biasa mengerjakan dengan harga normal segini. secara tidak langsung owner akan tertarik dengan jasa kita. Itu yg biasa saya lakukan, sehingga kadang2 tanpa saya ikut ngebid dan hanya memberikan masukan malah si owner menghubungi lewat WA dan mendiskusikan harganya.

    Dan 1 point penting lagi adalah perbaiki Profilnya. jika kita punya profil yang baik, kadang-kadang ada yang langsung membuat private project untuk kita. Tidak perlu malu, buka aja profilnya worker yang punya point tinggi dan pelajari bagaimana dia membuat profilnya.

    Itu pengalaman saya. Dari nol poin akhirnya bisa bersaing dengan yang punya point.

  4. Thu Sep 3 09:55:30 2020

    Saran untuk newbe jangan main tekan harga aja. kalau ingin memenangkan project perbaiki profil anda dan portofolio Anda. saya yakin Owner yang baik dan profesional akan melakukan penilaian dari sana. owner yang hanya melihat harga yang ditawarkan, itu yang harus dihindari.

  5. Mon Aug 31 11:16:05 2020
    DamianNK posted in BID GILA.

    Kemudian masukan untuk project.co.id , kalau bisa diperketat untuk mengajukan bid. misalnya wajib membuat bio pada profil, dan kelengkapan lainnya pada akun worker. misalnya yang deskripsi profilnya tidak ada tidak bisa melakukan bid dan sebagainya. bisa referensi web freelancer.com. untuk menjadi worker banyak persyaratannya.

  6. Mon Aug 31 11:12:47 2020
    DamianNK posted in BID GILA.

    Benar. banyak yang ngebid dengan harga tidak wajar. contoh saya di bagian design grafis, kita semua tahu untuk mendapatkan design yang bagus harganya tidak murah. tetapi banyak yang terjadi misalnya bid untuk buat 10 konten harga cuma 50.000 dan dia yang menang. lama-lama harga pasar makin hancur ini.

  7. Mon Aug 31 11:05:59 2020

    Banyak worker yang mengajukan bid dengan harga yang tidak masuk akal hanya untuk memenangkan sebuah project. contohnya, saya beberapa kali menyaksikan worker mengajukan bid untuk membuat 10 design konten hanya 50.000. kita semua tahu bahwa itu akan menyia-nyiakan tenaga dan waktu. tetapi benar. dia yang mendapatkan projectnya. Saran saya untuk worker, Tolong jangan merusak harga pasar. Lama-lama kita para designer freelance nggak ada harganya. sungguh ironis.