Saya butuh jasa pembuatan situs marketplace untuk barang-barang etnik. Ketentuan seperti di bawah.
1. Multi vendor system: dimana penjual bisa membuat toko dan input produk mereka untuk dijual.
2. Penghitungan ongkir secara otomatis (bisa menggunakan API RajaOngkir) sesuai dengan lokasi pengiriman masing-masing vendor. Tarif ongkir harus terus diperbaharui secara real time.
3. Sistem pembayaran: bank transfer, PayPal, kartu kredit (seperti Veritrans)
Cara pembelian barang di situs:
a. Customer masuk ke akun atau melanjutkan pemesanan sebagai tamu (tanpa perlu masuk ke akun)
b. Customer melakukan pemesanan atas barang yang dikehendaki.
c. Setelah selesai melakukan pemesanan (menekan tombol “Beli”), situs menampilkan ringkasan pembelian yang dilakukan customer. Jika customer yakin sudah memesan semua barang yang diinginkan, customer melanjutkan ke konfirmasi pesanan (checkout). Jika masih ada barang yang ingin dipesan, bisa kembali untuk melakukan pemesanan
d. Di halaman checkout, pembeli memasukkan alamat pengiriman:
i. Bagi pelanggan yang sudah masuk di akun mereka, bisa memilih alamat pengiriman seperti yang telah mereka tetapkan atau membuat alamat pengiriman yang baru
ii. Bagi pelanggan yang memesan barang sebagai tamu, harus memasukkan alamat pemesanan
e. Di
bagian pembayaran, customer memilih metode pembayaran yang akan
digunakan, sekaligus diingatkan kembali alamat pengiriman yang dipilih (dapat
diubah jika salah), dan ringkasan pemesanan. Apabila customer memiliki
voucher atau kode diskon, bisa dimasukkan di bagian ini
f.
Pemesanan selesai, customer diingatkan
kembali untuk melakukan pembayaran atas pesanan. Di waktu yang bersamaan, order
masuk ke sistem dengan pemberitahuan yang ditujukan kepada saya dan vendor
terkait.
g. Customer
melakukan pembayaran atas pesanan dan melakukan
konfirmasi atas pembayaran yang dilakukan (kalau konfirmasi pembayaran bisa
otomatis, lebih bagus). Pembayarannya sendiri masuk ke rekening saya (usaha)
dan bukan langsung ke vendor terkait.
h. Saya
dan vendor terkait mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran atas pesanan customer
telah dikonfirmasi. Sistem kemudian mengirimkan pemberitahuan kepada vendor
terkait untuk melakukan pengiriman barang kepada customer menggunakan
alamat pengiriman dan metode pengiriman yang dipilih customer. Jika
ternyata barangnya tidak ada, maka vendor berhak melakukan pembatalan dan wajib
mengembalikan dana customer. Jika ini terjadi, vendor wajib
memberitahukannya di status order.
i.
Setelah vendor melakukan pengiriman
pesanan, vendor melakukan pembaharuan atas status order customer dengan
menyatakan bahwa pesanan dalam pengiriman. Keseluruhan proses lacak status
pesanan sendiri dapat dilihat seluruhnya baik oleh saya, customer, dan
vendor terkait.
j.
Pesanan dikirim oleh kurir. Pesanan
dianggap diterima customer jika menurut kurir pengiriman barang, barang
telah diterima.
k. Saya melakukan pembaharuan status order dengan menyatakan barang sudah diterima customer.
l.
Saya melakukan pembayaran atas barang
yang dipesan customer kepada vendor termasuk ongkos kirim yang dikeluarkan
vendor dan setelah dikurangi komisi kepada saya. Pembayaran akan masuk ke akun
vendor di situs.
m. Vendor
menerima pembayaran dan bebas melakukan penarikan atas dana yang dimiliki.
4. Fee System: saya menarik fee atas setiap produk yang dijual (untuk tahap awal: 10% dari harga asli dengan minimal Rp 20.000,-).
5. Enhanched Review System. Dimana hanya konsumen yang membeli produk yang bisa melakukan review produk.
6. Product Discussion System. Dimana konsumen bisa melakukan tanya jawab tentang produk dengan penjual.
7. (opsional) Inbox System. Konsumen dan penjual bisa saling mengirim pesan dan membalas pesan tersebut.
8. Withdrawal Account System. Penjual bisa menambahkan akun bank untuk withdrawal uang hasil penjualan produk mereka.
9. Withdraw Money. Penjual bisa request untuk mengambil uang hasil penjualan produk mereka.
10. Kategori produk (sampai saat ini): tas, sepatu, pakaian, kerajinan tangan. Kategori bisa ditambah, dihapus, diedit dsb. Demikian juga dengan produk.
Silahkan mengirimkan lamaran dan portfolio untuk project ini jika Anda:
1. Berdomisili di Bandung
2. Bersedia tatap muka langsung dengan saya
3. Berkomitmen untuk mudah dihubungi. Saya terpaksa menghentikan worker saat ini karena susah dihubungi. Anda berkomitmen untuk membalas setiap pesan/telepon saya dalam waktu 2 jam (siang) atau 8 jam (malam) semenjak pesan saya kirim.
4. Bersedia untuk memberikan garansi atas situs yang dibuat
Terimakasih.
Salam.