Ciri Ciri Projek Prank!

  1. 6 months ago

    Saya ingin berbagi pengalaman, semoga berguna untuk siapapun yang membaca ini.

    Begini, saya sudah cukup lama bergabung di beberapa web freelancer, tp khusus di projects co id ini baru pertama kali.

    Dari sekian kali nge-bid, kirim proposal project sampai bikin demo, saya mendapati pengalaman namanya kena prank project owner. Tujuan saya sharing ini bukan untuk memojokkan setiap project owner ya, tapi ini lebih ke fakta memang ADA project owner yang dari awal niatnya ga serius ngasih job.

    Apa saja ciri-ciri owner tukang nge-prank ini?

    1. Biasanya ngasih job simpel tapi budget gede.
    Contoh: Saya butuh dibuatin landing page blablabla. Lalu anda cek tuh, budgetnya pasang harga berapa, biasanya sih diluar kewajaran harga pasaran lah, misal pasang harga 3-8 juta, ini jelas ga wajar. Biasanya pasang range harga gede untuk mendapatkan atensi saja. Pasti project gnian yang minat nge-bid berlimpah ruah!

    2. Biasanya nambahin link domain baru.
    Seringkali saya temukan, bid prank gtuan masih berhubungan dengan point 1, biasanya nambahin link new registered domain alias domain muda. Klopun gak gtu, biasanya ngasih sampel url yang sebenarnya webnya itu terbilang mudah dan sederhana dan ga mungkin masuk hitungan range harga yang ditawarkan. Pernah saya temukan beberapa kali begini, akhirnya krn kesal, saya lacak dan ketahuan yg ngebid ini justru pemilik website domain muda itu cuma untuk nge-prank dan nambahin real visitor ke webnya!

    3. Biasanya, jarang login!
    Setelah poin 1 dan 2, yang paling sering ini disusul sikap jarang login! Jadi jangan harap owner gnian bakal baca penawaran yang ngebid atau yang sent proposal. Di web luar, dimana saya gabung, mau apply project itu keluar duit dulu dlm bentuk token (mudahnya disebut token aja). Nah itupun belum tentu proposal dibuka oleh owner, darimana saya tau? karena di web itu ada data analitiknya utk user jika proposal dibuka dsb.

    4. Ga punya etika komunikasi!
    Owner nge-prank ada yang ga bisa jelasin antara kerjaan pada job desc dng bgmn ia berkomunikasi, ini membuat freelancer kesulitan "MAUNYA APA SIH INI ORANG". Jadi ada yang minta dibuatin atau ngerjain something diluar job desc, klo nolak, ntar masuk arbitrase atau kasih poin jelek pas selesai, ada yg sengaja lama-lamain bales respon freelancer sampe berjam jam. Ada juga yang tipu-tipu dengan minta data pribadi sampe mintain freelancer deposit bayar dulu ke owner ini dengan modus"nya supaya freelancer dapat duit dari project yang dipostingnya, klo ga ya masuk arbitrase dan segala macam modusnya.

    Ok itu aja dulu, saya dah ngantuk. Yg ada pengalaman lain, silahkan bantu up.

  2. ya , harus di perbaiki lagi buat owner, masukan buat project.co.id bisa lebihin ada fitur batasan project jika baru buat akun atau belum ada project yang berhasil di terima sama owner, jika terus begini banyak project akun2 yang tidak punya project yang belum di pilih atau dalam hal ini bintangnya kosong , sering ngespam , saat di tanya ga di jawab , dan kadang minta demo , sudah di buat hilang kabar , dan tidak memilih pemenang bid, paling bagus owner project akun baru di kasih 1 slot buat projectnya jika berhasil 1 project tersebut baru deh pakai tingkatan slotnya

  3. @kielsalva Akhir² ini saya pantau di web projects banyak user spam kirim projek, sampai nongol di forum komunitas ini jg. Sptnya admin projects butuh extra kopi utk mantau konten web mrk.

  4. 5 months ago

    Admin4

    Nov 4 Administrator
    Edited 5 months ago by Admin4

    Halo rekan rekan semua
    Jika ada project owner yang Kakak curigai mohon untuk bisa konfirmasi ke admin via Contact_Form

  5. https://projects.co.id/public/browse_projects/view/58391b/input-data-mutasi-pdf-ke-excel
    cek admin owner masa punya project nya kayak gini worthit sama harga cuma 100 ribuan , tolong dong kalau owner memberikan tugas tolong di cek dulu , kasihan sebagai worker karena susah dapat project terpaksa ambil pekerjaan kayak gini , maka lingkungan sudah jauh dari target ,

to reply!