Hak Worker

  1. 5 weeks ago

    Halo,di sini saya sekedar ingin sharing atau kalian yang sudah bertahun-tahun menggunakan layanan situs ini boleh menjawab diskusi ini.
    Jadi begini, saya sebagai freelance memiliki Akun Google Developer Play Console (GODEV) yang pada saat itu berkeinginan saya jual karena saya lihat di situs projects.co.id banyak sekali owner yang memposting mencari akun GODEV dengan harga yang relatif,akhirnya saya tawarkan kepada salah satu owner bernama @Rizky14 saya menjual akun buatan tahun 2023 Agustus dengan bid harga Rp.2.500.000 dan owner @Rizky14 menyetujuinya.

    sebelum kita ke point permasalahan mari kita bahas point-point peraturan dan hak dari projects.co.id untuk worker.

    Berikut adalah hal yang "dilarang" oleh worker:
    1.Membatalkan project ketika owner sudah menyelesaikan pembayaran biaya project atau pada saat pekerjaan berjalan, hanya dapat dilakukan melalui jalur arbitrase.
    2.Membocorkan informasi atau dokumen yang diperoleh, kecuali dipersyaratkan oleh hukum atau kewenangan yang diberikan;
    3.Memberikan tanggapan palsu;
    4.Memberikan kritikan negatif atau yang tidak sehat,
    5.Memberikan komentar yang berlebihan atau yang merendahkan pihak lain;
    6.Terlibat konflik personal atau perlakuan yang tidak profesional;
    7.Terlibat dalam tindakan penipuan yang dilakukan oleh pengguna lain atau oleh pihak ketiga.

    Semua perselisihan tentang pekerjaan hanya diperbolehkan untuk diselesaikan melalui arbitrase.

    Penalty dan Reward
    1.Penalty dan reward diberikan kepada user untuk beberapa kasus atau tindakan sebagai berikut:
    "Penalty"
    2.Worker - Terlambat memberikan weekly report, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -1 (minus satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-1*nilai project/100.000).

    "Reward"
    1.Cancel project yang dimenangkan dikarenakan owner gagal bayar, mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar minimal 1 (satu) poin dan maksimal 20 (dua puluh) poin dari (accept budget/1.000.000), misal:
    2.Accept budget 50.000 maka 50.000/1.000.000 = 0,05 poin menjadi 1 poin;
    3.Accept budget 10.000.000 maka 10.000.000/1.000.000 = 10 poin
    4.Accept budget 100.000.000 maka 100.000.000/1.000.000 = 100 poin menjadi 20 poin;
    5.Memberikan testimony dan rating kepada owner terhadap hasil pekerjaan mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar 1 (satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (1*nilai project/100.000).

    "Cara Kerja"
    WORKER
    1.Ajukan Penawaran
    2.Ajukan tawaran.
    (Penawaran dilakukan secara tertutup)
    Lihat pada:
    My Account > My Bid
    3.Promosikan diri Anda & Tanyakan secara rinci project yang dimaksud.
    4.Kerjakan dan Upload
    Semua hasil kerja worker/freelancer di upload ke Projects.co.id , sebagai perlindungan terhadap hasil kerja worker ketika terjadi perselisihan/arbitrase.
    5.Terima Hasil
    Worker/freelancer mendapatkan bayaran sesuai dengan yang dijanjikan.

    Baik,sekarang dari inti semua point di atas adalah "Semua Permasalahan Dalam Project Yang Dikerjakan Harus Melalui Arbitrase" yang artinya jika owner telah memeriksa pekerjaan dan worker sudah mengupload seluruh pekerjaan nya setelah itu mengajukan "Report Done" dan owner juga sudah mengapprove pekerjaan worker,apakah hal tersebut artinya sudah sepakat di antara kedua pihak?
    menurut kalian bagaimana,pasti tentunya sudah terjadi kesepakatan bukan ?
    oke lanjut...
    setelah tahap di atas clear,maka worker mendapatkan hasil yang di janjikan seperti pada point "5" di alur "Cara Kerja",yang saya pertanyakan apakah ini sifat nya final tidak bisa di ganggu gugat atau bagaimana ?

    jadi intinya hasil kerja saya menjual akun Godev kepada owner @Rizky14 sebesar Rp.2.500.000 sia-sia mulai tanggal 22 - 27 Maret 2024 saya masih belum bisa menarik dana saya dengan alasan owner kesulitan untuk login ke akun Godev yang saya jual dan owner meminta bantuan saya untuk melakukan pemulihan akun.
    jelas saya tolak,karena hak saya tidak di berikan,apakah penolakan saya melanggar aturan dari projects.co.id ?
    menurut saya tidak melanggar,karena saya sudah melakukan kewajiban saya sebagai worker dan owner sudah menyetujuinya sebelum status project menjadi "closed",dan lucu nya lagi si owner juga sudah memberikan ulasan rating kepada saya,namun kenapa hak worker masih bisa di tahan padahal sudah jelas bahwa point 5 worker akan mendapatkan bayaran sesuai yang di janjikan.
    saya sangat kecewa ternyata di situs projects.co.id tidak ada perlindungan untuk worker yang ada hanya merugikan saja.

  2. bener pak seharusnya tidak ada hak sih untuk penahanan saldo karena biar bagaimanapun yang namanya akun google kalau terlalu banyak pindah device pasti terdeteksi seperti aktifitas mencurigakan gitu yang pada akhirnya membuat kita kesusahan login,menurut saya itu murni kesalahan worker kenapa akun nya di pindah2 device sebelum 3 hari gitu.

  3. 4 weeks ago

    Penahanan saldo itu kewenangan Projects.co.id lantaran biasanya ada laporan dari owner bahwa terjadi masalah dengan hasil pekerjaan yang diterima oleh owner. Langkah pertama silahkan chat atau contact projects.co.id untuk mendapat kejelasan masalah tersebut. Dana sudah disaldo anda kan? Itu akan cair kalau masalah yang diajukan owner clear/ terselesaikan. Dalam hal ini @Rizky14 akan diminta oleh projects.co.id untuk konfirmasi di tread project bersangkutan bahwa masalah sudah clear, dari situ projects.co.id akan membuka blokir agar dana dapat dicairkan oleh worker. Demikian pengalaman yang pernah saya alami.

  4. Edited 4 weeks ago by h20studio

    @papaunch iya bang entah lah apa yang di pikirkan admin projects.co.id ?
    Padahal jelas banget bahwa si owner @Rizky14 sudah terbiasa menggunakan Arbitrase dalam transaksi jual beli akun nya
    Profile Arbitrase Rizky14 lalu kenapa ketika memang beneran akun bermasalah tidak mengajukan arbitrase saja ke projects nya,ini malah approve dan memberikan rating ke saya dan ini percakapan saya di whatsapp,
    1. Percakapan Whatsapp Owner Meminta Aktifkan Verifikasi 2 FA dengan Nomor Handphone Owner

    2.Proses Rubah Nomor dan

    3. Verifikasi 2 FA Berhasil di rubah

    tapi aneh nya kok pihak projects.co.id malah menahan dana saya ya ????
    katanya situs freelance terpercaya rekber nya aman,tapi saldo 2.500.000 saja di tahan² payahh...sudah 5 hari loh gak ada update dari admin,di tanya lewat support email pun pihak admin nya gak mau jawab.
    mau bicara kasar saya takut di banned, jadi pasrah saja lah mungkin buat buka puasa di kantor :D

  5. Untuk para worker jangan pernah mau kalian menjual akun godev kepada owner @Rizky14 sebab orang ini akan membuat laporan palsu berpura-pura akun di hack kembali pada pemilik awal nya agar dana bisa dia refund kembali.
    Ketika akun google semua data telah di rubah dan password telah di rubah maka dia akan sengaja login menggunakan perangkat baru lagi agar notif yang muncul "terdeteksi aktifitas mencurigakan,akun disable atau terkunci" seolah-olah perbuatan tersebut adalah perbuatan pemilik aslinya padahal sudah jelas password dan data recovery email & no hp sudah di rubah lalu bagaimana pemilik aslinya bisa merubah password nya kembali tanpa harus melakukan verifikasi otp dari nomor yang terdaftar?
    hal tersebut di manfaatkan oleh owner @Rizky14 jadi saya sarankan jangan pernah mau menjual kepada orang tersebut -image-

  6. Deleted 5 weeks ago by h20studio
  7. Edited 4 weeks ago by manakreatif

    Penahanan saldo itu kewenangan Projects.co.id lantaran biasanya ada laporan dari owner bahwa terjadi masalah dengan hasil pekerjaan yang diterima oleh owner. Langkah pertama silahkan chat atau contact projects.co.id untuk mendapat kejelasan masalah tersebut. Dana sudah disaldo anda kan? Itu akan cair kalau masalah yang diajukan owner clear/ terselesaikan. Dalam hal ini @Rizky14 akan diminta oleh projects.co.id untuk konfirmasi di tread project bersangkutan bahwa masalah sudah clear, dari situ projects.co.id akan membuka blokir agar dana dapat dicairkan oleh worker. Demikian pengalaman yang pernah saya alami. Anda juga silahkan konfirmasi di tread project tersebut bahwa masalah sudah terselesaikan.

  8. Kemarin aja komplain terlalu banyak penawaran soal akun Godev, tidak ada respon dari admin. Eh ternyata bermasalah. Sebaiknya diblokir saja penjualan akun semacam ini.

  9. @brudiansyah Kemarin aja komplain terlalu banyak penawaran soal akun Godev, tidak ada respon dari admin. Eh ternyata bermasalah. Sebaiknya diblokir saja penjualan akun semacam ini.

    ya tentu sangat jelas itu gak akan di tanggapi mas, karena projects tersebut menghasilkan fee yang cukup singkat/instant karena rata-rata transaksi akun godev hanya 1-2 hari saja dan nominal nya juga lumayan besar jadi fee potongan untuk admin juga lumayan kan wkwkwk :D
    padahal sudah jelas di projects.co.id ada fitur yg namanya buy & sell dan transaksi akun godev ini sudah termasuk dalam kategori jual-beli seharusnya si owner bukan memposting projects seperti itu karena jelas project & jual-beli itu adalah jalur yang berbeda.
    tapi aneh nya si admin sudah tau itu adalah jual-beli tapi kok di approve itu postingan projects nya :D
    apakah ada rahasia perusahaan yang tidak bisa di ungkapkan ? :D

  10. Setelah saya membuat postingan ini, saya mendapat email dari admin bahwa saya harus mengklarifikasi postingan saya dengan kata "maaf", dan saya jawab "maaf" juga saya tidak bisa mengklarifikasi postingan saya karena saya di sini merasa benar lalu saya di ancam mau di bawa ke jalur hukum,ya silahkan saja jika mau di bawa ke hukum dan saya juga akan menuntut atas kerugian saya yang di akibatkan oleh pihak konsumen sesuai pasal 1238 KUH Perdata.

  11. Admin4

    Mar 30 Administrator
    Edited 4 weeks ago by Admin4

    Halo rekan rekan projects.co.id

    Projects.co.id sudah berusaha secara baik baik kepada h20studio untuk menyelesaikan permasalahan ini, tapi sepertinya h20studio tidak menunjukan itikad baiknya.
    Perlu kami klarifikasi, pada kasus ini h20studio telah melakukan tindakan yang melawan hukum, semua informasi tentang h20studio telah tersedia di team kami.
    Tindakan melawan hukum disini secara eksplisit dilakukan oleh akun papaunch, hal ini dikarenakan akun papaunch juga adalah orang yang sama dengan akun h20studio. Informasi dari tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh akun papaunch juga sudah tersedia.
    Projects.co.id tidak ingin permasalahan ini sampai kepada pihak yang berwajib, karena dampaknya akan sangat menyakitkan bagi pihak yang bersalah. Tapi semuanya bergantung dari h20studio.
    Sebenarnya h20studio sudah terlebih dulu melakukaan ancaman kepada projects.co.id dikarenakan penahanan dana tersebut, adapun ancamannya sebagai berikut:

    • Mengancam akan melaporkan ke pihak OJK;
    • Mengancam akan menyebarkan ke forum freelancer dan seluruh group freelancer.

    Akhirnya admin membuka informasi dan bukti valid yang sudah dikumpulkan team projects.co.id kepada h20studio sebagai dasar pertimbangan mengapa dananya ditahan.
    Ada 3 instruksi yang diberikan kepada h20studio :

    1. Mengembalikan akun axxydev;
    2. Mengembalikan akun yang dibeli oleh rizky14 atau dana akan dikembalikan kepada rizky14;
    3. Melakukan klarifikasi di community.

    Dari informasi yang kami sampaikan kepada h20studio tersebut, akhirnya h20studio sempat memberikan respon yang positif untuk memperbaiki kesalahannya:

    Your Name: h20studio
    Email Address: [email protected]
    Question: Saya sedang proses pemulihan akun dengan @axxydev setelah ini selesai saya akan urus kembali akun milk @Rizky14

    Tapi kami pantau h20studio sampai batas waktu yang kami berikan tidak ada tindakan real yang dilakukan, bahkan entah kenapa selanjutnya kami lihat h20studio tidak menunjukkan sikap yang kooperatif.
    Perlu diketahui akun axxydev ini adalah korban dari perbuatan yang dilakukan oleh akun papaunch. Semua informasi tentang perbuatan melawan hukum yang dilakukan akun papaunch terhadap akun axxydev sudah tersedia.
    Akun papaunch juga sudah berusaha melakukan tindakan mencari keuntungan sepihak kepada akun hadi.np , tapi untungnya hadi.np bisa cepat menyadari adanya gelagat yang tidak baik dari papaunch.
    Untuk detail permasalahan yang terjadi sengaja tidak mimin sampaikan, ini hanya garis besarnya saja. Informasi ini kami sampaikan agar tidak ada kesalahfahaman terhadap rekan rekan projects.co.id , sebagai akibat dari informasi palsu yang disampaikan h20studio.
    Projects.co.id sudah berkomitmen untuk menjadi Freelancer Marketplace yang Jujur, Adil dan Transparan.
    Untuk permasalahan ini akhirnya kami kembalikan kepada h20studio, apakah mau mengambil jalan mudah atau mau mengambil jalan susah.

  12. Mengingat besarnya resiko dan celah untuk melakukan kecurangan, ada baiknya transaksi jual beli akun apapun itu jenisnya dilarang. Ini demi perlindungan dan kebaikan semua pihak. Itu saja saran saya Min

  13. Edited 4 weeks ago by h20studio

    @Admin4 Halo rekan rekan projects.co.id

    Projects.co.id sudah berusaha secara baik baik kepada h20studio untuk menyelesaikan permasalahan ini, tapi sepertinya h20studio tidak menunjukan itikad baiknya.
    Perlu kami klarifikasi, pada kasus ini h20studio telah melakukan tindakan yang melawan hukum, semua informasi tentang h20studio telah tersedia di team kami.
    Tindakan melawan hukum disini secara eksplisit dilakukan oleh akun papaunch, hal ini dikarenakan akun papaunch juga adalah orang yang sama dengan akun h20studio. Informasi dari tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh akun papaunch juga sudah tersedia.
    Projects.co.id tidak ingin permasalahan ini sampai kepada pihak yang berwajib, karena dampaknya akan sangat menyakitkan bagi pihak yang bersalah. Tapi semuanya bergantung dari h20studio.
    Sebenarnya h20studio sudah terlebih dulu melakukaan ancaman kepada projects.co.id dikarenakan penahanan dana tersebut, adapun ancamannya sebagai berikut:

    • Mengancam akan melaporkan ke pihak OJK;
    • Mengancam akan menyebarkan ke forum freelancer dan seluruh group freelancer.

    Akhirnya admin membuka informasi dan bukti valid yang sudah dikumpulkan team projects.co.id kepada h20studio sebagai dasar pertimbangan mengapa dananya ditahan.
    Ada 3 instruksi yang diberikan kepada h20studio :

    1. Mengembalikan akun axxydev;
    2. Mengembalikan akun yang dibeli oleh rizky14 atau dana akan dikembalikan kepada rizky14;
    3. Melakukan klarifikasi di community.

    Dari informasi yang kami sampaikan kepada h20studio tersebut, akhirnya h20studio sempat memberikan respon yang positif untuk memperbaiki kesalahannya:

    Tapi kami pantau h20studio sampai batas waktu yang kami berikan tidak ada tindakan real yang dilakukan, bahkan entah kenapa selanjutnya kami lihat h20studio tidak menunjukkan sikap yang kooperatif.
    Perlu diketahui akun axxydev ini adalah korban dari perbuatan yang dilakukan oleh akun papaunch. Semua informasi tentang perbuatan melawan hukum yang dilakukan akun papaunch terhadap akun axxydev sudah tersedia.
    Akun papaunch juga sudah berusaha melakukan tindakan mencari keuntungan sepihak kepada akun hadi.np , tapi untungnya hadi.np bisa cepat menyadari adanya gelagat yang tidak baik dari papaunch.
    Untuk detail permasalahan yang terjadi sengaja tidak mimin sampaikan, ini hanya garis besarnya saja. Informasi ini kami sampaikan agar tidak ada kesalahfahaman terhadap rekan rekan projects.co.id , sebagai akibat dari informasi palsu yang disampaikan h20studio.
    Projects.co.id sudah berkomitmen untuk menjadi Freelancer Marketplace yang Jujur, Adil dan Transparan.
    Untuk permasalahan ini akhirnya kami kembalikan kepada h20studio, apakah mau mengambil jalan mudah atau mau mengambil jalan susah.

    Nih saya jelasin:
    1.memulihkan akun google itu gak mudah,karena di perangkat saya pun tidak bisa melakukan request otp pemulihan akun ke nomor recovery yang telah di ganti oleh owner @Rizky14 bukan saya tidak melakukan tindakan apapun,saya rasa admin pun tau jika akun gmail data recovery nya telah di rubah maka untuk mulihkan akun tersebut butuh otp pemulihan ke nomor/email yg telah di daftarkan pada akun tersebut.

    2.saya mengancam karena menurut saya,saya tidak bersalah saya sudah menyelesaikan kewajiban saya dan pihak owner pun telah memberikan rating project tersebut,dan kami sebelumnya sudah melakukan perjanjian bahwa jika akun sudah berpindah tangan maka saya akan lepas tanggung jawab segala resiko di tanggung oleh pihak pemegang data terakhir,jika perihal ini di kaitkan dengan masalah peretasan maka kembali lagi seperti yang saya jelaskan maka itu adalah resiko dari owner karena kelalaiannya telah melogout akun tersebut dari perangkat nya.

    3.masalah untuk membantu atau tidak nya itu adalah hak worker untuk memberikan toleransi namun jika usaha worker dalam membantu tidak membuahkan hasil maka bukan berarti saldo yang seharusnya menjadi hak worker malah di tarik kembali :D

    4.hal yang lebih lucu setelah kejadian ini kenapa pihak admin projects.co.id baru sadar atas resiko jual-beli akun gmail seperti pada pesan email ini

    inti dari masalah ini, untuk kalian admin projects.co.id jangan selalu merasa benar sebagai penengah karena terkadang kita sebagai manusia bisa lalai akan peraturan yang telah kita buat sendiri.

    situs freelance yang internasional seperti "fastworks" saja tidak seperti ini, sementara itu saja terimakasih

  14. oya 1 lagi masukan untuk admin, tolong tegur para owner yang membuat postingan projects membeli akun developer android/ios/ads yang postingan nya berulang kali dalam 1 hari bisa sampai 5 project dengan isi postingan yg sama,hal tersebut seperti spam.
    seharus nya mereka itu transaksi melalui fitur buy & sell product digital bukan nya malah membuat postingan project pekerjaan seperti itu karena sudah berbeda jalur nya,kecuali mereka membuat postingan projects untuk minta di bantu buatkan akun developer dari 0 nah itu baru namanya project.

  15. Deleted 4 weeks ago by Admin4
  16. Admin4 Halo @h20studio
    Jika Anda merasa benar terhadap kasus ini dan Anda tidak merasa melakukan kesalahan yang fatal, silahkan sertakan data pribadi Anda, setidaknya KTP Anda saja, agar semua permasalahan bisa kita selesaikan secara proporsional, tidak dengan asumsi semata.
    Kami sangat menghargai Anda jika Anda mau menyerahkan data pribadi Anda.
    Anda bisa serahkan data pribadi Anda melalui Contact Form, agar data Anda tetap terjaga.

    Perlu Anda ketahui Fitur Product itu adalah untuk product hasil karya seller sendiri, dimana setiap produk yang dijual oleh seller maka seller harus menyertakan source code asli dari product yang dimaksud untuk ditest oleh tim kami, dan product yang dimaksud juga sifatnya bisa dijual secara berulang jadi bukan sekali jual.

    Jika saya menyertakan identitas saya, lalu masalah apa yang dapat di selesaikan?
    Apakah saya mendapatkan hak saya kembali?
    Atau bagaimana?

    Jelas saldo balance saya sudah di tarik kembali oleh pihak admin dan di refund ke owner,lalu untuk apa saya menyertakan identitas saya lagi jika saldo tidak dapat di kembalikan ke saya.

  17. Deleted 4 weeks ago by Admin1
  18. Admin4

    Apr 2 Administrator

    Halo @h20studio

    Kami sudah memberikan instruksi yg jelas kepada anda untuk menyelesaikan permasalahan anda dengan beberapa user. Tetapi sampai waktu yg ditentukan, anda tidak melakukannya dan tidak pernah memberikan klarifikasi atau komunikasi lebih lanjut. Atas dasar itu, selanjutnya dana sudah kami kembalikan kepada Owner. Jadi tindakan kami sudah sesuai dengan aturan main dan berdasar kuat. Berkoar-koar seperti ini di Community Forum tidak akan mengubah keputusan kami dan tidak ada gunanya lagi.

    Jika anda memang berniat baik untuk mencoba menyelesaikan kembali permasalahan dengan user-user tersebut, kami bersedia untuk berusaha memfasilitasi kembali dengan mengundang dan membujuk user-user tersebut. Itu juga jika mereka masih bersedia untuk melakukan transaksi dengan anda.
    Untuk selanjutnya kita selesaikan saja secara privat.

  19. Deleted 4 weeks ago by Admin4

to reply!