Ini website apa sih? Saya ingin mengerjakan project, bagaimana caranya?

  1. 4 years ago
    Edited 4 years ago by SuperXX2

    Projects.co.id adalah situs yang mempertemukan pemilik project (project owner) dengan pekerja/worker/freelancer. Worker/freelancer memberikan penawaran harga kepada project owner dengan cara bidding (lelang). Projects.co.id juga adalah product digital marketplace yang memungkinkan seller menjual produk digital siap pakai.

    Katakanlah Anda ingin mengerjakan project. Setelah melihat-lihat project yang masih tersedia di menu "Browse Projects" (http://projects.co.id/public/browse_projects/listing ), Anda ingin mengerjakan salah satu project yang sesuai dengan skill Anda. Anda kemudian memberikan penawaran (mem-bid) dengan mengklik pada tombol "Place New Bid".

    Katakanlah published budget untuk project tersebut adalah Rp 5jt dan Anda mem-bid di harga Rp 4jt. Apakah Anda pasti memenangkan project tersebut? Tidak ada jaminan, karena worker lain juga mem-bid project tersebut dan kita tidak tahu di harga berapa mereka memasang bid untuk project tersebut.

    Apakah harga bid termurah selalu memenangkan project? Tidak juga, karena project owner bukan hanya melihat harga bid sebagai satu-satunya faktor, tetapi juga melihat profil, portfolio, reputasi dan apakah Anda mampu meyakinkan mereka bahwa Anda adalah worker/freelancer yang tepat untuk mengerjakan project tesebut (lihat link ini: http://www.projects.co.id/community/12-tip-dan-trik-untuk-memenangkan-project-yang-di-bid )

    Cara terbaik untuk memperbesar kemungkinan Anda memenangkan sebuah project adalah dengan membaca dan mempraktekan tip and trik yang dijelaskan diatas, BUKAN dengan cara memberikan penawaran harga yang semurah-murahnya.

    Bolehkan Anda mem-bid diatas harga published budget?
    Lihat jawabannya di http://www.projects.co.id/community/27-bolehkan-saya-mem-bid-diatas-harga-published-budget

    Baiklah, Anda memenangkan project tersebut. Selanjutnya bagaimana?
    Anda akan diberitahu oleh sistem. Setelah project owner mentransfer uang 100% ke rekening projects.co.id , Anda dapat mulai bekerja. Anda dapat berkomunikasi dengan project owner melalui thread ataupun melalui fasilitas realtime chat. APAPUN YANG ANDA LAKUKAN, ANDA HARUS BERKOMUNIKASI LEWAT PROJECTS.CO.ID (jangan misalnya menggunakan email ataupun chat diluar sistem projects.co.id ) karena jika ini Anda lakukan dan ketika terjadi masalah/sengketa yang mengharuskan tim arbitrase projects.co.id turun tangan untuk melakukan investigasi mengenai siapa yang "bersalah", kami mungkin akan mengambil kesimpulan yang keliru karena acuan kami hanyalah log conversation Anda dan project owner di thread dan di chat dalam sistem projects.co.id. PROJECTS.CO.ID TIDAK DAPAT MELINDUNGI ANDA JIKA ANDA MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN PROJECT OWNER DILUAR PROJECTS.CO.ID.

    Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan 100% dan project owner menyetujuinya, Anda dapat melakukan penarikan dana dari projects.co.id. Projects.co.id akan melakukan pembayaran ke Anda dikurangi fee mediasi 12% (http://projects.co.id/public/pages/pricing ). Jika Anda tidak menyelesaikan project, dana project owner akan dikembalikan 100%. Sistem escrow projects.co.id menjamin bahwa "pekerjaan selesai atau uang kembali."

    Ada pertanyaan? silahkan ditanyakan di thread ini ya :)

  2. Maksudnya arbitrase disini gimana mas bro...?

  3. @TeguhAJ0104, arbitrase itu saat owner dan worker tidak sepakat. Misalnya project owner mengatakan bahwa project belum tuntas/belum selesai, namun menurut pihak worker sudah selesai/tuntas sehingga tidak ada yang perlu dikerjain lagi. Dalam hal ini, salah satu pihak yang tidak puas berhak untuk menempuh jalur arbitrase, yakni meminta pihak ketiga (dalam hal ini pihak ke-3 nya adalah projects.co.id ) untuk memutuskan siapa yang "bersalah."

  4. ok mas bro, saya makin yakin lagi nih, jadi projects.co.id istilahnya tidak akan cuci tangan kalau terjadi perselisihan.... gitu kan? itu namanya baru tanggung jawab, jadi tidak sekedar memfasilitasi kerjasamanya saja, tapi juga memediasi ketika terjadi perselisihan....... ok sip, saya setuju sekali. saya sudah g ragu lagi sekarang..... thanks mas bro...:)

  5. @TeguhAJ0104 , emang sebelumnya ragu? hehe :D :D :D

  6. 2 years ago

    newbie disini! saya juga mau ikut bid u/ pertama kali, setelah itu muncul form, dan ketentuan di project.id (tdak seperti di freelancer.com ) harus kerjakan dulu project nya sebagian yah? benar itu?

  7. @taneutaria: tidak perlu mengerjakan sebagian projectnya dulu kok. Itu halaman untuk memberikan bid. Lebih detil bisa lihat di sini: https://projects.co.id/public/tips/view/4c1611/salah-satu-rahasia-terbaik-untuk-memenangkan-bidproject

to reply!