• (022) 8788 2588

Salah Satu Rahasia Terbaik untuk Memenangkan Bid/Project

 

  • Published by superadmin
  • 26/04/2015 14:48:26 WIB

[Update: Baca juga "10 Jurus Sakti untuk Memenangkan Project" dan "Freelancer, 4 Hal Penyebab Owner Ilfil dan 1 Hal yang Membuat Owner Manapun Tidak Akan Sanggup Menolak Bid Anda"]


Salah satu yang menyebabkan Anda memenangkan (atau kalah) bid/project adalah pitching. Pitching adalah pesan apa yang Anda kirim kepada project owner saat melakukan bid. Di Projects.co.id, itu berarti pesan yang Anda kirim saat ini meng-klik tombol Place New Bid.

2015071455a4ac829d3d2.jpg


dan apa yang Anda ketik di kotak message yang tampil setelah tombol Place New Bid di klik:

  2015071455a4aab746c86.jpg
  2015071455a4aacc5f920.jpg

Pelajarilah contoh pitching yang bagus dan buruk seperti terlihat di bawah ini.

Contoh pitching yang bagus

Selamat siang,

Perkenalkan, saya [nama] bertempat tinggal di [lokasi].

Sampai dengan saat ini, saya telah bekerja sebagai tenaga lepas/freelance untuk beberapa bisnis seperti:
- Commercial real estate Developer
- Online retailer
- Event organizer
- Design agency

Dengan beberapa scope pekerjaan sbb:
- Design Creative
- Web design & build
- Marcomm, PR (b2b dan b2c)

Saya memenuhi kriteria yang dimaksud dengan kemampuan Adobe Photoshop & Illustrator dalam level advance. Dan memiliki gaya desain clean urban. 

Berikut saya sertakan beberapa portfolio dalam bentuk images yang telah saya kerjakan.

Untuk project yang sedang saya kerjakan dengan scope develop web adalah sbb:
- www.abc.com
- www.def.com
- www.ghi.com

Terima kasih atas waktunya, saya mengharapkan kerjasama ini dapat terjalin.


Saya tertarik untuk menjadi team anda sebagai UX designer. pengalaman saya di bidang design interface sudah lebih dari 3thn. beberapa perusahaan seperti PT. XYZ (YYY Group), DEF pernah menggunakan jasa saya untuk beberapa project-nya. senang apabila saya diberi kesempatan untuk menjadi bagian dr team Bapak.


Dear Pak abc,

Saya yyy, web desainer domisili Tangerang-Jakarta dengan pengalaman 4 tahun dalam pengerjaan Web Design, mobile web dan membuat wireframe untuk aplikasi android. Salah satu situs yang telah saya kerjakan dan masih aktif adalah: 
- aaa.com
- bbb.com

Dengan pengalaman dan pengerjaan tersebut saya dapat yakin dapat memenuhi dan membantu kebutuhan dan ekpektasi desain Bapak. Saya melampirkan portfolio dan beberapa link informasi tentang saya.

CV Online     : id.linkedin.com/pub/yyy/
Portfolio       : projects.co.id.abc.com/yyy/

Terima kasih atas perhatian Bapak.


Halo, saya tertarik dengan projek yang Saudara tawarkan untuk menulis artikel tentang yyy. 

Sebagai gambaran atas pengetahuan saya tentang bidang tersebut: saya terbiasa membuat layout majalah, sehingga tidak terlalu buta dengan dunia desain grafis. Latar belakang pendidikan saya sangat erat berkaitan dengan teknologi. Dengan demikian, pengetahuan tentang gadget berkaitan dengan bidang yang saya tekuni. 

Demikian penawaran saya ajukan. Terima kasih atas perhatian Saudara dan saya tunggu kabar baik dari Saudara :).



Saya memiliki pekerjaan sebagai desain grafis. saya juga sering menulis dan tulisan sy sdh sering dimuat di koran-koran Makassar. Saya memiliki keilmuan yang berkaitan dengan desain grafis, sehingga saya merasa cocok dengan pekerjaan ini. 


Selamat pagi, Pak :) Saya berminat dengan pekerjaan ini. Pengalaman selama saya menulis bisa anda lihat di beberapa situs berikut:
- blabla.com : kategori : singapore, Jepang, Hong Kong, Macau
- yyy.id : kategori : Malaysia, Yogyakarta, Swiss, Amerika Serikat
- zzz.co.id : kategori : Liga Spanyol

Saya sertakan contoh artikel yang pernah saya tulis di attachment.


Hi,

Perkenalkan saya yyy. Saya sangat tertarik untuk dapat bergabung dengan tawaran project  ditempat Anda.Saya tertarik dengan tawaran Anda sebagai jasa penulisan artikel sesuai tema yang ditentukan.Berikut saya lampirkan contoh artikel t ulisan saya asli sesuai tema yang diiklankan. Saya menyukai hal- hal baru dan sangat terbuka dengan saran dan kritik.

Terima kasih atas perhatiannya.


Perkenalkan saya yyy, programmer yang sudah berpengalaman membuat plugin WordPress. Silakan cek portofolio plugin-plugin WordPress yang sudah saya bikin di zzz.com. 

Maaf saya menawarkan jasa melebihi biaya yang Anda publish, karena harga standar plugin seperti 
yang diinginkan lebih besar.

Saya sudah berpengalaman membuat plugin aaa, (tidak bisa saya publish, namun yang jelas, auto-post artikel-artikel dari situs berita terkenal). 

Semoga tertarik dengan penawaran saya ini. Terima kasih.


Selamat Sore,

Saya tertarik untuk mengikuti pembuatan Logo yg di siarkan di web Projects.co.id.

Saya menawarkan hasil kerja yg sudah saya kerjakan berupa JPG, semoga nanti jika saudara cocok, saya akan kirimkan File berupa vectornya. Terimakasih.

Salam sejahtera,
Xyz


Hai Owner abc,

Senang bisa mengajukan proposal untuk bekerja sama dengan anda dalam hal Logo Designing. Saya akan sedikit memberikan informasi latar belakang saya. Saya sendiri sebagai Designer Logo Profesional, sudah tergabung di komunitas designer dunia di yyy. Saya sudah berhasil menyelesaikan 2 kontes untuk membuat logo perusahaan internasional sebagai juara 1 dan lima kali sebagai runner-up (Pesaing kontes dari seluruh dunia). Jika anda tertarik untuk melihat profil dan portofolio design hasil karya saya di yyy anda bisa melihatnya zzz. 

Oh iya sebelumnya saya juga telah menyelesaikan proyek disini untuk membuat logo sebuah produk kopi yang dipasarkan di seluruh Indonesia. Saya juga baru saja menyelesaikan design logo untuk label fashion pakaian anak di Indonesia, lalu juga project design logo untuk website seluler. Setelah itu juga project yg baru saya selesaikan beberapa hari yg lalu, yaitu logo untuk perusahaan logistik dan travel serta sebuah logo untuk website travel online baru semacam traveloka. Yang lebih menyenangkan lagi, saya juga mendapat respon sangat positif dari kelima owner project sebelumnya karena si owner juga puas dengan hasil kerja saya, dan saya mendapat rating yang tinggi (Anda bisa melihat profil PROJECTS.CO.ID saya DISINI). Kini saya menempati peringkat zyz dari ggg freelancer yang ada di PROJECTS.CO.ID.

Dan kini saya menawarkan kepada anda untuk bisa menggunakan keahlian saya untuk mewujudkan logo yg sesuai dengan harapan anda.

Mohon diberikan balasannya. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga anda tertarik untuk kerjasama dengan saya.

Regards,
Rrr


Contoh pitching yang buruk

Saya tertarik untuk proyek ini

Saya ingin mencoba menyelesaikan project ini

Saya biasa membuat aplikasi Android, bila memang ada project dapat menghubungi saya di [email protected]

Saya berminat dengan kerja yang anda tawarkan.. Jika memang anda juga berminat dg tawaran jasa 

saya, silakan pilih saya.

Misi gan..ane minat ama job agan

halo kami dari xyz, perusahaan bergerak di bidang design grafis. Kami bisa membuatkan logo yang anda butuhkan.

I will give your new great logo

saya akan mengajukan logo untuk bapak/ibu ditempat,kami dari xyz akan mencoba sekuat tenaga kami, terima kasih.

Saya tertarik dan bisa buatkan logo yg diminta.Hubungi saya utk proyek ini.

Saya tertarik dengan proyek ini. saya bisa membuatkan logo lengkap dengan makna filosofi logo tersebut.

Ayo kami selesaikan dengan cepat !! ^_^

Saya tertarik dan siap untuk mengerjakan project yang bapak tawarkan. Terima kasih.

Saya akan buatkan desain yang menarik dan tentu saja sesuai dengan keinginan ibu/bapak.

halo, saya saya tertarik mengerjakan design logo saudara sesuai dengan kriteria dan visi misi, juga dikerjakan secepatnya

Bos aku saja yah


Seperti dilihat, pitching yang bagus menjelaskan siapa diri Anda, apa keahlian Anda, project sejenis apa yang pernah (dan sudah diselesaikan Anda) dan mengapa project owner harus memilih diri Anda bahkan dengan harga penawaran (bid) yang diatas published budget.

Pitching yang buruk tidak mejelaskan apapun, cenderung kering dan terkesan apa adanya. Jika Anda tidak ingin bersusah payah memberikan penawaran terbaik Anda, project owner juga tidak akan bersusah payah mempertimbangkan penawaran Anda.

Pitching saat bid adalah kesempatan terbaik Anda untuk memberikan kesan berharga. Bukankah waktu terlalu singkat untuk melakukan hal yang biasa-biasa saja? :)


Comments