• (022) 8788 2588

10 Jurus Sakti untuk Memenangkan Project

 

  • Published by WiroHardy
  • 29/06/2015 21:32:29 WIB

[Update 08 Oktober 2015: baca juga "Freelancer, 4 Hal Penyebab Owner Ilfil dan 1 Hal yang Membuat Owner Manapun Tidak Akan Sanggup Menolak Bid Anda"]

[Baca juga: "Salah Satu Rahasia Terbaik untuk Memenangkan Bid/Project"]


Heran mengapa sebagian freelancer secara rutin memenangkan project sedangkan sebagian lagi tampaknya kesulitan? Tidak, ini tidak ada hubungannya dengan ritual di gunung ataupun ramuan Panoramix :D

Kali ini kami mengumpulkan dan membagikan 10 tip dan trik bagi freelancer untuk memperbesar kemungkinan memenangkan project. Tips-tips ini kami tulis berdasarkan pengamatan terhadap worker-worker yang sering memenangkan projects di Projects.co.id.

  1. Halaman profile (perkenalan, skill, foto, portofolio)
    Halaman profile adalah kesempatan terbaik untuk menjelaskan siapa diri Anda: apa pekerjaan Anda, kenapa Anda sangat ahli melakukan pekerjaan Anda, kenapa project owner harus mempertimbangkan bid Anda, kenapa Anda dapat dipercaya, award-award yang pernah Anda terima, portofolio Anda, dan lain-lain. Freelancer yang sukses memenangkan project umumnya memanfaatkan halaman ini dengan baik.

    Silahkan pelajari beberapa artikel ini:
    https://projects.co.id/public/tips/view/171611/pentingnya-mempermak-halaman-profil
    https://projects.co.id/public/tips/view/4b1611/freelancer-kenapa-aku-mah-apa-atuh-adalah-salah-satu-strategi-terburuk-anda
    https://projects.co.id/public/tips/view/521611/fitur-menyisipkan-embed-video

  2. Pitching (pesan) pada saat memberikan penawaran (bid)
    Salah satu yang menyebabkan Anda memenangkan (atau tidak memenangkan) bid/project adalah pitching. Pitching adalah pesan apa yang Anda kirim kepada project owner saat melakukan bid. Di Projects.co.id, itu berarti pesan yang Anda kirim saat ini meng-klik tombol Place New Bid.

    Untuk mempelajari contoh pitching yang bagus (dan tidak bagus), pelajari tulisan ini: https://projects.co.id/public/tips/view/4c1611/salah-satu-rahasia-terbaik-untuk-memenangkan-bidproject

    Worker/freelancer professional biasanya sudah menyediakan template khusus untuk setiap bid yang menyertakan contoh-contoh kerja dan/atau link-link portofolio mereka. Tinggal dimodifikasi sedikit setiap kali mau bid, beres deh.

  3. Membalas pesan masuk dengan cepat. Manfaatkan fitur reply by email.
    Kecepatan Anda merespon pertanyaan atau request project owner sangat menentukan keberhasilan bid. Oleh sebab itu, gunakanlah alamat email dan nomor handphone yang sering Anda pantau.

    Jika Anda perlu merubah alamat email atau nomor handphone yang terdaftar di situs Projects.co.id, silahkan login, kemudian klik My Account >> My Profile >> Change Email atau Change Handphone.

    2015062955915073d3e02.jpg

    Untuk membalas dengan cepat pesan yang masuk, gunakan fitur Reply by Email. Dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan-pesan yang masuk dengan cara mereply email seperti mereply email biasa saja.

    Mengenai fitur Reply by Email ini dan cara kerjanya, silahkan baca:
    https://projects.co.id/public/tips/view/501611/reply-by-email-fitur-yang-memungkinkan-anda-membalas-pesan-hanya-dengan-cara-me-reply-email

  4. Kerjakan project-project kecil terlebih dahulu
    Project-project kecil memang bayarannya sedikit, namun pengerjaannya relatif cepat dan relatif lebih mudah. Setelah mendapat rating dan feedback bagus, baru deh bid project-project yang nilainya lebih besar.

  5. Tetap berikan respon yg bagus meskipun tidak memenangkan bid
    Freelancer sukses berpikir jangka panjang. Saat tidak memenangkan bid pun, frelancer jenis ini tetap memberikan respon yang positif kepada project owner karena mereka tahu bahwa selalu ada kemungkinan project owner yang sama memiliki project lain di kemudian hari.

    Mengirim pesan seperti ini setelah mengetahui bahwa Anda tidak berhasil memenangkan project: "Sukses ya Pak dengan projectnya. Jika ada project lain nanti, pertimbangkan bid saya lagi ya :)" akan membuat project owner menghargai Anda.

  6. Tidak perlu memaksakan diri untuk memperoleh project yg bayarannya menurut Anda terlalu kecil
    Murah dan mahal, susah dan gampang sangat relatif untuk setiap orang. Bisa saja bagi seorang freelancer suatu project dianggap nilainya tidak setara dengan beban kerjanya, sedangkan bagi freelancer yang lain nilainya sangat sesuai karena freelancer ini sudah pernah membuat aplikasi serupa, jadi tinggal memodifikasi, atau freelancer ini punya teknologi terbaru yg dapat mempercepat proses pengerjaan.

  7. Bid hanya project yang DAPAT dan MAU Anda kerjakan
    Jika Anda memenangkan project namun Anda tidak dapat dan/atau tidak mau mengerjakannya, Anda akan mendapatkan rating dan feedback buruk yang akan sangat berpengaruh pada kesempatan Anda memenangkan project lagi di kemudian hari. Jangan lakukan ini.

  8. Sering online dan login di projects.co.id dalam waktu yang lama
    Salah satu keluhan project owner adalah sebagian freelancer memberikan kesan "bid and run". Setelah mereka memberikan penawaran (bid), mereka seakan-akan menghilang. Chat selalu offline dan pesan-pesan tidak (atau lama sekali) dibalas.

    Dengan Anda sering online dan login di projects.co.id dalam waktu yang lama, Anda akan gampang dihubungi oleh project owner melalui fitur online chat yang sudah disediakan. "Gampang dihubungi" adalah salah satu kelebihan terbaik Anda dan kelebihan ini sangat mudah dilakukan :)

    20150629559153a4eccb4.jpg

  9. Rating, point dan feedback adalah investasi yg sangat berharga
    Project owner tidak mengenal Anda. Mereka hendak meng-hire Anda, namun ingin memastikan apakah Anda pantas di-hire.
    Rating, point dan feedback yang sudah Anda dapatkan dari pengerjaan project-project sebelumnya menjelaskan banyak hal tentang Anda. Jika Anda memiliki rating, point dan feedback yang bagus, project owner tidak akan ragu untuk memilih Anda sebagai pemenang bid, terkadang bahkan meskipun Anda menawarkan harga yang lebih tinggi!

    Hindari menawarkan project owner melakukan transaksi di luar situs projects.co.id, karena selain tidak aman, Anda juga kehilangan rating, point dan feedback yang Anda butuhkan untuk memenangkan project-project berikutnya.

    Jika Anda adalah project owner, tulisan ini dan ini menjelaskan bagaimana projects.co.id melindungi kepentingan Anda.

  10. Attitude yang baik, sikap yang menyenangkan dan memiliki sopan santun adalah mata uang yang diterima dimanapun
    Semua orang suka dengan attitude yang baik, sikap yang menyenangkan dan sopan santun. Itu adalah mata uang yang berlaku di belahan bumi manapun. Pastikan Anda adalah freelancer yang seperti itu :)

Pelajari dan manfaatkan dengan baik 10 jurus sakti untuk memenangkan project ini ya.

Pertanyaan? komentar? Kemukakan melalui fasilitas komentar di bawah ini, kami akan berusaha secepat mungkin memberikan respon :)


Untuk terus mendapatkan informasi bermanfaat, follow twitter kami ya di @projectscoid

Projects.co.id adalah pasar online untuk mencari freelancer Indonesia berkualitas dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.

201506305591fd7cd7d7c.jpg

Comments