• (022) 8788 2588

Bagaimana Projects.co.id Melindungi Kepentingan Anda

 

  • Published by superadmin
  • 18/02/2015 14:19:06 WIB

Hal yang paling menggembirakan bagi Projects.co.id ketika suatu pekerjaan dapat terselenggara dengan baik, dimana owner mendapatkan hasil kerja sebagaimana yang diharapkannya dan worker mendapatkan bayaran sesuai dengan harga yang sudah disepakati.

Kami jamin hal tersebut akan dapat terselenggara sebagaimana harapan di atas, sejauh kedua belah pihak mengikuti rules/prosedur yang sudah ditetapkan. Kegagalan terjadi lebih dikarenakan salah satu pihak (owner/worker) tidak memahami mekanisme kerja pada proses transaksi project.

Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan ilustrasi di bawah ini:


Dalam proses bidding/penawaran terhadap sebuah project pastilah worker berharap sekali untuk dapat memenangkan project tersebut, dalam proses ini owner juga akan melakukan seleksi terhadap worker-worker yang memberikan penawaran, tidak jarang owner akan meminta worker untuk melampirkan atau mengirimkan sample pekerjaan yang berkaitan dengan project yang dibuatnya.

INGAT..... sebesar apapun keinginan Anda (worker) untuk dapat dipilih sebagai pemenang project.... Anda harus tetap berhati-hati, dengan cara Hindari memberikan contoh pekerjaan versi full pada masa penawaran. Jika terpaksa, kirimkan versi low resolution atau bubuhkan watermark atau kirimkan versi demo atau screenshot saja. Jika Anda ditawari untuk melakukan kesepakatan di luar situs Projects.co.id, tolaklah dengan halus agar kepentingan Anda selalu terjaga.

Mengapa Anda (worker/freelancer) harus mengerjakan di Projects.co.id?
Setiap Anda menyelesaikan pekerjaan di Projects.co.id, Anda akan mendapatkan poin reputasi, poin reputasi ini merupakan investasi yang sangat berharga bagi Anda, karena dengan poin tersebut Anda akan semakin mudah mendapatkan project-project selanjutnya.

Jika Anda mengerjakan diluar sistem Projects.co.id, mungkin Anda hanya akan sedikit mendapatkan tambahan keuntungan, dimana Anda tidak dikenakan potongan fee sebesar 12%, tetapi Anda berpotensi kehilangan semua jerih payah Anda karena Anda tidak memiliki garansi dari apa yang Anda kerjakan, yang pasti Anda harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan project lainnya.
Dengan reputasi yang baik kami jamin sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan project bahkan bisa jadi Anda akan kebanjiran job.

Begitu juga sebaliknya.... sebesar apapun keinginan Anda (owner) agar project Anda cepat terselenggara.... Anda harus tetap berhati-hati, dengan cara Jangan mentransfer langsung ke rekening worker, karena cara ini sama sekali tidak aman dan akan menempatkan uang Anda dalam resiko.

Oke sekarang kita coba uraikan gambar di atas agar kita semua bisa mendapatkan pemahaman yang utuh alur atau mekanisme pada transaksi project antara owner dan worker.


DEAL....... 

Setelah owner menentukan pilihan worker pemenang dengan cara owner mengklik tombol "Accept Bid", maka:

  • Worker pemenang akan mendapat "Pemberitahuan Pemenang" via sms dan email.
  • Begitu pula terhadap worker yang tidak terpilih, Projects.co.id akan mengirimkan pemberitahuan "Hasil Penawaran" via email.
Semua proses pemberitahuan tersebut sudah terintegrasi secara otomatis. Jadi Anda (worker/freelancer) tidak perlu bingung, apakah penawaran Anda diterima oleh owner atau apakah penawaran Anda ditolak oleh owner, Anda pasti akan mendapatkan pemberitahuan.
Bisa jadi ketika owner mengatakan bahwa Anda (worker/freelancersudah dipilih owner sebagai pemenang project, tapi ketika Anda belum mendapatkan pemberitahuan dari Projects.co.id, Anda belumlah sebagai pemenang Project, sebaiknya Anda minta owner untuk segera memilih Anda dengan cara menekan tombol "Accept Bid".

Selanjutnya:

1. Transfer dana project ke rekening Projects.co.id

     Ketika owner mentransfer dana project, bisa dipastikan:
  • Owner tidak mungkin membayar kurang daripada yang telah disepakati.
  • Owner pasti membayar dengan jumlah dana yang sudah disepakati.
  • Worker pemenang akan mendapat "Pemberitahuan Mulai Pekerjaan" via sms dan email.
  • Dana tersebut sebagai jaminan, bahwa worker pasti dibayar ketika worker telah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik atau dana dikembalikan kepada owner ketika worker tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya.

2. Worker memulai pekerjaan

  • Kerjakan project setelah Anda (worker/freelancer) mendapatkan "Pemberitahuan Mulai Pekerjaan" via sms dan email.
  • Perhatikan  lama project (Finish Days) yang telah ditentukan owner, ini adalah hak prerogatif owner:
    - Owner bisa saja mengajukan arbitrase dikarenakan worker telah melewati batas waktu tersebut.
    - Jika membutuhkan penambahan waktu, ajukan permohonan perpanjangan waktu kepada owner sebelum pekerjaan berakhir.
  • Semua komunikasi harus dilakukan di situs Projects.co.id, baik menggunakan thread maupun menggunakan fasilitas real-time chat yang telah disediakan.
  • Jika Anda (worker/freelancer) melakukan pembicaraan diluar situs Projects.co.id (misal: berkomunikasi menggunakan SMS, Whatsapp, BBM, Telepon, email pribadi), kami tidak memiliki catatan (log) pembicaraan Anda, ketika terjadi sengketa dan salah satu pihak mengajukan arbitrase, hanya pembicaraan dalam situs Projects.co.id yang dapat diajukan sebagai bukti. 

3. Upload semua hasil kerja ke Projects.co.id.

     Mengapa Anda (worker/freelancerharus mengupload hasil kerja Anda ke Projects.co.id?
  • Sebagai perlindungan bagi Anda ketika owner menolak hasil kerja Anda.
  • Ketika terjadi sengketa dan salah satu pihak mengajukan arbitrase, hanya pekerjaan yang anda upload ke situs Projects.co.id yang dapat dijadikan sebagai bukti.
  • Owner tidak dapat terus meminta Anda untuk menambah pekerjaan/fitur selain yang telah disepakati, kecuali atas dasar persetujuan Anda.
  • Owner tidak dapat mengubah spesifikasi pekerjaan yang telah disepakati di awal, kecuali atas dasar persetujuan Anda.
  • Jika pekerjaan telah selesai upload semua hasil kerja Anda lalu klik tombol "Report Done" berikan penilaian (poin) kepada owner dan jangan lupa buat testimony karena Projects.co.id akan memberikan reward kepada Anda sebesar (2*nilai project)/100.000.

4. Owner terima hasil kerja worker

     Berikan respon secepatnya terhadap hasil kerja worker:
  • Jika Anda terima hasil pekerjaan worker/freelancer (klik tombol Accept Work). berikan penilaian (poin) kepada worker dan jangan lupa buat testimony karena Projects.co.id akan memberikan reward kepada Anda sebesar (2*nilai project)/100.000.
  • Jika Anda minta perbaikan (klik tombol Need Revision).
  • Jika Anda tolak hasil pekerjaan worker/freelancer (klik tombol File Arbitration).

5. Worker terima bayaran

         Setelah owner mengklik tombol "Accept Work":
    • Dana project secara otomatis masuk ke Available Balance worker.
    • Worker melakukan penarikan/withdrawal agar uang bisa ditransfer kerekening bank worker


    Untuk terus mendapatkan informasi bermanfaat, follow twitter kami ya di @projectscoid

    Projects.co.id adalah pasar online untuk mencari freelancer Indonesia berkualitas dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.

    Comments