Syarat Layanan Projects.co.id

Pendahuluan

Terima kasih telah menggunakan produk dan layanan Projects.co.id. Layanan ini disediakan oleh PT Panonpoe Media, yang beralamat di Komp. Permata Mekar Mulia Blok G No. 1 Panghegar-Bandung 40614 Jawa Barat-Indonesia.

Bacalah dengan saksama. Dengan menggunakan layanan kami, berarti Anda telah menyetujui persyaratan ini. User Agreement (“Perjanjian Pengguna" atau disebut juga "Perjanjian") ini merupakan dokumen penting yang harus Anda pertimbangkan dengan hati-hati, perjanjian ini berisikan syarat-syarat yang menjelaskan bagi Anda dalam menggunakan situs Projects.co.id.

Terkadang terjadi persyaratan tambahan dikarenakan kompleksitas dari layanan kami. Persyaratan tambahan tersedia pada layanan yang relevan, dan persyaratan tambahan tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjanjian Anda dengan kami jika Anda menggunakan layanan ini.

Menggunakan layanan kami tidak memberikan Anda kepemilikan atas hak kekayaan intelektual apa pun. Anda tidak boleh menggunakan konten dari layanan kami kecuali jika mendapatkan izin dari pemiliknya atau diizinkan oleh hukum. Persyaratan ini tidak memberikan Anda hak untuk menggunakan merek atau logo apa pun yang digunakan dalam layanan kami. Jangan menghapus, mengaburkan, atau mengubah pemberitahuan masalah hukum apa pun yang ditampilkan atau disertakan pada layanan kami.

Layanan kami terkadang menampilkan beberapa konten yang bukan milik Projects.co.id. Konten tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab entitas yang menyediakannya. Kami dapat meninjau konten untuk menentukan apakah konten tersebut ilegal atau melanggar kebijakan kami, dan kami dapat menghapus atau menolak untuk menampilkan konten yang kami yakini melanggar hukum atau kebijakan kami.

Terkait dengan penggunaan layanan kami oleh Anda, kami dapat mengirimkan pemberitahuan layanan, pesan administratif, dan informasi lain kepada Anda.
Perjanjian ini berlaku efektif sejak 10 November 2014.

BACALAH PERJANJIAN INI DENGAN SEKSAMA UNTUK MEMASTIKAN BAHWA ANDA MEMAHAMI SETIAP KETENTUAN. DENGAN MENGGUNAKAN SITUS INI BERARTI ANDA TELAH MEMBACA, MENGERTI, MENERIMA DAN SETUJU UNTUK TERIKAT DENGAN PERJANJIAN INI, UNTUK DIRI SENDIRI DAN/ATAU ATAS NAMA SETIAP ANGGOTA UNTUK SIAPA ANDA MENGGUNAKAN SITUS INI.

 

Amandemen Perjanjian Pengguna

Projects.co.id berhak untuk mengubah atau memodifikasi Perjanjian Pengguna secara keseluruhan atau sebagian dari waktu ke waktu, tanpa pemberitahuan (kecuali pemberitahuan sebelumnya tersebut diwajibkan oleh hukum), kami akan mengirimkan pemberitahuan modifikasi material ke alamat email Anda jika diperlukan. revisi ini juga akan diposting di situs Projects.co.id. Versi terbaru dari Perjanjian Pengguna akan efektif diberlakukan pada saat kami posting.

1. Gambaran Umum

1.1 Penggunaan Istilah

Sebagaimana digunakan dalam perjanjian ini dan ketentuan layanan lainnya, istilah berikut memiliki makna seperti di bawah ini, kecuali jika dinyatakan menurut ketentuan atau diharuskan dalam konteks.

  • Afiliasi - Sebutan bagi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Panonpoe Media.
  • Akun atau Account - Kepemilikan sebagai anggota yang dapat mengakses dan menggunakan situs layanan Projects.co.id.
  • Anda, User atau Pengguna - Sebutan bagi pihak yang mengakses layanan atau situs kami untuk alasan apapun, pihak yang dimaksud bisa sebagai (1) individu yang yang menggunakan situs atas nama diri sendiri, atau (2) orang yang menggunakan situs atas nama anggota yang merupakan organisasi, perusahaan atau badan hukum.
  • Anggota - Individu atau badan hukum yang mendaftar ke situs Projects.co.id.
  • Available Balance - Jumlah dana user yang terdapat di situs Projects.co.id.
  • Biaya - Sejumlah dana yang dikenakan Projects.co.id kepada pengguna pada proses aktivitas transfer dari rekening Projects.co.id ke rekening pengguna dan pada pengiriman “bukti tanda terima” ketika ada permintaan dari pengguna.
  • Buyer - Pembeli produk digital.
  • Fee - Sejumlah dana dari hasil transaksi yang di kenakan Projects.co.id kepada pengguna.
  • Freelance - Melakukan pekerjaan/bisnis tapi tidak terikat pada perusahaan/pemberi kerja/owner tertentu.
  • Freelancer - Pekerja lepas/orang yang melakukan pekerjaan/aktivitas freelance.
  • Formulir Gugatan - Surat elektronik yang disediakan situs Projects.co.id yang digunakan penggugat ketika arbitrase.
  • Kami, Penyedia atau Projects.co.id - Sebutan untuk menggantikan kata/sebutan Projects.co.id, afiliasinya dan staff.
  • Outsource - Mengalihkan pekerjaan (task) yang perlu diselesaikan kepada pihak lain.
  • Owner - Pemilik project atau pengguna jasa worker.
  • Penggugat - Pihak yang terlebih dahulu mengajukan arbitrase terhadap project yang berlangsung.
  • Product - Benda/barang berupa file, yang dihasilkan atau diperjualbelikan di situs Projects.co.id.
  • Program Affiliate - Program yang memungkinkan setiap user di Projects.co.id mendapatkan penghasilan “passive income”
  • Project - Pekerjaan/tugas yang di-outsource oleh owner kepada worker di situs Projects.co.id.
  • Register - Sebutan saat Anda mendaftar untuk menjadi anggota dan menggunakan situs layanan Projects.co.id.
  • Seller - Pemilik/penjual produk digital.
  • Sengketa atau Perselisihan - Ketidakpuasan atau ketidaksefahaman antara owner dan worker pada project yang berlangsung, dimana salah satu pihak melakukan gugatan terhadap project tersebut.
  • Service - Sebuah model transaksi sebagai kombinasi/simbiosis dari transaksi jual beli produk diigital dan transaksi project.
  • Situs - Tempat layanan, hosting, pemeliharaan, dan semua fasilitas yang disediakan di situs Projects.co.id.
  • Staff - Sebutan untuk seluruh personil dari Dirut sampai karyawan di PT Panonpoe Media.
  • Tergugat - Pihak yang diarbitrase.
  • Worker -Penyedia jasa atau pekerja bebas (freelance) dengan skillset khusus yang mengerjakan project dari owner.

1.2 Mekanisme Dasar

Projects.co.id merupakan “Project and Digital produk Marketplace” atau tempat transaksi (menawarkan project dan mencari project) secara online antara owner (pemberi kerja/ pengguna jasa) dan worker (pekerja/ penyedia jasa). juga transaksi jual beli produk digital antara seller (penjual produk) dan buyer (pembeli produk), Ada juga service sebagai perpaduan antara transaksi jual beli dengan transaksi project

Dengan demikian ada 3 (tiga) macam transaksi yang dapat dilakukan di Projects.co.id:

1) Transaksi Project, Antara Owner dan Worker

Semua pekerjaan yang hasil akhirnya bisa dikemas dalam bentuk file” bisa dikerjakan di Projects.co.id.

2) Transaksi Jual Beli Produk Digital, Antara Seller dan Buyer

Semua produk digital yang bisa dikemas dalam bentuk file” bisa diperjualbelikan di space penjualan Projects.co.id.

3) Service

Merupakan model transaksi kombinasi/simbosis antara transaksi jual beli produk digital dengan transaksi project.

2. Pengguna

Individu atau kelompok (organisasi atau perusahaan) menjadi anggota ketika mereka membuka akun di Projects.co.id sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai anggota, mereka berhak menggunakan direktori situs dan fasilitas yang telah disediakan oleh Projects.co.id untuk mengiklankan pekerjaan, mencari pekerjaan, mempromosikan produk atau membeli produk.

Pengguna hanya menggunakan situs untuk berkolaborasi di dalam transaksi project atau transaksi jual beli dengan prinsip untuk saling menguntungkan. Setiap pengguna bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada akun mereka dan harus melaporkan setiap penggunaan yang tidak sah dari akun mereka kepada kami.

2.1 Syarat Pengguna

Layanan atau situs Projects.co.id memiliki kebijaksanaan mutlak untuk menerima atau menolak pengguna tertentu (individu, organisasi atau perusahaan):

  • Individu berusia diatas 17 (tujuh belas) tahun;
  • Organisasi atau Perusahaan (melampirkan akta pendirian perusahaan atau keterangan lainnya sesuai dengan hukum yang berlaku).

Jika pengguna tidak memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan, Anda tidak dapat menggunakan layanan Projects.co.id. Setiap Pengguna bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi pada akun Anda dan harus melaporkan setiap penggunaan yang tidak sah dari akun Anda kepada kami.

2.2 Keanggotaan

Projects.co.id berhak untuk me-non-aktifkan keanggotaan siapa saja tanpa pemberitahuan, jika memiliki kondisi seperti berikut:

  • Individu dibawah 17 (tujuh belas) tahun;
  • Organisasi atau Perusahaan yang mendaftarkan brand/nama perusahaan yang tidak memiliki bukti valid;
  • Memiliki akun ganda;
  • Membuat kesepakatan di luar Projects.co.id berkaitan dengan project dengan menawarkan transaksi secara langsung, seperti mentransfer langsung ke rekening worker tanpa melalui rekening Projects.co.id.

2.3 Ketentuan Pengguna

Pengguna mengerti dan setuju dengan kenyataan bahwa Projects.co.id hanya bertindak sebagai fasilitator dan mediator atau tempat online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi project ataupun transaksi jual beli secara online. Akibatnya pengguna mengakui dan setuju Projects.co.id tidak memiliki kontrol atas kualitas atau legalitas dari layanan profesional yang diberikan oleh pengguna pada situs kami, kemampuan pengguna untuk menyediakan jasa atau menyelesaikan pekerjaan atau ketersediaan produk-produk digital yang diperjualbelikan. Kami tidak menjamin bahwa Pengguna benar-benar akan melengkapi layanan profesional atau bertindak secara benar dalam menggunakan situs kami.

Kami berharap Pengguna dapat secara optimal melakukan praktek dan aktifitas yang diperlukan serta menggunakan hati dan akal sehat saat menggunakan situs Projects.co.id.

2.4 Aturan Main

Pengguna harus mematuhi kebijakan apa pun yang tersedia di dalam layanan kami, oleh karena itu pengguna dilarang:

  • Memposting, mengerjakan, menjual atau membeli pekerjaan atau produk yang melawan hukum, seperti: Judi, Pornografi, Narkoba, Korupsi, Traficking, dll;
  • Memposting, mengerjakan, menjual atau membeli pekerjaan atau produk yang mendiskreditkan atau menyerang Suku, Agama, Ras, Antar Golongan (SARA);
  • Mengiklankan situs web di situs Projects.co.id. Setiap URL yang diposting harus berhubungan dengan project di Projects.co.id;
  • Meniru website atau sistem Projects.co.id; menyalin, menampilkan, memodifikasi, mendistribusikan, memproduksi, memberi ijin, mentransfer, atau menjual kembali setiap isi, produk dan informasi (termasuk dan tidak terbatas pada; pesan, data, teks, audio, video, foto, grafik, ikon, software atau informasi lainnya), atau jasa yang diperoleh dari atau melalui situs ini;
  • Menyalahgunakan hak cipta, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya atau hak milik atau hak publisitas atau privasi pihak lain;
  • Membuat kesepakatan di luar Projects.co.id berkaitan dengan project dengan menawarkan transaksi secara langsung, seperti mentransfer langsung ke rekening worker tanpa melalui rekening Projects.co.id;
  • Menegosiasikan fee atau memberikan layanan gratis kepada pengguna lain, sebelum, selama ataupun sesudah project dikerjakan;
  • Membuat akun ganda;
  • Membatalkan project :
    • Owner:
      • Membatalkan project pada saat project di publish, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2 * nilai project /100.000);
      • Membatalkan project setelah memilih pemenang dikarenakan gagal bayar dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -5 (minus lima) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-5 * nilai project /100.000);
      • Membatalkan project ketika worker sudah memulai pekerjaan atau pada saat pekerjaan berjalan, hanya dapat dilakukan melalui jalur arbitrase.
    • Worker:
      • Membatalkan project ketika owner sudah menyelesaikan pembayaran biaya project atau pada saat pekerjaan berjalan, hanya dapat dilakukan melalui jalur arbitrase.
  • Membocorkan informasi atau dokumen yang diperoleh, kecuali dipersyaratkan oleh hukum atau kewenangan yang diberikan;
  • Memberikan tanggapan palsu;
  • Memberikan kritikan negatif atau yang tidak sehat,
  • Memberikan komentar yang berlebihan atau yang merendahkan pihak lain;
  • Terlibat konflik personal atau perlakuan yang tidak profesional;
  • Terlibat dalam tindakan penipuan yang dilakukan oleh pengguna lain atau oleh pihak ketiga.

Jangan menyalahgunakan layanan kami. Kami dapat menangguhkan atau menghentikan penyediaan layanan kami bagi Anda jika Anda tidak mematuhi persyaratan atau kebijakan kami, atau jika kami mendapati perilaku yang tidak semestinya. Harap dicatat bahwa kami mungkin akan menangguhkan, membatasi, atau menutup akses Anda ke akun Projects.co.id Anda atau layanan yang diberikan oleh situs kami, dan/atau akses ke rekening Anda jika Anda melakukan kegiatan yang bertentangan dengan Perjanjian Pengguna ini dan kebijakan yang terkait.

2.5 Penalty dan Reward

Penalty dan reward diberikan kepada user untuk beberapa kasus atau tindakan sebagai berikut:

1) Penalty
  • Owner
    • Cancel publish project, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2*nilai project/100.000);
    • Melakukan pembayaran order project setelah 7x24 jam sejak email "Instruksi Pembayaran" disampaikan, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -5 (minus lima) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-5*nilai project/100.000).
  • Worker
    • Terlambat memberikan weekly report, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -1 (minus satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-1*nilai project/100.000).
  • Buyer
    • Melakukan pembayaran order pembelian produk digital setelah 7x24 jam sejak email "Instruksi Pembayaran" disampaikan, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -5 (minus lima) poin dikali price dibagi seratus ribu (-5*price/100.000).
  • Tergugat pada arbitrase
    • Mendapat panggilan pertama, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2*harga project/100.000);
    • Mendapat panggilan ke dua, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2*harga project/100.000);
    • Mendapat panggilan ke tiga, dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2*harga project/100.000).
2) Reward
  • Owner
    • Melakukan pembayaran order project sebelum 3x24 jam sejak email "Instruksi Pembayaran" disampaikan, mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar 1 (satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (1*nilai project/100.000);
    • Memberikan testimony dan rating kepada worker terhadap hasil pekerjaan mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar 1 (satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (1*nilai project/100.000).
  • Worker
    • Cancel project yang dimenangkan dikarenakan owner gagal bayar, mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar minimal 1 (satu) poin dan maksimal 20 (dua puluh) poin dari (accept budget/1.000.000);
    • Memberikan testimony dan rating kepada owner terhadap hasil pekerjaan mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar 1 (satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (1*nilai project/100.000).
  • Buyer
    • Melakukan pembayaran order pembelian produk digital sebelum 3x24 jam sejak email "Instruksi Pembayaran" disampaikan, mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar 1 (satu) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (1*price/100.000).

3. Hubungan Pengguna dan Projects.co.id

Situs ini adalah sebuah situs web yang dinamis. Dengan demikian, informasi pada situs akan sering berubah, ada kemungkinan bahwa beberapa informasi dapat dianggap menyimpang, berbahaya, atau tidak akurat, dan dalam beberapa kasus mungkin disalahartikan atau dipalsukan oleh pengguna atau oleh pihak ketiga yang secara sengaja atau tidak sengaja, terlepas apakah pengguna atau pihak ketiga tersebut dengan atau tanpa tujuan bisnis yang sah.

Projects.co.id menyediakan akses dimonitor untuk konten pihak pengguna. Projects.co.id hanya bertindak sebagai tempat atau media dan tidak memiliki kewajiban atau terkait dengan konten pihak ketiga pada situs ini, baik yang timbul di bawah hukum hak cipta atau kekayaan intelektual pihak lain, fitnah, pencemaran nama baik, privasi, norma kesusilaan, atau disiplin hukum lainnya. Situs web Projects.co.id mungkin berisi link ke situs web pihak ketiga, kami tidak mungkin mampu melakukan kontrol atau selalu meninjau situs web yang di link dari situs web Projects.co.id, karena itu kami tidak selalu dapat mendukung konten, produk, jasa, kebijakan, atau kinerja situs web kami ketika di link ke situs pihak ketiga ataupun sebaliknya situs pihak ketiga di link ke situs Projects.co.id dan Pengguna seharusnya tidak memperlakukan semua link seperti apa adanya.

Projects.co.id bukanlah pihak yang terlibat secara langsung dalam transaksi antara pengguna, baik dalam hal transaksi project ataupun dalam transaksi jual beli, Projects.co.id tidak melakukan intervensi apapun terhadap pengguna dalam hubungannya antara owner dengan worker ataupun dalam hubungannya antara seller dengan buyer. Projects.co.id hanya membuat situs layanan yang tersedia untuk memungkinkan pengguna mengidentifikasi dan menentukan kesesuaian terhadap transaksi yang akan mereka lakukan. Projects.co.id tidak memiliki kontrol atas, jaminan kualitas, keamanan atau legalitas jasa pengguna yang dipromosikan melalui situs kami, kebenaran atau keakuratan dari daftar pekerjaan, kualifikasi, latar belakang, atau identitas pengguna, kemampuan pengguna untuk memberikan layanan terhadap pengguna lainnya, atau bahwa pengguna dapat menyelesaikan atau benar-benar akan menyelesaikan transaksi. Kapasitas Projects.co.id hanya sebagai fasilitator, Mediator dan Penjamin, yang memfasilitasi semua proses transaksi agar berjalan secara fair play, jujur, adil dan transfaran. Yang memediasi terhadap hak dan kewajiban masing-masing pihak agar tidak ada pihak yang dirugikan, dan yang Menggaransi bahwa semua transaksi akan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk itu segala bentuk komunikasi  harus dilakukan di situs Projects.co.id, baik menggunakan thread maupun menggunakan fasilitas real-time chat yang telah disediakan. Ketika terjadi sengketa dan salah satu pihak mengajukan arbitrase, hanya pembicaraan dalam situs Projects.co.id yang dapat diajukan sebagai bukti dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, tim arbitrator Projects.co.id akan memediasi seadil-adilnya kepada kedua belah pihak berdasarkan dokumen komunikasi tersebut dan rekaman pekerjaan selama project berlangsung.

Jika pengguna melakukan pembicaraan diluar situs Projects.co.id (misal, pengguna berkomunikasi menggunakan SMS, Whatsapp, BBM, telepon, email pribadi), Projects.co.id tidak memiliki catatan (log) pembicaraan pengguna.

Projects.co.id hanya memberikan informasi sebatas apa yang disampaikan pengguna pada instrumen yang telah disediakan pada situs kami, adapun kualitas terhadap informasi tersebut sangat bergantung dari kesungguhan dan niat baik pengguna. Sistem yang dibangun dan didisain Projects.co.id telah berusaha untuk meminimalisir dari pengguna yang tidak memiliki kesungguhan dan niat baik ataupun dari pihak ketiga yang secara sengaja atau tidak mencoba mengaburkan atau memalsukan informasi yang tersedia.

Projects.co.id memberikan informasi tersebut semata-mata untuk kenyamanan pengguna dan bukan sebagai dukungan atau rekomendasi dari Projects.co.id.

Projects.co.id memberikan informasi tersebut semata-mata untuk kenyamanan pengguna dan bukan sebagai dukungan atau rekomendasi dari Projects.co.id.

3.1 Mengunggah (Upload) Materi ke Situs Kami

Setiap materi yang Anda unggah untuk keperluan melengkapi profil Anda di situs Projects.co.id akan dianggap materi yang tidak bersifat rahasia dan tidak dilindungi oleh hak kepemilikan dan kami berhak menggunakan, menyalin, menyebar-luaskan dan mengungkapkan materi tersebut kepada pihak ketiga untuk tujuan yang berkaitang dengan promosi atau transaksi, namun demikian Anda tetap memiliki privasi untuk mempublish atau tidak beberapa informasi pribadi pada profil Anda di situs kami dengan menyeting profil Anda pada akun Anda di situs kami.

Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban kepada pihak ketiga atas isi atau ketepatan dari materi yang ditempatkan oleh pengguna pada situs kami. Kami berhak menghapus materi atau posting yang Anda buat di situs kami apabila hal itu bersifat offensive, dapat memicu kebencian, mencemarkan nama baik atau bertentangan berdasarkan hukum dan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Kami juga berhak mengungkapkan identitas Anda kepada pihak ketiga yang mengklaim bahwa materi yang ditempatkan atau diunggah oleh Anda ke situs kami merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual mereka atau hak pribadi mereka.

3.2 Penerima Manfaat

Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa reputasi dan informasi dari situs bergantung pada kesungguhan dan niat baik serta kinerja pengguna. Pengguna menunjuk Projects.co.id sebagai pihak penerima manfaat dari kontrak anggota pengguna untuk tujuan menegakkan hak dan kewajiban pengguna. Pengguna selanjutnya setuju Projects.co.id yang memiliki hak untuk mengambil tindakan tanpa batasan apapun terhadap kontrak anggota atau akun pengguna jika dianggap perlu.

3.3 Kedudukan Hubungan

Perjanjian ini dan penggunaan situs ini tidak akan ditafsirkan sebagai menciptakan atau menyiratkan hubungan badan, waralaba, kemitraan atau usaha patungan antara pengguna dan Projects.co.id, kecuali dan hanya sebatas hubungan antara penyedia dan pengguna.

3.4 Hubungan Antara Pengguna

Setiap pengguna mengakui dan setuju bahwa rekomendasi yang dibuat oleh Projects.co.id sehubungan dengan transaksi yang diselenggarakan hanya sebatas support, bahwa pengguna bertanggung jawab dalam mengidentifikasi dan kemudian membuat keputusan mereka sendiri.

1) Transaksi Project

Penentuan kesesuaian atau tidaknya worker untuk melakukan atau menyelesaikan setiap project yang dimaksud atau penentuan kesesuaian atau tidaknya owner tentang deskripsi project, besaran dana dan jangka waktu pengerjaan project yang dimaksud, bahwa owner dan worker mengakui itu adalah tanggung jawab mereka untuk menilai kemampuan masing-masing pihak.

Terhadap project yang berhasil dikerjakan worker, maka dengan ini worker menyatakan:

  • Bersedia memberikan fee sebesar 12% (duabelas persen) kepada Projects.co.id.
  • Akan menyelesaikan project sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh Project Owner.
  • Siap bekerja sama dan menjaga komunikasi dengan Project Owner dan Admin Projects.co.id untuk bersama menyukseskan project ini sampai selesai.
  • Bersedia menyerahkan seluruh hasil kerja worker termasuk source code yang worker tulis.
  • Khusus untuk pekerjaan "Layout, Logo & Graphic Design" menjadi hak eksklusif bagi owner, dimana worker tidak mempunyai hak untuk menggunakan, memodifikasi, memperbanyak dan/atau memperjualbelikan hasil pekerjaan worker, kecuali dengan seizin atau persetujuan owner.
  • Tidak membuat kesepakatan dengan Project Owner di luar Projects.co.id berkaitan dengan project ini, seperti mentransfer langsung ke rekening saya tanpa melalui rekening Projects.co.id.
  • Terhadap pelanggaran ini saya bersedia dikenakan sanksi tegas oleh Projects.co.id.

Owner dan worker secara yuridiksi memiliki hak di bawah jaminan hukum yang sah yang tidak dapat dikecualikan. Tidak ada dalam perjanjian ini dimaksudkan untuk mengesampingkan hak yang dibenarkan oleh hukum yang berlaku. Namun pada batas maksimal yang diizinkan oleh hukum, tanggung jawab Projects.co.id untuk setiap layanan yang disediakan sebatas pada aspek pelayanan atau penyediaan fasilitas yang memungkinkan owner dan worker bisa bekerja secara baik dan benar.

Ketentuan Pelaksanaan Project:

Projects.co.id akan mengkonfirmasi kepada worker pemenang project untuk mulai mengerjakan project ketika owner telah menyelesaikan pembayaran order, sebagai jaminan bahwa worker pasti di bayar ketika pekerjaan telah selesai. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara mentransfer ke salah satu rekening Projects.co.id atas nama PT Panonpoe Media atau dengan menggunakan fasilitas kartu kredit.

Setelah owner memberikan project kepada worker dan worker menerima project tersebut melalui situs Projects.co.id, owner setuju untuk menyerahkan project, dan worker setuju untuk memberikan jasa (menyelesaikan project) sesuai dengan kesepakatan sebagai berikut:

  • Perjanjian Pengguna;
  • Ketentuan lainnya yang diterima oleh worker dan owner diupload ke situs, sejauh tidak bertentangan dengan Perjanjian Pengguna;
  • Istilah Project diberikan dan diterima di situs Projects.co.id, sejauh tidak bertentangan dengan Perjanjian Pengguna.

Projects.co.id setuju untuk menyediakan semua fasilitas di situs Projects.co.id, termasuk hosting project.

Anda setuju untuk tidak mematuhi setiap ketentuan yang bertentangan dengan Perjanjian Pengguna. Setiap ketentuan dan kontrak anggota yang bertentangan dengan Perjanjian Pengguna dinyatakan batal.

2) Transaksi Jual Beli

Penentuan kesesuaian atau tidaknya produk digital yang dijual seller tentang nama produk, deskripsi produk dan harga produk untuk dapat memenuhi kebutuhan pembeli (buyer) adalah menjadi tanggungjawab pengguna. Projects.co.id hanya berupaya bahwa terhadap semua produk digital yang dijual seller di situs Projects.co.id dapat dioperasikan sebagaimana mestinya. Adapuan kualitas dari produk digital yang dimaksud untuk dapat memenuhi keinginan atau kepuasan buyer adalah sesuatu yang tidak dapat kami control secara penuh.

Ketentuan Produk digital:

Projects.co.id akan menyeleksi dan memverifikasi terlebih dulu semua produk digital yang diupload seller ke situs Projects.co.id, untuk memastikan bahwa semua produk digital tersebut adalah produk yang aman dan berkualitas.

Aman, bahwa produk seller tidak mengandung unsur yang dilarang, seperti:

  • Produk yang melawan hukum, seperti: Judi, Pornografi, Narkoba, Korupsi, Traficking, dll;
  • Produk yang mendiskreditkan atau menyerang; Suku, Agama, Ras, Antar Golongan (SARA).

Berkualitas, bahwa produk yang diupload seller dapat berfungsi dengan baik sebagaimana peruntukan dan spesifikasi produk.

Jika hasil pemeriksaan tim tester Projects.co.id menyatakan produk seller layak untuk di publish, maka produk digital tersebut akan dipublish pada space penjualan Projects.co.id selambat-lambatnya dalam 5 (lima) hari kerja, sejak admin Projects.co.id menyampaikan pemberitahuan penerimaan upload produk seller.

Seller harus mempertanggungjawabkan terhadap produk digital yang dijual seller di Projects.co.id, bahwa produk tersebut bukanlah produk yang menyalahgunakan hak cipta, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya atau hak milik atau hak publisitas atau privasi pihak lain. Pelanggaran terhadap ketentuan ini seller dapat dikenakan sanksi hukum sebagaimana hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Terhadap penyalahgunaan tersebut Projects.co.id beserta afiliasinya menyatakan tidak bertanggungjawab.

Produk digital dengan kapasitas lebih dari 250MB tidak dapat diupload secara online, seller dapat mengirim produk digital seller secara langsung atau melalui pos dengan alamat :

Kepada Projects.co.id
Komp. Permata Mekar Mulya Blok G No. 1 Panghegar - Bandung 40614

Terhadap produk digital yang di upload seller ke situs Projects.co.id, maka dengan ini seller menyatakan:

  • Menerima keputusan hasil verifikasi tim tester Projects,co,id;
  • Memberikan hak kepada Projects.co.id untuk menjual produk digital seller melalui situs Projects.co.id;
  • Bersedia memberikan penjelasan kepada buyer tentang produk digital yang dimaksud jika diperlukan;
  • Bersedia membayar fee sebesar 20% (duapuluh persen) dari total penjualan produk digital tersebut kepada Projects.co.id;
  • Memiliki hak intelektual penuh atas produk digital tersebut. Produk digital tersebut tidak menyalahgunakan hak cipta, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya atau hak milik atau hak publisitas atau privasi pihak lain;
  • Produk digital tersebut bukan produk yang meniru website atau sistem Projects.co.id;
  • Memberikan sebagian hak intelektual atas produk digital tersebut kepada buyer untuk dipergunakan sebagaimana mestinya;
  • Melarang buyer untuk memodifikasi dan/atau memperjualbelikan produk digital tersebut;

Seller dan buyer secara yuridiksi memiliki hak di bawah jaminan hukum yang sah yang tidak dapat dikecualikan. Tidak ada dalam perjanjian ini dimaksudkan untuk mengesampingkan hak yang dibenarkan oleh oleh hukum yang berlaku. Namun pada batas maksimal yang diizinkan oleh hukum, tanggung jawab Projects.co.id untuk setiap layanan yang disediakan sebatas pada aspek pelayanan atau penyediaan fasilitas yang memungkinkan seller dan buyer bisa bertransaksi secara jujur dan terbuka.

Setelah seller dan buyer sepakat terhadap transaksinya melalui situs Projects.co.id, seller setuju untuk menyerahkan produk, dan buyer menerima produk digital yang dimaksud, sesuai dengan kesepakatan sebagai berikut:

  • Perjanjian Pengguna;
  • Ketentuan lainnya yang diterima oleh seller dan buyer diupload ke situs, sejauh tidak bertentangan dengan Perjanjian Pengguna;
  • Istilah Transaksi Jual Beli diberikan dan diterima di situs Projects.co.id, sejauh tidak bertentangan dengan Perjanjian Pengguna.

Projects.co.id setuju untuk menyediakan semua fasilitas di situs Projects.co.id, termasuk hosting produk.

Anda setuju untuk tidak mematuhi setiap ketentuan kontrak yang bertentangan dengan Perjanjian Pengguna. Setiap ketentuan dari kontrak anggota yang bertentangan dengan Perjanjian Pengguna dinyatakan batal.

3) Service

Merupakan simbiosis atau kombinasi antara transaksi jual beli produk digital dengan transaksi project. Melalui service seller/worker dapat menawarkan keahlian yang dimilikinya untuk suatu pekerjaan tertentu, dan ketika buyer/owner membeli service tersebut maka proses akan berlanjut kepada pembuatan project, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan aturan atau ketentuan pada transaksi project (pembuatan project) berlaku pula pada service.

4. Akun

4.1 Pembukaan Akun

Untuk menjadi pengguna dan dapat mengakses situs Projects.co.id dan menggunakan direktori situs dan fasilitas yang telah disediakan oleh Projects.co.id untuk mengiklankan pekerjaan, mencari pekerjaan, mempromosikan produk atau membeli produk. Anda harus mendaftar terlebih dahulu, proses pendaftaran sangat mudah dan tidak dipungut biaya apapun. Selanjutnya Anda setuju untuk melengkapi informasi Anda dengan informasi yang benar, akurat dan lengkap pada profil Anda pada situs kami, Anda juga bisa memperbarui informasi tentang profil Anda, untuk mempertahankan dan meningkatkan peluang bisnis Anda.

Anda setuju bahwa beberapa informasi serta instrument yang terdapat dalam akun Anda adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan rahasia dan Anda setuju untuk bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada akun Anda dan harus melaporkan setiap penggunaan yang tidak sah dari akun Anda kepada kami.

4.2 Verifikasi

Agar akun Anda aktif, Projects.co.id akan meminta Anda untuk memverifikasi email Anda terlebih dulu, didalamnya juga terdapat informasi tentang username dan password Anda, demi keamanan akun Anda segera ubah password Anda.

4.3 Perubahan Akun

Anda dapat melakukan perubahan ataupun penambahan informasi pada akun Anda, namun pada beberapa perubahan Anda mungkin akan diminta memberikan klarifikasi seperti email, password dan nomor handphone Anda, ada juga perubahan yang hanya bisa dilakukan dengan cara menghubungi admin Projects.co.id, seperti ketika Anda ingin mengubah username Anda.

4.4 Penonaktifan Akun

Pengguna yang sudah terdaftar di Projects.co.id tidak perlu menon-aktifkan keanggotaannya di Projects.co.id karena Projects.co.id tidak mengenakan sanksi apapun kepada pengguna ketika akun pengguna tidak aktif.
Tetapi Projects.co.id berhak untuk menon-aktifkan keanggotaan pengguna dengan atau tanpa peringatan terlebih dahulu, jika memiliki kondisi seperti berikut:

  • Individu dibawah 17 (tujuh belas) tahun;
  • Organisasi atau Perusahaan yang mendaftarkan brand/nama perusahaan yang tidak memiliki bukti valid;
  • Memiliki akun ganda.
  • Memposting, mengerjakan, menjual atau membeli pekerjaan atau produk yang melawan hukum, seperti: Judi, Pornografi, Narkoba, Korupsi, Traficking, dll;
  • Memposting, mengerjakan, menjual atau membeli pekerjaan atau produk yang mendiskreditkan atau menyerang Suku, Agama, Ras, Antar Golongan (SARA);
  • Mengiklankan situs web di situs Projects.co.id. Setiap URL yang diposting harus berhubungan dengan project di Projects.co.id;
  • Meniru website atau sistem Projects.co.id; menyalin, menampilkan, memodifikasi, mendistribusikan, memproduksi, memberi ijin, mentransfer, atau menjual kembali setiap isi, produk dan informasi (termasuk dan tidak terbatas pada; pesan, data, teks, audio, video, foto, grafik, ikon, software atau informasi lainnya), atau jasa yang diperoleh dari atau melalui situs ini;
  • Menyalahgunakan hak cipta, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya atau hak milik atau hak publisitas atau privasi pihak lain;
  • Membuat kesepakatan di luar Projects.co.id berkaitan dengan project dengan menawarkan transaksi secara langsung, seperti mentransfer langsung ke rekening worker tanpa melalui rekening Projects.co.id;
  • Menegosiasikan fee atau memberikan layanan gratis kepada pengguna lain, sebelum, selama ataupun sesudah project dikerjakan;
  • Membocorkan informasi atau dokumen yang diperoleh, kecuali dipersyaratkan oleh hukum atau kewenangan yang diberikan;
  • Memberikan tanggapan palsu;
  • Memberikan kritikan negatif atau yang tidak sehat,
  • Memberikan komentar yang berlebihan atau yang merendahkan pihak lain;
  • Terlibat konflik personal atau perlakuan yang tidak profesional;
  • Terlibat dalam tindakan penipuan yang dilakukan oleh pengguna lain dan/atau oleh pihak ketiga;
  • Serta tindakan lainnya yang dirasa mengganggu pihak pengguna lainnya dan/atau pihak Projects.co.id.

Sebagai akibatnya pengguna yang bersangkutan tidak lagi dapat menggunakan akunnya, akan tetapi akun masih dapat dilihat pada saat browse user, karena semua informasi yang terdapat dalam akun tersebut tetap tersimpan dalam database Projects.co.id

4.5 Penghapusan Akun

Pengguna yang sudah terdaftar di Projects.co.id tidak dapat menghapus keberadaannya di Projects.co.id, karena Projects.co.id tidak memberlakukan kebijakan penghapusan akun.

4.6 Available Balance

Setiap dana yang menjadi hak Anda, secara otomatis masuk kedalam available balance pada akun Anda, dana tersebut dapat Anda tarik melalui mekanisme penarikan dana yang sudah ditentukan. Projects.co.id akan melakukan transfer sesuai dengan permintaan Anda dan informasi yang ada dalam akun Anda.
Anda mengakui dan setuju bahwa:

  • Informasi yang terdapat dalam akun Anda adalah benar;
  • Projects.co.id tidak menyediakan layanan perbankan karena Projects.co.id bukan bank atau lembaga keuangan lainnya yang berlisensi;
  • Projects.co.id tidak bertindak sebagai wali amanat atau jaminan fidusia sehubungan dengan dana atau pembayaran tersebut;
  • Projects.co.id berkewajiban untuk membayarkan sejumlah dana sehubungan dengan transaksi yang telah Anda selesaikan melalui situs Projects.co.id sesuai dengan jumlah dana yang terdapat dalam available balance pada akun Anda, Anda tidak dapat melakukan penarikan dana melebihi dari saldo yang terdapat dalam available balance Anda, sisa saldo yang tersimpan akan diakumulsaikan dengan dana yang akan Anda terima kemudian ke available balance Anda;
  • Projects.co.id akan melakukan pembayaran kepada Anda berdasarkan informasi yang Anda berikan;
  • Projects.co.id tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan transfer yang diakibatkan dari kesalahan pada informasi yang Anda berikan;
  • Projects.co.id berhak untuk menangguhkan penarikan dana yang Anda lakukan, jika terdapat dugaan pemalsuan atau indikasi yang meragukan;
  • Keterlambatan proses transfer yang di sebabkan oleh perbedaan bank yang Anda pergunakan dengan rekening bank Projects.co.id adalah di luar tanggung jawab Projects.co.id;
  • Sejumlah dana yang ditransfer melalui atau disimpan dalam available balance Projects.co.id tidak diasuransikan.

Anda mengerti dan setuju bahwa Projects.co.id tidak akan menahan dana Anda kecuali bahwa tindakan tersebut diambil untuk kepentingan Anda, tidak ada sedikitpun dari tindakan tersebut dimaksudkan untuk mempersulit ataupun menunda ataupun menghilangkan hak Anda.

5. Produk dan Jasa

Produk dan jasa yang tersedia dalam layanan Projects.co.id berupa transaksi project dan transaksi jual beli produk digital;

5.1 Pengiriman Produk

1) Transaksi Project

Semua hasil kerja worker di upload ke situs Projects.co.id, sebagai jaminan owner menerima hasil kerja sesuai dengan yang diinginkan. Owner dapat mendownload hasil kerja worker melalui situs Projects.co.id.
Setelah owner menerima hasil kerja worker, Projects.co.id akan melakukan pembayaran kepada worker sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2) Transaksi Jual Beli Produk Digital

Semua produk digital yang dibeli buyer akan dikirim kepada buyer melalui akun buyer di situs Projects.co.id. Buyer dapat mendownload produk digiital yang dibelinya setelah buyer meyelesaikan pembayaran.

3) Service

Semua hasil kerja seller/worker di upload ke situs Projects.co.id, sebagai jaminan buyer/owner menerima hasil kerja sesuai dengan yang diinginkan. Buyer/owner dapat mendownload hasil kerja seller/worker melalui situs Projects.co.id.
Setelah buyer/owner menerima hasil kerja seller/worker, Projects.co.id akan melakukan pembayaran kepada seller/worker sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5.2 Garansi

1) Transaksi Project

Transaksi project memberikan garansi berupa:

  • Owner, jaminan pekerjaan selesai atau uang kembali ketika worker tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya;
  • Worker, jaminan worker pasti dibayar ketika telah menyelesaikan pekerjaanya;
  • Arbitrase internal, jika terjadi perselisihan salah satu pihak dapat mengajukan arbitrase melalui Tim Arbitrator Projects.co.id.
2) Transaksi Jual Beli Produk Digital

Transaksi produk digital memberikan garansi berupa:

  • Buyer, jaminan produk digital yang aman dan berkualitas, karena semua produk digital yang di publish pada space penjualan Projects.co.id telah melalui seleksi dan verifikasi oleh Tim Tester Projects.co.id;
  • Seller, jaminan pembayaran sesuai dengan harga penjualan dan fee produk yang kecil.
3) Service

Service memberikan garansi berupa:

  • Kemudahan bagi seller/worker untuk menawarkan keahliannya pada suatu pekerjaan tertentu, sehingga buyer/owner dapat dengan mudah mendapatkan kebutuhannya;
  • Seller/Worker, jaminan seller/worker pasti dibayar ketika telah menyelesaikan pekerjaanya;
  • Buyer/Owner, jaminan pekerjaan selesai atau uang kembali ketika seller/worker tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya;
  • Arbitrase internal, jika terjadi perselisihan salah satu pihak dapat mengajukan arbitrase melalui Tim Arbitrator Projects.co.id.

6. Payment

6.1 Fasilitas Pembayaran yang Tersedia

1) Transfer via Rekening Bank

Transfer ke rekening escrow Projects.co.id atas nama PT Panonpoe Media.

  • Setiap transaksi yang menggunakan transfer rekening bank akan berstatus disetujui ketika Anda menerima konfirmasi Instruksi Pembayaran dari Projects.co.id. Konfirmasi tersebut akan dikirim melalui email yang telah terdaftar di database Projects.co.id;
  • Projects.co.id akan menindaklanjuti transaksi user, setelah user meyelesaikan Total Pembayaran order, user harus mengirim konfirmasi pembayaran, dengan cara mengklik tombol "Confirmation Payments" serta melampirkan bukti pembayaran;
  • Projects.co.id akan merelease konfirmasi pembayaran user setiap hari Senin hingga Jum’at jam 09.00 s/d 17.00. Hari Sabtu/Minggu/Libur dan di luar jam operasional tidak melayani konfirmasi pembayaran user;
  • Pembayaran sudah harus diselesaikan selambat-lambatnya dalam 7x24 jam sejak email "Instruksi Pembayaran" disampaikan;
  • Jika pembayaran dilakukan setelah 7x24 sejak pemberitahuan Instruksi Pembayaran disampaikan, maka sistem secara otomatis akan meng-cancel tagihan order user. Dana yang telah ditransfer user akan dikembalikan selambat-lambatnya dalam 3 hari kerja sejak user transfer;
  • Projects.co.id hanya dapat melindungi Anda jika pembayaran 100% Anda transfer ke rekening escrow Projects.co.id a.n. PT Panonpoe Media.

2) Transfer via KlikPay/Clickpay/Clicks
  • Sistem pembayaran online ketika pelanggan melakukan pembayaran order secara online dengan menggunakan pilihan sistem pembayaran menggunakan KlikPay/Clickpay/Clicks dan semua transaksi akan diproses dalam mata uang Rupiah Indonesia.
    Proses pembayaran order Anda kami pastikan aman dengan protokol Secure Sockets Layer (SSL) dimana SSL menyediakan keamanan penuh setiap pengguna dan kebebasan untuk bertransaksi online tanpa rasa khawatir mengenai kemungkinan pencurian informasi;
  • Pengguna membayar sebagai kesediaan dan persetujuan terhadap pembayaran order pengguna sebesar nilai order tersebut, yang ditandai dengan persetujuan dari bank pemroses untuk melakukan pendebetan pada rekening pengguna;
  • Pengguna dapat melakukan pembayaran setiap hari (senin sampai minggu) 7x24 jam, termasuk hari libur;
  • Pengguna kemudian diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran order dan apabila pembayaran order telah berhasil dilakukan, Projects.co.id akan mengirimkan tanda terima pembayaran melalui surat elektronik (e-mail) kepada alamat e-mail pengguna dalam waktu max 1 (satu) hari setelah proses pembayaran order selesai dilakukan;
  • Pengguna diwajibkan untuk menyimpan bukti pembayaran jika sewaktu-waktu diperlukan dalam proses konfirmasi pembayaran;
  • Semua transaksi akan diproses dalam kurun waktu 1 x 24 jam;
  • Bank pemroses kartu berhak menolak transaksi pengguna.
A. Prosedur Pembayaran via KlikPay/Clickpay/Clicks

Pengguna login ke situs Projects.co.id, bagi pengguna yang belum terdaftar wajib registrasi terlebih dahulu untuk dapat login dan bertransaksi pada situs Projects.co.id. Setelah login berhasil, maka pengguna dapat melakukan transaksi di Projects.co.id.

Semua transaksi yang terjadi dapat dilihat pada menu Shopping Cart, untuk melanjutkan transaksi pengguna harus mengklik Checkout dan memilih pembayaran secara online, dengan menggunakan KlikPay/Clickpay/Clicks pada salah satu bank penyedia, pengguna akan menerima konfirmasi sebagai berikut:

  • Memasukan ID dan Password;
  • Summary Payment, berisi tentang Merchant dan detail transaksi pengguna;
  • Input kode informasi yang diberikan bank penyedia melalui fasilitas yang sudah ditentukan oleh bank penyedia;
  • Setelah melakukan verifikasi bank penyedia mendebet rekening Nasabah, mengkreditkan ke rekening penampungan Projects.co.id, dan mengirimkan konfirmasi berhasil ke Projects.co.id;
  • Projects.co.id menampilkan layar konfirmasi transaksi berhasil ke pengguna.

B. Biaya Pemrosesan KlikPay/Clickpay/Clicks

Projects.co.id mengenakan biaya pemrosesan kepada pengguna sebesar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- bergantung dari bank penyedia.

3) Transfer via Kartu Kredit (Visa dan MasterCard)
    • Untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi pelanggan dalam melakukan transaksi pada situs Projects.co.id, saat ini kami telah mengimplementasikan suatu sistem pembayaran online ketika pelanggan melakukan pembayaran order secara online dengan menggunakan pilihan sistem pembayaran dari Visa/Master dan semua transaksi akan diproses dalam mata uang Rupiah Indonesia.
      Proses pembayaran order Anda kami pastikan aman dengan protokol Secure Sockets Layer (SSL) dimana SSL menyediakan keamanan penuh setiap pelanggan dan kebebasan untuk bertransaksi online tanpa rasa khawatir mengenai kemungkinan pencurian informasi kartu kredit;
    • Pengguna membayar sebagai kesediaan dan persetujuan terhadap pembayaran order pengguna sebesar nilai order tersebut, yang ditandai dengan persetujuan dari bank pemroses kartu yang telah melakukan pendebetan;
    • Pengguna dapat melakukan pembayaran setiap hari (senin sampai minggu) 7x24 jam, termasuk hari libur;
    • Pengguna kemudian diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran order dan apabila pembayaran order telah berhasil dilakukan, Projects.co.id akan mengirimkan tanda terima pembayaran melalui surat elektronik (e-mail) kepada alamat e-mail pengguna dalam waktu max 1 (satu) hari setelah proses pembayaran order selesai dilakukan.
    • Pengguna diwajibkan untuk menyimpan bukti pembayaran jika sewaktu-waktu diperlukan dalam proses konfirmasi pembayaran.
    • Semua transaksi akan diproses dalam kurun waktu 1 x 24 jam.
    • Bank pemroses kartu berhak menolak transaksi user.
A. Prosedur Pembayaran via Kartu Kredit

User login ke situs Projects.co.id. Bagi user yang belum terdaftar wajib registrasi terlebih dahulu untuk dapat login dan bertransaksi pada situs Projects.co.id b. Setelah login berhasil, maka user dapat melakukan transaksi project dan/atau transaksi pembelian produk digital.

Semua transaksi yang terjadi dapat dilihat pada menu Shopping Cart, untuk melanjutkan transaksi user harus mengklik Checkout dan memilih pembayaran secara online, dengan meng-klik Pay with Credit Card, user akan menerima konfirmasi sebagai berikut:

a) Order Detail, berisi:

  • Invoice number:
    • Item Description
    • Unit Price
  • Payment Method

b) Melakukan verifikasi melaui website Projects.co.id, dengan parameter sbb:

  • Name
  • Address
  • Email
  • City
  • Region/State
  • Postal Code
  • Country
  • Mobile Phone
  • Home Phone/Work Phone

c) Process Payment atau Cancel

  • Approve
    • Merchan akan mengirimkan email dan SMS konfirmasi yang isinya berupa pemberitahuan kepada user (buyer) telah bisa mendownload pembelian produk digiitalnya dan/atau user (owner) project telah bisa mulai dikerjakan;
    • Order Complete.
  • Failed
    • Merchant akan melakukan void atas transaksi user tersebut dengan cara men-select “void” pada halaman Back Admin Merchant, dengan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email user sebagaimana yang terdaftar pada database Projects.co.id, berikut alasan penolakan (void) atas transaksi tersebut.
B. Biaya Pemrosesan Kartu Kredit

Projects.co.id mengenakan biaya pemrosesan kepada user sebesar 3,25% + Rp 3.500,- dengan minimal biaya pemrosesan sebesar Rp 10.000,- (jika 3,25% + Rp 3.500,- kurang dari Rp 10.000,- maka akan dibulatkan menjadi Rp 10.000,-).

6.2 Total Tagihan

  • Total tagihan yang harus dibayarkan adalah sebagaimana yang tertera pada Shopping Cart (keranjang belanja) dan/atau invoice pemesanan (halaman Order Details);
  • Apabila terjadi perubahan harga produk digital, maka harga yang berlaku adalah harga yang sesuai dengan informasi total belanja yang ditampilkan dalam Order Details.

6.3 Antisipasi Penyalahgunaan Kartu Kredit/KlikPay/Clickpay/Clicks pada Transaksi Online

1) Antisipasi via Situs
  • User wajib melakukan registrasi sebagai member pada situs Projects.co.id dengan memberikan informasi lengkap mengenai data diri dan jenis kartu yang digunakan ketika melakukan pembayaran melalui kartu kredit/KlikPay/Clickpay/Clicks.
  • Setiap akun user telah dilengkapi password yang berisi kombinasi menggunakan huruf besar, huruf kecil dan angka, guna menjamin keamanan akun user yang bersangkutan.
2) Antisipasi via Telepon

Bank pemroses kartu kredit/KlikPay/Clickpay/Clicks akan melakukan verifikasi melalui nomor telepon yang telah didaftarkan user pada bank pemroses kartu kredit/KlikPay/Clickpay/Clicks, untuk memastikan bahwa user yang bersangkutan adalah pemilik kartu kredit/KlikPay/Clickpay/Clicks yang melakukan transaksi secara online.

7. Pengembalian Dana (Refund)

  • Pengembalian dana hanya berlaku untuk transaksi open project maupun private project;
  • Besaran atau jumlah dana yang dikembalikan adalah sebagaimana hasil kesepakatan antara pengguna atau berdasarkan keputusan arbitrase yang ditetapkan oleh tim arbitrator Projects.co.id;
  • Dana akan dikreditkan/dimasukan ke available balance akun pengguna di Projects.co.id;
  • Pengguna dapat menarik available balance tersebut melalui mekanisme withdrawal yang sudah ditentukan;
  • Pengguna juga dapat menggunakan available balance tersebut untuk kepentingan transaksi di Projects.co.id dalam pembuatan project atau pembelian produk digital;
  • Proses withdrawal sebagaimana yang dijelaskan di dalam pasal 8 perjanjian pengguna;
  • Projects.co.id berhak untuk melakukan perubahan mekanisme refund atau pengembalian dana tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya.

8. Penarikan Dana

8.1 Cara Penarikan Dana

Setiap dana yang Anda hasilkan di Projects.co.id secara otomatis akan langsung dikreditkan ke available balance akun Anda di Projects.co.id, selanjutnya Projects.co.id akan mentransfer dana Anda dari available balance ke rekening bank Anda sesuai dengan setting payment yang sudah Anda buat sebelumnya. Anda dapat melakukan setting penarikan dana melalui menu:

My Account > My Finance > Change Payment Settings.

Demi keamanan dana Anda Projects.co.id akan melakukan verifikasi rekening Anda malalui email dan sms dengan secure code tertentu, untuk itu Anda harus memasukan email dan nomor telepon seluler Anda dengan benar.
Uang ditransfer ke rekening bank Anda, selambat-lambatnya dalam 3 (tiga) hari kerja, sejak Anda melakukan penarikan.

8.2 Ketentuan Penarikan Dana

Projects.co.id akan mentransfer dana dari rekening bank Projects.co.id ke rekening bank Anda dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Anda wajib melampirkan identitas yang benar dan mencantumkan/mendaftarkan informasi rekening bank milik Anda dengan benar di situs Projects.co.id.
  • Anda tidak dapat meminta kepada Projects.co.id untuk mentransfer dana ke rekening Anda yang tidak terdaftar di Projects.co.id.
  • Projects.co.id tidak bertanggung jawab atas kehilangan dana yang diakibatkan oleh kesalahan informasi rekening yang Anda daftarkan di situs Projects.co.id.

8.3 Batasan Penarikan Dana

Anda dapat melakukan penarikan dana dari available balance Anda di Projects.co.id ke rekening bank Anda, setiap hari kerja (senin-Jum’at) dari jam 09.00-15.00 WIB, adapun nominal penarikan yang bisa dilakukan, adalah sebesar:

1) Minimal Penarikan
  • Minimal Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) untuk pengguna Bank BCA, BNI, BNI Syari'ah, Mandiri dan CIMB Niaga;
  • Minimal Rp 57.500,- (limapuluhtujuh ribu limaratus rupiah) untuk pengguna selain Bank tersebut di atas (Rp 50.000,- + biaya transfer Rp 7.500,-).
2) Maksimal Penarikan
  • Maksimal Rp. 100.000.000,- (seratusjuta rupiah) untuk satu kali penarikan, ditambah biaya transfer sebesar Rp 25.000,- (duapuluhlima ribu rupiah).

9. Fee dan Biaya

Kami yakin dan percaya fee yang kami kenakan merupakan kebijakan profesional dalam semua proses transaksi bisnis demi terselenggaranya sistem kerja yang adil dan berkesinambungan dan dibenarkan secara hukum, oleh karena itu kami tidak mentolerir setiap upaya dari salah satu pihak didalam menegosiasikan fee atau bahkan untuk memberikan layanan gratis kepada pengguna lain.

9.1 Fee Project

Projects.co.id mengenakan fee kepada worker sebesar 12% (duabelas persen) dari harga project sebelum dipotong pajak (PPh dan/atau PPN).

9.2 Fee Product

Projects.co.id mengenakan fee kepada seller sebesar 20% (duapuluh persen) dari harga produk sebelum dipotong pajak (PPh dan/atau PPN).

9.3 Fee Service

Projects.co.id mengenakan fee kepada seller/worker sebesar 12% (duabelas persen) dari harga service sebelum dipotong pajak (PPh dan/atau PPN).

9.4 Biaya Transfer

Biaya transfer dikenakan kepada pengguna pada setiap proses transfer dari rekening Projects.co.id ke rekening bank pengguna, dengan ketentuan:

  • Gratis biaya transfer untuk pengguna Bank BCA, BNI, BNI Stari'ah, Mandiri dan CIMB Niaga;
  • Biaya transfer Rp. 7.500,- (tujuhribu limaratus rupiah) untuk pengguna selain Bank tersebut di atas.

9.5 Biaya Tanda Terima

Biaya tanda terima adalah biaya berdasarkan permintaan pengguna dari transaksi yang terjadi. Biaya tanda terima ditanggung oleh pengguna yang yang melakukan permintaaan “Tanda Bukti Pembayaran” terhadap sejumlah biaya yang ditransfer pengguna ke rekening Projects.co.id.

Tanda terima akan dikirim oleh Projects.co.id kepada pengguna melalui jasa pos atau kurir, setelah pengguna yang bersangkutan mentransfer biaya tanda terima ke rekening Projects.co.id. Besaran Biaya Tanda Terima sebesar Rp 15.000 (lima belas ribu rupiah) sudah termasuk biaya materai dan ongkos kirim.

Selain dari yang telah disebutkan diatas, tidak ada lagi biaya lain yang dipungut Projects.co.id kepada pengguna.

10. Pajak

10.1 Pajak Penghasilan (PPh)

  • Dikenakan kepada Seller dan/atau worker sebagai pribadi atau badan yang memperoleh penghasilan dari penjualan barang dan/atau penyediaan jasa yang penghasilannya tidak dikenakan pajak yang bersifat final, tarif PPh pasal 17 Undang-Undang PPh diterapkan atas Penghasilan Kena Pajak yang dihitung dari penghasilan bruto dari penjualan barang dan/atau penyediaan jasa yang dikurangi dengan biaya-biaya untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan;
  • Apabila buyer dan/atau owner adalah Wajib Pajak Orang Pribadi atau Badan yang ditunjuk sebagai pemotong/pemungut PPh, maka buyer dan/atau owner tersebut wajib melakukan pemotongan/pemungutan PPh dengan tarif dan tata cara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

10.2 Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

  • Penyerahan produk digital yang dilakukan seller kepada buyer melalui Projects.co.id dan/atau penyerahan hasil pekerjaan yang dilakukan worker kepada owner melalui Projects.co.id dianggap sebagai penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) yang terhutang PPN sebesar 10% sebagaimana diatur pada Pasal 1A huruf c Undang-Undang No. 42 tahun 2009 tentang PPN dan PPnBM;
  • Berkaitan dengan PPN ini Seller dan/atau worker wajib mengeluarkan faktur pajak kepada buyer dan/atau owner;
  • Dalam hal seller dan/atau worker bukan Pengusaha Kena Pajak (PKP) maka Seller dan/atau worker tidak menerbitkan faktur pajak.

11. Keterbatasan dan Pengecualian

Projects.co.id telah menerapkan langkah-langkah teknis dan sistemis yang dirancang untuk mengamankan informasi pribadi pengguna dari perbuatan pihak ketiga yang mungkin dapat merugikan pengguna seperti, pengaksesan yang tidak sah, menggunakan informasi pribadi pengguna untuk tujuan yang tidak benar, mengubah atau membocoran informasi. Namun kami tidak dapat menjamin kemampuan pihak ketiga yang secara sengaja atau tidak, mampu mengalahkan langkah-langkah teknis dan sistemis yang kami buat. Untuk itu Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga, memelihara dan penyimpanan catatan bisnis demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Anda mengakui bahwa Anda memberikan informasi pribadi Anda, atau informasi tentang entitas yang Anda wakili dengan resiko yang tersebut.

12. Batasan Tanggung Jawab

Dalam hal sengketa yang mungkin terjadi, Projects.co.id, afiliasinya dan staff tidak bertanggung jawab dalam hal kesalahan ataupun kelalaian, seperti:

  • Kesalahan atau kelalaian yang secara langsung ataupun tidak langsung dirasa mengganggu kepentingan pihak lain yang mungkin timbul oleh Anda;
  • Hilangnya project, pendapatan atau keuntungan (baik langsung atau tidak langsung ) yang mungkin timbul oleh Anda;
  • Kerugian yang timbul sebagai akibat dari klaim, tuntutan atau kerusakan yang dapat ditanggung oleh Anda sebagai akibat dari kesalahan atau kelalaian Anda;
  • Projects.co.id, afiliasi dan staff tidak berkewajiban memberitahukan kepada Anda mengenai kerugian atau kerusakan yang mungkin timbul.

Tidak ada dalam Perjanjian ini dimaksudkan untuk membatasi atau mengecualikan kewajiban apapun dari Projects.co.id kepada Anda kecuali bahwa pengecualian atau pembatasan tersebut dibenarkan oleh hukum yang berlaku.

13. Ganti Rugi

Projects.co.id dan afiliasinya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian, biaya, pengeluaran, kerusakan atau kewajiban lainnya (termasuk biaya pengacara) yang timbul dari atau berhubungan dengan setiap penyebab tindakan, klaim, gugatan, banding, permintaan atau tindakan yang dibawa oleh pihak ketiga.

Kerugian, biaya, pengeluaran, kerusakan atau kewajiban lainnya (termasuk biaya pengacara) yang timbul dari atau berhubungan dengan setiap penyebab tindakan, klaim, gugatan, banding, permintaan atau tindakan yang dibawa oleh pihak ketiga sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna yang bersengketa.

14. Jangka Waktu Perjanjian

Perjanjian ini akan menjadi efektif setelah proses registrasi Anda ke website Projects.co.id dan selama Anda mengunjungi atau menggunakan situs kami.

Projects.co.id dapat mengeluarkan peringatan, atau menghentikan sementara akun Anda tanpa batas waktu atau menghentikan akses pengguna Anda dan menolak untuk memberikan layanan situs untuk Anda, jika Anda:

  • Melanggar syarat dan ketentuan Perjanjian ini;
  • Kami menduga atau mengetahui bahwa Anda telah memberikan informasi palsu; atau
  • Kami menduga atau mengetahui bahwa Anda menngunakan situs kami bertentangan dengan kepentingan situs atau dengan komunitas pengguna Projects.co.id.

Pelanggaran perjanjian ini dapat dituntut hukum sepenuhnya dan dapat mengakibatkan hukuman tambahan dan sanksi. Kami akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda jika kami menonaktifkan keanggotaan Anda, kecuali menurut penilaian kami memberikan pemberitahuan akan menyebabkan resiko pelanggaran lebih lanjut. Namun, kami akan memberitahu Anda bahwa akun Anda dibatalkan jika hukum memerlukan notifikasi.

Pemutusan akun akan secara otomatis memberikan hak kepada Projects.co.id untuk menghentikan semua rekening yang terkait dari akun Anda.

15. Sengketa

15.1 Sengketa Antara Pengguna

Dalam hal penyelesaian persengketaan yang terjadi antara Anda dengan pengguna lain bahwa Anda setuju untuk menyelesaikan setiap perbedaan yang terjadi termasuk dalam kaitannya dengan kualitas dan layanan yang diberikan. Anda setuju dan mengakui bahwa:

  • Projects.co.id hanya akan memediasi kepada kedua belah pihak berdasarkan data dan dokumen yang ada melalui arbitrase;
  • Segala komunikasi antara harus dilakukan di situs Projects.co.id, baik menggunakan thread maupun menggunakan fasilitas real-time chat yang telah disediakan;
  • Jika Anda melakukan pembicaraan diluar situs Projects.co.id maka Projects.co.id tidak memiliki catatan (log) pembicaraan Anda. Ketika terjadi sengketa dan salah satu pihak mengajukan arbitrase, hanya pembicaraan dalam situs Projects.co.id yang dapat diajukan sebagai bukti;
  • Projects.co.id tidak menyediakan layanan dan nasehat hukum;
  • Atas penolakan Anda terhadap hasil keputusan arbitrase oleh tim arbitrator Projects.co.id, Anda diperbolehkan memilih penyelesaian perselisihan secara abitrase di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia);
  • Tim arbitrator Projects.co.id hanya akan bertindak sebagai saksi ahli jika diperlukan;
  • Dengan adanya sengketa atau perselisihan ini yang berakibat pada adanya akibat hukum bagi Projects.co.id secara perdata maupun pidana, pengguna setuju untuk mengambil alih dan membebaskan Projects.co.id dari segala akibat hukum tersebut.
  • Anda diperbolehkan memiliki penasihat hukum yang berlisensi sebagai penasehat hukum Anda. Kerugian, biaya, pengeluaran, kerusakan atau kewajiban lainnya (termasuk biaya pengacara) yang timbul dari atau berhubungan dengan setiap penyebab tindakan, klaim, gugatan, banding atau permintaan sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda.

15.2 Sengketa Antara Pengguna Dengan Projects.co.id

Jika timbul sengketa antara pengguna dengan Projects.co.id maka sengketa akan diselesaikan secara cepat hingga kedua pihak yang bersengketa mendapat putusan yang jelas. Oleh karena itu, jika dalam kurun waktu selambat-lambatanya 30 (tiga puluh) hari sejak persengketaan terjadi antara Anda dan Projects.co.id, Anda setuju bahwa Projects.co.id akan menyelesaikan setiap klaim, tuntutan atau perbedaan yang terjadi antara Anda dengan Projects.co.id melalui hukum peradilan yang berlaku dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, maka dengan adanya pernyataan tertulis dari salah satu pihak kepada pihak lainnya bahwa perselisihan tidak dapat diselesaikan, maka salah satu pihak dapat berinisiatif untuk menyelesaikan perselisihan secara arbitrase di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia).

15.3 Arbitrase

Projects.co.id memiliki hak penuh untuk mengambil tindakan terhadap semua persengketaan yang terjadi. Anda mengakui bahwa Projects.co.id bukanlah lembaga peradilan yang bertanggung jawab dalam penyelesaian persengketaan dan bahwa Projects.co.id hanya akan membuat penentuan yang wajar berdasarkan dokumen yang didapat. Anda setuju bahwa Projects.co.id memiliki kebijakan mutlak untuk menerima atau menolak dokumen yang Anda berikan, sehingga dalam hal ini tim arbitrator hanya akan menggunakan file yang berasal dari sistem pesan pribadi project owner maupun worker yang bersengketa, yang terdapat pada situs Projects.co.id sebagai dokumen tunggal dalam arbitrase. Selain itu, Projects.co.id tidak menjamin bahwa dokumen-dokumen yang disediakan oleh pihak yang bersengketa, yang berasal dari luar sistem Projects.co.id adalah benar, lengkap dan valid.

Anda harus memiliki alasan kuat mengapa Anda mengajukan arbitrase, jika Anda memiliki alasan dan bukti yang tidak kuat bisa jadi Anda akan mengalami kerugian sebagai akibat dari dokumentasi yang tidak benar, tidak lengkap dan tidak valid, Anda akan dikenakan penalti yang dapat mencederai reputasi Anda yang dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap kesuksesan Anda di Projects.co.id, dan Anda juga setuju untuk membayar kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat dari setiap klaim, tuntutan, dan kerusakan yang Anda ajukan dalam peradilan, sebagaimana yang disebutkan dalam pasal (13).

Jika Anda mengalami kesulitan atau masalah sehubungan dengan persengketaan dengan pengguna lain dalam kaitannya dengan project, kami sarankan Anda untuk menghubungi kami sebagaimana diatur dalam Pasal (19).

15.4 Tim Arbitrator

Tim arbitrator Projects.co.id memiliki hak yang bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diubah. Tim arbitrator berhak untuk mengambil alih persengketaan yang diajukan salah satu pihak dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dulu kepada Anda, Anda setuju dan mengakui bahwa:

  • Putusan tim arbitrator Projects.co.id adalah sah dan dibenarkan berdasarkan perjanjian ini;
  • Tim arbitrator dan Projects.co.id dengan ini tidak berkewajiban atas kerugian yang disebabkan oleh klaim, tuntutan dan kerusakan yang terjadi.

15.5 Prosedur Penyelesaian Sengketa

1) Proses Indentifikasi Masalah

Adanya pengaduan dari salah satu pihak terhadap project yang sedang berlangsung. Penggugat mengisi formulir arbitrase yang telah disediakan yang berisikan; identitas project, identifikasi pihak tergugat, uraian masalah berupa penjelasan mengapa sengketa diajukan atas dasar hukum dan faktual sengketa, juga harapan yang dikehendaki sebagai solusi dari sengketa yang terjadi. Selanjutnya formulir gugatan dikirimkan kepada pihak tergugat.

Pihak tergugat mempunyai waktu selambat-lambatnya 3x24 jam sejak pemberitahuan arbitrase disampaikan, untuk memberikan jawaban balasan terhadap surat gugatan, jika dalam kurun waktu lebih dari 3x24 jam sejak pemberitahuan arbitrase disampaikan, pihak tergugat belum memberikan jawaban balasan, tim arbitrator akan melakukan panggilan kepada pihak tergugat.
Tim arbitrator hanya akan memberikan panggilan kepada pihak tergugat sebanyak 3 (tiga) kali panggilan, jika pihak tergugat tidak memberikan balasan:

  • Panggilan Pertama, setelah 3x24 jam sejak pemberitahuan arbitrase disampaikan;
  • Panggilan kedua, setelah 2x24 jam sejak panggilan pertama disampaikan;
  • Panggilan ketiga, setelah 1x24 jam sejak panggilan kedua disampaikan;
  • Pengambilalihan arbitrase oleh tim arbitrator Projects.co.id, setelah 1x24 jam sejak panggilan ketiga disampaikan.

Projects.co.id akan memberikan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2 * nilai project /100.000) untuk setiap pemanggilan yang terjadi kepada pihak tergugat.

Jika sampai dengan panggilan ketiga, pihak tergugat tidak juga memberikan jawaban balasan, maka proses arbitrase akan diambil alih oleh tim arbitrator Projects.co.id, selanjutnya tim akan memberikan putusan terhadap sengketa yang terjadi. Tim arbitrator hanya akan menggunakan file yang berasal dari sistem pesan pribadi project penggugat maupun tergugatyang terdapat pada situs Projects.co.id sebagai dokumen tunggal dalam arbitrase.

Penggugat sadar bahwa dengan mengirim formulir gugatan ini, penggugat bersedia menanggung resiko yang mungkin timbul, untuk memberikan ganti rugi sebagai akibat dari klaim, tuntutan dan kerusakan yang terjadi.

Identifikasi masalah bertujuan agar masing-masing pihak bisa saling mengetahui dan memahami permasalah dan keinginan pihak lain.

2) Proses Negosiasi

Kedua belah pihak diberi kesempatan untuk mencari solusi bersama, selambat-lambatnya dalam kurun waktu 3x24 jam terhitung sejak pihak tergugat mengirimkan jawaban balasan arbitrase.

Pembatalan sengketa hanya dapat dilakukan oleh pihak penggugat, atau adanya kesepakatan bersama antara penggugat dan tergugat sebelum masa negosiasi berakhir. Jika tidak mendapatkan kesepakatan hingga masa negosiasi berakhir, maka sengketa atau arbitrase akan diambil alih oleh tim arbitrator Projects.co.id.

3) Proses Pengambilan Keputusan (Decided)

Jika sampai dengan panggilan ke tiga pihak tergugat tidak memberikan respon maka keputusan arbitrase secara otomatis akan diambil alih oleh tim arbitrator Projects.co.id.

Atau jika terdapat suatu keadaan tertentu dimana pihak penggugat dikarenakan sesuatu dan lain hal meminta kepada Projects.co.id agar sengketa atau arbitrase bisa segera diselesaikan maka tim arbitrator Projects.co.id dapat mengambil alih arbitrase dengan ketentuan jika dalam masa pengaduan 3x24 jam tersebut pihak tergugat tidak memberikan respon atau tanggapan terhadap pengaduan pihak penggugat. Projects.co.id melalui tim arbitrator tidak berkewajiban untuk memberikan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak tergugat.

Tim arbitrator akan memberikan putusan terhadap sengketa selambat-lambatnya 3 hari kerja, sejak sengketa diambil alih oleh tim arbitrator. Putusan tim arbitrator bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diubah.

Anda setuju jika dalam kurun waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak putusan arbitrase ditetapkan oleh tim arbitrator Projects.co.id, Anda menolak putusan tim arbitrator Projects.co.id, maka dengan adanya pernyataan tertulis dari Anda kepada tim arbitrator Projects.co.id dan kepada pihak lainnya bahwa perselisihan tidak dapat diselesaikan, maka Anda dapat menyelesaikan perselisihan secara arbitrase di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia). Tim arbitrator Projects.co.id akan bertindak sebagai saksi ahli jika diperlukan.

16. Pemberitahuan

Anda setuju untuk menerima pemberitahuan dari kami secara elektronik dan Anda setuju bahwa komunikasi elektronik memenuhi segala persyaratan hukum seperti komunikasi yang dibuat secara tertulis. Anda akan dianggap telah menerima pemberitahuan ketika Projects.co.id mengirimkannya ke alamat email Anda dan/atau melalui email akun pribadi Anda di situs Projects.co.id, oleh karena itu Anda harus secara teratur memeriksa email atau akun Anda di situs ini.

17. Tempat Kedudukan Hukum Yang Berlaku

Anda setuju bahwa terhadap persengketaan yang mungkin timbul antara Anda dengan pengguna atau antara Anda dengan Projects.co.id selain dengan Perjanjian ini, pada tingkat peradilan yang lebih tinggi akan diatur berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia, terlepas dari negara mana Anda berasal atau dimana Anda mengakses situs kami. Anda setuju bahwa setiap klaim atau sengketa yang mungkin Anda ajukan gugatan harus diselesaikan oleh pengadilan yang berlokasi di Jakarta-Indonesia sesuai dengan ketentuan dan peraturan BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia). Anda dengan ini setuju, tunduk dan patuh pada hukum pengadilan yang berlokasi di Jakarta-Indonesia terhadap semua klaim, tuntutan atau persengketaan tersebut.

18. Keadaan Kahar

Keterlambatan atau kegagalan melakukan kewajiban yang harus dilakukan oleh masing masing pihak menurut PERJANJIAN ini tidak akan dianggap sebagai pelanggaran perjanjian kalau disebabkan oleh keadaan di luar kendali para pihak, seperti kebakaran, ledakan, bencana atau kecelakaan, tidak adanya atau kegagalan fasilitas pengangkutan, epidemi, taufan, angin ribut, banjir, musim kemarau atau perang baik yang dinyatakan ataupun yang tidak dinyatakan, revolusi, huru hara, tindakan musuh negara, blokade atau embargo atau karena peraturan hukum, peraturan, ordonasi, permintaan atau persyaratan dari pemerintah atau lembaga yang berwenang, pihak otoritas atau wakil dari pemerintah atau karena alasan atau sebab lain, suatu kejadian hal atau masalah apapun, sama atau tidak sama dengan yang diuraikan di muka, yang terjadi di luar kendali pihak yang terkena dan terjadinya bukan karena kesalahan atau kelalaian pihak yang terkena.

19. Hubungi Kami

Jika Anda memiliki informasi pelanggaran terhadap ketentuan layanan ini, atau jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan kami, silahkan hubungi:

Website
:
https://projects.co.id
Email
:
atau
Phone/Fax
:
022-87882588
Telkomsel
:
0822 1676 9885
Smartfren
:
0888 0944 3072
Indosat
:
0857 9441 6774
Three
:
0896 2577 9278
XL
:
0859 7430 4885
Hari
:
Senin - Jumat
:
09.00 WIB - 17.00 WIB
 
:
Sabtu
:
09.00 WIB - 15.00 WIB
 
:
Minggu & hari libur Nasional
:
Offline