• (022) 8788 2588

Pentingnya (Mempermak) Halaman Profil

 

  • Published by superadmin
  • 20/02/2015 15:39:48 WIB

Baiklah. Anda sudah mendaftar dan mengaktifkan account Anda. Itu adalah langkah awal yang bagus.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan --terlebih jika Anda adalah worker/freelancer/penjual jasa (service provider) dan penjual produk digital-- adalah mengisi dan memoles halaman profile Anda.

Halaman profile adalah kesempatan terbaik untuk menjelaskan siapa diri Anda: apa pekerjaan Anda, kenapa Anda sangat ahli melakukan pekerjaan Anda, kenapa project owner harus mempertimbangkan bid Anda, kenapa Anda dapat dipercaya, award-award yang pernah Anda terima, dll.

Halaman profil adalah showcase Anda, etalase Anda. Memang semua orang tidak berhak menilai orang lain --apalagi hanya dengan melihat halaman profil--, tetapi ini tidak berlaku untuk project owner. Project owner tidak mengenal Anda dan mereka hendak mempertaruhkan uang mereka untuk menyewa Anda mengerjakan sesuatu yang penting. Hal pertama yang akan mereka lakukan adalah melihat halaman profil Anda. Mereka perlu tahu dua hal utama ini: “siapa Anda?” dan “apa yang Anda dapat lakukan untuk saya?”

Untuk mengubah/mengisi halaman profile, caranya adalah dengan login terlebih dahulu, kemudian klik My Account >> My Profile




Klik pada button Edit Profile.




Photo

Upload foto diri Anda. Foto diri Anda yang terlihat professional dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan. Sedapat mungkin jangan menggunakan foto default. Jika Anda tidak menggunakan foto diri, gunakanlah foto lain yang terlihat professional dan berhubungan dengan diri/skill Anda.


Birthday, Jenis Kelamin, Lokasi, Language

Gampang isinya, diisi saja :)


Self Introduction

Tuliskan deskripsi lengkap mengenai diri Anda, keahlian, pengalaman kerja, pendidikan dan kursus yang pernah (atau sedang) Anda jalani. Ceritakan apa yang dapat Anda lakukan dengan baik. Tuliskan sejarah pekerjaan Anda. Tambahkan gambar (image) dan/atau video untuk mendukung tulisan Anda. Pastikan keyword Anda tertera di halaman tersebut, namun jangan menyebut keyword tersebut berulang-ulang. Misalnya Anda adalah seorang web developer dan Anda sangat hebat melakukannya. Pastikan kata “web developer” ada di halaman tersebut. Ketika seseorang entah dimana membutuhkan jasa seorang web developer dan mencarinya melalui Google, halaman profil Anda mungkin akan muncul di halaman pencariannya.

Di halaman profil ini, Anda tidak perlu menampilkan hobby, 
status pernikahan dan tantangan atau kesulitan hidup Anda (kecuali misalnya Anda adalah seorang programmer, Anda dapat menuliskan bahwa hobby Anda adalah coding dan Anda sudah melakukan ini sejak Anda berada di kelas 5 SD).

Tulislah deskripsi diri Anda dengan professional.


Skills




Pilihlah skill Anda, jangan membiarkannya kosong.

Memilih skill Anda dengan hati-hati akan memberikan 2 (dua) manfaat:

  1. Sewaktu Anda mem-bid project, project owner memiliki bayangan awal apakah Anda cocok mengerjakan project tersebut atau tidak. Hal yang sama berlaku juga jika Anda menawarkan/menjual jasa (sell service).
  2. Setiap kali ada project baru yang membutuhkan skill yang cocok dengan skill Anda, Anda akan mendapat pemberitahuan lewat email seperti terlihat di bawah ini:




atau seperti ini:




Untuk terus mendapatkan informasi bermanfaat, follow twitter kami ya di @projectscoid



Comments