Akun Kloningan??? Entah cuma Kebetulan Atau Memang Disengaja

  1. 8 months ago

    Saya selalu berdoa, agar platform Projects.co.id tetap berlaku fair, dan menyenangkan. Karena sejauh ini memang seperti itu yang saya rasakan.

    Sampai kemarin saya dapat notifikasi projects yang agak sedikit mencurigakan.

    cek skrinsut

    projectnya

    BIsa kawan2 cek ya kecurigaan saya dimana. yup, antara owner, dan workernya kok "kebetulan" mirip usernamenya. Terutama, kemiripan username tersebut adalah username yang bukan username familiar. Tapi memang sepertinya merujuk pada nama seseorang.

    Saya tidak tahu apakah ini akan menyalahi TOS dari Projects.co.id atau tidak. Hanya saja melihat hal ini saya malah jadi ingat platform freelancer global dimana prilaku2 seperti ini sudah barang lumrah. Buat projects sendiri, bid sendiri, lalu modalin sendiri, dan dapat poin sendiri.

    Seandainya ini tidak menyalahi aturan TOS, tentu efeknya akan ada pada ekosistem dalam platform itu sendiri. Tentu kita akan membayangkan, masa depan dari platform Projects yang sepertinya dan mungkin saja akan bernasib sama dengan platform global yang saya maksud.

    seandainya hal ini benar, tentang prilaku buat akun kloningan, lalu buat projects sendiri hanya gara2 untuk ngedapetin poin, percyalah kawan2 hal itu tidak akan membuat kawan2 menjadi lebih baik. karena jatuhnya adalah membohongi alias menipu diri sendiri.

    Janganlah kita hanya gara2 untuk ngedapetin poin rate dan 5 Stars lalu kita mencoba melihat dan mengakali sebuah sistem dengan akun2 kloningan. Saya tidak tahu, apakah kecurigaan saya ini berlaku untuk kasus pertama atau memang sudah banyak sebelumnya projects2 yang dibuat oleh akun2 kloningan.

    Marilah kita jaga agar ekosistem platform ini tetap berjalan semestinya. Dan berlaku fair dalam segala sisi.

  2. Admin4

    15 Oct 2020 Administrator

    Halo @SayyidMadanySyani
    Tidak kami pungkiri bahwa ada beberapa user yang melakukan perbuatan seperti yang Kaka sampaikan, dia sebagai owner memilih bid worker yang sejatinya adalah user itu sendiri.
    Untuk kasus-kasus seperti ini memang sulit sekali kami melacaknya, oleh karena itu saat ini projects.co.id sedang merancang proses registrasi yang bertujuan untuk mempersempit peluang terjadinya pelanggaran seperti tersebut.
    Sebagai konsekwensinya jika kami temukan pelanggaran seperti tersebut disertai dengan bukti yang kuat maka akun user tersebut akan kami banned.
    Terkadang ada juga kecurigaan sebagaimana yang Kaka rasakan, tetapi jika kami tidak menemukan bukti yang kuat maka kami tidak bisa menindak akun yang dimaksud.

  3. yup min. memang susah sebenarnya ya. yang saya skrinsut ini pun kalau namanya gak sama, mungkin gak akan saya recognize. tapi kebetulan, mirip usernamenya. dan username yang mirip itu gak merujuk ke sesuatu yang umum seperti "naruto" misalnya.

    Malah lebih mirip ke gelar atau bagian dari sebuah nama.

    jadi disanalah letak mencurigakannya kalau menurut saya. hehehe

  4. mungkin ini ide saya sih min. terkait kata admin untuk mempersempit hal2 ini terjadi. bagaimana kalau proses registrasi disertakan dengan nomor KTP. tidak perlu skrinsutan KTP sih, tapi langsung nomor KTPnya.

    ya walaupun tetep ada kemungkinan tipis untuk membuat akun kloningan ya. misalnya minjem ktp orang lain untuk buat akun gitu kan. hehehe. tapi setidaknya, dengan nomor KTP satu user bisa menjadi unik dan merepresentasikan kepada satu orang (human).

  5. Admin4

    15 Oct 2020 Administrator

    Halo @SayyidMadanySyani
    Kita tampung dulu ya masukannya.
    Terimakasih atas semua informasi dan masukannya, semoga projects.co.id semakin lebih baik lagi kedepannya.

to reply!