Modus Penipuan Owner kepada Worker

  1. 6 years ago

    Ane ada penawaran dari seorang owner, dia setuju ane jadi worker asalkan di tes dulu, dan tes nya adalah project yg akan dikerjakan nanti? kan aneh?... bukannya suudzon, mungkin ini salah satu cara buat nipu si worker, abis ane kerjain tes nya bisa aja dia ngilang entah kemana, sedangkan si worker tidak mendapatkan apa2 karena bid nya belum dipilih oleh si owner tadi...

    ini pengalaman ane, dan Alhamdulillah ane belum ketipu sama tuh orang... kepada yg lain mohon hati2 modus penipuan seperti ini...

    Thank's

  2. wah kebangetan

  3. wah hati2 brader

  4. Selalu ingat, untuk berhati-hati dalam memilih owner. Jangan melakukan tindakan sembrono dan selalu waspada akan sesuatu.. Terkesan sederhana namun bermanfaat.

  5. Thanks ya infonya, Om @bachri95.

    Untuk semua teman-teman freelancer, mohon kedepankan akal sehat. Jika ada permintaan dari project owner yang tidak masuk akal misalnya mengetest dengan menyelesaikan 100% pekerjaan/project sebelum menitipkan pembayaran ke rekening escrow Projects.co.id , mohon dapat ditolak dengan halus.

    Beda kasusnya jika misalnya project design, silahkan kirimkan portofolio yang sudah pernah dibuat atau dibuatkan versi sederhana (low resolution dan/atau ukuran kecil dan/atau diwatermark) baik diminta maupun tanpa diminta untuk membuktikan kompetensi/kesanggupan.

    Happy freelancing!

  6. Edited 6 years ago by imzers

    Kebetulan saya fokus di Web Programming & Development, Jadi saya sering juga sih bikin sample kepada calon owner projects.
    Biasanya kalau owner ingin minta test atau sample, saya bikin sample nya di Server pribadi saya (Kecuali front-end, karena saya lebih fokus ke Back-end programming), jadi tinggal suruh si owner buka web testing saya tsb buat meyakinkan owner, thx masukannya

  7. 4 years ago

    Sebaiknya projects.co.id mem banned/blocked para owner yang dalam menawarkan pekerjaan minta dibuatkan contoh/test atau sejenisnya. Karena worker kan melampirkan referensi kerja. Juga minta identitas id yg berlaku (sim/ktp) dari owner/worker. Karena sampai sekarang sudah sering terjadi owner walaupun membid worker bahkan chat dengan wa. Owner sering berlaku tidak jujur dengan mengajak bertemu untuk membicarakan pekerjaan, setelah bertemu ternyata owner maunya kerjasama, bukan memberikan jobs. Beberapa kali pernah saya alami. Projects.co.id seharusnya memfilter baik owner maupun worker. Hanya yang berkualitas, integritas saling mendukung yang berkumpul di projects.co.id. Semoga ada tindak lanjut dari projects.co.id demi kemajuan bersama.

  8. ada baiknya ada listingan blacklisted owner... jd kita tau mana yg danger mana yg aman.
    Kayak http://www.polisionline.com gitu... tp internal projects.co.id lah

  9. Admin4

    25 Sep 2019 Administrator

    Halo
    @wahyu.zfk67
    @gumuruh
    Terimakasih ya atas masukannya, semua masukan akan kami pertimbangkan.

    Untuk saat ini perlu diketahui kebijakan dari projects.co.id , bahwa:

    • Owner dilarang meminta contoh pekerjaan berdasarkan project yang sedang dibuat, karena di Projects.co.id tidak memberlakukan sistem kontes.
    • Worker boleh mengerjakan project setelah terpilih sebagai pemenang project.
  10. Mungkin perlu ada tombol report abuse atau semacamnya sehingga admin langsung tanggap kalau ada project yang tidak sesuai aturan. Ini ada contoh : https://projects.co.id/public/browse_projects/view/56c815/pembuatan-website-learning

    Kayaknya jadi sejenis kontes. Boleh nggak yang kayak gini?

  11. Admin4

    1 Oct 2019 Administrator

    Halo @manakreatif
    Untuk pernyataan seperti ini:
    Sample MOCKUP dapat dikumpulkan ke [email protected] paling lambar tanggal 4 Oktober 2019
    Pernyataan atau informasi seperti itu tidak diperbolehkan. Karena owner dilarang meminta sample berdasarkan project yang sedang dibuat, owner hanya diperbolehkan meminta sample yang pernah dibuat worker.

    Thanks ya atas informasinya :)

  12. Lho ga, boleh tapi sampe detik ini masih tayang? Bukannya musti di blokir dulu, min?

  13. Admin4

    13 Nov 2019 Administrator

    Untuk project "https://projects.co.id/public/browse_projects/view/56c815/pembuatan-website-learning" itu sudah No Action, sampai batas waktu publish owner belum meenentukan worker pemenangnya.

  14. @gumuruh ada baiknya ada listingan blacklisted owner... jd kita tau mana yg danger mana yg aman.
    Kayak http://www.polisionline.com gitu... tp internal projects.co.id lah

    Setuju gan, kalau bisa ada blacklist owner, jadi kita ga asal ngebids apalagi nemuin owner yang bermasalah dengan worker sebelumnya

  15. Admin4

    20 Dec 2019 Administrator

    Terimaksih atas atensi rekan-rekan semua.
    Semua tindakan yang menyalahi ToS Projects.co.id akan dilakukan tindakan sebagaimana ketentuan yang ada. Jika rekan-rekan menemukan suatu indikasi pelanggaran silahkan sampaikan kepada admin melalui fasilitas yang ada.

  16. Deleted 4 years ago by haryoko.padmohardjo
  17. Deleted 4 years ago by Admin4
  18. last year

    halo admin projects, dan para worker/freelancer, sekedar info saja, cmiiw ya.

    berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya, test itu adalah hal yg wajar di bidang kreatif khususnya iklan (design, copywriter, etc), namanya pitching. mungkin job yg ditawarkan itu utk program pitching, jadi owner Hanya pilih deal dg freelancer dengan hasil test sesuai rekomendasi . (tujuannya mengurangi gagal paham / banyaknya arbitrase yg kemungkinan akan saling merugikan waktu,tenaga,fokus dan uang.. antara worker dan owner)

    coba simak link ini https://id.chalized.com/panduan-langkah-demi-langkah-untuk-pitch-iklan/

    yg baru2 ini trend viral adalah pemilihan design IKN, setahu saya, pesertanya banyak dan harus memberikan konsep design mereka (padahal kan blum tentu 'Deal', tetapi hal ini bukan penipuan tetapi filterisasi, menurut saya loh)

    smoga ada pencerahan buat tim admin projects dan worker.

    wassalam,

  19. Saya juga ingin menyampaikan uneg uneg disini tentang project Mural design dimana owner project nya menghubungi saya dengan alasan konsep designya sesuai dengan harapan mereka setelah beberapa contoh yang saya buat kemudian disuruh revisi dengan alasan maunya yang lebih maskulin saya ikutin lagi dengan membuat design yang lebih maskulin dengan Thema music namun lagi lagi ownernya memberi tanggapan dengan alasan keputusan tim yang saya sesalkan karena feeling saya juga tidak enak dan udah merasa cuma PHP aja saya berusaha untuk berhenti namun owner projectnya memberikan konsep karikatur kembali . Semula feeling saya makin gak enak dan proses membuat konsep karikaturnya juga udah makin membuat saya malas menyelesaikannya dan akhirnya akhirnya membuka project kembali otomatis semua kerja saya sia sia dan tanpa ada kata maaf paling nggak maaf mas designnya gak disetujui TIM .akhirnya uneg uneg ini saya ajukan dengan tujuan tidak adalagi designer yang merasa diperlakukan seperti saya ini .project mural ini masih ada bahkan sampai sekarang di-posting di halaman terbaru projects.co.id

  20. Terima kasih untuk share pengalamannya mas. Harus hati-hati dan waspada yah.

  21. Newer ›

to reply!