1. last year

    AlhamduliLLAH...
    Semakin lama user projects.co.id kan semakin bertambah.
    Yang itu artinya persaingan akan semakin ketat.

    Bukan masalah dengan banyaknya user atau persaingan yang semakin ketat,
    akan tetapi yang jadi masalah adalah, harga jasa disini semakin lama semakin rendah juga.
    Bahkan sudah menjadi hal yang sangat umum pemandangan sebuah project yang memilih worker dengan harga yang sangat amat tidak wajar.

    Ya memang terserah worker tersebut karena dia yang tanggung beban kerjanya.
    Tapi masalahnya jika dibiarkan seperti itu lama-lama sebagian yang lain juga bakalan ikutan demi mendapatkan pemasukan walaupun sebenarnya tidak wajar atau tidak sesuai, tapi daripada tidak ada pemasukan sama sekali "terpaksa" dia lakukan itu.
    atau mungkin hanya sekedar kejar bintang atau banyak-banyakan dapet project (ngiri ngeliat list top worker) atau alasan lainnya.

    namun apapun itu sadar tidak sadar yang seperti itu merusak harga pasaran.
    hingga pekerjaan yang rumit sekalipun menjadi tidak ada harganya.

    pertanyaan saya:

    Bagaimana tanggapan admin mengenai hal semacam itu?
    Apakah admin menganggapnya hal yang biasa? atau admin mengganggap itu juga sebagai masalah?

    jika dianggap sebagai masalah, bagaimana langkah admin untuk mengatasi itu semua???

    Maaf tanya sekalian curhat dan terima kasih banyak

  2. Admin4

    24 Mar 2020 Administrator

    Halo @ibnulhusainan

    Terimakasih ya atas kritikan atau mungkin masukannya.
    Menurut kami itu merupakan hal yang wajar dalam dunia transaksi dan itu manusiawi, dimana orang (buyer/owner) ingin mendapatkan sesuatu dengan modal yang sekecil-kecilnya dengan hasil yang sebesar-besarnya "Profit Minded". Tetapi yakinlah tidak semua orang berfikir seperti itu, tidak sedikit mereka (buyer/owner) yang masih bersikap fair play dimana owner masih menghargai kinerja atau profesionalisme.
    Kami juga menghimbau untuk kasus-kasus seperti ini dimana ada owner yang bersikap "Profit Minded" seperti ini, maka ada baiknya worker tidak memaksakan diri untuk menerima project yang ditawarkan jika pada akhirnya berkahir dengan arbitrase, karena hal ini akan sangat merugikan reputasi worker. Tetapi pada akhirnya hal ini kembali kepada strategi para worker.

    Dari pengalaman yang ada, mungkin bisa kami sebutkan secara implisit, bahwa diantara "Top Worker" saat ini ada yang menerapkan strategi tersebut, dimana worker tidak terlalu peduli dengan budget yang ada, worker hanya fokus pada kemampuan atau keahliannya dari project yang diterimanya, worker tersebut lebih berorientasi pada hasil demi mendapatkan reputasi yang baik, dan saat ini worker tersebut sudah dapat menikmati hasil dari strategi yang dimainkannya karena worker selalu kebanjiran order dengan budget yang proporsional.

    Seperti kata orang bijak "Seorang Pecundang akan melihat masalah dalam setiap kesempatan, tetapi Seorang Pemenang akan melihat kesempatan dalam setiap masalah".

  3. Deleted last year by Admin4
  4. humm humm

    terima kasih atas tanggapannya

  5. Sabar ya gan

  6. Sabar gan, tidak semua Owner memilih bid terendah gan. Yang penting kan portofolio, profesionalisme, dan jam terbang. Kalau Owner-owner berpengalaman sih mereka tidak asal ambil bid gan. Walaupun harga bid tinggi kalo emang pro ya pasti diambil daripada bid rendah tapi amatir gan. Biasanya sih gitu, Owner yang ambil bid kecil jadinya nyesel dan akhirnya juga arbitrate. Atau kalau enggak juga worker yang nyesel, kerja manipulasi ratusan foto selama sebulan cuma dapet 100k kan rugi tenaga, waktu, listrik :v
    Lucu juga kadang :v

  7. harga project makin lama makin murah aja saya lihat, miris lah makin ketat ini persaingan :(

  8. Admin4

    11 Jun 2020 Administrator

    Tetap semangat ya Om @imzers

  9. @yenesadiprastiyo mungkin memang ga semua owner, tapi kebanyakannya mah gitu, kadang malah di deskripsi projectnya disebutin "berikan bid terbaik kalian" dan bahkan minta protofolio plus yang termurah yang akan d pilih. wkwkwkwk

    @imzers udah makin ga masuk akal harganya, miris banget....

    kadang udah pasang harga murah eh ada yang lebih murah lagi, wkwkwk

  10. pernah ada owner baru daftar disini, karena kepepet saya pasang hrga 50rb

    ownernya langsung chat saya "serius masnya pasang harga 50.000?" kaget dia
    saya jawab "iya mas, sebenernya bukan harga wajar, tapi yang lain maennya gitu, yaudah terpaksa ikutan"

    ternyata owner itu niatnya mau daftar jadi worker juga dan kayaknya ga jadi soalnya menurut dia horor disini, wkwkwk

  11. kalau mau yang agak mahal biasa nya nyeleneh, kek konten - konten yang ada abu - abu gan saya pernah dapet 2 sampe 3x yang seperti itu....

  12. @Kardinal777 kalau mau yang agak mahal biasa nya nyeleneh, kek konten - konten yang ada abu - abu gan saya pernah dapet 2 sampe 3x yang seperti itu....

    yang dalam TOS platform sebenarnya dilarang ya gan? Model kayak porn,gambling, etc :D
    Saya juga pernah ngerjakan yg seperti itu (sebenarnya terjebak sih), tapi sekarang udah tobat lah, jadi setiap project yg saya bid selalu saya tanya dulu apakah mengandung porn, gambling, sara?

  13. @Admin4 Tetap semangat ya Om @imzers

    Trims makasih pak admin.. Belakangan 6 bulan terakhir ini saya memang sudah jarang ambil projects, sibuk di project offline (urus istri dan anak) hahahaha

  14. saya sih milih arbitrase ja daripada ngerjain project yang nyeleneh, disamping melanggar ketentuan projects.co.id yang lebih berat dari itu adalah melanggar ketentuan agama saya.

    daripada dosa dan ga barokah saya lebih senang diarbitrase tapi tentu dengan memberikan penjelasan kepada owner dengan cara yang baik.

    apalagi ini saya buat ngasih makan anak istri.

  15. GILA SEMUA BANTING HARGAAAA CUKKKKK

  16. wajar sih gan kalo menurut ane, karena ya kembali lagi sih ke owner projects, kalo mereka ermat pasti gak akan hanya ngeliat harga tapi juga ngeliat pitching dari si calon worker.

  17. Admin1

    9 Jul 2020 Administrator

    Untuk kaka semua ada khabar baik untuk kedepannya ,dimana akan hadir fitur untuk supaya tidak terjadi perang harga diantara worker2.
    Adapun fitur ini sedang kami godog dulu. Nanti kalau sudah fix baru kita realese.
    Ini sifatnya masih rahasia sih. Cuman admin ingin kasih bocoran sedikit aja.
    Jadi worker yang bidding benar2 menampilkan dan memberikan bids yang terbaik bukan karena bids dengan harga yang termurah.. Kami yakin tidak semua owner akan memilih worker yang bidding murah.
    Masih banyak owner memilih worker karena melihat dari kualitas worker. Oleh karena itu worker dalam setiap lakukan bidding perhatikan untuk kualitas biddingnya. Dan berikan portofolio dan profile terbaik supaya owner bisa merasa yakin dalam memilih worker.

  18. Jangan takut ngebid lebih mahal. Talent maupun client profesional tau kok mana kualitas dan harga yang sepadan.

  19. Barusan aja kejadian tuh, masak 1 artikel 200 kata cuman dihargain seribu perak.

    @herihehe Jangan takut ngebid lebih mahal. Talent maupun client profesional tau kok mana kualitas dan harga yang sepadan.

    Ini dilema banget, minta harga murah kualitas menyesuaikan harga yang murah tadi, ujung2nya kena arbitrase dengan alasan hasil pekerjaan tidak sesuai. hahahahaha

    Kalo di projects.co.id ini sistemnya bukan fair lagi dah, tapi berubah jadi take it or leave it.

  20. Barusan aja kejadian tuh, masak 1 artikel 200 kata cuman dihargain seribu perak.

    ada yang lebih parah dari itu.

    jujur, kalo saya liat disini penulis ga ada harganya sama sekali.
    padahal pekerjaannya itu meres otak apalagi dengan syarat tertentu termasuk wajib lulus dari plagiat checker.

  21. Newer ›

to reply!