apa mungkin project yg sudah berstatus selected coder berubah lagi menjadi project yg open bid???

  1. 3 months ago

    Halo @Admin projects,

    Saya mau tanya dong. mungkinkah project yg statusnya sudah "selected coder" alias sudah ketauan siapa pemenangnya bisa dicancel oleh ownernya?

    Hari ini saya heran. saya sudah dapat pemberitahuan menang project hari minggu pukul 07.35. owner juga sudah deal sebelumnya dengan penawaran saya. tapi hari ini saya cek link projectnya, ternyata bid masih terbuka di project itu. sementara message pemberitahuan menang, baik dari sms maupun message di akun saya di project masih status "menunggu pembayaran" dari owner. artinya blm lewat limit sehingga project di autocancel oleh sistem.

    parahnya ownernya juga pas ditanya gak ngasih tanggapan. jd apa sistem memungkinkan owner untuk mendelete worker yang sudah selected? sehingga project kembali berstatus terbuka untuk bid?

  2. Admin4

    Feb 19 Administrator

    Halo @SayyidMadanySyani
    Ketika worker sudah mendapatkan notifikasi sebagai pemenang project, maka pada saat yang sama worker lainnya yang tidak terpilih akan mendapatkan notifikasi juga, bahwa project sudah dimenangkan oleh worker lain, jadi pada saat itu owner project sudah tidak dapat lagi merubah worker pemenangnya, dengan kata lain proses bidding sudah selesai. Pada saat yang bersamaan pula owner akan mendapatkan notifikasi instruksi pembayaran. Jadi ketika project sudah berstatus Select Coder maka owner project sudah tidak dapat merubah worker pemenang dengan memilih worker lain.
    Perlu diketahui untuk instruksi pembayaran ini sistem projects.co.id memberikan toleransi waktu 7 x 24 jam, jadi jika dalam kurun waktu tersebut owner belum melakukan pembayaran maka project akan tercancel secara otomatis, owner akan dikenakan penalti berupa pengurangan poin reputasi sebesar -2 (minus dua) poin dikali nilai project dibagi seratus ribu (-2 * nilai project /100.000) dan bagi worker pemenang mendapatkan reward berupa penambahan poin reputasi sebesar minimal 1 (satu) poin dan maksimal 20 (dua puluh) poin.

  3. nah kok kasus saya aneh min. saya sudah dapat notifikasi menang project di project dengan id e1c714 pada hari minggu jam 07.35. saya juga sudah dapat sms menunggu owner menyelesaikan pembayaran. tapi kalau saya lihat di project dengan id tersebut, ternyata bid masih terbuka. mungkin ini pula yg menyebabkan owner tidak menanggapi pesan yg saya kirim, padahal kita sudah deal pada minggu pagi itu.

    ok ini saya skrinsut bukti bahwa saya sudah menang project dari conversation antara saya dengan owner.

    https://prnt.sc/mn6nsz

    dan penampakan projectnya sendiri bisa admin cek langsung di projectnya https://projects.co.id/public/browse_projects/view/e1c714/upload-produk-ke-tokopedia

    kok bisa terjadi kasus seperti saya ini min?

  4. mohon di investigasi min. kalau bisa status projectnya dipulihkan dalam artian tidak lagi berstatus open project ttetapi selected coder. saya juga masih nyimpan sms notifikasi dari sistem.

  5. dan admin bisa lihat di project tersebut, tanggal publish project berubah menjadi tanggal 18 Februari. padahal seingat saya publish project ini sudah dari tanggal 16 februari. saya yakin, ini bukan project yang baru dibuat pula karena id projectnya sama dengan id project yang saya dapat pemberitahuan menangnya dari sistem.

    saya skrinsut sekali lagi sebagai bukti bahwa project yg saya yakini sudah berstatus select coder ini menjadi open project kembali.

    https://prnt.sc/mn6wto

    Skrinsutan yg ini berasal dari notifikasi / message akun saya.

  6. Admin4

    Feb 20 Administrator

    Halo @SayyidMadanySyani
    Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.
    Setelah kami periksa, ternyata owner tersebut telah mengajukan permohonan untuk membatalkan status Coder Select projectnya dan meminta project tersebut untuk dipublish ulang dikarenakan owner ingin memilih worker lain.
    Dikarenakan pembatalan ini terjadi secara sepihak maka kami telah memberikan reward berupa poin reputasi sebesar 5 poin.

  7. oh begitu ya min. aneh juga ya ownernya. gak ngasih kode atau alasan soalnya. diem2 bae.

    tapi kalau saya boleh saran nih min, seharusnya jika ada permintaan seperti itu, mesti dikonfirmasi juga dengan workernya. jadi gak ada yg salah paham.

    lagian ini kan termasuk "permintaan khusus", di luar dari rule yang ada di projects.co.id ini. https://projects.co.id/public/pages/aturan_main

    seharusnya pihak projects.co.id tidak menyanggupi permintaan tersebut karena tidak ada dalam "aturan main" apapun alasan yang diberikan owner. jadi owner bisa buat project baru dan membiarkan projectnya yg lama lewat limit batas waktu 7x24 jam dengan konsekuensi pinalti pengurangan poin.

    saya harap kasus saya ini adalah kasus terakhir dan tidak pernah terjadi lagi ke depannya.

  8. Admin4

    Feb 21 Administrator

    Halo @SayyidMadanySyani
    Iya betul sekali, seharusnya memang ketika owner sudah memilih worker pemenang maka owner tersebut tidak dapat melakukan perubahan, dan sebagaimana yang @SayyidMadanySyani sampaikan memang harus seperti itu, untuk kedepannya kami jamin ini adalah kasus terakhir yang terjadi.

  9. well entahlah. saya anggap owner @trekilo66 adalah owner yang tidak profesional. tidak layak dicontoh bagi owner2 lain. dia yang buat deal, dia yang ngelanggar deal yg dia buat sendiri, dan sekarang projectnya jalan dengan budget cuma kurang 50rb di bawah budget yg deal sama saya. hahahhaha. padahal si owner tinggal menegosiasikan ulang dari harga penawaran yang saya berikan. selesai masalah.

    bagi para worker, owner @trekilo66 bukan owner yang recomended untuk di bid projectnya.

  10. Edited 3 months ago by asisten

    Sebetulnya tetap ada celah ketika status selected coder dan owner ingin ganti worker tapi si owner tidak komunikatif.

    Andaipun permintaannya tidak dituruti Admin, kalau ambil dari contoh kasus owner ini, bisa jadi dia malah cuekin selected codernya sampai batas waktu selected coder selesai (ini Saya juga belum tahu berapa lama status selected coder akan expired).

    Baiknya memang

    1. Admin tidak menuruti permintaan owner tersebut

    2. Worker meskipun status sudah selected coder tapi kalau tidak ada komunikasi sama sekali anggap saja belum dapat pekerjaan ini. Saya kadang dpt pemberitahuan via SMS tapi tidak bergegas juga kecuali komunikasi intens dengan owner jd tau kejelasannya. kecuali status pembayaran sudah diterima projects (selected coder kan belum tentu sudah dibayarkan).

    3. Kalau Admin menginformasikan worker secara manual / lisan bahwa ada indikasi owner tidak mau melanjutkan project, takutnya owner entah bagaimana berubah pikiran atau hal lainnya misalnya jadi disinformasi antara worker dengan owner. Jadi baiknya memang tetap otomatis by system saja. Tidak ada permintaan manual dr owner maupun informasi manual dr admin ke worker.

    Terkecuali bentuknya support informasi, misalnya Saya pernah dapat owner yang tidak tahu setelah transfer dia harus klik tombol konfirmasi lagi. Atau owner tidak tahu jika pekerjaan sudah oke dia harus bagaimana.

  11. 2 months ago
    Edited 2 months ago by imzers

    @SayyidMadanySyani well entahlah. saya anggap owner @trekilo66 adalah owner yang tidak profesional. tidak layak dicontoh bagi owner2 lain. dia yang buat deal, dia yang ngelanggar deal yg dia buat sendiri, dan sekarang projectnya jalan dengan budget cuma kurang 50rb di bawah budget yg deal sama saya. hahahhaha. padahal si owner tinggal menegosiasikan ulang dari harga penawaran yang saya berikan. selesai masalah.

    bagi para worker, owner @trekilo66 bukan owner yang recomended untuk di bid projectnya.

    Owh iya, yg bersangkutan sempat dapat contact whatsapp saya di salah satu project dia yg saya bid, dan guess what, dia sering tawarkan project dengan budget jauh dibawah standard, dan indikasi diluar platform. Untung saja saya tdk pernah ambil project dari owner ini, selain krn harga project jauh dobawah standard, owner trekilo66 ini saya indikasikan merupakan makelar project, dimana dia ambil project dari orang lain dan diposting di platform projects.co.id untuk mengambil keuntungan buat diri dia sendiri

  12. hmmmm begitu ya bro @imzers. yah walaupun dari projects.co.id misalnya tidak akan/tidak bisa mem blacklist yg bersangkutan karena saya atau bro tidak punya cukup bukti, baru sekedar indikasi saja, paling tidak saya sama bro sepaham bahwa onwer ini bukan owner yang recomended untuk di bid project2nya.

  13. @SayyidMadanySyani hmmmm begitu ya bro @imzers. yah walaupun dari projects.co.id misalnya tidak akan/tidak bisa mem blacklist yg bersangkutan karena saya atau bro tidak punya cukup bukti, baru sekedar indikasi saja, paling tidak saya sama bro sepaham bahwa onwer ini bukan owner yang recomended untuk di bid project2nya.

    Dari platform projects.co.id sendiri sebenarnya tdk ada aturan blacklist owner yg terindikasi sebagai makelar project, malah saya lihat banyak top owner yg merupakan personal/badan yg menyediakan jasa pembuatan web kok. Temtunya ini alan berdampak saling menguntungkan baik disisi platform (Project yg td nya offline menjadi online - menerima fee), makelar (mempermudah pekerjaan dan mengurangi beban resource), worker (bisa mendapat job), owner project asli (projectnya dikerjakan oleh ahlinya)

    Sah-sah saja sebenarnya, apalagi memang jika nilai project mendapat esepakatan yg sama, dan masih bisa di toleran. Nah yg paling saya kesel itu kalau nilai project jauh dibawah standard, istilahnya makelar nya makan keringat worker

  14. Admin4

    Feb 28 Administrator
    Edited 2 months ago by Admin4

    Halo
    @SayyidMadanySyani
    @imzers
    Memang benar di Projects.co.id tidak ada larangan untuk bertindak sebagai makelar atau broker, baik sebagai owner maupun sebagai worker (kedua situasi ini pernah terjadi dan terdeteksi).
    Yang pasti owner ataupun worker harus melakukan semua transaksi berdasrkan rules yang sudah ditetapkan oleh Projects.co.id.
    Pernah ada kasus, dimana owner bertindak sebagai broker, setelah worker menyelesaikan pekerjaannya ternyata banyak request dari owner, hingga pada akhirnya worker mengajukan arbitrase. Dari hasil analisis tim arbitrator ternyata worker sudah mengerjakan sebagaimana requirement awal yanga ada, dan pada akhirnya dana diserahkan kepada worker.
    Pernah ada kasus juga, dimana worker bertindak sebagai broker. Worker sudah mengerjakan project owner, tetapi beberapa pertanyaan owner selalu lambat direspon, bahkan permintaan owner sebagaimana yang terdapat pada requirement awal belum mampu dipenuhi semua oleh worker, hingga pada akhirnya owner mengajukan arbitrase. Dari hasil analisis tim arbitrator ternyata worker baru menyelesaikan sebagain dari requirement awal yanga ada, worker juga seringkali lambat dalam merespon pertanyaan owner, dengan semua analisis yang ada pada akhirnya dana dikembalikan full kepada owner.
    Jadi sebenarnya bagi mereka yang bertindak sebagai broker/makelar ada resiko yang harus siap mereka tanggung.

  15. @Admin4 Halo
    @SayyidMadanySyani
    @imzers
    Memang benar di Projects.co.id tidak ada larangan untuk bertindak sebagai makelar atau broker, baik sebagai owner maupun sebagai worker (kedua situasi ini pernah terjadi dan terdeteksi).
    Yang pasti owner ataupun worker harus melakukan semua transaksi berdasrkan rules yang sudah ditetapkan oleh Projects.co.id.
    Pernah ada kasus, dimana owner bertindak sebagai broker, setelah worker menyelesaikan pekerjaannya ternyata banyak request dari owner, hingga pada akhirnya worker mengajukan arbitrase. Dari hasil analisis tim arbitrator ternyata worker sudah mengerjakan sebagaimana requirement awal yanga ada, dan pada akhirnya dana diserahkan kepada worker.
    Pernah ada kasus juga, dimana worker bertindak sebagai broker. Worker sudah mengerjakan project owner, tetapi beberapa pertanyaan owner selalu lambat direspon, bahkan permintaan owner sebagaimana yang terdapat pada requirement awal belum mampu dipenuhi semua oleh worker, hingga pada akhirnya owner mengajukan arbitrase. Dari hasil analisis tim arbitrator ternyata worker baru menyelesaikan sebagain dari requirement awal yanga ada, worker juga seringkali lambat dalam merespon pertanyaan owner, dengan semua analisis yang ada pada akhirnya dana dikembalikan full kepada owner.
    Jadi sebenarnya bagi mereka yang bertindak sebagai broker/makelar ada resiko yang harus siap mereka tanggung.

    Masalahnya sekarang adalah adanya broker yg bener-bener licik, ngasih harga jauh dibawah standard.. Saya juga tidak memungkiri bbrp project yg saya kerjakan memang dari broker, tapi ya masih wajar lah pembagian hasilnya
    Btw trims banyak ya @Admin4 atas jawabannya

to reply!