• (022) 8788 2588

Mengenal Lebih Dekat Dunia Freelancing

 

  • Published by superadmin
  • 24/02/2015 07:51:24 WIB

Freelancing atau dunia Freelance merupakan dunia yang penuh ketidakpastian, right? Tetapi dunia Freelancing juga memberikan beberapa keuntungan lho, sehingga tidak sedikit orang yang ingin berkecimpung di dunia ini. Apa saja sih keuntungan menjadi seorang Freelancer?


  1. Waktu Kerja yang Fleksibel
    Yups, waktu kerja yang santai dan bisa diatur sendiri merupakan hal utama di dalam dunia Freelancing yang sering menjadi alasan utama seseorang terjun di dunia ini. Sebagai seorang Freelancer Anda bebas menentukan kapan harus kerja dan kapan harus rehat. Anda pun bebas menentukan kapan Anda berlibur, hang out, atau menghabiskan waktu bersama sahabat dan kolega. Tapi satu hal yang harus diingat, waktu yang fleksibel ini harus digunakan secara bijak ya sobat.

  2. Tidak perlu berseragam formal
    Nah, ini keuntungan berikutnya kalau kita terjun di dunia Freelancing. Anda tidak perlu berpakaian rapi jali dengan kaki terbungkus sepatu ketika bekerja. Anda bisa berkostum sesuai selera dan senyaman Anda, karena memang tidak ada pengaruhnya kostum apa yang Anda pakai dengan kerja yang Anda lakukan (hehe..).

  3. Tidak ribet dengan urusan birokrasi
    Di dunia Freelancing tentu jauh dari urusan birokratif. Disinilah enaknya, Anda tidak perlu repot antri tanda tangan sana sini, menghadap atasan, menunggu surat tugas keluar hanya untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Di dunia Freelancing, Anda bisa langsung mengerjakan pekerjaan yang Anda dapatkan setelah terjadi deal dengan pihak pemberi proyek dan menyerahkan hasil karya Anda setelah selesai, yeah just like that, simple bukan?!

  4. Bisa bekerja dimana saja dan dekat dengan keluarga
    Sebagai seorang Freelancer Anda bisa bekerja dimana saja, bisa di rumah sambil mengasuh anak, bisa di café saat Anda nongkrong, bisa di mobil saat Anda sedang dalam perjalanan, atau dimana saja yang menurut Anda nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Bayangkan jika Anda bekerja sebagai pekerja kantoran, Anda harus duduk sepanjang hari di balik meja kantor, dan pulang sore sampai larut malam hingga waktu bersama keluarga terasa begitu sempit.

  5. Pembuktian Eksistensi Diri
    Salah satu motivasi lain yang membuat seseorang memutuskan bekerja sebagai Freelancer yaitu pembuktian eksistensi diri. Kenapa demikian? Yups, bekerja sebagai Freelancer berarti bekerja dengan kemampuan diri sendiri, disinilah kita bisa “menguji kesaktian” sejauh mana kapabitlitas kita untuk menghasilkan karya-karya baru. Ketika karya Anda banyak diminati itu berarti anda berhasil membuktikan eksistensi diri anda


Selain keuntungan-keuntungan diatas, ada beberapa kelemahan di dunia Freelancer yang patut menjadi pertimbangan yaitu:

  1. Pendapatan yang tidak pasti
    Bekerja sebagai Freelancer salah satu konsekuensinya yaitu pendapatan yang tidak pasti karena income yang masuk tergantung order yang datang. So, pintar-pintar mengatur keuangan ya dan jangan lupa menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung.

  2. Selalu Ada tantangan baru
    Setiap customer beda permintaan dan beda karakter dan itu berarti selalu ada tantangan di setiap proyek baru. Sebagai seorang Freelancer kita harus terus bisa memberikan karya terbaik bagi customer yang menggunakan jasa kita.

  3. Harus selalu update perkembangan terkini
    Kita dituntut untuk selalu terus update dengan perkembangan terkini, agar karya yang kita hasilkan tidak jadoel dan sesuai dengan selera pasar.

  4. Harus rajin mencari peluang
    Hal yang harus dilakukan oleh seorang Freelancer yaitu harus rajin mencari peluang, karena semakin banyak peluang yang Anda dapat itu berarti pendapatan Anda juga semakin meningkat.

So, berminat menjadi seorang Freelancer Indonesia?

Comments