• (022) 8788 2588

Tips Manajemen Waktu Bagi Freelancer

 

  • Published by superadmin
  • 24/02/2015 08:20:16 WIB

Guys, pernah nggak sih sebagai freelancer Anda seakan kehabisan waktu?  24 hours is not enough? Pengen merengek sama Tuhan buat dikasih tambahan waktu barang semenit dua menit gara-gara dikejar deadline sana sini? Jika jawabannya iya, berarti manajemen waktu anda yang harus ditata ulang!

Bekerja sebagai Freelancer tentu waktu bekerja Anda lebih Fleksibel dibanding para karyawan atau pekerja kantoran. Eits..tapi jangan sampai kelonggaran dan waktu yang fleksibel ini justru jadi bumerang bagi Anda lho ya. Lets see.. bagaimanakah cara agar waktu Anda bisa ter-manage dengan baik?

Jangan pernah menunda

Jangan pernah menunda pekerjaan apapun yang bisa Anda lakukan saat ini. Do, it now!  Karena dengan menunda satu pekerjaan tentu akan mengakibatkan penundaan untuk pekerjaan berikutnya, selain itu jangan sampai pekerjaan Anda menumpuk di belakang sementara deadline semakin mengejar dan membayangi hari-hari Anda.

Buatlah Priority List

Membuat Priority List atau daftar tugas merupakan hal yang tak kalah penting dalam manajemen waktu. Bagilah pekerjaan Anda ke dalam 4 (empat) golongan: Penting-Mendesak, Penting-Tidak mendesak, Tidak penting-Mendesak, dan Tidak penting-Tidak Mendesak. Pembagian kelompok pekerjaan itu akan membantu Anda untuk memprioritaskan mana yang harus didahulukan. Prioritaskan daftar pekerjaan yang masuk kategori Penting-Mendesak sebagai prioritas pertama, kemudian dilanjutkan ke pekerjaan yang masuk kategori Tidak penting-Mendesak, lalu penting-tidak mendesak, dan yang terakhir baru kerjakan yang termasuk kategori Tidak penting- Tidak mendesak.

Catat setiap deadline proyek

Setiap proyek atau pekerjaan yang Anda dapatkan tentu memiliki deadline. Nah, catat baik-baik setiap deadline pekerjaan Anda di satu note baik manual maupun di smartphone Anda, dan cek tiap pagi atau sore hari agar Anda tidak pernah terlewatkan satupun diantaranya. 

Tepati Schedule

Setelah Anda membuat priority list dan mencatat tiap deadline pekerjaan Anda, pastikan Anda menepatinya ya.. Jangan sampai Anda membuat priority list dan jadwal deadline yang rapi dan runut tetapi untuk pelaksanaannya molor dan ditunda-tunda, its mean sama aja bo’ong hehe..So patuhi dan tepati schedule agar semua pekerjaan Anda selesai tepat waktu dan Anda tidak pusing tujuh keliling dikejar-kejar deadline.

Gunakan Reminder di Smartphone

Di zaman serba digital saat ini, smartphone merupakan teman paling setia dan sangat berguna bagi para Freelancer. Selain untuk membuat notes, menyimpan data, email,sosmed dan lain sebagainya, fungsi dasar yang tak kalah penting adalah reminder. Pastikan semua list tugas yang Anda buat dilengkapi reminder dan setting reminder beberapa hari sebelum deadline tugas berakhir.

Letakkan barang-barang Anda dengan rapi

Apa hubungannya meletakkan barang sama manajemen waktu? Pasti sebersit pertanyaan muncul demikian di benak Anda. Eits, ternyata meletakkan barang-barang dengan rapi dapat membantu Anda terhindar dari kehilangan waktu sia-sia hanya karena mencari barang yang sepele yang sedang dibutuhkan. Buatlah kotak atau folder yang spesifik dan rapi sehingga Anda dengan mudah menemukan setiap barang yang Anda perlukan. 

Demikian sedikit Tips untuk memanage waktu dengan baik bagi Anda, para Freelancer Indonesia, So, cukup simple dan menghemat waktu bukan?



Comments