• (022) 8788 2588

Rahasia Sukses Seorang Freelancer

 

  • Published by superadmin
  • 29/03/2015 21:20:57 WIB

Siapa bilang seorang Freelancer tidak bisa sukses? Bisa kok, asalkan Anda konsisten dan bertekad menggeluti dunia Freelancing ini dengan sepenuh jiwa raga (kayak apa aja hehe..). Yuks simak beberapa hal yang bikin Freelancer bisa sukses, cekidot..


Pastikan Anda mampu mengerjakan proyek yang Anda terima.

Ketika Anda mendapatkan tawaran mengerjakan suatu proyek pasti senang donk? Yups, pastilah..seakan menang undian ya. Eits, tapi jangan asal langsung terima aja semua penawaran yang masuk ya..pastikan Anda tahu dengan baik target dan ketentuan pekerjaan yang akan akan kerjakan. Pilihlah proyek yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda. Bila ada ditawari proyek yang sesuai bidang minat Anda tetapi targetnya di luar batas kemampuan, lebih baik tinggalkan saja daripada Anda kerepotan dengan target yang tidak realistis. So pilih pilah dengan baik setiap penawaran proyek yang masuk, supaya kerja senang dan karya gemilang :)


Jaga nama baik dan kredibilitas Anda

Nama baik adalah salah satu hal penting di dalam hidup ini, bukan hanya di kehidupan dunia nyata bahkan di dunia maya termasuk dunia Freelancing, nama baik haruslah dijaga. Di dunia Freelancing memperkenalkan nama Anda sebagai seorang Freelancer yang kompeten dan kredibel tentu membutuhkan waktu dan usaha yang tidak singkat, jadi ketika Anda sudah memiliki nama baik di dunia Freelancing dan dikenal sebagai seorang Freelancer yang handal, kompeten dan kredibel, pastikan Anda tetap mempertahankan image Anda tersebut. Bagaimanakah cara menjaga image tersebut? Salah satunya dengan selalu memberikan pelayanan dan karya terbaik bagi customer anda.


Berikan karya yang terbaik, Pekerjaan akan datang kepada Anda

Pekerjaan akan datang pada Anda? Kok bisa? Bisa dong…Jika Anda memiliki rekam jejak yang baik di dunia Freelancing, tentu customer yang pernah menggunakan jasa kita tak akan berpikir panjang lagi untuk menggunakan jasa kita kembali di lain waktu. Selain itu rekam jejak yang baik dan karya yang berkualitas akan menjadikan kita memiliki nilai tawar lebih ketika kita hendak apply suatu penawaran pekerjaan Freelance. Berikan karya yang terbaik maka pekerjaan akan datang dengan mudah kepada Anda, Trust me its work..hehe (kaya’ iklan aja… :) )


Jangan Lupa menabung

Lho, apa hubungannya Freelancer sama menabung? Sebenarnya memang tidak terlalu berkaitan, tetapi kita tahu bersama bahwa bekerja sebagai seorang Freelance tentu tidak memiliki gaji tetap seperti karyawan atau pegawai pada umumnya. Sebagai seorang Freelance ada kalanya order bejibun, ada kalanya order sepi, hal ini tentu berkaitan erat dengan income yang kita dapatkan. Jadi ketika kita mendapatkan banyak order yang berarti income kita juga berlebih, sisihkan sebagian untuk ditabung, Why? Karena kita tidak pernah tahu kebutuhan di masa yang akan datang. Jangan sampai nasib kita terkatung-katung karena order sepi dan dompet yang semakin menipis. Sukses bagi seorang Freelancer bukan hanya sukses untuk memberikan karya terbaiknya tapi juga sukses untuk menata finansial, hidup, dan masa depannya.


Gunakan sebagian penghasilan Anda untuk bisnis di bidang lain

Anda boleh-boleh saja menggantungkan hidup pada dunia Freelancing, apalagi jika Anda merupakan salah satu Freelancer yang terkenal dan sudah malang melintang di dunia Freelancing. Tapi ada baiknya, jika uang Anda berlebih, anda bisa menggunakan sebagian penghasilan Anda untuk bisnis di bidang lain, hal ini sebagai upaya preventif saja apabila ada hal-hal lain yang membuat kita tidak bisa menghasilkan karya sebebas dan sebrilian saat ini.

Lets be a Smart and Success Freelancer !



Comments