• (022) 8788 2588

Membangun Brand bagi Freelancer Pemula

 

  • Published by superadmin
  • 31/03/2015 13:18:45 WIB

Siapa bilang, brand image hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Seorang freelancer pun perlu memiliki image yang menarik supaya klien mau memberikan proyek padanya. Saat ini, membangun brand image sudah sangat mudah dilakukan. Apalagi dengan kehadiran media sosial dan dunia maya yang memudahkan seseorang menjadi populer.


Namun, bukan sekadar populer. Seorang freelancer perlu membangun image yang cocok dengan pekerjaan freelance yang akan ditekuninya. Misalnya, seorang penulis freelance perlu dikenal sebagai seorang penulis yang mumpuni. Caranya bisa macam-macam. Misalnya, membuat sebuah blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan. Isi blog tersebut bisa menjadi semacam portfolio bagi freelancer. Jika ingin menawarkan jasanya, ia tinggal memberikan alamat blog tersebut sehingga klien memiliki bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah mempekerjakan freelancer tersebut atau tidak.


Lantas hal-hal apa saja yang harus diperhatikan seorang freelancer supaya image-nya terbangun dengan baik?


Hati-hati Gunakan Media Sosial

Saat ini, media sosial adalah makanan sehari-hari. Kita bisa berkutat di media sosial seharian. Banyak hal bisa kita lakukan dan tulis di sana. Misalnya, berkeluh kesah karena cuaca, pekerjaan, relasi dengan orang lain, dan sebagainya. Waspadalah, sebagian klien mencari tahu orang yang akan diajaknya bekerja sama melalui media sosial. Mereka ingin mengenal lebih dahulu supaya nanti dalam pekerjaan bisa cocok dan tidak terjadi banyak benturan, apalagi jika kerjasama tersebut dalam jangka waktu yang lama.


Jika isi media sosial kita lebih banyak keluhan atau hal-hal yang tidak mengenakkan, bisa saja klien urung memberikan job karena khawatir hubungan pekerjaan yang akan dibuat malah tidak efektif. Sebaiknya, gunakan media sosial dengan bijak dan secukupnya. Mengeluh boleh saja asal tidak berlebihan. Tunjukkan karakter-karakter positif yang menyenangkan karena itulah yang dilihat orang di dunia maya tentang kita. Image kita pun terbangun dan banyak orang ingin bekerja sama.


Tepati Deadline dan Capai Kualitas

Dua hal yang sangat penting ketika bekerja sama dengan orang lain adalah deadline dan kualitas. Jika kesepakatan sudah menunjukkan bahwa deadline pada hari ini, kita pun harus sebisa mungkin menyelesaikan tanggung jawab tersebut. Begitu pula dengan kualitas yang sudah disepakati bersama. Kadang-kadang ada freelancer yang masa bodoh dan menganggap remeh kedua hal ini. Sikap tersebut akan membuat klien menjadi kapok untuk memberikan job untuk kedua kalinya. Bahkan, klien bisa saja menyebarkan berita-berita negatif yang akhirnya akan mempersulit kita mendapatkan job. Jangan sampai membuat klien tidak puas dengan hasil kerja maupun ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan. Akan lebih baik jika pekerjaan selesai jauh sebelum waktu yang diberikan. Hal itu akan memberi klien kelonggaran dan bisa mengoreksi hasil pekerjaan. Image tepat waktu dan kualitas baik adalah sesuatu yang perlu dibangun sejak awal oleh seorang freelancer.


Bila jam terbang sudah tinggi, seiring dengan brand image yang semakin dikenal banyak orang, tugas freelancer pun akan lebih mudah. Ia tidak perlu mengejar-ngejar job atau klien, justru klienlah yang akan datang mencari dan ingin menggunakan jasanya. 



Comments