• (022) 8788 2588

Tips Menjadi Freelance Writer

 

  • Published by superadmin
  • 01/06/2015 12:11:25 WIB
Penulis: Bobby Prabawa

Bobby Prabawa (38), adalah seorang penulis dan editor pada Penerbit Bestari, Ciawi, Bogor. Pengajar kursus menulis pada Studio Kata Kreatif, sekolah menulis untuk anak-anak SD – SMA, guru sukarela pada @terminalhujan, dan aktif sebagai relawan PMI. Ayah dari Queenara Charity Prabawa (8), Bobby dapat dihubungi di 0812-1946-6579, e-mail: [email protected], twiter : @PapiQC.

Kapan waktu yang tepat untuk menjadi freelance writer? Ketika uang di dompet sudah habis dan saldo tabungan di bank sudah menipis. Kas bon, ngutang ke bagian keuangan adalah solusi sementara, sedangkan mengambil pekerjaan sebagai freelance writer adalah cara keren untuk mengatasi masalah penyempitan pada "pembuluh" dompet Anda.

Untuk memulai pekerjaan freelance writer atau kontributor majalah online, Anda tak perlu mengajukan surat resign ke HRD agar bisa fokus menulis. Pekerjaan ini bisa dilakukan di sela-sela waktu luang Anda. Sebagai freelance writer, Anda juga harus bekerja melebihi jam kantor karyawan biasa. Ketika orang lain tidur, Anda harus tetap terjaga menahan kantuk demi menyelesaikan tulisan pesanan yang Anda terima.

Googling dengan kata kunci kontributor online, atau freelance writer. Ada banyak surat kabar, televisi, biro iklan dan lain sebagainya yang membutuhkan jasa Anda dalam penulisan artikel. Karya Anda adalah solusi ketika ide dan otak redaksi/editor untuk menulis sudah buntu.

Bahkan untuk saat ini Anda sudah dimanjakan lewat hadirnya situs yang menyediakan lowongan kerja online, yaitu https://projects.co.id. Situs ini juga menyediakan pekerjaan freelance lainnya seperti pembuatan logo, pembuatan website, entry data, sosial media marketing, dan lain sebagainya. Ayo daftarkan segera e-mail Anda, upload curriculum vitae, dan upload portfolio (karya terbaik apa saja yang sudah Anda buat), dan rutin mengunjungi situs projects.co.id untuk melihat-lihat peluang yang mereka tawarkan.

Selama waktu menunggu, Anda dapat mengerjakan pekerjaan rutin Anda di kantor, atau ikutilah kursus untuk menambah keterampilan dan kompetensi Anda dalam hal menulis, perbanyak teman dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial seperti @terminalhujan, komunitas sekolah alam gratis yang terletak di Jl. Riau No. 13, Bogor. Di sini Anda dapat mengajar adik-adik yang tinggal di belakang Terminal Baranangsiang, pelajaran sekolah dan pelajaran kreativitas, pilihan lainnya adalah bergabung menjadi relawan PMI, dalam sekejap Anda akan memiliki puluhan bahkan ratusan teman hebat yang merupakan jaringan Anda untuk berbagi dan bertukar informasi.

Saya sangat mendukung pendidikan, pelatihan, dan pembaharuan keterampilan. Jika Anda malas mengikuti aksi sosial, pergi dan carilah pelatihan atau workshop yang Anda inginkan. Kuncinya adalah memulai, berhentilah menunggu sampai Anda benar-benar siap. Karena sebagian besar kehidupan merupakan pelatihan learning by doing. Beberapa hal terpenting hanya bisa dilakukan seiring proses pengerjaannya.

Jika Anda tidak melakukan apa pun karena takut melakukan kesalahan, Anda takkan pernah belajar dan karena itu Anda takkan pernah menjadi lebih baik. Hal terburuk ketika Anda memulai karir sebagai freelance writer adalah artikel Anda ditolak, dan hal terbaiknya selain mendapatkan honor, Anda akan mengerti cara menulis dengan lebih baik.

Om Steve Jobs bilang: "Keteguhan hati tidak selalu meraung-raung. Kadang keteguhan hati hanyalah suara letih pada akhir hari yang berkata, saya akan coba lagi besok."

 Kalau Anda ditolak 9 kali, kirim 10 kali, mudah kan? Selamat mencoba dan berjuang menjadi freelance writer. Ingat Zun Zi dalam Art of War pernah bilang, "Orang-orang yang mampu menang, harus menyerang."


Ini adalah Guest Post
Disclaimer: Pendapat dan pernyataan yang dibuat dalam artikel tamu ini adalah dari penulis dan bukan dari Projects.co.id (PT Panonpoe Media) secara keseluruhan. Hak cipta tetap dengan penulis dan kewajiban yang berkaitan dengan pelanggaran hak kekayaan intelektual tetap dengan mereka. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kesalahan, kelalaian atau representasi. Penulis mengijinkan Projects.co.id untuk membagikan tulisan ini dengan tetap menyertakan nama penulis.

Comments