• (022) 8788 2588

Ikhtiar Serius untuk Memenangkan Projects

 

  • Published by superadmin
  • 23/06/2015 15:36:25 WIB
Penulis: Bobby Prabawa
Peluang tidak akan pernah hilang, ia hanya bisa ditemukan oleh orang-orang yang secara jeli bisa mengendus pergeseran trend dan piawai mengambil timing yang tepat. 
(Donald Trump, Milyaner dan Kandidat Presiden AS)

Banyak sekali para freelancer di situs projects.co.id yang tidak serius melamar projects freelance yang mampir di depan hidung mereka. Peluang pekerjaan freelance terbaru yang sesuai keahlian mereka diantarkan ke e-mail pribadi para freelancer, betapa mudahnya perjuangan mereka. 

Dengan berbagai kemudahan tersebut mereka masih melakukan berbagai ketidakseriusan, yaitu:
  • Banyak freelancer tidak menampilkan foto diri mereka, masih dominan gambar kartun.
  • Curriculum Vitae dibuat sekenanya, tidak mencerminkan kecerdasan utama para freelancer.
  • Portofolio dibiarkan kosong tanpa sepatah kata.
  • Surat lamaran tidak focus, tidak menunjukkan alasan memberi alasan para pemberi projects untuk memilih mereka. 
  • Username menggunakan nama yang susah diingat.
  • Dan lain sebagainya.

Rekan-rekan freelancer, untuk memenangkan sebuah projects dibutuhkan sebuah ikhtiar yang serius. Ini adalah tentang mau bersungguh-sungguh atau tidak. Para pemberi projects memilih situs ini karena mereka membutuhkan pekerja freelance yang dapat menyelesaikan pekerjaan secara cepat, dan berkualitas, tanpa harus membayar gaji bulanan, cukup fee yang sesuai untuk setiap jenis projects.

Coba perhatikan, orang-orang yang melakukan kejahatan seperti; tukang copet, berbagi tugas demi tercapainya misi mencuri dompet orang lain tanpa ketahuan dan risiko dipukuli semena-mena (kalau tertangkap tangan oleh massa), para koruptor,  menyusun rencana mereka dengan rapih, kemudian mereka melakukannya setahap demi setahap rencana itu demi tercapainya maksud “tidak mulia” mereka untuk memperkaya diri sendiri. Kesungguhan para penjahat itu tanpa kompromi. Jangan tiru kejahatannya tapi perlu diteladani perencanaan mereka yang sangat matang. 

Jika orang-orang yang bermaksud jahat saja demikian serius melakukannya, maka seharusnya Anda sebagai freelancer – seharusnya tiga rius melakukan ikhtiar untuk memenangkan sebuah projects freelancer. Tuhan yang Maha Pemberi Rejeki saja mengabulkan niat buruk yang tersusun rapih, tentu Dia juga akan membantu menolong para freelancer yang  berniat mencari rejeki yang halal, asalkan Anda bersungguh-sungguh. 

Surat lamaran Anda harus memuat 3 bagian, perkenalan nama dan kompetensi Anda, satua alasan tepat kenapa pemberi projects harus memilih Anda. Mereka harus dapat melihat dan mendengar suara Anda lewat media tersebut. Tips lainnya dari saya adalah:
  • Pilihlah projects yang benar-benar Anda kuasai. 
  • Cantumkan rencana Anda untuk menyelesaikan pekerjaan freelance tersebut setahap demi setahap, agar pemberi kerja dapat mengikuti alur kerja Anda.
  • Selesaikan pekerjaan on time atau mendekati tenggat dateline, agar jika terdapat koreksi atau revisi masih dapat diperbaiki dalam waktu singkat bukan tepat di tanggal dateline bahkan lewat dari dateline.

Selamat berburu projects freelance sahabat…

Bobby Prabawa
Bobby Prabawa (38) adalah seorang penulis dan editor pada Penerbit Bestari, Ciawi, Bogor. Dia juga mengajar pada sekolah menulis Studio Kata Kreatif, dan pada hari Minggu dia menjadi guru sukarela pada komunitas @terminalhujan, sekolah alam gratis bagi anak-anak yang tinggal di sekitar Terminal Baranangsiang, Bogor. Bobby dapat dihubungi via e-mail [email protected], @PapiQC, 0812-1946-6579, http://matakuceritaku.blogspot.com.

Ini adalah Guest Post
Disclaimer: Pendapat dan pernyataan yang dibuat dalam artikel tamu ini adalah dari penulis dan bukan dari Projects.co.id (PT Panonpoe Media) secara keseluruhan. Hak cipta tetap dengan penulis dan kewajiban yang berkaitan dengan pelanggaran hak kekayaan intelektual tetap dengan mereka. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kesalahan, kelalaian atau representasi. Penulis mengijinkan Projects.co.id untuk membagikan tulisan ini dengan tetap menyertakan nama penulis.


Comments